Kamu memiliki rencana memulai bisnis kuliner tahun ini? Ada beberapa langkah yang harus kamu ketahui supaya bisa sukses dalam bisnis kuliner.

Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

5 Langkah Memulai Bisnis Kuliner Supaya Untung

Merintis bisnis kuliner memang ide yang bagus. Pasalnya, bisnis ini tak pernah mati. Bagaimana tidak? Makanan menjadi kebutuhan utama manusia. Maka dari itu, bisnis kuliner bisa membawa keuntungan yang lumayan.

Ini merupakan kesempatan emas untuk kamu yang ingin memulai bisnis kuliner. Keputusan ini tak akan membuatmu menyesal, asalkan kamu mengetahui strateginya.

Berikut ini 5 langkah yang harus kamu lakukan demi mendapatkan untung dari bisnis kuliner.

 

#1 Siapkan Modal Usaha

Modal merupakan hal krusial. Tanpa modal, mustahil bisnis bisa berjalan. Untuk langkah pertama, kamu harus mengetahui berapa jumlah modal yang kamu miliki.

Dari situ, kamu bisa menentukan jenis kuliner apa yang bisa kamu mulai.

Bagaimana kalau kamu sudah menentukan jenis bisnisnya namun kekurangan modal? Jangan khawatir. Kamu dapat memanfaatkan dana pinjaman tanpa jaminan.

Namun, kamu harus pastikan dulu bahwa layanan yang kamu pilih untuk meminjam modal adalah lembaga yang terpercaya, aman, dan diawasi oleh OJK. Jangan sampai hal ini membuatmu kesulitan nantinya.

 

#2 Pahami Pasar yang Kamu Tuju

Langkah kedua, inilah saatnya kamu memahami pasar yang kamu tuju. Hal ini bisa menjadi tempat kamu berjualan. Bisa offline atau online.

Jika akan merintis bisnis ini secara offline, pastinya kamu akan membutuhkan tempat. Bisa ruko atau tempat lainnya yang sesuai dengan anggaranmu. Sewalah tempat yang strategis supaya keberadaan warung kulinermu mudah diketahui orang.

Jangan Salah! Ikuti 5 Langkah Memulai Bisnis Kuliner Ini Biar Untung 01 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Memulai Usaha Kuliner Kekinian Bagi Pemula]

 

Dari sini, kamu bisa menentukan harga jual produkmu. Jika tempat sewa lumayan mahal, kamu dapat menaikkan harga jual produkmu.

Jika akan merintis bisnis secara online, akan lebih baik jika kamu mempertimbangkan platform e-commerce atau media sosial.

Jangan lupa untuk mengetahui produk kulinermu ini cocok untuk kalangan mana? Anak muda, semua umur, atau hanya kelompok tertentu saja.

 

#3 Ketahui Keunikan Bisnismu

Supaya dapat bertahan di tengah persaingan, produk kulinermu harus memiliki keunikan. Apalagi, di tengah menjamurnya bisnis kuliner seperti sekarang ini.

Maka dari itu, akan lebih aman kalau kamu memilih menu makanan yang belum banyak dijual orang. Namun, ide baru itu sesuatu yang sulit didapatkan.

Jika ide bisnis kulinermu sama dengan yang sudah ada, jangan lupa untuk selalu memiliki ciri khas. Ciri khas ini akan membuat produk kulinermu akan mudah dikenal orang.

 

#4 Pilih Pemasok Bahan Baku Tetap

Demi kelancaran proses produksi, kamu harus menentukan satu pemasok bahan baku. Nantinya, kamu akan menggunakan bahan baku dari pemasok itu secara terus-menerus. Hal ini bertujuan supaya rasa makanan konsisten.

Selain itu, jika sudah berlangganan, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan harga yang relatif murah. Lumayan kan bisa menghemat anggaran?

Jangan Salah! Ikuti 5 Langkah Memulai Bisnis Kuliner Ini Biar Untung 02 - Finansialku

[Baca Juga: Senang Dengan Wisata Kuliner Tengok 4 Peluang Kerja Ini!]

 

#5 Buat Strategi Pemasaran yang Tepat

Langkah terakhir, buatlah strategi pemasaran yang tepat. Biasanya, promosi dari mulut ke mulut sangat berpengaruh. Namun, hal ini jadi tantangan untuk Anda supaya terus meningkatkan kualitas bisnismu.

Dalam hal ini, apa yang dikatakan orang-orang akan menentukan bisnismu laku atau tidak. Jika kualitasnya bagus baik dari segi layanan maupun menunya, orang-orang pasti akan memberikan rekomendasi positif.

Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat memanfaatkan teknologi. Di Industri 4.0 ini, teknologi memang sangat diandalkan.

Kamu dapat memanfaatkan media sosial. Lewat media sosial, kamu dapat memberikan diskon atau promo. Ngomong-ngomong tentang media sosial, kamu pun harus mengenal fitur ads alias iklan.

Beberapa media sosial menawarkan promosi untuk produkmu lewat fitur ini. Kamu hanya perlu membayar sesuai budget dan target orang yang melihat iklanmu.

Setelah itu, iklanmu akan muncul di beranda akun pengguna media sosial tersebut.

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan ketenaran selebgram dengan sistem endorsement. Dengan begitu, produk kulinermu akan cepat dikenal banyak orang.

Jangan Salah! Ikuti 5 Langkah Memulai Bisnis Kuliner Ini Biar Untung 03 - Finansialku

[Baca Juga: Resto Run Well: Menuju Digitalisasi Bisnis Kuliner]

 

Nimati Setiap Proses Merintis Bisnis Kulinermu

Zaman sekarang, bisnis kuliner sangat menjamur. Pasti, kamu mendapati pesaing. Namun, hal ini tak akan menjadi penghalang kamu jika kamu menikmati semua prosesnya.

Jika kamu mengetahui langkah yang tepat dan strategi yang cerdas, bisnismu akan berjalan dengan lancar.

Oh, ya, jangan lupa untuk memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnismu. Jangan sampai tercampur.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu membaca ebook dari Finansialku berjudul ‘Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis’. Kamu dapat mengunduhnya secara gratis lewat tautan di bawah ini.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Itu dia 5 langkah memulai bisnis di dunia kuliner. Yuk, mulai berbisnis! Supaya untung, jangan lupa menerapkan strategi tersebut, ya. Jangan lupa share artikel ini.

Siapa tahu artikel ini dapat memberi inspirasi bagi teman atau kerabatmu yang sedang merintis usaha kuliner.

 

Sumber Referensi:

  • Ratna Whayuningsih. 30 Januari 2019. 5 Langkah Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula. – https://bit.ly/2VXnc6b

 

Sumber Gambar:

  • Kuliner 1 – https://cnn.it/2zT6Umo
  • Kuliner 2 – https://bit.ly/2zKFgb1
  • Kuliner 3 – https://bit.ly/2YtrwMn