Siapa sih yang tidak suka dengan wisata kuliner? Jika kamu adalah seseorang yang hobi wisata kuliner, kenapa tidak mencari penghasilan tambahan dari kegemaran tersebut?

Dari artikel Finansialku kali ini, akan diberikan 4 peluang kerja dari hobi wisata kuliner.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Hobi Wisata Kuliner yang Kekinian

Kamu yang mempunyai hobi wisata kuliner biasanya menjadikan kulineran sebagai agenda wajib di list liburanmu. Wisata kuliner memang menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan ketika menghabiskan waktu liburan di kota tertentu.

Selain mencicipi makanan, kamu juga menikmati keunikan lainnya seperti dekorasi tempat, cara memasak yang unik hingga nama-nama menu yang nyentrik dan anti mainstream.

 

Menengok 4 Peluang Kerja dari Wisata Kuliner

Hobi wisata kuliner memang sangat menyenangkan, bukan hanya berburu kuliner di kota tempat kamu berlibur, tapi kamu yang menyukai wisata kuliner juga biasanya selalu update tempat makan atau café yang sedang hits di kotamu.

Kamu juga sering ditanya oleh teman-temanmu yang sedang mencari tempat makan yang enak buat nongkrong.

Tapi, bukan cuma itu loh, guys! Kamu yang hobi wisata kuliner bisa berpeluang menjadikan hobi sebagai pekerjaan. Penasaran peluang kerja apa aja yang cocok buat kamu yang suka kulineran? Lets check this out!

 

#1 Kuliner Host dan Food Blogger atau Vlogger

Acara tentang kuliner cukup banyak diminati sejauh ini, maka tak heran jika banyak acara televisi yang menayangkan tentang wisata kuliner. Kamu yang menyukai wisata kuliner punya peluang untuk kerja di bidang ini.

Selain kamu bisa mencoba makanan-makanan yang lagi hits kamu juga banyak dikenal oleh orang lain.

Bukan hanya jadi kuliner host, kamu yang senang dengan wisata kuliner juga bisa menjadi food blogger atau vlogger. Berawal dari hobi berwisata kuliner, kamu bisa melakukan review makanan yang sudah kamu coba.

Senang Dengan Wisata Kuliner Tengok 4 Peluang Kerja Ini! 02 Wisata Kuliner 2 - Finansialku

[Baca Juga: Diet Badan dan Diet Keuangan]

 

Review yang kamu buat bisa dituangkan berupa tulisan ataupun video, review biasanya berisi tentang rasa makanan, tempatnya, atau keunikan lain dari makanan tersebut.

Kalau kamu konsisten menuangkan review-mu lewat tulisan maka kamu bisa menjadi food blogger. Sedangkan, kamu yang review lewat video bisa menjadi seorang food vlogger.

Saat ini food vlogger cukup banyak dilirik oleh generasi milenial, loh.

Selain menjadi sebuah porsi yang menyenangkan, dengan menjadi food blogger atau vlogger bisa menjadi peluang untuk kamu ditawarkan endorse sebuah produk. Seru bukan?

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Fotografer Makanan

Kamu suka wisata kuliner dan foto-foto? Kamu berpeluang jadi fotografer makanan, loh. Mengambil angel foto memang tidak bisa sembarangan, karena foto tersebut akan menjadi bahan promosi untuk produk makanan tersebut.

Untuk mendapatkan angel yang bagus, kamu bisa melatih sense memotomu dengan memotret banyak objek.

Senang Dengan Wisata Kuliner Tengok 4 Peluang Kerja Ini! 03 Wisata Kuliner 3 - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting Yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

 

Menjadi fotografer makanan bisa menjadi profesi yang menjanjikan, selain itu profesi yang sesuai dengan hobimu akan lebih menyenangkan untuk dijalani bukan?

Nah, apabila kamu mau mencoba profesi satu ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya mendapatkan gambar makanan yang epic.

Pertama, kamu perlu memperhatikan warna makanan dan akan lebih menarik jika makanan tersebut memiliki kombinasi warna yang beranekaragam.

Kamu bisa menambahkan topping pada makananmu dengan menggunakan bahan lain yang memiliki warna yang menarik, seperti brokoli, tomat, chery dan lainnya.

Kemudian, selain warna makanan, kamu juga harus memperhatikan pencahayaan ruangan atau tempat pemotretan.

 

#3 Penulis Buku Resep

Hobi wisata kuliner dan juga memasak? Menjadi penulis buku juga menyenangkan untuk dilakukan. Selain itu, kamu bisa berbagi resep-resep makanan yang kamu ketahui untuk dicoba oleh banyak orang. 

Resep yang kamu tulis menjadi sebuah buku bisa resep apa saja, seperti makanan rumah, atau berbagai kue dan puding.

Senang Dengan Wisata Kuliner Tengok 4 Peluang Kerja Ini! 04 Wisata Kuliner 4 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Mau Mencoba Makan di 15 Restoran Termahal Di Dunia?]

 

Ingin membuat buku resep anti mainstream? Kamu bisa membuat buku yang membahas menu-menu sehat yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Resep makanan sehat dewasa ini sudah mulai dilirik oleh banyak orang dengan meningkatnya kesadaran gaya hidup sehat.

Agar buku yang kamu tulis menjadi lebih menarik, kamu bisa menambahkan gambar dari hasil masakan yang telah kamu buat lebih dulu.

 

#4 Membuka Bisnis Kuliner Sendiri

Selain berpeluang mendapatkan pekerjaan, hobi berwisata kuliner juga bisa menambah wawasanmu tentang dunia kuliner dan hal ini bisa menambah kesiapanmu untuk membuka bisnis kuliner sendiri.

Senang Dengan Wisata Kuliner Tengok 4 Peluang Kerja Ini! 05 Wisata Kuliner 5 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda?]

 

Berbisnis kuliner merupakan bisnis yang cukup mudah untuk dijalani dan bisa dilakukan setiap orang. Kenapa? Karena makanan adalah hal yang pasti dibutuhkan dan dicari oleh orang-orang.

Kamu suka berwisata kuliner tapi tidak bisa memasak? Kamu masih tetap bisa membuka bisnis kuliner, loh. Kamu bisa mengajak temanmu yang menyukai dunia masak-masak untuk membuka bisnis kuliner baru.

 

Pilih Peluang Kerja yang Anti Mainstream

Bisnis kuliner begitu banyak diminati oleh orang-orang, bahkan banyak generasi milenial yang juga tertarik pada dunia bisnis satu ini sehingga akan ada banyak saingan jika kamu masuk dalam dunia bisnis yang satu ini.

Tapi hal itu bukan halangan untuk kamu memulai bisnis, loh. Salah satu strategi yang bisa menarik konsumen adalah branding produk yang anti mainstream dari produk yang lain.

Salah satunya, memberi nama produk dengan nama yang nyentrik dan tidak biasa. Kamu pasti sering mendengar nama-nama produk yang terdengar aneh dan penasaran untuk mencoba kan?

Selain empat peluang di atas. kamu juga bisa mencoba peruntungan untuk menjadi chef atau koki di sebuah restoran.

Pekerjaan menjadi chef atau koki tersebut cocok untuk kamu yang suka tantangan dan sering bereksperimen untuk menemukan resep-resep makanan baru dan lezat untuk dicoba.

Tapi jika kamu ingin memulai bisnis, kamu bisa membaca ebook Pentingnya mengelola keuangan Pribadi dan Bisnis di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Nah, ternyata hobi tidak hanya jadi hal-hal yang bisa kamu kerjakan ketika luang yah. Kamu bisa mendalaminya sehingga hobi tersebut berpotensi untuk menjadi peluang kerja atau bisnis.

Kuncinya adalah kamu mau belajar dan mau mencoba hal-hal baru dan lakukan hal tersebut dengan senang hati dan ajak teman-teman membaca artikel bermanfaat ini. Selamat mencoba!

 

Sumber Referensi:

  • Sherly Puspita. 24 Januari 2019. 4 Peluang Kerja Untuk Penggemar Wisata Kuliner. Travel.kompas.com – http://bit.ly/2ZksVCS

 

Sumber Gambar:

  • Wisata Kuliner 1 – http://bit.ly/2IIt7Wy
  • Wisata Kuliner 2 – http://bit.ly/2DpLsEy
  • Wisata Kuliner 3 – http://bit.ly/2IsohgR
  • Wisata Kuliner 4 – http://bit.ly/2DlllOR
  • Wisata Kuliner 5 – http://bit.ly/2GmOXw3