Penasaran bagaimana langkah mudah untuk jadi Youtuber?

Sebenarnya banyak cara untuk menuju Roma, namun yuk lihat langkah mudah untuk memulai channel Youtube-mu sendiri berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

9 Langkah Mudah menjadi Youtuber

Belum lama ini beredar kabar heboh soal pendapatan para Youtuber Indonesia, salah satunya adalah Ria Ricis. Dikabarkan, Ricis memperoleh pendapatan hingga miliaran rupiah per bulannya hanya dari Youtube saja.

Per Juli 2019, pemilik akun YouTube dengan nama Ricis Official ini diketahui sudah mengumpulkan total 16.024.565 subscribers, membuatnya berada di posisi kedua pemilik subscribers terbanyak setelah Atta Halilintar.

Setiap harinya, Ria Ricis melalui channel Ricis Official mendapatkan total peningkatan hingga 20.000 subscribers. Satu videonya bisa memperoleh jutaan views, seperti contohnya video Ria Ricis yang berjudul ‘Saya Pamit’ bahkan mendapatkan lebih dari 3 juta views.

Dari sini dapat diprediksi berapa pendapatan Ria Ricis dari Youtube setiap bulannya. Melansir dari Socialblade, Ria Ricis diestimasikan mengantongi total 21,7 ribu dolar AS hingga 347,1 ribu dolar AS atau setara dengan Rp304,2 juta hingga Rp4,8 miliar per bulan.

Estimasi pendapatan dari Ricis Official ini tentunya berdasarkan statistik view yang didapatkan channel tersebut dari hari ke hari atau bahkan bulan ke bulan.

Deretan 10 Selebgram Indonesia Terkaya 2018 Dengan Bayaran Tinggi 04 Ria Ricis - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers]

 

Estimasi ini hanya dari YouTube, pendapat dari endorsement hingga iklan langsung masih juga belum ditambahkan dengan total pendapatan ini.

Mendengar berita ini sontak menggemparkan banyak orang, terutama yang sebelumnya tidak mengira bahwa Youtube bisa dijadikan sumber pencaharian.

Apakah kamu juga kaget dengan berita ini?

Kabar baiknya, vlogging juga bisa dijadikan ajang bagi kamu yang gemar membagikan aktivitas dan hobimu.

Misalnya saja jika kamu hobi makan, kamu bisa membuat channel Youtube yang bertemakan kuliner. Dengan variasi konten seperti mukbang atau food challenge, tentunya kamu bisa memperoleh viewers setia dengan mudah.

Nah, bagi kamu yang tertarik menjadi Youtuber, kamu bisa mengikuti 9 langkah mudah berikut untuk memulai channel-mu sendiri:

 

#1 Membuat Channel Youtube

Langkah pertama yang menjadi cara menjadi youtuber gaming dan konten lainnya dengan sukses adalah kamu harus membuat akun YouTube terlebih dahulu.

Kamu bisa masuk ke YouTube dengan menggunakan akun Gmail milikmu. Setelah itu, kamu tinggal membuat channel YouTube dengan mengklik ‘my channel’.

Buatlah nama channel yang menarik dan mencerminkan video-video yang akan kamu upload.

 

#2 Mengaktifkan Akun AdSense

Pada dasarnya, setiap vlog menjadi sebuah space iklan bagi advertisers.

Space iklan dalam setiap video akan dilelang bagi para advertisers, dimana pemberi tawaran tertinggi akan memperoleh hak untuk menyiarkan iklannya pada video terkait.

Selanjutnya, setiap kali viewers meng-klik iklan pada salah satu video-mu, advertisers akan dikenakan biaya. Nah, kamu akan memperoleh sejumlah uang dari biaya yang dibayarkan ini.

Untuk bisa memperolehnya, kamu harus mengaktifkan akun AdSense-mu, namun tidak mudah untuk mengaktifkannya. Kamu beberapa syarat yang perlu kamu penuhi, misalnya saja:

Persyaratan

 

Pendapatan iklan

  • Berusia minimal 18 tahun, atau memiliki wali sah berusia lebih dari 18 tahun yang dapat menangani pembayaran Kamu melalui AdSense.
  • Membuat konten yang memenuhi pedoman konten yang cocok untuk pengiklan

Langganan channel

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki lebih dari 30.000 subscriber

Galeri merchandise

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki lebih dari 10.000 subscriber

Super Chat & Super Stickers

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Tinggal di negara/wilayah di tempat Super Chat tersedia

Pendapatan YouTube Premium

Membuat konten yang ditonton oleh subscriber YouTube Premium

 

#3 Melakukan Branding yang Kuat

Peran sebuah brand atau merek dalam produk atau jasa sangatlah penting.

Misalkan sebuah smartphone Apple bisa dibandrol harga belasan juta rupiah, tetapi saat tulisan Apple-nya dihilangkan dan diganti merek lain, bisa saja harganya jatuh pesat.

Demikian halnya dengan channel Youtube kamu. Jika kamu membuat vlog tanpa branding yang kuat, viewers akan melupakan channel kamu dan tidak mengenali channel-mu.

Sesungguhnya kamu bisa melakukan branding yang kuat dengan mulai memberi perkenalan dalam intro vlog, sebutkan nama atau ciri khas channel-mu.

Selain itu kamu juga bisa menyisipkan logo atau hashtag ala kamu pada video tersebut.

 

#4 Membuat Vlog Sesuai Target Penonton

Bagaimana membuat penonton mengunjungi kembali channel Kamu? Kamu harus membuat konten sesuai dengan target penonton dimana konten melibatkan minat dan masalah yang dialami penonton.

Pembaca tidak akan meluangkan waktunya secara khusus untuk membaca konten yang tidak menarik dan tidak ada gunanya.

Sebaiknya buatlah tulisan yang memberikan nilai lebih bagi pembaca, seperti isu terbaru atau solusi dari masalah yang dimiliki mayoritas pembaca.

4 Hal Yang Perlu Dihindari Vlogger Baru pada Chanel YouTube 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Vlog Profesional dan Efektif?]

 

Sebagai contoh:

  • Target pembaca: penggemar makeup atau MUA pemula, maka:
  • Masalah yang diminati: Apakah produk A bagus? Bagaimana cara membuat winged eyeliner dengan mudah?
  • Solusi yang dapat Kamu tawarkan: Kamu bisa membuat vlog terkait tutorial makeup yang diminati penonton atau review produk makeup

 

#5 Membuat Jadwal Post dan Mengikutinya Secara Konsisten

Jika Kamu ingin memperoleh penghasilan dari vlogging, salah satu caranya adalah dengan menambah subscriber atau jumlah likes pada vlog tersebut.

Cara tersebut merupakan langkah awal sebelum kamu melangkah ke affiliate marketing.

Bagaimana caranya? Sederhana, pertama-tama tentunya kamu harus membangun hubungan baik dengan subscriber dan menawarkan sesuatu yang mereka inginkan.

Vloggers Ikuti Cara dan Tips Menambah Viewers 02 Ria SW - Finansialku

[Baca Juga: Tips dan Trik Membangun Nama Channel Untuk Vlogger]

 

Hal yang mereka inginkan saat membuka Youtube tentunya vlog baru dengan konten yang menarik dan sesuai dengan minatnya.

Jika Kamu berhasil membuat video yang menarik, tentunya subscriber akan berharap lebih dan ingin menonton vlog baru dari Kamu.

Disinilah kuncinya! Kamu perlu membuat jadwal post yang rutin dan jangan lupa untuk selalu konsisten membuat video baru.

Jika Kamu hanya mengunggah video setahun sekali, mungkin subscriber Kamu tidak akan sabar dan alhasil akan meng-unsubscribe.

 

#6 Upload Video

Setelah memahami target penonton dan membuat vlog-nya, kini kamu bisa upload video sesuai jadwal yang telah kamu buat tadi. Namun dalam upload video, perhatikan beberapa hal berikut ini ya:

  • Judul Video: Judul video sangat menentukan pencarian video milikmu karena selain dirimu, ada puluhan ribu youtuber lain yang menjadi sainganmu. Jangan sampai judul video miss leading dan tidak relevan dengan video yang kamu upload
  • Thumbnail: Thumbnail adalah image di bagian depan yang muncul ketika orang menemukan video milikmu. Jadi usahakan untuk menggunakan thumbnail yang menarik dan bisa mewakili keseluruhan isi video.
  • Deskripsi: Buat deskripsi video yang jelas, padat, tidak kaku, dan pastinya memiliki keyword di dalamnya.
  • Tag: Selalu cantumkan tag yang relevan dengan video karena tag merupakan semacam pengkategorian video sehingga tag yang bagus bisa membawa banyak penonton.

 

#7 Lakukan Promosi

Bagi kamu Youtuber pemula, video yang sudah dibuat dan di-upload tak langsung serta merta bisa dilihat banyak orang karena kamu pasti belum memiliki subscriber.

Jadi pintar-pintarlah melakukan promosi dengan mulai membagikan link atau mendistribusikan video melalui akun jejaring sosial milikmu seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+, dan lain sebagainya.

Ampuh Ini Cara Membuat Vlog di Youtube untuk Pemula 04 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers]

 

#8 Membangun Komunitas

Vlogging bukan hanya komunikasi satu arah, Kamu bisa membangun channel dengan cara membuat komunitas dengan penonton.

Selain dengan menjawab komentar, Kamu bisa berkomunikasi dengan cara lain.

Misalkan membuat Q & A session atau sesi tanya jawab yang dapat mempererat hubungan dengan penonton, atau gunakan fitur live chat pada Instagram atau Facebook.

Berikan benefit kepada anggota komunitas agar komunitas terus berkembang. Sebagai contoh berikan info terbaru dan bonus bloopers bagi anggota komunitas sehingga akan banyak penonton yang tertarik untuk bergabung dalam komunitas tersebut.

 

#9 Terbuka akan Peluang Kolaborasi dan Mengembangkan Jaringan

Youtube Vlogger Community merupakan sebuah komunitas yang luas dan sangat aktif. Sebagai contoh, Kamu dapat melihat komunitas beauty guru yang selalu aktif dalam dunia kosmetik dan makeup.

Komunitas ini memanfaatkan situasi win-win solution dengan melakukan berbagai kolaborasi. Apa tujuannya?

Tentunya memperluas jaringan dalam komunitas dan memperluas pasar.

Peluang pengembangan jaringan ini sangat luas dan tidak terbatas, selain kolaborasi dalam video, Kamu bisa mencoba beberapa hal di bawah ini:

  1. Mengundang bintang tamu terkenal
  2. Kolaborasi di media sosial
  3. Saling membicarakan di channel masing-masing (shout-out)

 

Jadi Youtuber Sukses Kenapa Tidak?

Untuk menjadi sukses tentunya tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Namun kenapa tidak jika kita bisa berusaha untuk mengejar cita-cita kita?

Yuk wujudkan impianmu! Kamu juga perlu merencanakan keuangan kamu dengan tepat agar tujuan keuangan Kamu bisa tercapai. Kamu bisa membaca ebook di bawah ini dengan GRATIS.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai cara menjadi Youtuber lainnya? Tinggalkan komentarmu di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan kamu pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu! terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Agung Pratnyawan & Amelia Prisilia. 31 Juli 2019. Sebulan Raup Miliaran Rupiah, Segini Pendapatan Ria Ricis dari YouTube. Hitekno.com – http://bit.ly/34TT8d2
  • Admin. 7 Great Tips for Growing Your Vlogging Channel on YouTube. Vlognation.com
  • Admin. 9 Langkah Jitu Menjadi Youtuber Sukses Siap Siap Jadi Jutawan. Blog.tunaikita.com – http://bit.ly/2MyGFoD

 

Sumber Gambar:

  • Youtuber – http://bit.ly/361XqjU