Setiap orang tentunya memiliki goalsnya masing-masing, terutama dalam mencapai kondisi keuangan yang lebih baik. Lalu, bagaimana dengan langkah menuju kebebasan finansial?

Thomas Stanley, penulis buku The Millionare Next Door pernah berkata, “Wealth is often the result of a lifestyle of hard work, perseverance, planning, and, most of all, self-disicpline” Jadi bisa dikatakan “sering kali didapati bahwa kekayaan itu adalah hasil dari gaya hidup yang bercirikan kerja keras, ketekunan, perencanaan, dan yang terpenting adalah disiplin diri sendiri.”

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

11 Langkah Menuju Kebebasan Finansial

Pernahkah Anda merasakan uang yang Anda miliki dan disisihkan selama bertahun-tahun ternyata tidak sebanyak yang Anda bayangkan.

Setiap orang ingin memiliki kehidupan keuangan yang baik di saat ini dan masa depan. Tapi, tak semua orang tahu bagaimana cara mendapatkannya.

Nah, berikut ini 11 langkah menuju kebebasan Finansial, dimana uang yang Anda sisihkan bisa melebihi cukup untuk Anda di masa akan datang.

 

#1 Berbicara dengan Pasangan Anda

Sebagian besar orang tidak pernah berbicara satu sama lain dengan pasangan mengenai tujuan keuangan mereka.

Jika Anda dalam sebuah hubungan, sebelum Anda menggali lebih dalam angka keuangan Anda, berbicaralah dengan pasangan Anda tentang apa yang ingin Anda capai.

Menurut Karin Mizgala, Chief Executive Officer dari pelatih uang Kanada, “Milikilah percakapan singkat tentang tujuan, nilai-nilai, dan apa jenis gaya hidup yang Anda inginkan. Itu adalah kunci awal yang baik.”

Pasangan Baru, Ini Jenis Investasi Paling Mudah Dilakukan dan Menguntungkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Menggunakan Bonus Dalam Mencapai Kebebasan Keuangan]

 

#2 Ketahui Dimana Anda Berada Saat Ini

Sebelum Anda mulai khawatir tentang ke mana Anda ingin pergi, pertama Anda harus mengetahui dimana Anda berada sekarang. Dalam langkah ini Anda akan harus mengukur secara jujur kekayaan Anda saat ini.

Anda perlu menghitung apa yang Anda miliki (aset Anda) dan berapa utang Anda (liabilitas Anda) saat ini. Bila Anda mengurangi kewajiban Anda dari aset Anda, maka Anda akan mendapatkan angka yang mewakili kekayaan bersih Anda.

Kekayaan bersih Anda adalah alat penting untuk melihat grafik kemajuan keuangan Anda selama bertahun-tahun. Misalnya, jika kekayaan bersih Anda turun, maka hal itu akan mengikis kekayaan Anda dan membuat lebih sulit untuk mencapai tujuan Anda.

Jika kekayaan bersih Anda meningkat, Anda berada pada jalan yang tepat untuk menjadi lebih kaya dan mencapai tujuan keuangan Anda.

 

#3 Melacak Pengeluaran Anda

Kunci untuk membangun rencana keuangan yang kuat untuk masa depan adalah untuk memahami berapa banyak Anda habiskan dan menyimpan sekarang.

Ini disebut melacak arus kas Anda, dan hal ini dapat memberikan Anda rasa kontrol dan keyakinan untuk membuat perubahan keuangan dalam hidup Anda.

Saran dari Julie Cazzin adalah dengan menyimpan jurnal kecil yang dapat melacak keuangan Anda. Jurnal ini dapat membantu Anda untuk mengubah perilaku Anda jika Anda menghabiskan uang di luar kendali. Hal ini tidak selalu mudah, tapi ini working.

Menurut Karin Mizgala, orang kebanyakan takut ketika mereka melihat dengan dekat pengeluaran-pengeluaran mereka. Tapi Anda jangan menundanya.

Evaluasi Keuangan Inilah 7 Pengeluaran Terbesar Saat Lebaran 01 - Finansialku

[Baca Juga: Karyawan Milenial! 5+ Kiat Mencapai Kebebasan Finansial yang Perlu Kamu Tiru]

 

Berhasil dalam mengelola arus kas adalah kunci untuk mengontrol keuangan. Ini akan memberikan Anda kesadaran bahwa Anda perlu memiliki nilai jangka panjang dan bisa berinvestasi dengan tepat.

Anda perlu melatih secara rutin untuk menyelesaikan setiap tahunnya jurnal keuangan yang Anda buat. Jurnal ini akan memberitahu kepada Anda mengenai jumlah tentang keuangan umum Anda.

Surplus berarti Anda telah dapat mengatur keuangan dengan baik sedangkan bila defisit menunjukkan Anda menghabiskan lebih dari yang Anda buat.

Jika Anda defisit, Anda harus memotong pengeluaran Anda (atau meningkatkan penghasilan Anda) untuk mencapai tujuan keuangan apapun. Mizgala mengatakan:

“Ketika orang melakukan latihan ini maka mereka sangat terkejut. Terutama jika Anda memiliki sebuah keluarga dengan pasangan yang memiliki kartu debit dan kartu kredit. Sulit sekali untuk melihat gambaran keuangan keluarga secara lengkap kecuali Anda menuliskannya. Kesadaran ini memungkinkan Anda untuk mengatur sistem keuangan rumah tangga Anda.”

 

#4 Menyesuaikan Pengeluaran Anda

Melihat lebih dekat, apakah biaya Anda lebih tinggi dari pendapatan Anda? Jika demikian, Anda perlu menyesuaikan pengeluaran Anda dengan lebih baik, sehingga Anda tidak pergi lebih jauh ke dalam utang.

Langkah ini bukanlah tentang menghukum diri sendiri atau menyalahkan. Jika Anda suka makan di luar daripada membeli sebuah rumah di 10 tahun mendatang, itu adalah pilihan Anda.

Tetapi Anda berutang kepada diri sendiri untuk bersikap jujur tentang apa yang Anda lakukan sehingga Anda tidak bertanya-tanya mengapa Anda tidak mencapai tujuan keuangan Anda.

Menghemat Biaya Pengeluaran Rumah Tangga 01 Finansialku

[Baca Juga: 4 Tahap Mencapai Kebebasan Keuangan Ala Merry Riana]

 

#5 Tetapkan Tujuan Hidup Anda

Anda harus mewujudkan impian keuangan yang Anda inginkan.

Langkah ini mengharuskan Anda untuk menilai apa yang Anda inginkan dari 10 sampai 20 tahun sejak saat ini dan menjawab beberapa pertanyaan yang besar, seperti dimana Anda akan tinggal saat pensiun dan apa yang Anda ingin lakukan saat berhenti bekerja.

Salah satu saran adalah dengan memvisualisasikan hidup Anda akan menjadi seperti apa dalam 10 tahun dari sekarang, jika Anda melakukan segalanya dengan sesuai.

Kebanyakan tujuan yang dimiliki menjadi realistis, seperti menjaga standar kehidupan di masa pensiun (dengan mungkin beberapa peningkatan), mencegah bencana keuangan apapun, dan memiliki kebebasan untuk melakukan hal-hal yang mereka cinta, seperti menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman dan keluarga.

Pekerjaan Anda saat ini adalah struktur keuangan Anda sehingga Anda bisa mencapai visi Anda.

 

#6 Kembangkan Strategi

Setelah Anda tahu tujuan Anda pergi, Anda membutuhkan rencana untuk mencapai ke sana.

Jalur yang normal adalah untuk menghabiskan lebih sedikit daripada yang Anda peroleh dan berinvestasi sedemikian rupa supaya Anda bisa mendapatkan tujuan keuangan Anda.

Satu peringatan untuk Anda jika Anda telah mengidentifikasi tujuan keuangan Anda, tetapi Anda berada dalam utang, Anda mungkin harus memfokuskan pada pelunasan utang sebelum Anda mulai berinvestasi masa depan.

Nobert Schlenker, pendiri Libra manajemen investasi di pulau Spring Salt, BC mengatakan:

“Bahkan ketika pengeluaran orang tersebut melebihi anggaran dan memiliki utang  yang membawa suku bunga, saya mendorong mereka untuk bekerja secara agresif untuk membayar utang mereka.”

“Jangan pikirkan mengenai investasi sebelum utang Anda semua pergi.”

 

#7 Tinjau Asuransi Anda

Jika Anda bekerja penuh waktu, banyak asuransi yang bisa Anda dapatkan dari perusahaan Anda. Tetapi apakah itu cukup?

Banyak program tunjangan dari tempat kerja termasuk asuransi untuk kecelakaan kerja. Tetapi jika menurut Anda tidak cukup Anda perlu memiliki asuransi yang setidaknya 60% dari pendapatan Anda setelah pajak.

Lebih Baik Mana, Asuransi Murni atau Asuransi Unitlink 03 Asuransi Jiwa - Finansialku

[Baca Juga: Penting Diketahui Semua Orang! Ini Faktor Pendukung Kebebasan Keuangan]

 

Untuk asuransi jiwa Anda, aturan umum yang bisa Anda ambil adalah untuk mendapatkan asuransi jiwa yang cukup menutupi 10 kali pendapatan Anda jika Anda memiliki anak di bawah usia 10 tahun (lima kali pendapatan Anda jika Anda memiliki anak di atas 10).

Kemudian, ditambah jumlah yang diperlukan untuk melunasi utang Anda.

Jadi jika Anda mendapatkan US$50.000 (setara dengan Rp711 juta) setahun, Anda memiliki US$250.000 (setara dengan Rp3,5 miliar) beredar di hipotek Anda, dan dua anak di bawah 10 tahun, Anda akan perlu US$750.000 (setara dengan Rp10 miliar) dalam asuransi jiwa.

 

#8 Atur Pajak Anda

Anda dapat menghubungi konsultan pajak. Anda bisa meminta untuk konsultan pajak membantu, mengurus dan menghitung serta melaporkan pajak perusahaan.

Dengan menggunakan jasa konsultan pajak, Anda tidak perlu khawatir terjadi kesalahan dalam hal penghitungan maupun pelaporan pajak, dengan demikian konsultan pajak dapat mencegah kasus perpajakan di kemudian hari.

Bagi mereka yang pendapatan rendah sampai sedang, melunasi utang termasuk hipotek adalah hal yang terbaik dalam perencanaan pajak yang dapat Anda lakukan.

 

#9 Membuat Kebijakan Investasi

Setiap perencanaan keuangan profesional akan merekomendasikan bagaimana portofolio harus diinvestasikan. Mereka akan menulis aturan yang membuat Anda lebih disiplin saat menjadi investor.

Perencana keuangan akan membantu Anda untuk tetap dengan rencana Anda dan membuat perubahan ketika pasar menjadi tak tentu.

Apakah Berinvestasi di Cash Rich Company Menguntungkan Pastikan Sekarang! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Semakin Lebih Dekat, 4 Rahasia Menuju Kebebasan Finansial]

 

Sebuah kebijakan investasi yang khas adalah dengan menentukan bahwa portofolio Anda harus dipertahankan dalam rasio 60% saham dan 40% untuk investasi pendapatan tetap.

Rasio ini ditentukan oleh pengetahuan Anda mengenai investasi dan toleransi risiko Anda. Semakin besar pengetahuan Anda dan semakin besar toleransi risiko Anda, semakin tinggi porsi ekuitas portofolio Anda.

Ketika Anda dekat pensiun dan membutuhkan keamanan pendapatan yang lebih stabil dari investasi Anda, campuran portofolio biasanya akan bergeser ke arah obligasi.

Perencana keuangan juga menyatakan pengambilan tahunan yang diharapkan untuk portofolio Anda biasanya 5% sampai 6% per tahun selama jangka waktu yang sangat lama, seperti 20 tahun atau lebih.

Perencanaan Anda mungkin juga mencatat volatilitas yang harus Anda harapkan untuk portofolio tertentu.

Sebagai contoh, bisa dikatakan bahwa Anda harus mengharapkan portofolio untuk menderita penurunan 10% dalam jangka pendek setidaknya sekali dalam satu dekade.

 

#10 Menulis Sebuah Keinginan

Setiap orang dewasa yang memiliki aset dan memiliki pasangan atau anak harus memiliki kemauan. Akurat dan up to date adalah satu-satunya cara untuk memastikan aset Anda akan didistribusikan seperti yang Anda inginkan untuk mereka bisa berkembang.

Steve Siebold dalam bukunya yang berjudul How Rich People Thinks mengatakan bahwa pola pikir bisa menjadi penyebab seseorang mendapatkan kekayaan.

Sebagaimana telah dipaparkan sebelumnya pada bagian awal, kebiasaan dibentuk dengan penerimaan secara sadar dalam pikiran manusia. Jadi, bukan tidak mungkin kebiasaan orang kaya dibentuk oleh pola pikir mereka.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut dilakukan dari hari ke hari dengan konsisten sampai kekayaan itu didapatkan. Dan kebiasaan ini bisa dimulai dengan menulis keinginannya.

 

#11 Buat Rencana Akhir Anda

Sebuah rencana keuangan memiliki lima dasar utama. Yang pertama adalah Anda melihat dimana Anda berdiri sekarang, itulah situasi Anda saat ini.

Yang kedua berisi tujuan keuangan utama Anda, atau di mana Anda ingin pergi. Yang ketiga adalah kekayaan bersih pernyataan sederhana.

Daftar keempat langkah yang harus Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda. Ini termasuk pendapatan dan pengeluaran Anda, ikhtisar asuransi Anda, bagian tentang perencanaan pensiun dan bagian tentang perencanaan rumah.

Terakhir, bagian kelima biasanya dokumen terpisah adalah pernyataan kebijakan investasi Anda, yang menjabarkan bagaimana portofolio Anda akan diinvestasikan.

 

Langkah Menuju Kebebasan Finansial: Pastikan Anda Di Jalur yang Tepat 

Untuk memastikan Anda tetap di jalur, Anda harus meluangkan waktu untuk meninjau rencana Anda setidaknya sekali setahun, dan memperbaruinya seperlunya.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk menariknya keluar setiap kali Anda mengalami peristiwa keuangan atau kehidupan yang besar, seperti pernikahan, atau perubahan pekerjaan.

Anda bisa merencanakan keuangan Anda dengan membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Selain itu, untuk mencapai kebebasan finansial, Anda juga bisa menggunakan bantuan fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku, sehingga bisa langsung berkonsultasi dengan Perencana keuangan Finansialku (CFP).

Aplikasi Finansialku bisa Anda download secara GRATIS di Google Play Store atau melalui link di bawah ini.

Jika Anda ingin berlangganan, Anda bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan Rp50.000 saat upgrade premium Aplikasi Finansialku untuk satu tahun penuh. Upgrade, konsultasikan, dan capai kebebasan finansial sedini mungkin.

 

Sumber Referensi:

  • Julie Cazzin. 6 September 2011. 11 Steps To Financial Freedom. Moneysense.ca – http://bit.ly/2lsTJl0

 

Sumber Gambar:

  • Langkah Menuju Kebebasan Finansial – http://bit.ly/2lRxRzK