Meskipun uang yang kamu punya berasal dari orang tua, ternyata laporan keuangan pun sangat penting bagi kamu yang mahasiswa, lho!

Sebagai mahasiswa, pastinya kita merasakan bagaimana harus survive selama satu bulan sampai kita menerima kucuran dana dari orang tua berikutnya. Supaya bisa lebih teratur, keuangan harus dicatat.

Hal ini bertujuan supaya uang yang kita terima dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, laporan perlu dibuat.

Cukup yang sederhana saja asalkan tahu ke mana saja uang yang kita keluarkan. Yuk, ketahui contoh laporan keuangan sederhana di artikel ini. Bisa kamu praktikkan juga, lho!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kenapa Harus Ada Laporan Keuangan?

Ketika mendengar kata ‘Laporan Keuangan’, jangan dulu baper atau stres. Sebetulnya, laporan keuangan ini bukan diberikan pada orang tua kamu para mahasiswa. Justru, laporan ini untuk kamu pribadi.

Memang ada orang tua yang meminta laporan keuanganmu setiap bulan dari anaknya yang masih mahasiswa guna mengetahui dipakai apa saja uang yang diberikan.

Ini Contoh Laporan Keuangan Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan 02

[Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, Inilah PENTINGnya Laporan Keuangan]

 

Namun, mindset seperti itu harus dihindari. Utamakan mindset bahwa laporan keuangan yang kamu buat justru untuk meningkatkan skill kamu dalam mengatur keuangan pribadi yang justru tidak diajarkan di bangku sekolah.

Ketika kamu rutin membuat laporan keuangan, justru hal tersebut dapat mendatangkan berbagai keuntungan untuk kamu sebagai mahasiswa. Apa saja itu?

 

#1 Mengetahui Jumlah Pengeluaran dan Pemasukan

Ketika rutin membuat laporan keuangan, kamu dapat mengetahui jumlah pengeluaran dan pemasukan.

Selain bisa mengetahui kemana saja uang dikeluarkan, laporan ini pun dapat menjadi acuan untuk membuat anggaran bulan berikutnya.

Kamu bisa menjadi tahu apa saja yang kamu butuhkan tiap bulannya, seperti biaya fotocopy, biaya pembelian alat tulis, dsb. Dari situ, kamu bisa membuat anggaran yang realistis.

 

#2 Mengukur Kemampuan Finansial

Kemampuan finansial wajib diketahui para mahasiswa. Pasalnya, kenyataan bahwa mahasiswa masih mendapatkan kucuran dana dari orang tua membuat lupa bahwa mencari uang itu tak semudah membalikkan telapak tangan.

Butuh usaha dan jerih payah untuk bisa menghidupi kebutuhan sehari-hari.

Ini Contoh Laporan Keuangan Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan 03

[Baca Juga: 4 Jenis dan Contoh Laporan Keuangan Yang Wajib Diketahui Investor]

 

Untuk itu, dengan membuat laporan keuangan, mahasiswa bisa mengetahui kemampuan finansial pribadi maupun orang tua.

Dengan begitu, kebutuhan penting bisa terpenuhi dibandingkan dengan menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak mendatangkan manfaat

 

#3 Mengontrol Pengeluaran

Pengeluaran mahasiswa terkadang tidak tentu. Artinya, seringkali ada kebutuhan mendadak yang berhubungan dengan kuliah. Misalnya saja pembelian buku sumber, fotocopy, dan biaya kegiatan kemahasiswaan.

Dengan begitu, kamu bisa lebih memprioritaskan kebutuhan penting. Ini dapat mengontrol pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Nah, itu dia manfaat laporan keuangan untuk kamu para mahasiswa. Apa sekarang kamu jadi tertarik untuk membuat laporan keuangan? Berikut ini caranya.

 

Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Laporan keuangan pribadi tidak perlu dibuat sulit dan membingungkan. Cukup dimengerti oleh kamu.

Dengan menggunakan Microsoft Excel di laptop atau PC, kamu dapat membuat laporan sederhana yang mudah dibuat. Bagaimana dan seperti apa contohnya?

Caranya sangat mudah. Dua hal yang penting untuk dimasukkan ke dalam laporan adalah jumlah pemasukan (debit) dan pengeluaran (cr).

Jika dua hal tersebut ada dalam laporan, kamu dapat mengetahui saldo uangmu. Contohnya seperti berikut ini:

Ini Contoh Laporan Keuangan Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Tabel 1

(Tabel 1) Laporan Keuangan

 

Laporannya sangat sederhana dan mudah dimengerti, bukan? Karena itu, kamu perlu mencoba untuk membuatnya. Seperti ini langkah-langkahnya:

  • Buatlah tabel dalam file Excel. Formatnya seperti ini:
Ini Contoh Laporan Keuangan Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Tabel 2

(Tabel 2) Format Laporan Keuangan

 

  • Catat pemasukan dan pengeluaran pada tabel tersebut.
Ini Contoh Laporan Keuangan Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Tabel 3

(Tabel 3) Contoh Laporan Keuangan

 

Isilah kolom No dengan Nomor sesuai jumlah transaksi. Kolom tanggal untuk mencatat tanggal transaksi. Kolom keterangan merupakan rincian transaksi. Sedangkan kolom debet untuk pemasukan dan kolom kredit untuk pengeluaran.

  • Khusus untuk kolom Saldo, kamu membutuhkan rumus supaya jumlah uangnya keluar secara otomatis. Hal ini untuk menghindari kesalahan. Kamu dapat menggunakan rumus IF, OR, atau SUM yang dapat di-drag ke sel-sel di bawahnya. Pada gambar, rumus dimasukkan di kolom saldo E3.

=IF(OR(D3<>0;E3<>0);SUM(D$3:D3)-SUM(E$3:E3);0)

  • Untuk kolom Jumlah di bagian bawah pun perlu menggunakan rumus. Pada contoh, rumus yang diperlukan adalah

D8 : =SUM(D3:D7)

E8 : =SUM(E3:E7)

F8 : =D8-E8

 

Itu dia contoh untuk membuat laporan keuangan sederhana yang dapat kamu lakukan sebagai mahasiswa. Cukup mudah, bukan?

Sekarang kamu pun dapat mengakses file Excel di ponselmu. Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu tetap menggunakan satu file yang sama di beberapa perangkat.

Jangan sampai file yang kamu buka berbeda dengan file yang ada di laptop atau PC. Jika seperti ini, kamu akan kebingungan jumlah saldo aktual kamu.

Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, ada pilihan lain supaya kamu tidak terlalu ribet dalam mencatat keuangan, yaitu menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Keunggulan menggunakan aplikasi Finansialku adalah kamu dapat mengaksesnya di ponsel. Ponsel sudah menjadi salah satu benda yang wajib dimiliki. Seringkali, beberapa orang tidak bisa jauh dari ponsel.

Jika jauh, rasanya hampa. Karena itu, akan lebih mudah jika kamu mengunduh aplikasi Finansialku di ponsel kamu.

Lewat aplikasi ini, ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan. Salah satu di antaranya mencatat pengeluaran dan pemasukan bulanan.

Selain itu, kamu sebagai mahasiswa pun perlu juga berinvestasi, lho. Mumpung masih tergolong muda. Aplikasi Finansialku memudahkan kamu dengan fitur Investasi.

Untuk kamu yang pemula, jangan takut untuk berinvestasi, contohnya reksadana. Kamu pun bisa membaca e-book berjudul Investasi Reksa dana Untuk Pemula di bawah ini sebagai starter.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Lakukan Secara Rutin

Laporan keuanganmu perlu dicek setiap hari. Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran rutin, kamu bisa mengetahui kondisi finansial kamu. Memang, terkadang ada kalanya lupa atau malas. Tapi itu semua karena belum terbiasa.

Cara Sederhana Membuat Laporan Keuangan Pribadi Bulanan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sederhana Membuat Laporan Keuangan Pribadi Bulanan]

 

Belajarlah untuk membiasakan diri mencatat keuangan. Begitu ingat, catatlah. Jika sudah terbiasa, kamu akan otomatis melakukannya tanpa perlu kamu berpikir dahulu.

Hal ini seperti yang dikatakan James Clear dalam bukunya Atomic Habits, bahwa kebiasaan merupakan perilaku yang diulang cukup sering sampai menjadi otomatis.

Karena itu, rutinlah mencatat laporan untuk finansial kamu supaya kamu bisa lebih bahagia.

 

Kamu telah mengetahui contoh laporan sederhana finansial yang bisa kamu buat.

Akan lebih baik jika kamu dapat share artikel ini pada keluarga atau teman kamu yang belum tahu cara mencatat keuangan. Siapa tahu, kamu bisa jadi penyelamat keuangan mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 23 Agustus 2016. Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Excel. Duarupa.blogspot.com – http://bit.ly/34RjQTV
  • Zahir Team. 20 Juli 2017. Inilah Contoh Laporan Keuangan Bulanan Excel.– http://bit.ly/2peQeko
  • Irvin Avriano A. 8 September 2018. Hai Milenial! Kesulitan Kelola Keuangan, Ini Caranya. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2NATf7M

 

Sumber Gambar:

  • Lap Keuangan 1 http://bit.ly/34PNhWs
  • Lap Keuangan 2 http://bit.ly/34PNoBm
  • Lap Keuangan 3 http://bit.ly/2CCzgPK
  • Tabel 1-3 http://bit.ly/34RjQTV