Sudah pernah liburan ke Nusa Penida Bali belum? Kalau belum pernah biar baca cerita dari Finansialku dulu yuk… Biar tahu gimana ke sananya.

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Liburan Nusa Penida

Buat sebagian orang pasti nama Nusa Penida udah gak asing lagi.

Tapi untuk yang belum tau di mana pulau ini, Nusa Penida adalah sebuah pulau (nusa) di Indonesia yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung.

Selain Nusa Penida, masih ada pulau-pulau kecil lain di dekat pulau ini yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Jika dilihat dari peta memang kecil sih, luasnya gak lebih dari 3cm aja.

Tapi pulau kecil ini punya banyak destinasi wisata pantai dan tebing yang keindahannya wadidadidaw alias keren abis!

Dalam rangka melepas penat akibat pandemi yang tak kunjung selesai. Kemarin, saya sempat menyambangi pulau ini akibat gak tahu lagi mau ngapain di Bali.

Dan saya bersyukur bisa menjelajah pulau seperti ini di kala gak banyak pengunjung.

Sehingga trip kali ini benar-benar nyaman dan bisa dinikmati, tanpa harus pakujud (berdesakan) dengan wisatawan lain.

 

Drama di Nusa Penida

Maksudnya bukan nonton drama Naga terbang atau Drakor yah, tapi kejadian yang saya alami saat berkunjung ke sini. Rencana awal saya dan teman saya (sebut saja mawar) berencana liburan pendek 2 hari 1 malam.

Dengan susunan rencana, kita bakal habis-habisan muterin pulau ini seharian sampai destinasinya keubek semua. Tetapi, rupanya saat itu kita berangkat tepat sebelum diadakannya Nyepi laut.

Dari informasi warga, Nyepi laut atau disebut Nyepi Segara adalah sebuah ritual untuk ‘mengistirahatkan’ laut dan pantai dari kegiatan-kegiatan seperti memancing, melaut, berenang, berperahu dan lain sebagainya yang berkaitan dengan laut.

Pelaksanaan Nyepi Laut atau Nyepi Segara di Nusa Penida adalah bentuk penghormatan kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya sebagai Dewa Baruna.

Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 05 Finansialku

[Baca Juga: Cari Tahu 5+ Tips Traveling Asyik dan Nyaman Saat New Normal!]

 

Yang merupakan penguasa lautan, selain itu untuk menjaga hubungan antara manusia dengan alam. Warga percaya pada saat Nyepi Laut itu digelar, adalah waktu di mana Dewa Baruna melakukan tapa yoga.

Untuk itulah pantang bagi manusia untuk mengganggu tapa yoga beliau, dan jika itu dilanggar maka musibah atau bencana akan terjadi.

Dan kegiatan ini diadakan hanya setahun sekali, jadi bisa dibilang saya cukup beruntung merasakan moment ini. Pasalnya, ritual Nyepi laut adalah kearifan lokal yang hanya dikenal di Nusa Penida dan pulau sekitarnya.

Dalam kegiatan ini, selama satu hari, 24 jam. Segala kegiatan nelayan akan berhenti termasuk aktivitas dermaga. So, liburan saya pun harus extend 1 hari lagi dan alhasil bisa lebih puas meng-eksplor kegiatan di sini.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Tips ke Nusa Penida

Nah buat yang mau ke sini, ikuti tips berikut deh biar liburan lancar gak terganggu kendala yang tidak perlu.

 

#1 Tour, Boat dan Tiket

Sebenarnya ini rencana agak dadakan, teman saya memesan tiket persis malam sebelum berangkat. Karena tadinya ingin beli langsung ke dermaga, saat kita tanya ternyata banyak calo yang akan menawarkan tiket lebih mahal dari agennya.

Jadi, teman-teman kalau mau aman dan dapat tiket beli online aja. Seperti di Traveloka atau lewat WA yang ada di internet untuk pemesanan. Harganya berkisar 100 ribuan untuk sekali jalan.

Dan boat nya, karena ini bukan tiket VIP maka boatnya akan berjejal namun pasti semua kebagian tempat duduk. Untuk paket tour, jika kamu hanya 2 hari 1 malam sebaiknya menggunakan tour.

Karena wisata di Pulau ini benar-benar sayang kalau ada yang terlewat. Tetapi jika 3 hari 2 malam, kalian bisa eksplor sendiri kok. Malah bisa lebih santai.

Tips: Gak usah heran kalau nama boat dan nama agennya berbeda, mungkin mereka berbisnis dengan profit sharing.

Sekedar info aja ya biar kalau kalian jalan ke sini sudah tahu dan gak perlu bingung lagi.

 

#2 Hotel & Kendaraan

Untuk pilihan hotel, kamu bisa memilih apakah ingin di dekat dermaga atau di area pemukiman warga. Sebenarnya di pulau ini juga ada sebuah beach club, hanya sayang saat itu tempatnya sedang ditutup.

Beberapa hotel, motel, villa, losmen apa pun sebutannya, menawarkan keunikan masing-masing. Ada yang menghadap pantai, ada juga yang dibuat seperti resort-resort ala Bali namun murah meriah.

Harganya sekitar 200-350 ribuan per malam, bahkan dengan harga itu kami mendapat private villa. Kenapa? Karena tidak ada tamu lain selain kita yang menginap di situ.

Jadi bisa berlagak tuan tanah di villa itu. Kamarnya bagus, kasurnya bersih dan cukup nyaman.

Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 02 Finansialku

[Baca Juga: Ini Syarat Traveling Dalam dan Luar Negeri di Era New Normal]

 

Yang agak kurang nyaman hanya menjelang malam, keadaan di luar kamar menghadap kolam renang yang semakin gelap dan sunyi tanpa ada tanda-tanda kehidupan lain selain kami. Tuh!

Jika pilihan hotel kamu berada jauh dari dermaga, sebaiknya kamu jangan menolak para penyewa motor yang siap menyambut di dermaga saat kamu sampai.

Sewa kendaraan berkisar Rp 50.000 untuk 1 hari. Pastikan rem, setang, lampu utama dan klakson berfungsi dengan baik dan nyaman.

Karena jalan-jalan di Nusa Penida ini berliku-liku dan beberapa penuh tantangan seperti kisah cinta panglima Tian Feng.

Tips: Karena area wisata terbagi di area barat, timur dan selatan, sebaiknya pilih lokasi menginap yang berada di tengah agar tidak terlalu jauh saat meng-eskplor.

 

#3 Pakaian dan Lainnya

Saya bukan mau jadi pakar stylish yah. Ini tips supaya kamu gak terjebak karena saltum atau salah kostum.

Sebelum berangkat, saran saya pribadi sih, pakaian untuk bergayanya dipakai nanti saja kalau sudah sampai di seberang pulaunya.

Kan gampang tinggal salin sewaktu di hotel. Karena kalau naik boat lewat jalur pantai Sanur, kamu akan berurusan dengan ombak.

Kalau momennya gak tepat, kamu main ombak duluan sebelum sampai ke pulaunya.

Jadi pakai saja celana pendek, sandal, dan tas yang tertutup juga jangan lupa memakan obat jika kamu mabuk laut.

Tips: Karena keunikan wisata di sini cukup beragam, untuk kamu yang ingin membuat foto album, sangat cocok jika membawa beberapa pakaian untuk bergaya.

 

Kegiatan yang bisa dilakukan di Nusa Penida

Apa nih kegiatan yang seru dilakukan di sini, yuk simak selengkapnya ya…

 

#1 Memancing

Banyak tambak milik warga sekitar pantai di Nusa Penida. Beberapa warga juga sering kali memancing di area ini.

Jika kamu senang memancing mungkin akan menikmatinya saat liburan di sini.

 

#2 Swafoto dan Vlogging

Beberapa destinasi ini pasti akan membuat kamu takjub. Saya sebenarnya malas untuk mengabadikan foto pribadi.

Namun karena keindahan yang menakjubkan akhirnya saya pun ber-swafoto yang lumayan banyak.

Keindahan alam di sini yang masih natural benar-benar memanjakan mata, kalau kata teman saya, ada hal-hal yang gak bisa diabadikan dengan foto sekalipun.

Bagi kamu yang sangat menyukai fotografi pasti akan puas dengan pemandangan di sini. Jadi kosongkan memori dan siapkan baterai yah.

Beberapa lokasi ini berhasil mencuri perhatian saya.

 

  1. Diamond Beach

Lokasi wajib untuk kamu nikmati Ini adalah diamond beach. Jika beberapa orang yang takut ketinggian (seperti saya) akan merasa panas-dingin saat menuruni tebingnya.

Tetapi sengsara itu akan terbayar penuh saat sampai di bawah. Jika pagi hari ombak di sini masih agak tinggi, jadi jika ingin lebih santuy datang siang atau menjelang sore.

Kamu bisa ber-swafoto atau vlogging sebebasnya dan sepuasnya, karena tebing-tebing kokoh yang mengitarinya terasa megah, dengan pantai pasir putih yang lembut, ditambah suara ombak dan pemandangan yang indah.

Hanya hati-hati untuk tidak berenang di lokasi ini, sebab tidak ada penjaga pantai dan ombaknya cukup kuat.

Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 04 Finansialku

[Baca Juga: Bonus Akhir Tahun: Dana Darurat Atau Liburan Akhir Tahun?]

 

  1. Atuh Beach

Atuh Beach dan Diamond beach itu bersebelahan gaes! Jadi tinggal tengok ke kiri kemudian sedikit ke kanan.

Apakah ada bedanya? Tentu beda! Pantai di Atuh lebih berkarang dan tebingnya tidak lebih mengerikan seperti di Diamond beach.

Di sini wisatawan bisa bersantai, berenang di tepi pantai juga menikmati kelapa muda. Sangat sayang jika kamu melewatkan pantai yang satu ini.

Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 06 Finansialku

[Baca Juga: Liburan Backpacker? Yuk, Hitung Dulu Biaya Travelling ke Labuan Bajo!]

 

Tetapi pastikan kamu untuk mengambil jalan menuju Diamond beach jika menggunakan maps digital.

Jika tidak, kamu akan diarahkan ke jalur sisi lain Atuh beach seperti kejadian tragis yang saya alami. Sekalipun jalur ini bisa tetap dijajal turun, tapi yah masa naik turun tangga sampai 6 kali? Atuh lah!

Karena kita ingin merasakan kedua pantainya dengan sisa tenaga, maka alhasil kita memutar balik dan menghabiskan 30 menit lagi untuk ke sisi lainnya. Tuh!

 

  1. Teletubbies Hills

Wah, beneran deh swafoto di sini gak boleh sampai kelewat. Jika mengikuti maps kamu akan di arahkan ke titik foto yang biasa disambangi orang.

Tetapi jika kamu sekaligus ingin menikmati pemandangan. Teruskan jalannya saja, hingga kamu bisa melihat hamparan bukit yang serupa dengan pandangan yang lebih jauh dan luas.

Saat langitnya cerah dan bukit-bukitnya hijau, objek wisata ini akan menghasilkan foto yang ciamik dan bikin sirik teman-teman medsos kamu.

Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 01 Finansialku

[Baca Juga: Berapa Dana Liburan Ke Bandung Untuk Tiga Hari Dua Malam?]

 

#3 Camping, Berenang atau Snorkeling

Kalau mau coba main air atau snorkeling, di sini ya tempatnya…

 

  1. Angel’s Billabong

Ingin mencoba kolam alami di antara karang-karang? Datang dan kunjungi Angel’s Billabong.

Lokasi ini sebenarnya satu komplek dengan Broken Beach, yang foto nya cukup banyak di upload di Instagram.

Memang berbeda pengalaman masing-masing orang, namun buat saya sendiri usahakan untuk berenang di sini.

Saya saja sampai dua kali mengunjungi tempat ini saking penasarannya. Beberapa terumbu memang agak tajam saat diinjak tetapi masih cukup aman. Turun dan naiknya juga gak bikin stress kaya sebelumnya.

Untuk saya yang phobia tinggi, ini sangat menenangkan jiwa raga. Nah kurangnya adalah sumber air bersih untuk membilas. Jadi pertimbangkan untuk membawa air sendiri.

 

  1. Crystal Bay

Pantai Crystal Bay ini sangat unik. Di pantai ini, kamu bisa berenang dan bermain ombak, juga bisa camping dan bisa juga menikmati kolam bening air tawar yang berasal dari sumber mata air.

Jika kamu menyiapkan dana lebih, kamu juga bisa menyewa paket snorkeling yang disediakan. Tanya saja bapak-bapak atau ibu-ibu warungnya, mereka pasti akan mengarahkan kamu ke mana.

Ditemani rimbun pohon-pohon kelapa, pantai di sini serasa benar-benar pantai, juga garis pantai yang landai  membuat orang-orang bisa berenang dengan aman, termasuk jika kamu niat camping di pinggir pantai.

Berburu sunset? Di sini juga bisa! Lengkap pokoknya.

Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 03 Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Jitu Mengelola Keuangan Saat Liburan Natal dan Tahun Baru]

 

#4 Kulineran Khas Penida

Untuk menikmati makanan warga Nusa Penida, kamu harus memburunya. Ada sebuah pasar di area pemukiman warga yang menjual aneka makanan termasuk makan sejuta umat #gorengan.

Nah, pengalaman saya kemarin saya mencoba sate lilit dan ikan bakar yang dimasak di pinggir jalan saat saya pulang.

Rasanya sangat terasa lokal dan masih bisa dinikmati. Kisaran makannya juga terjangkau belasan ribu hingga puluhan saja.

Kalau ingin makan agak mewah, terdapat beberapa kafe yang fancy. Jika mampir makan di sini, yah siapkan budget seperti makan di kafe perkotaan.

Untuk keperluan-keperluan lain seperti snack, minuman, sabun. Nusa Penida sudah ada mini market koq, jadi masih aman untuk liburan di sini.

Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 07 Finansialku

[Baca Juga: Inilah 7+ Persiapan Keuangan Liburan Akhir Tahun 2020 yang Berkesan]

 

#5 Explore Wilayah

Seperti diinformasikan, kalau Nusa Penida masih ada adik-adik lainnya yang lucu-lucu seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Tetapi saya tidak sempat ke sana. Karena keterbatasan waktu, terlebih lagi budget.

Sebenarnya masih ada beberapa lokasi lain yang sama populernya, seperti Devil’s Billabong, Klingking Beach, Mata Air Tembeling, Goa Giri Putri, Manta Bay dan memacu adrenalin menuju pantai Suwehan.

Jika kamu menyukai tantangan dan wisata yang gak biasa, mungkin kamu akan meng-eksplor wilayah-wilayah lain.

Sebab, sejauh tempat wisata yang saya sambangi di Nusa Penida. Nyaris gak ada yang gagal. Semuanya muanteb pol!

 

#6 Water Sport

Lokasi water sport ini, adanya di dekat dermaga. Permainan water sport bersama teman atau keluarga bisa banget dilakukan di sini.

Pasti rasanya akan menyenangkan jika kegiatan ini dilakukan bersama-sama. Jika kebanyakan orang bermain air di pantai merasa khawatir akan keamanannya, bermain water sport tentu lebih terjamin keamanannya.

Mungkin kamu menyukai sensasi seluncuran yang mengarah langsung ke laut. Wah pas banget coba water slide! Selain itu kamu masih bisa melakukan berbagai water sport lain.

Seperti: Banana boat, Canoeing, Water Bike, Glass Bottom Boat, Donat Boat, Parasailing, Jetski. Nah penyedia wahana ini adalah water sport Semaya One Nusa Penida.

Nusa Penida dan Nusa Lembongan juga dikenal sebagai lokasi diving lho! Jika kamu ingin diving pulau ini, Octopus Dive Nusa Penida bisa jadi pilihan.

Octopus Dive Nusa Penida menyediakan jasa kursus dengan sertifikat PADI atau SSI dengan instruktur profesional, menyusup trip diving, menemani scuba diving.

 

#7 Me Time

Ingin mengambil “Me Time” di Nusa Penida? Bisa juga tuh. Jika kamu meng-eksplor pulau ini sendirian pun jalannya cukup aman.

Hanya hindari saja jalan-jalan yang curam. Sebab Me Time kamu bisa berubah Alone Time saat kamu membutuhkan bantuan namun gak ada orang.

Tetapi jika sekedar ingin menikmati waktu sendiri, entah Yoga di pantai, membaca novel di pinggir tebing, menikmati sunset dan sunrise, kamu akan menikmatinya.


 

Yuk Liburan!

Bagaimana? Apa saya berhasil membuat kamu ingin mengunjungi tempat ini? jika kamu berniat berlibur ke Nusa Penida kamu harus mempersiapkan budgetnya.

Aplikasi Finansialku akan membantu mengatur budget kamu untuk merinci biaya tiket pesawat ke Bali, ongkos bali menuju lokasi, biaya hotel selama di Nusa Penida, biaya makan, ongkos sewa transport dan bensin.

Mungkin pengeluaran-pengeluaran lain. Dengan mencatat keuanganmu, maka liburanmu akan lebih terkontrol biayanya seperti saya! Selamat Berlibur!

 

Silakan beri komentar kamu ya di kolom komentar di bawah ini kalau kamu sudah pernah ke Penida….

Terima kasih, oh iya… jangan lupa juga berbagi artikel ini kepada teman-teman kamu. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Yanuar. 13 Desember 2018. 9 TEMPAT WISATA DI NUSA PENIDA, BALI DENGAN VIEW KEREN. Tripzilla.id – https://bit.ly/2W9Ks01
  • Bibli Firends. 24 November 2019. 10 Kegiatan Seru Wajib Kalau di Pantai!. Bibli.com – https://bit.ly/3gF0BE9
  • Admin. 2021. NYEPI LAUT DI NUSA PENIDA BALI. Balitoursclub.net – https://bit.ly/2JPUEbM

 

Sumber Gambar:

  • Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 01 – http://bit.ly/3pxmjgK
  • Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 02 – http://bit.ly/3aWws2j
  • Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 03 – http://bit.ly/3pJYO4d
  • Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 04 – http://bit.ly/3aXNnl7
  • Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 05 – http://bit.ly/384bkpe
  • Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 06 – http://bit.ly/3rRTRbx
  • Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 07 – http://bit.ly/34ZmqtD
  • Liburan di Nusa Penida bisa main di bukit Teletubies! 08 – http://bit.ly/3pG7hVS