Liburan ke Maldives: Nikmati pantai, snorkeling, sampai visiting ke water villa di Maldives! Ikuti pengalaman seru gue yuk selama di Maldives.

Siapa tahu kamu nanti bakal ke sana guys! Gak perlu nunggu momen honeymoon lho

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cerita Gue Waktu Liburan ke Maldives

Kalau denger kata liburan, apalagi ke Maldives atau Maladewa, siapa sih yang gak mau? Eh.. tapi katanya, kalo ke Maldives itu harusnya buat mereka yang udah nikah dan honeymoon…

Eits… Siapa bilang???

Gak harus nunggu merit, kamu bisa kok ke Maldives, apalagi menurut salah satu Youtuber, Maldives itu adalah salah satu negara yang permukaannya paling rendah dan kemungkinan sekitar 50 tahun lagi bakal tersapu ombak samudera…

Nah lho… mau kapan lagi kamu ke Maldives coba?

Mumpung ada berkahnya, mending cap cus deh segera…apalagi kalo dapet harga promo dari tiket flight hingga kamar hotel yang harganya promo.

 

Intinya, seluruh isi liburan gue tuh harus banyak harga promo… Hehehe… Maklum, gue kan backpacker guys!

Lagian gue menganut paham: liburan tuh gak harus mahal, yang penting berfaedah dan melepas penat.

Setuju??!!

Yang setuju, lanjutin terus baca cuap-cuap gue ya lewat pengalaman liburan backpacker bareng Yudha.

 

5 Tips Merencanakan Liburan Hemat ala Finansialku

 

Info Kurs Saat Liburan Ke Maldives (Maladewa)

USD to Rufiyaa – US$ 1 = 1.530 Rufiyaa

Rufiyaa to Rupiah – 1 Rufiyaa = Rp 906,5

 

Nah kalo kalian pusing buat ngitungnya, biasanya harga barang di Maldives tinggal kalian kali dengan Rp 1000. Misalnya, harga makanan 50 Rufiyaa sama dengan Rp 50.000. Gampang kan?

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 02 - Finansialku

Penampakan belakang mata uang Maldives, MVR atau Rufiyaa

 

Btw, tahu gak kenapa nama mata uang di Maldives – Rufiyaa hampir mirip pelafalannya dengan mata uang kita Indonesia – Rupiah?

Bahkan kalau kalian perhatikan, mata uang India – Rupee, pelafalannya juga hampir mirip, termasuk mata uang yang digunakan di beberapa negara yang tersebar di Samudera Hindia.

Nah, ini karena kita menggunakan bahasa serapan dari Sansekerta yang asal-muasalnya dari budaya India, di masa kejayaan Hindu-Budha. Itulah kenapa kok bisa mirip-mirip pelafalannya.

Anyway, orang-orang di Maldives juga menerima mata uang Dollar (USD) kok. Jadi jangan lupa bawa uang cadangan berupa Dollar (USD) ya!

Oh iya, jangan lupa rencanain setiap anggaran pengeluaran kalian ya sebelum liburan!

Kalo gue sih pake Aplikasi Finansialku (download Google Play Store atau Apple Apps Store) yang memudahkan gue buat nyatet semua anggaran dan pengeluaran gue selama liburan. Kalo kamu gimana?

Transaksi Bulan Ini Aplikasi Finansialku

Tampilan Menu Catatan Keuangan Aplikasi Finansialku

 

MURMER, Liburan Ke Maldives

Mengawali tahun 2020, gue dapet berkah buat liburan ke Maldives.

Lumayan guys, liburan gue ke Maldives itu selama 5 hari 4 malam dengan total pengeluaran all in yang bakal gue share di bagian rekap pengeluaran di paling bawah. Detail per harinya ngapain aja, jajan apa aja dan ngeluarin duit berapa banyak, simak petualangan gue di bawah ini!

 

Day #1 CGK – SIN – MALE

Berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta Terminal 3, transit di Singapore dan sampailah gue di Bandara Internasional Velana di Male, Maldives.

You know what, gue pake maskapai bintang 5 alias five stars punya negara tetangga (nama gak gue sebutin ya guys coz gue kan gak di-endorse, hehehehe) dengan harga tiket PP Rp 5,4 juta-an aja. Murah kan?? Fyi, gue tahun baruan di Maldives.

Kok bisa?? Namanya juga pas dapet yang promo. Pinter-pinter aja nyari yang promo ya guys!

Kadang dapet harga promo sekarang, tapi berangkat liburannya setahun ke depan.

Sambil menanti keberangkatan, bisa nabung buat uang jajan di sana kan!

Setelah menempuh penerbangan sekitar 5 jam dari Singapore, akhirnya……

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 03 - Finansialku

Maldives… I’m coming!

 

Dah gak sabar pengen nikmatin suasana pantainya, fasilitas hotel, jalan-jalan ke pulau-pulau kecil dan yang paling gue tunggu adalah resort water villa… Yeeaaay!

Oh iya guys, just info aja ya…Hasil browsing di blog para traveler yang udah pernah ke Maldives, buat kamu para ciwi-ciwi yang mau pake bikini, kalian harus aware tempat mana aja yang boleh dan gak boleh pakai bikini ya!

Biasanya kalau di tempat seperti resort water villa, kalian dibolehin buat pakai bikini.

So, just be wise with your outfit yaa coz Maldives itu 99% penduduknya adalah muslim yang mengedepankan kesopanan dalam berbusana.

Sesampainya di Bandara Internasional Velana di Male, gue langsung ke bagian lobby buat nyari Money Changer (info kurs-nya udah gue share di bagian atas ya, kalo kelewat, scroll up aja oke!).

Ada beberapa money changer di sana. Karena harganya fluktuatif, kamu bisa bandingkan sendiri harganya ya, cari kurs yang terbaik aja!

After that, gue beli SIM CARD Ooredo Tourist Pack 7 Days 4G, seharga US$ 15 (ini pilihan gue yang paling worth) supaya bisa internetan kalo pas lagi gak ada wifi, guys! Modal backpacker kalau ke luar negeri, INTERNET!

Selain money changer, di bagian lobby airport bakalan banyak banget tour agent yang nawarin ke kamu jasa tour & travel dari hotel, transportasi pake boat, seaplane (pesawat yang bisa mendarat di air), paket tour berbagai resort di Male, sampai menginap di water villa atau resort.

Setelah nuker uang di money changer, gue mau menuju ke tempat penginapan yang letaknya di Pulau Male.  

Kalau mau ke Pulau Male, ada 2 pilihan transportasi, by boat atau by bus.

Karena penginapan gue deket sama Hulhumale Ferry Terminal, sedangkan kalau pakai bus, terminalnya di dekat Villingili Ferry Terminal dan letaknya jauh banget dari penginapan, jadi gue pilih pakai boat dengan biaya 10 Rufiyaa aja (Rp 10.000)

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 04 - Finansialku

Peta Male dan Velana International Airport

 

Sesampainya di Hulhumale Ferry Terminal, gue perlu jalan kaki sekitar 3 menit ke tempat penginapan. Deket kan? Jadi gak perlu keluarin ongkos buat taxi.

Biaya penginapan gue di Kaani Lodge Hotel di Male Rp 470.000 per malam.

Nah, input aja ni buat kamu yang mau traveling dengan budget murmer, cari aja tempat penginapan yang deket sama akses transportasi, misalnya, MRT, subway, atau jalan raya. Selain itu, tempat penginapannya juga yang deket sama toko swalayan supaya kalo mau belanja dan cari makan snack gak perlu ribet guys.

By the way, kalian ngeh gak liat map tadi?

Kalo kalian perhatiin di Google Map, kalian butuh zoom beberapa kali supaya bisa liat map Male, Maldives. Kecil banget kan?

 

You know what? Maldives itu terdiri dari kumpulan atoll atau pulau koral yang dibagi ke dalam 26 atoll yang tersebar di Samudera Hindia, bagian Barat Daya Sri Lanka

Dan gue tepat berada di Ibukotanya, Male dimana menurut mbah Gugel, Male hanya memiliki luas tidak lebih dari 2 km persegi dan dihuni oleh sekitar 70.000 orang. Pulau kecil, tapi banyak penduduknya, padet banget kan?

Jadi kalo mau kelilingin ibukota Male, paling gak sampe 2-3 jam jalan kaki lho guys! (gue udah nyobain kok, meski gak sekeliling penuh ya)..

Hari pertama di Male, gue mengelilingi kota mungil ini. Liatin jalanan kota yang menurut gue sempit tapi wara-wiri mobil dan motor. (kalo di Bandung, mungkin jalanan di sana disebutnya gang).

Gak heran kalo banyak jalan yang dibuat searah di sana, supaya gak macet (meski tetep aja ada motor yang seliweran gak sesuai rambu lalu lintas, jadi hati-hati ya guys kalo mau nyeberang jalan di sana).

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 05 - Finansialku

Jalanan di Ibukota Maldives

 

Di tengah asyiknya jalan-jalan di kota mungil Male, my middle earth (perut buncit ini) udah mulai minta diisi. So, it’s time to find some foods.

Jangan heran kalo makanan di Male itu rata-rata harganya di atas 50 Rufiyaa alias Rp 50.000 dengan menu sederhana nasi goreng dan ayam, kadang ditambah sama kerupuk renyah buatan mereka. Mirip makanan India.

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 06 - Finansialku

Menu murah makan 40 Rufiyaa

 

Itu buat sekali makan dan besar porsinya pas buat makan gue ya guys. Mungkin kalo buat cewe yang makannya sedikit sih bisa berdua.

Selama di sana, gue nemu satu tempat makan kecil yang rata-rata makanan di sana harganya termasuk terjangkau, yaitu 40 Rufiyaa aja atau Rp 40.000 (itu udah termasuk yang paling murah ya guys)!

Nama tempat makannya: Rahdhebai Café.

Sekali lagi, ini gue gak di endorse ya! Cuma mau berbagi info aja buat kalian yang traveling dengan budget terbatas – karena berbagi itu indah! Betul??!

Selesai menjelajahi kota mungil Male, di hari kedua dan ketiga gue bakal pindah pulau ke Maafushi Island yang berada di bagian selatan Male.

Jaraknya…. Paling sejengkal kalo di map, hehehe… yang pasti kalo naik public boat bakal memakan waktu sekitar 1,5 jam (deket kok)! Beda kalau kamu naik speed boat, tapi menguras uang yang lebih besar.

 

Day #2 Trip to Maafushi Island

Hari ke-2 gue pindah ke Pulau Maafushi yang letaknya di sebelah selatan Pulau Male.

Oh iya guys, karena nanti di hari ke-4 gue balik lagi ke penginapan yang sama di Male, jadi gue nitipin satu koper di resepsionis penginapan di Male, yang isinya gak bakalan gue pake selama di Pulau Maafushi.

So, barang bawaan gue lebih enteng dan gak ribet selama liburan di Pulau Maafushi.

Hijrah ke Pulau Maafushi, gue pakai public boat Male to Maafushi dengan harga tiket 53 Rufiyaa alias Rp 53.000. Terminalnya ada di Villingili Ferry Terminal, di daerah selatan. Ke sananya gue naik taxi dengan biaya 50 Rufiyaa (Rp 50.000) coz kalo jalan lumayan jauh, mungkin bisa setengah jam sampai 1 jam, ditambah matahari yang menyengat.

Sesampainya di Villingili Ferry Terminal, langsung aja ke bagian loket pembelian tiket dan bilang destinasinya ke Maafushi Island. Kamu perlu cek jadwal keberangkatannya ya!

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 07 - Finansialku

Situasi di dalam public boat ke Maafushi Island

 

Sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan public boat, kamu bakal liat beberapa water villa atau resort-resort kecil yang ciamik.

Oiya, public boat yang gue naikin ini ada bagian lotengnya lho, tapi gak ada penutupnya, jadi terbuka gitu guys! Mantap deh liat pemandangan laut dan resort dari atas public boat.

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 08 - Finansialku

Pemandangan dari atas public boat

 

Setelah sekitar 1,5 jam perjalanan, sampailah gue di…

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 09 - Finansialku

Kalau ke Maafushi, wajib foto di tempat ini

 

Pasir pantai putih, deburan ombak kecil, warna laut biru dangkal….hmmm rasanya dah pengen nyebur aja nii……

Sampai di Maafushi, gue cari-cari info tour & travel yang nyediain jasa tour seharian di water villa atau resort buat di hari ketiga besoknya, guys.

Harganya bervariasi! Kalo kita mau nyari, mau ribet sedikit buat banding-banding harga + sabar (ini kuncinya ya guys), bisa kok dapet harga yang murmer.

Tahu gak gue dapet dimana?

Gue dapet harga tour seharian ke resort water villa lewat tawaran dari orang yang kerja di hotel tempat gue nginep di Maafushi Island. Anyway, gue nginep di Salt Beach Maafushi dengan harga Rp 325.000 per malam.

Dihitung-hitung, malah harga penginapannya lebih murah dari penginapan di Male yaa… Padahal, ini kan pulau yang lebih terpencil yang menurut gue bakal lebih mahal. Apalagi fasilitasnya menurut gue lebih oke dari penginapan gue di Male sebelumnya.

Tapi…yaudahlah…nikmati aja rezeki yang udah diatur sama Gusti Nu Agung

Ini termasuk hotel murah banget lho guys dengan fasilitas sarapan pagi. Lumayanlah buat kita-kita yang backpacker-an, apalagi gue dapet kamar pas di tengah balkon dan view-nya langsung mengarah ke pantai. Cihuuuyyyy!! Emang rezeki anak soleh, gak ada duanya! Xixixixi…..

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 10 - Finansialku

Salt Beach Maafushi, tepat di atas kepala gue itu adalah kamar gue!

 

Oiya, balik lagi ke harga tour resort water villa tadi, gue dapet tawaran dari bagian marketing hotelnya.

Dia kasih beberapa pilihan resort water villa dengan berbagai fasilitas seperti, transportasi boat PP, lunch buffet all you can eat, hingga layanan water sport seperti banana boat, canoe, jetski, tour to dolphin lagoon, snorkeling dan masih banyak lagi. Bikin pengen maen air terus nii!

Dengan berbagai tawaran yang dia kasih, gue akhirnya mengambil keputusan buat memilih 1 day trip resort water villa di Adaaran Club Rannalhi dengan harga US$ 100 atau sekitar Rp1,5 juta-an (kala itu).

Harga segitu udah dengan transport speed boat PP, lunch buffet all you can eat, snacks sepuasnya, fasilitas akses foto-foto di water villa & beverages (cocktail & mocktail selected) sepuasnya.

Nah itu dia bocoran beberapa kegiatan yang gue bakal lakuin di hari ke-3.

 

Terus…. selama hari ke-2 di Maafushi Island gue ngapain aja?

Tentunya maen water sport (Canoe) dengan harga tawaran dari si marketing tadi yang menurut gue masih ramah di kantonglah.

Setelah itu, gue berenang di pantai, menikmati pemandangan sunset dan jalan-jalan di sekitaran pantai sambil dengerin mini band di sekitaran pantai yang menghibur para pengunjungnya.

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 11 - Finansialku

Maafushi map

 

Gambar di atas adalah map dari Maafushi Island yang juga begitu mini.

Kalau mau kelilingin pulau kecil ini, jalan kaki santai aja gak sampai 20 menit kok, saking kecilnya. Bahkan, di hari terakhir nanti di Maafushi Island gue sempet buat lari pagi sekitar 5 km jaraknya, jadi agak keliling-keliling ke jalanan di tengah pulau guys karena satu lingkaran aja gak sampai 3 km.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Day #3 One Day Trip at Adaaran Club Rannalhi

Hari ketiga di Negara Maladewa, gue gak mau melewatkan One Day Trip ke water villa di Adaaran Club Rannalhi. Perjalanan dengan speed boat sekitar 30 menit dan sampailah di Adaaran Club Rannalhi.

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 12 - Finansialku

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 13 - Finansialku

Foto di Adaaran Club Rannalhi

 

Selama di water villa ini, kerjaan gue gak lain dan gak bukan adalah keliling pulau sambil foto-foto di berbagai spot yang oke punya. Selain itu, gue snorkeling & berenang di pantai.

Tapi, sayangnya pas gue sampe di sana, cuaca agak mendung dan sempet hujan. Tapi praise God, itu cuma sebentar dan gue bisa kembali nikmati liburan di resort ini.

Hati sumringah, cuaca cerah, liburan budget murah…. Hmmm…senangnyaahhh!

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 14 - Finansialku

Water Villa di Adaaran Club Rannalhi

 

Kalau sewaktu-waktu haus, bisa ke bagian bar spot buat ambil snacks & beverages (take as much as you want, as long as you can finish it ya guys!). Intinya don’t waste, oke!

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 15 - Finansialku

Bar spot di Adaaran Club Rannalhi

 

Kalo lapar, tenang aja guys, ada buffet all you can eat di jam makan siang dari jam 11.30 sampai jam 2 siang yang tersedia di spot ruang makan.

Menunya banyak banget, bikin ngiler rasanya! (Karena sibuk videoin setiap menu buffet-nya, alhasil gue gak ambil jepretan foto-fotonya)

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 16 - Finansialku

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 17 - Finansialku

Kira-kira ini 2 piring menu makanan yang gue pilih buat santap siang.

 

Seharian di Adaaran Club Rannalhi, jadi pengen rasanya kapan-kapan nyobain nginep di water villa-nya. Mau tahu gak guys harganya kisaran berapa?

Yang termurah itu kisaran Rp 10 juta – Rp 20 juta per malam. Can you imagine that?

Tapi yaaa…fasilitas dari water villa-nya bakal sebanding dengan harga yang kamu bayar kan?!

Oh ya, harga menginap di water villa setiap resort akan berbeda. Diimbangi dengan fasilitas resort dan lain sebagainya. Kamu tinggal pilih saja yang yang sesuai dengan kamu.

Dan… Akhirnya di penghujung hari ke-3, gue udah puas jalan-jalan di Adaaran Club Rannalhi. Waktunya balik ke Pulau Maafushi dan nikmati malam terakhir di hotel Salt Beach Maafushi Inn.

 

Day #4 Back to Male and Go to Hulhumale

Gak kerasa udah hari ke-4 dan gue harus balik ke Ibukota Male. Naik public boat dengan harga yang lebih murah dari sebelumnya, yaitu 22 Rufiyaa (bandingin pas berangkat, gue bayarnya 53 Rufiyaa, padahal boat-nya sama, driver & awak kapalnya juga orang yang sama). Entah mengapa!

Sampai di Villingili Ferry Terminal, gue jalan kaki ke hotel Kaani Lodge tempat gue nginep, sambil liat-liat spot foto di pinggiran pantai dan jalanan ibukota nan mungil, Male.

Karena penasaran sama pulau reklamasi Hulhumale yang ada di bagian utara Bandara Internasional Velana, akhirnya gue memutuskan buat naik boat ke sana dengan harga tiket cuma 20 Rufiyaa PP dan jalan-jalan seharian di pulau reklamasi Hulhumale.

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 18 - Finansialku

Suasana di dalam boat to Hulhumale

 

Pulau reklamasi Hulhumale ini dengan sengaja dibangun oleh pemerintah seluas 0,7 mil dengan berbagai fasilitas tempat tinggal, rumah sakit, pasar swalayan, sekolah, tempat rekreasi, taman terbuka, rumah ibadah dan tempat pengisian bahan bakar serta pembangkit tenaga listrik.

Pulau Hulhumale sampai saat ini masih terus dalam pembangunan.

Oiya, gue belum cerita ya kalau di sini ada snack murah, namanya short snacks, kayak gorengan gitu sih kalo di Indonesia. Short snacks ini rata-rata cuma 2-4 Rufiyaa alias Rp 2-4 ribuan.

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 19 - Finansialku

Short snack di Maldives

 

Besok di hari ke-5 adalah hari terakhir gue ada di Maldives, artinya I have to go back home to Indonesia!

Tapi sebelum jadwal flight gue di malam hari, gue masih ada waktu seharian dari pagi sampai sore buat jalan-jalan di kota mungil, Male sambil window shopping & cari oleh-oleh.

 

Day #5 Having Fun in Male and Hulhumale; Back to Indonesia

Selama di hari ke-5 ini, kerjaan gue cuma jalan-jalan di kota, liat-liat toko swalayan, window shopping ke souvenir store, siapa tahu ada yang bisa dibeli buat oleh-oleh atau buat gue sendiri guys. Hehehe…

Karena masih ada waktu sampai sore, gue iseng buat jalan-jalan lagi ke Pulau Reklamasi di bagian utara Bandara Internasional Velana, Hulhumale.

Kalo kemarin gue naik boat, sekarang gue mau pake jalur darat alias naik bus dengan ongkos PP sama seperti boat, yaitu 20 Rufiyaa.

Liburan ke Maldives Gak Perlu Nunggu Momen Honeymoon Lho 20 - Finansialku

Bus tujuan Hulhumale Island

 

Setelah seharian keliling di Pulau Reklamasi Hulhumale, akhirnya di sore hari gue harus balik ke Bandara Internasional Velana dan cap cus balik ke Indonesia.

 

Rekap Pengeluaran Holiday to Maldives

Dan seperti janji gue sebelumnya, berikut ini rekap pengeluaran gue selama liburan murah di Maldives: (nominal di bawah ini hasil pembulatan ya guys, supaya enak ngitungnya)

No Uraian Harga (Rp)
1 Tiket Pesawat 5 stars PP 5.400.000
2 Hotel Kaani Lodge di Male (Rp 470 ribu x 2 malam) 940.000
3 Hotel Salt Beach Maafushi (Rp 325 ribu x 2 malam) 650.000
4 Resort Adaaran Club Rannalhi (US$ 100) 1.500.000
5 Pengeluaran Day #1 (include foods, snacks, boat/bus tickets, etc) 429.000
6 Pengeluaran Day #2 (include foods, snacks, boat/bus tickets, etc) 185.000
7 Pengeluaran Day #3 (include food, snacks, boat/bus tickets, etc) (Hari ke-3 semua biaya udah include dengan 1 day tour to resort – gue gak keluar biaya lagi) 0
8 Pengeluaran Day #4 (include food, snacks, boat/bus tickets, etc) 331.000
9 Pengeluaran Day #5 (include food, snacks, boat/bus tickets, etc) 493.000
  TOTAL 9.928.000

 

So, itu dia pengalaman perjalanan gue ke Maldives, termasuk overview budgeting yang gue keluarin selama liburan di sana, termasuk budget oleh-oleh sekitar Rp 300.000 hingga Rp500.000, so tinggal dikurangin aja yaa guys.

Kalau kamu mau lebih murah, kamu bisa cari tiket low cost flight juga dan pastinya tentuin tanggal kapan promo dari maskapai itu ya. Menurut info yang gue dapet, ada juga orang yang dapat Rp 2,5 juta PP dari Jakarta ke Male.

 

Mau tanya-tanya soal liburan ke sana, kalian bisa tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

Kalau mau tanya soal gimana caranya kelola keuangan supaya bisa alokasiin dana buat liburan yang gak menguras kantong, kalian bisa KONSULTASI GRATIS sama Perencana Keuangan Finansialku.

 

Jangan lupa buat rencana liburan kalian dengan Aplikasi Finansialku yang bakal nolong banget buat atur budgeting, ngitung berapa biaya yang perlu kalian alokasikan, catet berbagai arus kas harian dari pendapatan sampai pengeluaran, sampai konsultasi soal masalah keuanganmu sama Perencana Keuangan yang Profesional.

 

Sumber Referensi:

  • Rizky Tyas Febriani. 29 Juli 2019. 7 Pulau di Maldives yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan. Tribunnews.com – https://bit.ly/3buOJAx
  • Farha Kamalia. 17 September 2016. Maladewa, Satu-satunya Negeri dengan Penduduk 100 Persen Muslim. Tebuireng.online – https://bit.ly/3dDiHDZ
  • Wow Keren. Lantaran Dibuat Sendiri, Pulau Tersebut Dibentuk Dengan Sangat Indah. Beberapa Negara Memiliki Pulau Buatan Yang Keren Dan Terkenal Di Kancah Dunia. Ayo Simak Di Sini! Wowkeren.com – https://bit.ly/2xV5eYO

 

Sumber Gambar:

  • Dokumentasi Pribadi