Sewa apartemen banyak dipilih masyarakat perkotaan karena alasan kenyamanan dan kemudahan akses. Kira-kira, lebih menguntungkan mana antara sewa apartemen harian, bulanan, dan tahunan?

Cari tahu informasi selengkapnya dalam ulasan Finansialku berikut ini!

 

Summary:

  • Dalam sewa apartemen, pemilik apartemen biasanya bertanggung jawab atas perawatan dan pemeliharaan unit, sementara penyewa bertanggung jawab atas pembayaran sewa tepat waktu dan menjaga kebersihan serta kerapihan unit.
  • Seseorang dapat memilih untuk menyewa apartemen secara harian, bulanan, atau tahunan, tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing.

 

Opsi Sewa Apartemen Harian, Bulanan, Tahunan

Apartemen menjadi pilihan hunian menarik bagi masyarakat modern di kota besar. Faktor akses, lokasi, dan fasilitas menjadi pertimbangan utama.

Pertanyaan yang sering muncul adalah: mana yang lebih menguntungkan, sewa harian, bulanan, atau tahunan? Ketiga pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan.

sewa apartemen

Ilustrasi Apartemen. Sumber: banten.genpi.co

 

Sewa harian dan bulanan menawarkan fleksibilitas tinggi dengan harga sewa yang dapat berubah sewaktu-waktu. Di sisi lain, sewa tahunan memberikan kepastian harga dan penghematan biaya, namun kurang fleksibel jika ingin pindah.

Pemilihan sewa bulanan atau tahunan tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti stabilitas pekerjaan, mobilitas, dan anggaran keuangan sebelum mengambil keputusan.

 

Sewa Apartemen Harian

Apartemen kini tak lagi hanya disewakan secara bulanan atau tahunan. Tren sewa apartemen harian kian marak sebagai alternatif akomodasi jangka pendek.

Dibandingkan hotel, apartemen harian menawarkan sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

 

#1 Kelebihan

Berikut adalah beberapa kelebihan sewa apartemen harian:

 

#1 Lebih Hemat

Dibandingkan hotel, sewa apartemen harian menawarkan solusi akomodasi yang lebih hemat untuk jangka waktu beberapa hari.

Biaya sewa apartemen umumnya lebih murah, bahkan dapat dinegosiasikan langsung dengan pemilik. Faktor ini menjadikannya pilihan menarik bagi pelancong yang mencari alternatif akomodasi terjangkau.

 

#2 Mudah Diakses

Apartemen kian diminati sebagai hunian alternatif, terutama bagi mereka yang menginginkan akses mudah ke berbagai fasilitas.

Lokasi strategis menjadi keunggulan utama apartemen karena sering kali berada di dekat pusat perbelanjaan, bandara, dan kantor.

 

#3 Administrasi Lebih Sederhana

Proses check-in hotel yang rumit sering kali membuat jenuh. Sewa apartemen harian menawarkan solusi dengan administrasi simpel dan transaksi individual.

 

#4 Lebih Nyaman Ditinggali

Dibandingkan hotel yang ramai dengan pengunjung dari banyak tempat, ketenangan apartemen menjadi daya tarik utama.

Mayoritas penghuni apartemen adalah penghuni tetap, sehingga suasananya lebih kondusif untuk beristirahat.

 

#5 Masa Sewa Fleksibel

Kebijakan sewa hotel dan apartemen memiliki perbedaan signifikan. Hotel menerapkan sistem 24 jam per hari tanpa negosiasi.

Di sisi lain, apartemen menawarkan fleksibilitas negosiasi waktu sewa sehingga memungkinkan kesepakatan individual antara tamu dan pemilik.

[Baca Juga: 7 Rekomendasi Apartemen di Bandung, Strategis dan Bikin Nyaman!]

 

#2 Kekurangan

Simak beberapa kekurangan sewa apartemen harian berikut ini:

 

#1 Fasilitas Sewa Harian Cenderung Sulit Ditemukan

Apartemen harian masih sulit ditemukan dibandingkan hotel, bahkan dengan aplikasi online. Hal ini menjadi hambatan bagi calon penyewa yang menginginkan fleksibilitas dan privasi.

 

#2 Pelayanan Kurang

Tingginya tarif hotel dibandingkan apartemen sewa harian sejalan dengan kualitas layanannya yang lebih unggul. Hotel menawarkan pelayanan menyeluruh, mulai dari resepsionis 24 jam, layanan kamar, hingga kebersihan yang terjamin.

Sebaliknya, apartemen sewa harian umumnya dikelola secara mandiri sehingga layanannya terbatas. Tamu harus mengurus sendiri keperluan mereka, seperti check-in, kebersihan, dan keamanan.

 

#3 Cara Sewa Apartemen Harian

Sewa apartemen kini makin mudah dilakukan berkat hadirnya aplikasi akomodasi. Untuk memudahkan Anda mencari akomodasi ideal, berikut kami paparkan cara sewa apartemen harian melalui aplikasi:

  • Silakan buka layanan pesan hotel yang Anda punya. Sebagai contoh, kami menggunakan Traveloka.
  • Silakan ketuk bar pencarian.
  • Masukkan nama kota, tujuan, atau nama akomodasi.
  • Selanjutnya, masukkan tanggal check-in dan durasi menginap.
  • Atur jumlah kamar dan tamu.
  • Ketuk tombol Cari Akomodasi.
  • Di hasil pencarian, silakan ketuk salah satu apartemen untuk melihat detail harga dan fasilitasnya. Jika sudah cocok, ketuk Pilih Kamar. Jika tersedia beberapa jenis kamar, ketuk salah satunya dan pilih Pesan Sekarang.
  • Sistem akan mengarahkan Anda ke laman pemesanan. Isi data diri dengan benar, termasuk nomor telepon dan email aktif.
  • Baca syarat dan ketentuan dengan saksama sebelum membayar. Jika perlu, Anda bisa menambahkan asuransi dan jaminan refund.
  • Jika sudah yakin, pilih Lanjutkan Pemesanan.
  • Pilih metode pembayaran yang paling mudah. Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda akan mendapat email berisi voucher paling lambat 60 menit. Jika aplikasi mengalami kendala, pilih Saya Sudah Bayar dan unggah bukti transfer manual.

 

Sewa Apartemen Bulanan

Sewa apartemen bulanan kian populer, terutama bagi karyawan dan mahasiswa yang membutuhkan kepraktisan dan fleksibilitas.

Berbeda dengan sewa tahunan, pilihan ini menawarkan opsi tinggal yang lebih singkat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan sewa apartemen bulanan:

 

#1 Kelebihan

Anda akan merasakan kelebihan berikut jika menyewa apartemen bulanan:

  • Lebih fleksibel lantaran jangka waktu yang singkat.
  • Bisa pindah tanpa menunggu lama jika kurang suka dengan suasana hunian..
  • Lebih hemat dibanding sewa harian.
  • Dapat ditingkatkan menjadi sewa tahunan.

 

#2 Kekurangan

Kekurangan sewa apartemen bulanan meliputi:

  • Lebih mahal dibanding sewa tahunan.
  • Pemilik apartemen dapat menaikkan biaya sewa sewaktu-waktu.
  • Kebanyakan pemilik apartemen lebih senang menyewakannya dalam jangka panjang.

[Baca Juga: 5+ Inspirasi Desain Apartemen Studio, Mungil dan Super Nyaman]

 

Sewa Apartemen Tahunan

Sewa apartemen tahunan digemari masyarakat karena menawarkan kepraktisan dan potensi keuntungan dibandingkan sewa bulanan.

Tapi, seperti halnya sewa bulanan, terdapat kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

 

#1 Kelebihan

Simak kelebihan sewa apartemen tahunan berikut ini:

  • Pengeluaran untuk hunian akan stabil dalam satu tahun.
  • Hargasewa lebih murah dibanding harian dan bulanan.
  • Deposit sewa akan dikembalikan saat Anda pindah tanpa melakukan kesalahan.
  • Harga sewa ditentukan di awal perjanjian.

 

#2 Kekurangan

Sementara itu, kekurangan sewa apartemen tahunan meliputi:

  • Sulit pindah sewaktu-waktu lantaran uang sewa dibayar di muka.
  • Banyak peraturan yang harus dipatuhi.
  • Membutuhkan biaya perawatan hunian yang lebih besar dibanding sewa harian dan bulanan.

 

Tips Menyewa Apartemen

Ikuti tips berikut agar tidak salah pilih unit saat sewa apartemen:

 

#1 Tetapkan Anggaran Keuangan Anda

Penetapan anggaran merupakan langkah krusial sebelum menyewa apartemen. Harga sewa yang bervariasi berdasarkan luas dan lokasi unit menuntut kesesuaian dengan kemampuan finansial individu.

Untuk memudahkan Anda menyusun anggaran, ikuti panduannya dalam ebook gratis dari Finansialku Cara Membuat Anggaran dengan Tepat

 

#2 Cari Tahu Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas apartemen bervariasi tergantung pemiliknya. Beberapa unit dilengkapi AC, Wi-Fi, kasur, lemari, peralatan dapur, dan meja. Sementara yang hanya unit kosong.

Sewa apartemen lengkap lebih hemat karena tak perlu membeli perabotan. Keberadaan fasilitas publik seperti kolam renang, gym, dan minimarket di apartemen juga menjadi nilai tambah.

 

#3 Perhatikan Biaya Tambahan

Biaya tambahan seperti perawatan, pengelolaan, parkir, kebersihan, dan keamanan, perlu dikonfirmasikan kepada pemilik apartemen.

Pastikan biaya tersebut termasuk dalam sewa bulanan atau dibebankan kepada penyewa. Jangan tergoda harga sewa murah tanpa mempertimbangkan potensi biaya tambahan yang besar.

Untuk membangun kesiapan finasial sebelum menyewa apartemen, Anda bisa merencanakan keuangan dengan matang bersama Perencana Keuangan Finansialku. 

Sehingga biaya-biaya tambahan bahkan biaya tak terduga bisa Anda antisipasi sebelumnya. Yuk, buat janji konsultasi dengan cara klik banner di bawah ini atau hubungi WhatsApp 0851 5866 2940. 

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

#4 Survei Lokasi

Sebelum menandatangani kontrak sewa, lakukan survei menyeluruh untuk memastikan apartemen sesuai kebutuhan dan harapan Anda. Perhatikan aksesibilitas, keamanan lingkungan, dan kedekatan dengan fasilitas publik.

Selain itu, periksa kondisi bangunan dan unit secara detail, catat kerusakan yang ada, dan ajukan permintaan perbaikan bila diperlukan.

 

#5 Cari Tahu Latar Belakang Pemilik

Sebelum menyewa apartemen, penting untuk memverifikasi latar belakang pemilik unit. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari tahu apakah pemilik memiliki catatan kriminal atau reputasi buruk dalam mengelola properti.

Informasi mengenai lokasi tinggal pemilik juga penting untuk memudahkan komunikasi jika terjadi situasi yang tidak terduga.

 

#6 Cermati Perjanjian Sewa

Setelah mencapai kesepakatan harga dan kondisi unit, cermatilah perjanjian sewa apartemen dari pemilik. Pastikan harga dan masa sewa tercantum dengan jelas.

Pahami hak dan kewajiban Anda, termasuk tata cara pembayaran dan penalti keterlambatan. Negosiasikan poin-poin yang berpotensi merugikan selama masa sewa.

[Baca Juga: Panduan Menentukan Harga Sewa Apartemen. Hitung Yuk!]

 

Mau Sewa Apartemen Berapa Lama?

Sewa apartemen harian, bulanan, dan tahunan menawarkan benefit berbeda. Anda bisa memilih masa sewa sesuai kebutuhan dan sesuai dengan budget.

Setelah tinggal di sana, Anda mungkin perlu mempertimbangkan opsi beli apartemen atau rumah pribadi. Pasalnya, jika dihitung-hitung, biaya sewa apartemen bisa digunakan untuk menyicil unit tersebut, kan?

Jika Anda berencana untuk membeli unit apartemen, sebaiknya pahami beberapa hal penting dalam tayangan berikut ini. Jangan lupa subscribe, ya!

 

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Sekian pembahasan tentang sewa apartemen. Sampaikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini di media sosial untuk membantu rekan Anda yang butuh pertimbangan sewa apartemen. Terima kasih!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Admin. 11 April 2023. Mau Sewa Apartemen di 2024? Yuk Cari Tahu Dulu Faktanya! Sinarmasland.com – https://bit.ly/48SASlm
  • Admin. 28 Juli 2022. 5 Keuntungan, Tips, dan Cara Sewa Apartemen Harian Melalui Traveloka. Traveloka.com – https://bit.ly/3vdofUc
  • Kania. 19 Agustus 2021. Sebelum Sewa Apartemen Perhatikan Dulu 6 Hal Ini! dekoruma.com – https://bit.ly/3PodQMi
  • Tika Samosir. 15 Juli 2019. Kelebihan Dan Kekurangan Sewa Apartemen Harian Dibanding Nginap Di Hotel. Sartikasamosir.net – https://bit.ly/3Tfuj6p

 

Sumber Gambar:

  • Cover: Canva