Well, siapa sih yang gak pengen kerja di perusahaan BUMN? Pertengahan tahun biasanya banyak perusahaan BUMN yang membuka lowongan kerja.

Persiapkan diri kalian, langsung aja cek kiat sukses menghadapi lowongan kerja BUMN!

Simak artikel berikut selengkapnya..

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ingin Kerja Di BUMN?

Halo guys, apa kabar? Ketemu lagi nih. Kali ini saya bakalan bahas tentang kiat-kiat agar diterima kerja di BUMN.

Banyak orang yang bilang “minat kaum milenial untuk bekerja di BUMN sudah berkurang” pada kenyataannya masih banyak lho anak milenial yang kepincut kerja di BUMN.

Sebut saja Telkom, Pertamina, PLN, Biofarma, LEN, Pindad, KAI, ASABRI, BNI, Mandiri, dan masih banyak sekali perusahaan BUMN yang gak bisa saya sebutkan satu persatu.

Kenapa BUMN? BUMN adalah Badan Usaha Milik Negara yang sudah pasti perusahaannya bonafit dan menjanjikan kesejahteraan yang baik bagi karyawannya.

Tak hanya kesejahteraan jaminan hari tua, tapi asuransi, dan tunjangan juga menjadi beberapa keuntungan yang dijamin bakal diberikan kepada karyawan ketika bekerja di perusahaan milik negara ini.

Tentu saja, untuk menggapai hal tersebut bukan hal yang mudah dan butuh usaha dan harus tau celahnya guys.

Untuk masuk perusahaan BUMN tidak lah mudah, ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilewati.

Kalo kamu gak bisa dapet nilai yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, maka sangat mungkin jika nantinya akan dinyatakan gugur dan gak bisa lanjut ke seleksi selanjutnya.

Namun, jangan khawatir. Di bawah ini saya bakalan kasih kiat-kiat atau tips agar diterima kerja di BUMN.

 

7 Tips Sukses Mengikuti Lowongan Kerja BUMN

Beberapa tips ini bisa kamu coba ketika kamu ingin mengikuti lowongan kerja, jika ada cara lain yang belum banyak orang ketahui, kamu boleh share juga ya!

 

#1 Update Terus Informasi dan Dokumen yang Kamu Punya

Dalam tahapan ini, peserta harus memenuhi segala dokumen yang menjadi persyaratan. Mulai dari IPK minimal, jurusan yang sesuai, dan berbagai hal lainnya.

Kunci untuk sukses menjalani tahapan tes adalah terus up to date info tentang pengumuman yang ada pada website resmi BUMN tersebut via online.

Karena untuk saat ini BUMN sering kali membuka lowongan pekerjaan secara online. Hanya saja, yang harus diperhatikan bahwa pembukaan lowongan BUMN itu untuk pendaftaran tak akan meminta sejumlah uang.

 

#2 Pastikan CV yang Kamu Miliki Mudah Dipahami

Sebagai salah satu tahapan pra-tes, CV adalah bagian penting yang akan memberikan kesan kepada BUMN yang kamu lamar.

Maka dari itu, buatlah CV sebaik mungkin. Maksudnya, lebih kepada pemberian informasi mengenai data diri secara jelas dan mudah dipahami.

So, tampilan CV juga sangat mempengaruhi penilaian penyeleksi walaupun gak terlalu berefek pada lulus atau tidaknya.

Walau demikian, satu point yang penting adalah pembuatan CV harus didasarkan atas informasi pribadi secara detail, jenjang pendidikan, dan pengalaman kerja/organisasi yang berkaitan dengan bidang kerja yang Anda lamar.

Kesalahan Ini Membuat Lamaran Kerja Ditolak Terus 02 CV - Finansialku

[Baca Juga: Begini Tips dan Trik Jitu Cari Lowongan Kerja Online]

 

#3 Siapkan Sertifikat Tes Bahasa

Melamar di perusahaan BUMN bukan berarti kamu tidak membutuhkan keahlian bahasa Inggris.

Sangat disarankan kalau kamu sudah membekali diri dengan sertifikat TOEFL atau IELTS.

Standar skor TOEFL antara 450-500, tapi akan lebih baik kalau kamu bisa mencapai lebih dari 500 supaya lebih yakin dan percaya diri tentunya ketika berhadapan dengan kandidat lain.

Sementara untuk IELTS, skor 6-7,5 biasanya sudah cukup sebagai modal bahasa.

Kedua jenis tes ini memakan waktu untuk mendapatkan sertifikatnya, yaitu sekitar 1-2 minggu, jadi persiapan kamu untuk melamar ke perusahaan BUMN harus disiapkan jauh hari supaya tidak ada yang terlewat.

 

#4 Jangan Terlalu Percaya Diri dan Jangan Pesimis (Biasa Saja)

Loh? Kok bisa? Ya jelas bisa. Justru jangan terlalu berharap dulu. Karena, jika terlalu berharap maka akan memberikan dampak yang kurang baik bagi psikologis kamu, terutama yang baru fresh graduate.

Para-Investor,-Behavioral-Finance-Pengaruhi-Keputusan-Investasi-1-Percaya-Diri-Finansialku

[Baca Juga:  Ini Dia Lowongan Kerja Terbaru dan Paling Dicari Di Tahun 2019]

 

Santai aja, realistis, karena pada umumnya perusahaan BUMN akan lebih memprioritaskan orang yang punya pengalaman kerja. Sehingga, tampaknya akan sulit bagi para fresh graduate yang baru saja lulus dari bangku pendidikan.

Jadi, fokus pada CV yang baik dengan menyertakan beberapa informasi yang tepat dan jelas.

 

#5 Profiling BUMN yang Akan Kamu Lamar

Selanjutnya kamu perlu kepoin secara detail terkait dengan profil perusahaan. Ini sangat penting dilakukan untuk menghadapi saat memasuki tahapan wawancara.

Ingat, pengetahuan kita terkait profil perusahaan akan mengisyaratkan bahwa kamu punya antusiasme tinggi untuk bekerja di perusahaan tersebut.

So, gak salah kalo kamu cari tau sejak dini mengenai profil perusahaan yang kamu mau lamar. Pahami seluk beluk perusahaan tersebut agar bisa diterima kerja di BUMN.

 

#6 Siapkan Badan untuk Tes Kesehatan

Sebagus apapun nilai kamu ketika mengikuti tes lowongan kerja BUMN, jika kesehatan kamu bermasalah kemungkinan besar kamu tidak dapat di terima di BUMN yang kamu inginkan.

Lulus Tes Kesehatan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Berhasil? Inilah Kiat Memilih Lowongan Kerja dengan Tepat]

 

Kenapa? Sehat adalah syarat utama seseorang dapat bekerja dengan maksimal, BUMN akan mengutamakan orang-orang dengan kesehatan yang prima dibanding dengan mereka yang punya riwayat kesehatan kurang baik.

So, untuk memuluskan jalan kamu menggapai impian menjadi karyawan BUMN, mulai sekarang kamu harus rajin olah raga dan menjaga pola makan dengan teratur.

Hal ini dilakukan agar nanti ketika saat kamu lolos rangkaian tes dan berkesempatan mengikuti tes kesehatan (Biasanya di akhir) hasilnya akan memuaskan.

 

#7 Cari kesempatan Magang di Perusahaan BUMN

Nah, kalo seorang fresh graduate, sangat disarankan untuk magang terlebih dahulu.

Lewat magang, kamu akan mendapatkan pengalaman dari kerja, dan pastinya menjalin relasi disana.

Kenapa harus magang? Pasalnya, saat ini hampir setiap perusahaan BUMN memberikan kriteria berpengalaman pada setiap lowongan yang dibuka. Jadi, sebelum kamu melamar kerja, sebaiknya magang dulu saja.

Meski gajinya tidak seberapa, setidaknya cara ini sangat efektif dalam membangun citra kepada perusahaan BUMN yang akan kamu lamar nantinya. So, bersabarlah dan nikmati prosesnya.

Nah, dari sekian tips yang telah dibagikan agar diterima kerja di BUMN, satu hal yang mendapat perhatian utama yaitu soal syarat kelengkapan administrasi yang dibuat dengan rapi dan pengalaman.

Makanya jangan heran kalo sekarang banyak perusahaan BUMN yang merekrut para karyawannya dari magang, karena setidaknya karyawan magang sudah kelihatan potensinya.

Oleh karena itu, kalo kamu keterima magang di BUMN yang kamu inginkan, jangan sampai di sia-siakan yaaa… show off.

Oh iya, masih ada satu hal lagi yang perlu kamu tau! Kamu bisa tonton video tips RAHASIA agar TEMBUS dalam menjawab soal psikotes kerja melalui channel Youtube Finansialku berikut:

 

Siapkan Dirimu dan Manfaatkan Setiap Kesempatan

Berbagai kiat yang sudah disampaikan diatas, akan terlaksana dengan maksimal jika kamu pun mempersiapkan diri secara matang.

Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil kan, jadi jangan patah semangat untuk mengejar setiap peluang dan kesempatan yang kamu miliki.

Sudah siapkah menjadi bagian dari BUMN? Selamat berjuang!!!

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Itulah 7 tips sukses mengikuti tes lowongan kerja BUMN yang bisa saya share, semoga bermanfaat.

Jangan lupa share artikel ini ke temen-temen kamu ya karena bisa jadi mereka membutuhkan tips-tips ini. Sampai ketemu lagi!

 

Sumber Referensi:

  • Shely Napitupulu. 11 November 2017. Ingin kerja di perusahaan BUMN? Persiapkan dirimu untuk seleksinya!. Glints.com – http://bit.ly/2KtuMkL

 

Sumber Gambar:

  • Logo BUMN – http://bit.ly/2FxGR4f
  • Kiat Sukses – http://bit.ly/2XsOx1O