Lucinta Luna diringkus polisi Selasa (11/02) atas dugaan penyalahgunaan psikotropika. Sebenarnya apa saja obat yang termasuk psikotropika?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Lucinta Luna Ditangkap Pakai Narkoba

Tagar Lucinta Luna menjadi trending di Twitter. Namanya memicu atensi publik karena ia seorang transgender. Lalu, publik dihebohkan dengan munculnya berita yang mewartakan penangkapan Lucinta Luna. 

Selasa kemarin (11/02) Lucinta diamankan oleh Satnarkoba Polres Jakarta Barat atas dugaan kasus penyalahgunaan narkoba.

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Saat proses penangkapan terjadi di Apartemen Thamrin City (11/02) sekitar pukul 01.30 WIB, polisi menemukan dua jenis obat dari tas milik Lucinta, Tramadol tujuh butir dan lima butir Riklona.

Tak hanya itu, polisi juga melakukan pengamanan pada ketiga orang lainnya atas dugaan serupa.

Melansir dari Kompas.Com (12/02), kuasa hukum Lucinta, Kevin Situmeang memberitahukan ada tiga orang lain yang diamankan pihak polisi.

“Sementara ini yang diamankan ada empat orang Lucinta Luna, Abas dan dua saudaranya.” Ungkap Kevin.

Sementara itu Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S. Latuheru menyatakan setelah pemeriksaan urin Lucinta positif penggunaan psikotoprika.

“Untuk sementara kami sudah melakukan pemeriksaan sementara untuk yang bersangkutan yaitu pemeriksaan urine dan dinyatakan positif menggunakan psikotoprika,” ujar Audie melansir dari Wartaekonomi (12/02)

“Bersama dengan yang bersangkutan, petugas kami sudah mengamankan ada beberapa jenis obat diantaranya butir pil ekstasi, yang ditemukan di tong sampah, yang mungkin dibuang oleh salah satu diantara mereka,” Lanjutnya.

Lalu, apa sih jenis obat-obatan yang termasuk Psikotoprika?

Menurut Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika (“UU 5/1997”), pengertian psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Duh, Lucinta Luna Diringkus Polisi Gara-gara Bawa Narkoba! 02

[Baca Juga: BERBAHAYA! Ketahui Ciri Depresi dan Cara Mengatasi Depresi!]

 

Berdasarkan efek yang ditimbulkan, psikotropika dapat dikategorisasikan menjadi tiga jenis macam; Obat Stimultan, Depresan dan Halusinogen.

 

  1. Obat Stimultan

Jenis psikotropika yang satu ini akan memberikan rangsangan kepada syarat yang pada titik tertentu efeknya bisa menimbulkan percaya diri.

Kafein, kokain, ganja, dan amfetamin termasuk jenis obat stimultan

 

  1. Obat Depresan

Obat depresan dapat memberikan efek mengantuk, menurunkan kesadaran, sebab sistem kerja syaraf berkurang Alkohol, sedatin atau pil KB, Magadon, Valium, Cannabis dan Barbiturat. Jenis-jenis zat ini termasuk obat depresan.

 

  1. Obat Halusinogen

Jenis psikotoprika yang satu ini akan menimbulkan halusinasi. Efeknya ketika mendengar atau melihat sesuatu akan seperti tidak nyata. Jenis zat yang termasuk obat halusinogen yakni Licercik Acid Dhietilamide (LSD), Psylocibine, Micraline dan Mariyuana.

 

Itulah ulasan kami tentang kasus yang menjerat Lucinta Luna, Gimana sih tanggapan Anda perihal ini? Anda bisa memberikan komentar pada kolom di bawah ini.  Anda juga bisa membagikan artikel ini pada kawan atau sanak saudara!

 

Sumber Referensi:

  • Rindi Nuris Velarosdela. 11 Febuari 2019. Lucinta Luna Ditangkap di Apartemen Thamrin City, Ditemukan 3 Pil Ekstasi. Kompas.com – https://bit.ly/31Qv6j5
  • Admin. 11 Febuari 2019. Pengacara Sebut Lucinta Luna Kooperatif saat Ditangkap. CNN Indonesia – https://bit.ly/2UFLJN3
  • Redaksi WE Online. 11 Febuari 2019. Lucinta Luna Ditangkap Bersama Pacarnya. Warta Ekonomi.co.id – https://bit.ly/2SDCXfS
  • Ilman Hadi, S.H. 06 Febuari 2013. Keterkaitan UU Narkotika dengan UU Psikotropika. Hukum Online.com – https://bit.ly/2HidLpL
  • Admin. 25 Agustus 2019. Pengertian Psikotropika – Macam, Golongan, Dampak, Efek, Konvensi, Contoh, Para Ahli. Guru Pendidikan.co.id

 

Sumber Gambar:

  • Lucinta Luna – http://bit.ly/2OOno3E