Macam-macam hobi yang Anda miliki sering kali memakan sangat banyak anggaran. Bagaimana cara mengatur keuangan untuk hobi Anda?

Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Macam-macam Hobi

Tak sedikit orang yang sangat menikmati ketika menjalankan hobi. Alih-alih bersepeda di kompleks perumahan, beberapa orang menyukai sepeda gunung. alih-alih pergi dengan pesawat, lagi-lagi ada orang yang lebih menyukai kapal pesiar.

Hobi memang sering membuat gelap mata. Dari beberapa orang yang sempat mengutarakan pendapat, rata-rata berlindung dibalik frasa self-love. Padahal, nyatanya kebiasaan memanjakan diri berlebih juga tidak baik.

Macam Macam Hobi Mahal, Ini Cara Mengatur Keuangan untuk Hobimu 02 - Finansialku

[Baca Juga: #HargaiKerjaKerasmu Biar Hasil Enggak Berkhianat]

 

Kita mulai dengan skydiving. Olahraga eksklusif ini memakan biaya hingga Rp 5 juta untuk sekali terjun. bahkan, kelas khusus skydiving Thaiskyadventure di Thailand mematok harga hingga US$ 5.000 (Rp 73,6 juta).

Hobi yang tak kalah mahal, seperti koleksi mobil antik, drone, offroad, mobil balap, bahkan menerbangkan kapal, menelan biaya yang lebih fantastis lagi.

Tentu saja, jika ditelaah lebih jauh, bukankah mereka yang terlanjur memiliki gaya hidup demikian, perlu cara yang ampuh untuk mengatur finansial?

 

Cara Sederhana Mengatur Keuangan untuk Macam-macam Hobi Anda

Hobi atau kegemaran adalah irama hidup seseorang. Bahkan, dengan hobi, Anda bisa lebih menikmati hidup. Setiap orang memiliki kegemarannya masing-masing. Sayangnya, tidak semua memahami porsi dan pengalokasiannya.

Berikut cara sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mengatur keuangan hobi.

 

#1 Buat Alokasi Anggaran Bulanan

Harus Anda pahami bahwa hobi adalah kebutuhan konsumtif. Persentase anggaran hobi dan kebutuhan konsumtif lain tidak boleh lebih dari 70% dari total income.

Opsi terbaik tentu membuat rancangan keuangan yang detail. Malah, Anda harus merencanakan untuk berinvestasi lebih banyak jika memiliki dana berlebih.

 

#2 Membuat Ambang Batas Dana

Cara kerjanya mirip dengan data manager di smartphone. Maksudnya, Anda harus menghentikan belanja hobi jika telah mencapai nominal tertentu.

Misalnya, di bulan Mei Anda memiliki budget Rp10 juta untuk reparasi sepeda gunung. Jika nominal tersebut sudah tercapai, maka Anda tidak berhak menguntit dana untuk keperluan lain.

Macam Macam Hobi Mahal, Ini Cara Mengatur Keuangan untuk Hobimu 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Peluang Bisnis Untuk yang Hobi Elektronika, Yuk Cek di Sini!]

 

#3 Berburu Potongan Harga

Anda bisa mempertimbangkan membeli barang di e-commerce daripada toko fisik. Pasalnya, e-commerce sering menawarkan diskon besar dan bundling menarik.

Kelebihan berbelanja daring adalah Anda bisa membandingkan harga secara langsung. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan harga terbaik dengan cepat tanpa keluar masuk toko.

 

#4 Kejelian dalam Memilih

Jika Anda penggemar barang antik, tentu sudah tak asing dengan harganya yang selangit. Bahkan mungkin pernah membeli salah satunya.

Barang yang baik dan berkualitas memang memiliki nominal yang fantastis. Tapi, bukan berarti barang yang lebih murah itu buruk. Dalam kondisi begini, Anda harus mempertimbangkan dompet dan keinginan, kecuali jika itu adalah barang investasi.

 

#5 Kontrol Diri dan Membatasi Informasi

Aliran informasi berjalan sangat cepat saat ini. Tentu Anda tidak dapat membendungnya. Tapi, Anda bisa memilih informasi mana yang diterima.

Misalnya, Anda berlangganan email mengenai tren otomotif dari suatu website. Untuk membatasinya, Anda bisa mengatur seberapa banyak surel yang dikirimkan dalam sehari atau berhenti berlangganan.

Kontrol diri sangat diperlukan agar Anda tak lapar mata begitu melihat katalog barang yang berhubungan dengan hobi. Sebaiknya, Anda juga tidak terpengaruh dengan iklan yang bertebaran di majalah maupun media sosial.

Self-love boleh Anda lakukan, tapi tidak untuk setiap saat. Jika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu yang lama, bukan tidak mungkin beberapa rencana yang telah Anda buat akan berbelok.

Kebutuhan pokok adalah prioritas yang harus Anda penuhi. Maka, kebutuhan sekunder seperti hobi sebaiknya memiliki alokasi dana yang wajar. Dengan prioritas yang dibuat, Anda akan memiliki kesempatan lebih kecil untuk menghamburkan uang.

 

Yuk tonton video dari Finansialku ini, buat Anda yang mau punya hobi menghasilkan!

 

#6 Memilih Komunitas yang Tepat

Orang-orang di sekitar sangat berpengaruh terhadap pemikiran Anda. Maka, pemilihan komunitas yang tepat dan sefrekuensi akan membuat cara pandang lebih maju.

Anda harus memastikan komunitas yang Anda ikuti memiliki kontrol keuangan yang baik. Sehingga, setiap anggota akan bijak dengan keuangan mereka. Tentu saja, Anda perlu menghindari perkumpulan konsumtif yang mengedepankan gengsi tinggi.

Jangan sampai Anda terjebak dalam lingkaran hobi yang tak sehat.

 

#7 Hobi untuk Penghasilan

Jika melakukan hobi saja sudah menyenangkan, bagaimana jika Anda dibayar dengan hobi itu? Saat ini, hal semacam itu bukan lagi kemustahilan.

Jika hobi bepergian ke luar negeri, Anda bisa maju menjadi travel vlogger atau travel blogger. Jika menyukai fotografi, Anda bisa melebarkan sayap menjadi fotografer freelancer untuk wedding, jurnalistik, dan sebagainya.

Kita tak pernah tahu apa yang terjadi di depan. Bisa saja, hobi kita yang boros bisa mendatangkan income ketika kita melihatnya dari cara yang berbeda.

 

Jangan Takut dengan Macam-macam Hobi Anda

Menjalankan hobi memang sangat menyenangkan. Tetapi, Anda tak boleh lupa, bahwa di atas kebutuhan itu masih ada prioritas lain yang lebih penting.

Jika belum merencanakan keuangan dengan baik, sesegera mungkin Anda harus membuatnya agar terhindar dari potensi kerugian.

 

Sudah punya aplikasi Finansialku? Aplikasi ini bisa sangat membantu Anda untuk merencanakan keuangan.

playstore icon
appstore icon

 

Bagikan artikel ini sebagai bentuk apresiasi Anda! Jika ada pertanyaan, tuliskan saja melalui kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Alfathan Rahman. 31 Desember 2019. 9 Hobi Termahal! Kamu Salah Satu Penikmatnya?? Finansialku.com – https://bit.ly/2RY2KzF
  • Nursefi Dwi Wahyuni. 01 Desember 2017. Punya Hobi Mahal? Begini Cara Atur Duitnya. Liputan6.com – https://bit.ly/2KqEz98
  • Rafly Aditia. 09 Mei 2017. 8 Hobi Ini Menyenangkan Tapi Perlu Biaya Mahal. Cekaja.com – https://bit.ly/2RWKIhk

 

Sumber Gambar:

  • Hobi 01 – https://bit.ly/2WwcpiH
  • Hobi 02 – https://bit.ly/2VYCHep
  • Hobi 03 – https://bit.ly/2SqVEE1