Anda punya hobi elektronika? Jangan sia-siakan kemampuanmu! Kembangkan hobimu ini dengan merintis peluang bisnis elektronika.

Apa saja itu? Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Peluang Bisnis Untuk yang Hobi Elektronika

Bisnis Elektronika merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Maraknya kebutuhan masyarakat akan barang-barang elektronik menyebabkan bisnis elektronik naik daun.

Ditambah lagi, orang yang merintis bisnis ini belum banyak. Jadi, peluang suksesnya terbilang sangat tinggi, lho!

Buktinya, banyak orang yang menghasilkan omzet puluhan sampai ratusan juta dari bisnis elektronika ini. Apalagi, sekarang teknologi dan informasi sudah maju. Hasilnya, marketing bisa lebih gencar lagi dengan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Berikut ini beberapa peluang bisnis untuk Anda yang hobi elektronika.

 

#1 Servis Alat Elektronik

Seorang teknisi elektronika pasti andal dalam memperbaiki berbagai macam alat elektronik. Jika kamu memiliki kemampuan teknik elektronika, tak ada salahnya membuka bisnis jasa servis alat elektronik.

Bisnis ini terbilang mudah bagi Anda yang memang hobi dalam bidang elektronika. Modalnya pun tidak begitu besar.

5 Ide Peluang Bisnis Untuk yang Hobi Elektronika, Yuk Cek di Sini! 02

[Baca Juga: Electronic City: Perjalanan Pionir Bisnis Retail Elektronik Indonesia]

 

Perbaikan alat-alat elektronik pasti dibutuhkan banyak orang. Misalnya, perabotan rumah tangga, otomotif, barang elektronik, ataupun smartphone. Semua barang ini banyak dimiliki masyarakat umum.

Selain itu, Anda pun jadi lebih banyak belajar mengenai alat-alat elektronik. Tak ada yang lebih membahagiakan selain menjalani pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu, kan?

 

#2 Jual Komponen Elektronika

Untuk merintis bisnis penjualan komponen elektronik, dibutuhkan orang yang mengerti seluk-beluk tentang dunia elektronika. Anda yang hobi elektronika sangat cocok untuk bisnis ini.

Untuk berjualan, Anda tak harus membuka toko. Hal ini pasti membutuhkan modal yang besar. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memanfaatkan media online sebagai cara pemasaran Anda.

Dengan effort yang lebih, Anda dapat melakukan promosi ke berbagai perusahaan atau pabrik barang-barang elektronik. Bangunlah kerja sama dengan perusahaan-perusahaan tersebut.

Anda juga bisa promosi pada mahasiswa jurusan teknik. Sering kali mereka membutuhkan komponen elektronik untuk kebutuhan praktikum atau tugas. Sehingga, Anda dapat menjadi supplier komponen elektronika.

 

#3 Jasa Buat Rangkaian

Jika Anda memiliki kemampuan untuk merakit komponen elektronika, membuka jasa pembuatan rangkaian atau kit modul tertentu bisa jadi pilihan. Tak semua orang mengerti dalam merangkai barang elektronik, kan?

Nah, Anda dapat membuka jasa pembuatan rangkaian komputer gaming, power bank, charger, dan sebagainya.

Sebelum lanjut ke bagian selanjutnya, yuk lihat video dari Finansialku mengenai pengaturan keuangan untuk bisnis kamu. Simak ya!

 

#4 Buka Pelatihan

Tak banyak pelatihan teknik elektronika. Karena itu, jasa ini bisa jadi peluang yang jenius. Para calon teknisi elektronik pemula dapat menjadi target pelatihan Anda.

Banyak yang tertarik untuk mengikuti pelatihan ini. Pasalnya, keahlian dan keterampilan dalam bidang elektro bisa menjadi ladang penghasilan untuk mereka.

5 Ide Peluang Bisnis Untuk yang Hobi Elektronika, Yuk Cek di Sini! 03

[Baca Juga: BI Revisi Peraturan Uang Elektronik, Perusahaan Media Jasa Diminta Fokus]

 

Pada tahap percobaan, Anda tak perlu mematok biaya pelatihan yang mahal. Cukup yang terjangkau saja sebagai pengenalan. Baru ketika nama pelatihan Anda sudah dikenal khalayak ramai, Anda bisa mulai memasang harga tinggi.

Selain itu, Anda pun dapat menjalankan pelatihan ini secara rumahan untuk permulaan. Lama-kelamaan, setelah peminatnya semakin banyak, Anda dapat membuatnya menjadi jasa resmi yang memiliki legalitas.

 

#5 Jual Beli Barang Elektronik

Untuk merintis bisnis jual beli barang elektronik, Anda dapat memanfaatkan e-commerce. Jangkauan Anda bisa menjadi semakin luas. Dengan begitu, Anda tidak membutuhkan modal yang besar seperti halnya membuka toko fisik.

Namun, jika Anda memiliki dukungan modal, tidak ada salahnya membuka toko fisik. Jangan lupa mencari tempat strategis yang mudah ditemukan dan dikenal orang.

Walaupun membuka toko fisik, Anda pun perlu membuka peluang lebih besar lagi dengan menjual barang-barang elektronik secara online. Dengan begitu, cakupan promosi Anda tidak terbatas hanya di satu wilayah saja.

Barang elektronik yang Anda jual bisa barang baru atau barang bekas. Anda pun bisa membeli barang elektronik yang sudah rusak, lalu Anda perbaiki. Dengan begitu, Anda dapat menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi.

 

Pundi-Pundi Uang Dari Hobi Elektronika

Ternyata hobi bisa menghasilkan uang ya! Ada yang bilang bahwa ada 3 hobi yang membahagiakan, yaitu hobi yang membuatmu tetap sehat, hobi yang menghasilkan uang, dan hobi yang membuatmu tetap kreatif.

Kunci kesuksesan dalam bisnis ini adalah kejelian dalam melihat pasar. Dengan memiliki pengetahuan tentang barang elektronik yang up-to-date, bisnis Anda pasti banyak dicari orang.

Jika Anda memiliki hobi elektronika, jangan sia-siakan itu. Buktinya, hobi tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Asalkan, Anda ada keinginan kuat.

Untuk tetap kreatif, jangan lupa untuk membaca e-book dari Finansialku untuk mengelola keuangan bisnis dan pribadi, ya!

E-book ini dapat Anda unduh secara gratis lewat link di bawah ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Anda belum menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan pribadi ataupun bisnis pada smartphone? Segera unduh aplikasi Finansialku pada tautan berikut ini!

playstore icon
appstore icon

 

Itu dia 5 ide peluang bisnis untuk Anda yang hobi elektronika. Tertarik?

Jangan lupa untuk share artikel ini. Siapa tahu ada rekan atau kerabat yang juga hobi elektronik sedang mencari ide juga.

Tak ada salahnya saling membantu, kan?

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 7 Februari 2016. 5 Peluang Usaha Di Balik Hobi Elektronika. Kompasiana.com – https://bit.ly/2Uyv6lV

 

Sumber Gambar:

  • Elektronika 01 – https://bit.ly/3dMpnk2
  • Elektronika 02 – https://bit.ly/2WZrgDR
  • Elektronika 03 – https://bit.ly/2R1Wir9