Pasangan ini tidak perlu mahar pernikahan yang mahal, hanya dengan dua pohon mangga pernikahannya dapat berjalan dengan lancar dan pastinya beda dari yang lain. Kok bisa?

Agar lebih jelas, mari simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pohon Mangga Jadi Saksi Pernikahan

Mahar atau mas kawin pasti akan selalu ada di dalam pernikahan dan biasanya kebanyakan pasangan memilih mahar berupa emas atau uang hingga jutaan rupiah.

Mahar merupakan salah satu bagian terpenting dalam prosesi pernikahan, dimana mahar biasanya diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan.

Terkadang karena mendahulukan rasa ‘gengsi’ mahar biasanya dibuat sedemikian rupa, karena bagi sebagian orang beranggapan mahar adalah sebagai bentuk pembuktian awal kepada pasangan.

Viral! Pohon Mangga Jadi Mahar Pernikahan Putri Walikota Balikpapan 02 Mahar Pernikahan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pernikahan Unik, Gunakan Saham Sebagai Mahar]

 

Tapi kini ada cerita yang unik dan menarik yang datang dari putri Walikota Balikpapan. Putri Aisyah dan mempelai pria Rizki Akbar Bakhtiar mendadak jadi bahan perbincangan.

Bagaimana tidak, pernikahan dua sejoli ini berbeda dengan pasangan lainnya, hal ini dikarenakan, mereka telah menggelar pernikahan dengan mahar berupa pohon mangga.

 

Walikota Balikpapan Infokan Rangkaian Acara Pernikahan

Hal ini bermula dari unggahan Instagram pribadi Walikota Balikpapan, Rizal Effendi (@rz_effendi58).

Dalam caption foto tersebut, Rizal menjelaskan bahwa salah satu maskawinnya adalah ada dua pohon mangga, dimana setelah akad kedua mempelai langsung menanam pohon tersebut di halaman masjid Islamic Center.

Rizal Effendi meminta izin sekaligus permintaan maaf sebelum melaksanakan hajatan pernikahan putrinya.

Rizal menyampaikan kabar bahagia sekaligus rangkaian acara pernikahan putrinya itu kepada warga Balikpapan secara lengkap.

Dimulai dengan acara pengajian dan badudus, serta sabtu akad nikah di Masjid Islamic Center dan resepsi minggu di DOME Balikpapan. Hal Itu seperti keterangan dalam unggahan foto yang dibagikannya pada Kamis 28 Maret 2019.

Pasangan ini memilih pohon mangga sebagai mahar pernikahan ternyata untuk mengikuti regulasi Pemerintah Kota Balikpapan.

Dimana ada perjanjian antara Dinas Lingkungan Hidup kota Balikpapan dengan Kantor Kementerian Agama Balikpapan pada tahun 2016, bahwa warga Balikpapan yang mengurus akta nikah wajib menanam pohon.

 

Menanam Pohon Mangga Oleh Kedua Mempelai

Rizal mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan kedua mempelai saat hendak menanam pohon mangga dengan pakaian akad nikah.

Yang mana pohon mangga itu kemudian menjadi salah satu mas kawin pernikahan sang putri, yang langsung ditanam oleh pasangan pengantin tersebut setelah akad berlangsung.

Viral! Pohon Mangga Jadi Mahar Pernikahan Putri Walikota Balikpapan 03 Mahar Pernikahan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Penting Ini Dalam Pernikahan Beda Budaya]

 

Selain mendukung peraturan daerah soal pengurangan produk dan kemasan plastik sekali pakai. Pasangan ini pun memberikan souvenir berupa bibit tanaman sayur, buah dan bunga yang sudah ditanam tiga bulan sebelum acara.

Rizal berharap, jika menggunakan Masjid Islamic Center Balikpapan sebagai tempat proses akad di tahun-tahun mendatang, para warga tetap diwajibkan menanam bibit pohon tersebut di halaman masjid yang akan dinamakan Taman Samawa.

Jadi sewaktu waktu, bagi mereka yang melangsungkan akad di Masjid Islamic Center Balikpapan, bisa melihat dan kelak menunjukkannya kepada anak cucu mereka sekaligus sebagai bukti ikut melestarikan lingkungan.

Setelah ditelisik lebih jauh, ternyata tak hanya pohon mangga yang menjadi mahar pernikahan dua sejoli ini. Emas seberat 30 gram juga menjadi mahar pernikahan Aisyah Febria dan Akbar Bakhtiar.

Dalam keterangan foto Rizal Effendi, dirinya berharap pernikahan putrinya bisa memotivasi warga kota Balikpapan yang masih jomblo untuk segera menikah. Akun @rz_effendi58 ini menuliskan:

“…, Semoga ini bisa memotivasi pasukan jomblo kota untuk segera menikah. Berbagi dunia bersama berjuang dalam keadaan menyenangkan ataupun sulit atas nama cinta dan restu Yang Maha Kuasa.”

 

Rizal juga menuliskan permohonan maafnya jika tidak bisa mengundang seluruh warga untuk hadir di resepsi sang putri yang berlangsung pada Minggu (31/3/2019) di Domme Balikpapan.

Mahar unik dalam akad nikah putri Walikota Balikpapan ini tentu mendapat respon dari warganet. Banyak netizen berkomentar untuk memberikan doa dan berharap kebahagiaan atas pernikahan putri Walikota Balikpapan ini.

Ada yang mendoakan agar prosesi pernikahan Aisyah Febria dan Akbar Bakhtiar berjalan lancar. Namun ada pula yang mempertanyakan bakal jadi milik siapa pohon mangga yang ditanam di halaman Masjid Islamic Center tersebut.

Namun pernikahan dengan mas kawin unik berupa pohon bukanlah yang pertama kali terjadi.

Sebelumnya pada 2009 pernikahan Girindra Rangkuti dan Sitti Samrotul Fuadah yang disaksikan Menteri Kehutanan, MS Ka’ban, di Desa Cimayang, Bogor, memberikan mas kawin berupa 500 bibit pohon jati unggulan.

Rupanya pasangan-pasangan ini sangat peduli akan lingkungan, untuk mengurangi global warming salah satu caranya adalah dengan menanam tumbuh-tumbuhan atau pohon.

Apakah Anda akan segera melangsungkan pernikahan tapi bingung maharnya apa? Sebelum menentukan mahar, Anda harus merencanakan dana pernikahan Anda dengan matang, mahar pun jelas harus tercantum dalam rencana tersebut.

Anda bisa dengan mudah merencanakannya menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku melalui fitur Rencana Keuangan – Dana Pernikahan.

Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Selain itu, Anda juga bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Itulah fakta menarik dari pernikahan putri Walikota Balikpapan dengan mahar bibit pohon mangga. Apakah Anda tertarik dengan mahar bibit pohon? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Asniada Riani. 3 April 2019. Viral, Pohon Mangga Jadi Salah Satu Mahar Putri Walikota Balikpapan. Liputan6.com – https://bit.ly/2YYTy06
  • Anggi Mayasari. 1 April 2019. Unik! Pohon Mangga Jadi Mas Kawin Pernikahan Putri Walikota Balikpapan. Wolipop.detik.com – https://bit.ly/2G5FXwq

 

Sumber Gambar:

  • Mahar Pernikahan 1 – https://bit.ly/2G3fDlc
  • Mahar Pernikahan 2 – https://bit.ly/2G0c0fM
  • Mahar Pernikahan 3 – https://bit.ly/2UnC9iZ