Meski PSBB Jakarta masih terus diperpanjang, mall di Jakarta akan buka kembali pada 15 Juni 2020. Simak selengkapnya di artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Mall Buka 15 Juni Nanti

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta resmi diperpanjang. Namun ada yang berbeda dari ketetapannya.

PSBB di Jakarta kali ini disertai dengan penambahan masa transisi. Artinya, tetap melakukan jarak sosial namun dengan beberapa pelonggaran.

Dalam masa transisi kegiatan sosial ekonomi diperbolehkan beroperasi dengan menjalani protokol kesehatan. Salah satunya pusat berbelanja atau mal akan dibuka kembali pada minggu kedua bulan Juni, tepatnya tanggal 15 hari Senin

Kegiatan sosial ekonomi di pusat-pusat perbelanjaan merupakan masa transisi fase 1 ditengah pandemi Covid-19.

Meski begitu, pusat perbelanjaan atau seluruh mal di DKI Jakarta hanya bisa beroperasional dengan kapasitas maksimal 50%.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia, Alphonzus Widjaja mengatakan pengelola mal akan langsung mempersiapkan pembukaan kembali mal.

“Diharapkan seluruh mal di DKI Jakarta bisa kembali buka di waktu yang telah ditetapkan tersebut.” katanya mengutip dari Detik, Jumat (05/06).

Sebelumnya, dalam penetapan status PSBB Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan mal dapat buka kembali pada 15 Juni mendatang.

“Pusat perbelanjaan atau mal dan pasar yang non pangan, karena kalau yang pangan selama ini sudah buka. Tapi pasar yang non pangan baru bisa dimulai pada hari Senin tanggal 15 Juni 2020. Senin 15 Juni baru pusat pertokoan, pasar-pasar mulai buka, berkegiatan,” kata Anies mengutip dari laman yang sama.

Mall Dibuka Juni, Anies Baswedan PSBB Jakarta Belum Diakhiri! 01

[Baca Juga: Bagaimana Mempersiapkan Keuangan Saat New Normal Hadir?]

 

Untuk diketahui Sobat Finansialku, berdasarkan informasi yang tersebar sebanyak 70 mal di Jakarta sudah mulai bersiap dengan protokol kesehatan atau normal yang baru.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Stefanus Ridwan, mengatakan ada 160 ribu karyawan yang menggantungkan hidupnya pada sekitar 80-an mal di Jakarta.

Ia mengkhawatirkan jika terlalu lama ditutup maka mereka akan berjualan ke jalanan dan itu lebih berisiko menyebarkan Covid 19 karena tidak bisa dikontrol.

Tentu saja, tidak semua mal di DKI Jakarta dapat dibuka kembali, kebijakan ini tak berlaku di mal atau pusat belanja yang berada di zona merah.

Sementara itu untuk perkantoran dan restoran akan buka lebih dulu yakni pada 8 Juni 2020.

Hingga Jumat siang ini jumlah kasus positif Covid-19 di Jakarta mencapai 7.690 pasien. Dari jumlah tersebut, 2.607 orang dinyatakan telah sembuh dan 530 orang meninggal dunia.

Sobat Finansialku, kami hadir mengajak kepedulian Anda untuk membantu dan memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sampai saat ini, mereka masih berjuang untuk mendapatkan makanan, pekerjaan bahkan kehidupan saat situasi seperti ini.

Sudah saatnya! Anda dan Finansialku, bersama-sama membantu mereka!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

DONASI

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Vadhia Lidyana. 04 Juni 2020. Mal di DKI Buka 15 Juni Detik.com – https://bit.ly/376olfU
  • Admin. 04 Juni 2020. Mal Jakarta Dibuka 15 Juni, Pengusaha: Kebijakan Anies Oke Kompas.tv – https://bit.ly/2MszD4B
  • Nursita Sari. 04 Juni 2020. PSBB Transisi Jakarta, Mal Boleh Buka mulai 15 Juni Kompas.com – https://bit.ly/2BudiBe
  • Ferry Sandi. 05 Juni 2020. Hello Jakarta, Mal di DKI Bakal Buka 15 Juni CNBC Indonesia – https://bit.ly/3gV4YL0
  • Admin. 04 Juni 2020. Anies Izinkan Mal Jakarta Buka 15 Juni saat Perpanjangan PSBB. CNN Indonesia – https://bit.ly/3cBrLbA