Dianggap tidak penting, sebenarnya asuransi rumah memberikan Anda  perlindungan properti yang dapat memberikan keuntungan berlipat ganda.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai manfaat dan kegunaan asuransi rumah yang sering Anda lupakan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pentingnya Asuransi Rumah

Manfaat asuransi rumah dirasakan manfaatnya secara nyata oleh warga Jepang pada tahun 2011. Pada tahun tersebut, warga Jepang ditimpa bencana gempa bumi yang sangat kuat, mencapai 9 SR (Skala Richter).

Gempa bumi tersebut merusak seluruh kota Jepang. Namun warga Jepang tidak merasakan kerugian yang signifikan karena perusahaan asuransi dan pemerintah yang membantu para warga untuk mengganti kerugian tersebut.

Mengenal Jenis Asuransi Rumah Terbaik yang Berlaku di Indonesia 01 Finansialku

[Baca Juga: Supaya Gak Salah, Pahami Dulu 5 Langkah Memilih Asuransi Rumah]

 

Total kerugian akibat bencana gempa bumi yang diestimasi oleh pemerintah pada saat itu mencapai US$ 300 miliar 

Dari jumlah yang fantastis tersebut, perusahaan asuransi menanggung 35 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 428,4 triliun.

Contoh di atas menunjukkan bahwa asuransi rumah sangatlah penting untuk menghindari risiko kerugian besar.

Selain itu, asuransi rumah juga sangat berguna pada kejadian yang bukan bencana alam. Manfaatnya adalah sebagai berikut:

 

#1 Menghindari Kerugian

Banyak risiko yang mungkin terjadi pada rumah Anda yang dapat menyebabkan kerugian besar. Beberapa di antaranya seperti kebakaran dan bencana alam.

Pada saat risiko terjadi pada rumah Anda, salah satu yang paling dipusingkan adalah kerugian yang harus ditanggung karena kerusakan yang terjadi.

Alasan Logis Kenapa Rumah Anda Perlu Disempurnakan Dengan Asuransi Properti 3 Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Rumah Syariah VS Asuransi Rumah Konvensional, Ini Dia Bedanya!]

 

Rumah sendiri merupakan aset dan investasi jangka panjang yang tidak murah. Dengan adanya asuransi rumah, Anda akan mendapatkan perlindungan dari risiko yang mungkin terjadi.

Biasanya perusahaan asuransi akan memberikan santunan dalam bentuk uang tunai. Besarnya santunan bergantung pada polis yang Anda miliki.

 

#2 Memberikan Jaminan pada Barang di Dalam Rumah

Salah satu risiko yang tidak dapat diprediksi adalah risiko kecurian. Walaupun Anda telah meningkatkan keamanan rumah. Masih ada saja orang tidak bertanggung jawab, yang mencari kesempatan.

Dengan adanya asuransi ini, barang di dalam rumah pun dapat dijamin.

Segala kerusakan atas barang di dalam rumah pun akan diberikan jaminan penggantian sesuai dengan polis yang berlaku.

Perlu diingat bahwa perusahaan asuransi tidak akan menjamin kerusakan atau kehilangan yang terjadi yang dikarenakan kelalaian dari pemilik rumah.

 

#3 Memberikan Tempat Tinggal Sementara

Salah satu manfaat yang diberikan oleh pihak asuransi adalah tempat tinggal sementara pada saat rumah Anda diperbaiki atau rusak dan tidak layak ditinggali. Tempat tinggal sementara tersebut akan diberikan secara cuma-cuma.

Hal ini akan menghemat biaya Anda untuk menyewa tempat tinggal. Tentu manfaat ini harus disesuaikan dengan isi polis.

 

#4 Menyediakan Jasa Perbaikan Rumah

Tidak hanya memberikan manfaat berupa uang tunai dan penggantian biaya tempat tinggal sementara, dengan adanya asuransi rumah, Anda pun disediakan jasa yang berhubungan dengan kerusakan dan perbaikan rumah.

Mengenal Asuransi Rumah - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Situs Jual Beli Rumah Terpercaya Biar Gak Salah Pilih]

 

Beberapa contohnya adalah biaya pembersihan puing bangunan pasca bencana, atau jasa renovasi pada saat rumah rusak.

Tentu para profesional yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi lebih dapat dipercaya dan ahli di bidangnya.

 

#5 Memberikan Rasa Aman

Manfaat selanjutnya yang dapat Anda rasakan dengan memiliki asuransi rumah adalah rasa aman dan percaya diri sebagai pemilik rumah.

Dengan adanya asuransi rumah, Anda tidak perlu khawatir ketika bencana datang karena adanya penggantian dari pihak asuransi.

 

#6 Memungkinkan Adanya Perluasan Jaminan

Asuransi rumah juga dapat memberikan perluasan jaminan, di luar daripada jaminan standar asuransi. Perluasan tersebut dapat mencakup risiko seperti:

  • Kerusuhan
  • Tersambar petir
  • Huru-hara
  • Terorisme
  • Banjir
  • Kejatuhan pesawat terbang

 

Tips Memilih Asuransi Rumah

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum membeli asuransi rumah. Beberapa di antaranya adalah:

  • Melakukan perbandingan. Jangan fokus hanya pada 1 perusahaan asuransi karena biaya dan manfaat yang diberikan oleh setiap perusahaan asuransi berbeda.
  • Mengetahui perlindungan dan manfaat yang didapatkan. Perlindungan dan manfaat merupakan hak yang Anda dapatkan setelah Anda memenuhi kewajiban membayar premi. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui informasi tersebut dengan jelas.

Pentingnya Asuransi Rumah Kontrakan, Untuk Pemilik dan Penyewa

[Baca Juga: Jangan Salah! Pahami Cara Klaim Asuransi Rumah dengan Benar]

 

  • Menentukan nilai pertanggungan yang tepat. Nilai pertanggungan merupakan penentu pada saat memilih produk asuransi. Nilai pertanggungan harus sesuai dengan nilai rumah agar Anda tidak harus mengeluarkan uang terlalu banyak.
  • Mengetahui proses klaim. Pada saat risiko terjadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengajukan klaim. Untuk itu mengetahui prosedur klaim penting agar Anda tidak mengalami kesulitan di kemudian hari.

 

Lindungi Aset Finansial Terbesar Anda

Rumah dan properti lain yang Anda miliki merupakan salah satu aset finansial terbesar.

Kelalaian dalam memberikan perlindungan kepada rumah, dapat memberikan kerugian secara finansial dan moril bagi Anda sendiri. Oleh karena itu, sebelum risiko menimpa Anda, lindungilah aset finansial tersebut.


 

 

Selain Asuransi Rumah, Asuransi Ini Juga Sering Dilupakan

Bukan cuma asuransi rumah yang manfaat dan keberadaannya sering disepelekan oleh masyarakat.

Asuransi Kesehatan juga menjadi salah satu produk asuransi yang keberadaannya dianggap tidak penting atau bahkan tidak diketahui oleh beberapa lapisan masyarakat.

Padahal, keberadaan asuransi kesehatan menjadi esensial untuk melindungi kita dari biaya rumah sakit yang kadang jumlahnya melebihi dana yang kita miliki.

Kita sendiri tahu kalau biaya rumah sakit di Indonesia termasuk ke dalam kategori yang cukup tinggi dan mahal.

Bahkan, Finansialku sudah mengumpulkan beberapa contoh kasus yang disatukan dalam sebuah e-book GRATIS yang bisa dibaca oleh Anda.

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Dengan membaca studi kasus asuransi kesehatan dalam e-book tersebut, Anda bisa mendapatkan bukti nyata kalau kesehatan itu mahal harganya.

Jika tidak dipersiapkan sejak dini, Anda hanya akan menyulitkan lingkungan sekitar karena biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Untuk membacanya, Anda bisa menekan tombol di bawah ini!

UNDUH GRATIS DI SINI

 

Semoga artikel yang baru saja Anda baca bermanfaat bagi Anda, sama bermanfaatnya seperti asuransi rumah. Silakan share artikel ini kepada rekan atau sanak keluarga, agar mereka juga merasakan manfaat dari artikel ini.

Bila Anda memiliki pertanyaan mengenai asuransi rumah atau hal lain seputar keuangan silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom komentar. Perencana keuangan profesional kami akan menjawabnya untuk Anda.  

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 April 2019. 5 Manfaat Asuransi Kebakaran Rumah. Megainsurance.co.id – https://bit.ly/2UIKQ5X
  • Elmi Rahmatika. 8 Desember 2019. Inilah Pentingnya Asuransi Rumah | Serta 5 Tips Untuk Memilih Asuransi!. 99.co – https://bit.ly/2UH6yar