Menurut Sobat Finansialku, apa manfaat belajar di luar negeri? Tentu Anda punya pendapat sendiri untuk pertanyaan itu? 

Tapi tidak ada salahnya kita bahas bersama yuk, manfaat belajar di luar negeri. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

5 Manfaat Belajar di Luar Negeri

Belajar di luar negeri sudah menjadi tren di kalangan pelajar Indonesia. Bahkan belajar ke luar negeri didukung oleh para pelaku industri dan akademis. Agar bibit Indonesia mendapatkan keahlian dan pengetahuan yang memadai.

Kesempatan untuk belajar di luar negeri pun semakin terbuka lebar. Dengan mudahnya proses dan biaya belajar yang semakin terjangkau. 

Tentu kesempatan ini tidak boleh disia-siakan. Para lulusan luar negeri biasanya mendapat tiket emas untuk bekerja di perusahaan multinasional. Serta memiliki jabatan yang tinggi dan penghasilan yang lebih besar. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat lain yang dapat dirasakan dengan belajar ke luar negeri.

 

#1 Mendapatkan Pengetahuan Akademis yang Lebih Spesifik

Tidak dapat dipungkiri, kampus di luar negeri banyak yang peringkatnya jauh di atas peringkat kampus di Indonesia sendiri. Selain predikatnya yang tinggi, kampus atau universitas di luar negeri juga biasanya memiliki pilihan program yang lebih spesifik.

Kebutuhan akademis ini akan diminati oleh dunia industri, terutama yang fokus pada program tersebut. Banyak program yang justru terdengar tidak familiar di Indonesia, namun diminati di luar negeri dan oleh industri kreatif di dalam negeri.

Berniat Kuliah di Universitas Pelita Harapan Simak Profil dan Biayanya Dulu Yuk 03

[Baca Juga: Mau Lanjut S2? Ini Contoh Surat Rekomendasi Kuliah yang Benar!]

 

Selain program yang ditawarkan lebih spesifik, kualitas pendidikan di luar negeri berbeda dengan Indonesia. Mereka lebih fokus dengan grup yang lebih kecil sehingga proses belajar akan lebih fokus dan intens.

Perguruan tinggi di luar negeri pun memiliki fasilitas penunjang pendidikan yang lebih lengkap dan canggih seperti laboratorium atau perpustakaan. Biasanya pengajar-pengajarnya pun memiliki kualitas yang cukup tinggi.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#2 Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Pada era globalisasi ini, bahasa asing merupakan kunci untuk dapat berkomunikasi. Kemampuan berbahasa dapat membantu Anda untuk beradaptasi, mengerti dan dimengerti.

Banyak yang beranggapan bahwa bahasa asing dapat dipelajari di negeri sendiri. Tidak perlu jauh-jauh dan mahal ke luar negeri.

Namun, dengan pergi ke luar negeri, Anda akan lebih mudah mempraktikkan dan lebih lancar karena sering menerapkannya.

Dengan pernah belajar ke luar negeri, Anda pun memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk bekerja di perusahaan multinasional atas kemampuan Anda dalam berbahasa asing tersebut.

 

#3 Metode Pembelajaran yang Berbeda

Banyak program studi yang ditawarkan di Indonesia sebetulnya belum cukup aplikatif untuk era globalisasi dan persaingan industri yang ketat ini. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya lulusan sarjana yang masih canggung mengerjakan sesuatu ketika masuk ke dunia industri.

Kiat Memulai Bisnis Saat Kuliah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Mindset Bahagia & Sukses? Khayalan atau Kenyataan?]

 

Di luar negeri, cara pengajarannya berbeda. Mereka lebih fokus kepada riset dan praktik. Hal ini tentu memberikan nilai plus bagi calon penerus bangsa di era revolusi industri dan teknologi.

Pengalaman ini, hasil belajar di luar negeri, merupakan modal yang memungkinkan Anda untuk bersaing di era industri global.

 

#4 Mengembangkan Karakter Diri

IQ, EQ seseorang juga merupakan modal untuk dapat membangun karier yang indah di dunia industri. Tidak heran banyak perusahaan yang mewajibkan calon pegawainya untuk lulus psikotes sebagai salah satu persyaratan sebelum diterima.

Dengan belajar di luar negeri, Anda membangun diri menjadi seseorang yang lebih mandiri, berinisiatif dan kreatif.

Anda dapat melihat sebuah kondisi dengan lensa yang berbeda dan biasa untuk bekerja di bawah tekanan. Tentu kemampuan ini tidak datang begitu saja.

Anda harus pintar memanfaatkan lingkungan dan fasilitas yang ditawarkan di luar negeri. Selain itu, Anda juga harus fleksibel dan berusaha berinteraksi dengan orang-orang yang tepat.

 

#5 Pengalaman Internasional

Manfaat lain belajar ke luar negeri adalah pengalaman internasional yang Anda miliki. Anda akan mengenal budaya lain, bertemu dengan orang baru dan mengetahui tempat serta mendapatkan ide baru.

Pengalaman ini dibutuhkan oleh perusahaan terutama yang memiliki cabang di negara berbeda.

Anda akan lebih mudah ditempatkan di negara berbeda tanpa perlu khawatir dengan kemampuan sosial. Tentu dengan modal komunikasi lintas budaya, Anda pun akan lebih mudah bersosialisasi dan memiliki pemikiran yang lebih luas dan mengerti budaya yang lebih beragam.


 

Maksimalkan Kesempatan yang Anda Miliki

Berkesempatan sekolah ke luar negeri dapat dibilang seperti kunci untuk membuka pintu yang lebar. Namun, pintu mana yang dipilih kembali pada Anda. Tekad serta kemauan Anda sendirilah yang dapat membuka pintu tersebut.

Untuk itu, jika Anda berkesempatan untuk sekolah di luar negeri, maksimalkan kesempatan tersebut untuk belajar lebih banyak.

 

 

Itu dia jawaban dari pertanyaan di atas ya Sobat Finansialku, untuk menjawab pertanyaan ‘apa manfaat belajar di luar negeri?

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda menjadi tertarik untuk belajar ke luar negeri dan kembali untuk membangun negara ini. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini. Terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Manfaat Sekolah di Luar Negeri. Ican-education.com – https://bit.ly/30szwhD
  • Admin. 7 Januari 2020. 12 Alasan dan Manfaat Kuliah di Luar Negeri. Suneducationgroup.com – https://bit.ly/3dTXXYW
  • Admin. Manfaat Belajar di Luar Negeri. Idp.com – https://bit.ly/2MNEptx