Mindset bahagia dan sukses memang cukup sederhana tapi dalam praktiknya cukup sulit untuk dilakukan.

Simak baik-baik beberapa nasihat mindset bahagia & sukses di bawah ini dan renungkan untuk dapat mengaplikasikan dan mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup Anda.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mindset Bahagia & Sukses – Khayalan atau Kenyataan?

Menjadi bahagia dan sukses adalah sesuatu yang kita semua cita-citakan.

Sangat mungkin bahwa ketika ditanya “Apa tujuan hidup Anda?” Kebanyakan dari kita akan menjawab – untuk bahagia.

Tetapi setelah beberapa hari mendatang dengan setiap tantangan yang kita hadapi setiap hari, tujuan itu layaknya kerupuk yang “melempem” dan sepertinya itu hanya angan-angan di negeri dongeng, bukan mimpi yang bisa dibuktikan di dunia nyata.

Tapi tahukah Anda, bahkan ketika semuanya tampak mustahil, sebetulnya semua berawal dari kepala kita, bagaimana kita berpikir dan melihat sebuah tantangan.

Ketika hal-hal itu tampak mustahil untuk diraih, di situlah pikiran kreatif kita perlu berkembang dan mencari kekuatan serta potensi dalam diri untuk mengubah cara pandang kita dalam melihat kehidupan.

Mindset Bahagia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Seiring Berkembangnya Teknologi Informasi, Anak Milenial Punya Gaya Traveling Baru]

 

Pembahasan kali ini akan terfokus pada cara mengubah sedikit demi sedikit dan mengembangkan pola pikir atau mindset dalam meraih kebahagiaan dan kesuksesan.

Itu bukan impian di negeri dongeng dan Anda bisa menjadi salah satunya yang membuktikan bahwa bahagia dan sukses mampu Anda dapatkan.

Berikut ini penjelasannya:

 

#1 Mindset Sukses Bahagia & Sukses – Hitung Berkat Setiap Waktu

Di abad ke-21, kita terbiasa untuk selalu menginginkan lebih dan berusaha untuk menjadi lebih baik.

Namun, terkadang kita hanya perlu menghargai apa yang sudah kita miliki, dan tiba-tiba pikiran kita akan terbuka dengan sebuah pola pikir yang berbeda.

Dengan bersyukur, kita akan mengubah pola pikir menjadi lebih bahagia dan benar-benar membuka mata batin kita untuk mensyukuri setiap hal yang diberikan oleh Sang Pencipta bagi kita.

Kadang terlihat sepele tapi bersyukur bagi sebagian orang akan nampak sebuah hal yang sulit untuk dimengerti dan dilakukan. Oleh sebab itu, bersyukur pun perlu latihan, setiap hari, setiap waktu, setiap saat.

Jika Anda benar-benar menetapkan pikiran untuk bersyukur, Anda akan berhenti memperhatikan setiap tantangan dan gangguan kecil serta berbagai situasi negatif yang mengalihkan perhatian Anda dari bahagia dan sukses.

Cara Hadapi Stres 06 Bersyukur - Finansialku

[Baca Juga: 3 Pembelajaran Mengatur Keuangan Ala Generasi Milenial. Apa yang Mereka Lakukan?]

 

Dengan bersyukur, kita akan lebih fokus pada setiap hal yang baik yang telah terjadi dan pelajaran yang telah didapatkan bahkan dari peristiwa atau pengalaman yang tidak menyenangkan sekalipun.

Untuk memulainya, cobalah untuk bersyukur setiap malam sebelum Anda tidur. Anda dapat menuliskan 7 hal bahagia yang terjadi hari itu dan yang bisa Anda syukuri.

Sesuatu yang Anda syukuri tidak selamanya harus yang berskala besar seperti kenaikan gaji atau promosi kerjaan, bahkan sesuatu yang kecil pun bisa saja disyukuri.

Misalnya Anda dapat minum secangkir teh atau kopi di pagi hari, itu bisa menjadi sebuah rasa syukur yang Anda tuliskan pada daftar rasa syukur Anda.

Apalagi yang Anda syukuri hari ini? Mendapatkan senyuman yang ramah dari rekan kerja atau tidak terjebak macet di pagi hari, masukkan itu ke dalam daftar rasa syukur Anda.

Praktikkan ini setiap hari dan setelah beberapa bulan latihan yang konsisten, Anda akan melihat bahwa Anda akan mulai menghargai kegembiraan kecil kehidupan ini pada saat Anda mengalaminya.

Apakah Anda sudah membayar tagihan listrik bulan ini atau biaya sekolah anak Anda? Jika sudah, syukuri hal itu – apabila belum, mungkin ada yang salah dalam pengaturan rencana keuangan Anda.

Bersyukur ada Aplikasi Finansialku, sebuah aplikasi canggih dalam smartphone yang dapat menolong kita dalam mengatur keuangan pribadi dan keluarga semakin baik.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Anda bisa men-download aplikasi Finansialku dari melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Manfaatkan fasilitas free trial-nya untuk mengetahui setiap fitur canggih pengaturan keuangan.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium selama satu tahun agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Tunggu apalagi? Yuk lakukan sekarang juga!

 

#2 Mindset Sukses Bahagia & Sukses – Temukan Tujuan Anda

Habiskan sehari sendirian dan jujurlah pada diri sendiri ​​tentang apa yang ingin Anda capai dalam hidup ini. Gagasan ini bisa tampak agak kabur pada awalnya.

Misalnya, sangat mungkin sebagian besar dari kita mengatakan bahwa kita ingin bahagia dan sukses.

Tetapi luangkan waktu untuk melihat lebih dalam apa arti konsep-konsep ini bagi Anda.

Tujuan Anda mungkin untuk melakukan sesuatu yang bermakna setiap hari, atau menjadikan dunia tempat yang lebih baik dengan melakukan apa yang Anda sukai.

Tujuan yang Anda buat bisa bertumbuh setiap waktu bahkan menjadi semakin profesional.

Anda juga dapat menetapkan tujuan yang lebih konkret untuk diri sendiri.

Misalnya, habiskan sepanjang akhir pekan bersama keluarga Anda, mendapatkan promosi pekerjaan atau melakukan perjalanan liburan yang membuka cara pandang Anda yang baru.

Coba baca beberapa referensi Artikel Finansialku dalam menetapkan tujuan untuk meraih sukses, salah satunya mencapai tujuan keuangan yang smart.

 

#3 Mindset Sukses Bahagia & Sukses – Mencari Kepuasan, Bukan Kebahagiaan

Alih-alih berusaha untuk sekadar bahagia, Anda harus mencari kepuasan yang berkelanjutan.

Semakin banyak psikolog dan pemikir yang menekankan bahwa kebahagiaan bukanlah produk utama dari mendapatkan apa yang Anda inginkan, melainkan produk sampingan dari berbagai tantangan yang telah Anda atasi dan tonggak pencapaian yang telah Anda capai untuk sampai ke sana.

Dengan kata lain, kebahagiaan saja tidaklah cukup tanpa mengejar hal-hal yang memberikan kepuasan, bersaing atau berkompetisi secara positif dan berjuang.

Tahukah Anda bahwa merasa kecewa karena tidak dapat mengejar kebahagiaan malah dapat membuat Anda bisa benar-benar tidak bahagia dan cenderung stress.

Ingat – kebahagiaan bukanlah tujuan – itu adalah efek samping untuk menjalani hidup Anda sepenuhnya.

Para Milenial, Milikilah 10 Mindset Seorang Pemenang untuk Mencapai Impianmu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Milenial Bingung, Nikah atau Punya Rumah Dulu? Cek Pertimbangannya!]

 

#4 Mindset Sukses Bahagia & Sukses – Kembangkan Beragam Bidang Kehidupan dan Minat

Kehidupan kita akan semakin terpenuhi jika kehidupan itu bermakna, bukan?

Orang-orang yang menginvestasikan hidupnya untuk berbagai hal, mengembangkan minatnya dan membuatnya bermakna cenderung mengalami tingkat depresi yang lebih kecil daripada mereka yang hanya memiliki sedikit minat dalam hidup.

Berbicara tentang depresi, setiap orang yang mengalami stress secara berkepanjangan cenderung bisa mengalami depresi.

Mungkin Anda perlu tahu caranya mengelola stress agar terhindar dari depresi apalagi di tempat kerja dengan setiap tuntutan yang ada.

Menurut Kompasiana.com, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dapat mengetahui dan mengembangkan minat, antara lain:

  • Cermati keseharian kita sendiri.
  • Perhatikan pada hal apa kita tertarik.
  • Biasanya minat kita terletak pada hal yang pada saat melakukannya kita merasa bahagia dan ingin mendalami hal tersebut.
  • Pada hal apa kita melakukan aktivitas tersebut dengan baik.
  • Perhatikan aktivitas apa yang membuatmu dipuji oleh orang lain.
  • Minat juga terletak pada hal apa yang ketika kita semangat untuk melakukan hal tersebut.
  • Minta bantuan pendapat orang tua, keluarga dan teman tentang hal tersebut.
  • Jangan pernah berhenti belajar. Belajar dan terus belajar. Tingkatkan konsentrasi terhadap hal apa yang ingin kita capai.
  • Yakinlah dan fokus terhadap kelebihan yang kita miliki. Jangan selalu melihat pada kekurangan yang kita punya. Itu justru akan membuang waktu kita yang berharga.
  • Kembangkanlah nilai positif yang terdapat pada minat tersebut dan pada diri kita.
  • Tingkatkan motivasi kita untuk meningkatkan dan mengembangkan minat tersebut.
  • Berusahalah mencari segala inspirasi dari siapa dan mana saja.
  • Minta bantuan dan pendapat orang tua, keluarga dan teman untuk memberimu masukan pada setiap hal yang Anda lakukan agar berjalan dengan baik.

 

#5 Mindset Sukses Bahagia & Sukses – Mencintai Diri Sendiri

Sebagian orang menempatkan diri untuk menjadi orang yang mampu memberi dari pada menerima. Ini adalah pemikiran yang positif tapi sesekali Anda pun perlu untuk memikirkan diri Anda sendiri.

Me time, pernahkah Anda berpikir untuk memiliki me time dan menikmati kegiatan yang paling Anda sukai tanpa memikirkan rutinitas atau tanggung jawab Anda sementara waktu.

Dilansir dari Minutmaid.com, me time sangatlah penting untuk mencapai kebahagiaan di mana untuk dapat menyeimbangkan kehidupan,kita perlu rehat sejenak dari segala kesibukan.

Me time akan membuat kita semakin produktif, memiliki waktu untuk berkontemplasi atau instrospeksi diri, membuat hubungan dengan pasangan lebih baik, me time dapat melepas stress dan menikmati hidup.

2 Mindset Manusia Dunia yang Berlimpah vs Kelangkaan. Mana Milik Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para HRD Ketahui 5 Hal yang Harus Dibahas Pada Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan]

 

Untuk lebih mencintai diri sendiri, beberapa ide di bawah ini bisa jadi pilihan untuk bisa Anda lakukan:  

  • Dedikasikan setidaknya satu hari per minggu untuk melakukan apa yang Anda sukai.
  • Belajarlah untuk mengatakan tidak untuk permintaan dari orang lain yang sebetulnya Anda tidak mau lakukan.
  • Dengarkan tubuh Anda. Jika Anda merasa terlalu lelah untuk pergi keluar atau bahkan pergi bekerja, Anda bisa ambil waktu cuti. Jika Anda seorang pekerja keras, ketahui bahwa Anda berhak mendapatkan hari libur.
  • Matikan ponsel Anda untuk satu malam atau sepanjang hari. Tunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda membutuhkan waktu sendirian dan mereka tidak dapat selalu bergantung pada Anda.
  • Cobalah bersikap egois (dalam arti positif) untuk suatu perubahan. Jika Anda biasanya tipe yang patuh, coba beri tahu orang lain apa yang Anda sukai atau bagaimana Anda ingin sesuatu terjadi.

 

#6 Mindset Sukses Bahagia & Sukses – Coba Pekerjaan Baru

Bosan dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari, mungkin Anda butuh tantangan baru dari sebuah pekerjaan yang menantang atau pekerjaan yang sesuai dengan passion.

Tidak ada kata terlambat untuk mencoba hobi baru atau bahkan pekerjaan.

Jika Anda tidak ingin segera mengubah hidup Anda, mulailah dengan melakukan sesuatu yang kecil, seperti melakukan bisnis sampingan.

Saat ini ada banyak pekerjaan online dan bahkan bisnis yang dapat Anda mulai dengan mengakses komputer Anda di rumah.

Atau, cobalah hobi baru yang mengasah keterampilan Anda seperti melukis, merajut, atau menjadi sukarelawan untuk tujuan yang penting bagi Anda.

Jika Anda benar-benar berdedikasi dan tertarik pada hobi Anda, itu dapat membawa perspektif baru tentang berbagai hal dan bahkan memberi Anda beberapa ide baru untuk kehidupan profesional Anda.

 

#7 Mindset Sukses Bahagia & Sukses – Kelola Harapan Anda

Memiliki standar yang tinggi pada dasarnya bukanlah hal yang buruk. Tapi itu bisa menjadi berbahaya jika Anda terlalu berlebihan dengan harapan Anda.

Jika Anda terlalu menuntut diri sendiri, Anda bisa mengalami depresi dan kelelahan saat bekerja.

Jika Anda berharap terlalu banyak pada orang lain, mereka bisa lelah atau takut pada Anda atau bahkan menghindari Anda.

Apakah Anda Punya Mindset Orang Kaya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Edukasi 10 Tips Produktif Kerja di Musim Hujan Kepada Karyawan Anda]

 

#8 Mindset Sukses Bahagia & Sukses – Jangan Mudah Tersinggung

Perasaan yang tersinggung seperti merasakan terenggutnya sebuah kebahagian.

Poin ini terkait dengan poin sebelumnya – ketika harapan Anda terhadap orang lain terlalu tinggi, dan Anda merasa mereka berhutang sesuatu kepada Anda. Inilah kebenarannya:

Tidak ada yang berutang apa pun pada Anda.

Syukuri setiap hal yang terjadi dalam hidup kita, kebaikan, dan cinta yang kita terima dari orang lain. Jangan pernah berasumsi untuk setiap hal yang menurut Anda sudah seharusnya terjadi.

 

#9 Mindset Sukses Bahagia & Sukses – Memberi & Berkontribusi

Untuk mendapatkan kepuasan hidup yang sesungguhnya terletak pada rasa memberi dan berkontribusi – ini adalah sebuah perasaan yang tak terbeli dengan harta di mana kita dapat berdampak dan melakukan sesuatu yang berharga bagi komunitas, bagi orang lain yang membutuhkan.

Berikut ini beberapa ide tentang bagaimana Anda dapat berkontribusi bagi komunitas dan sesama manusia:

  • Ikut berpartisipasi menjadi sukarelawan di panti asuhan, rumah jompo atau tempat penampungan hewan.
  • Bergabung dengan grup atau inisiatif di tempat kerja Anda, seperti penyelenggara acara kantor atau kelompok amal.
  • Bergabung dengan organisasi yang memperjuangkan masalah lingkungan, mengadvokasi hak-hak binatang dan lain sebagainya.
  • Bersikap proaktif di lingkungan Anda. Bergabung dengan inisiatif lokal untuk ikut kegiatan gotong royong, poskamling atau turut dalam kegiatan kemasyarakatan.

Kamu Harus Punya Mindset Entrepreneur Ini Supaya Jadi Orang Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Menyiapkan Dana Pensiun, Menabung, dan Investasi saja Tidak Cukup! Mulai Buat Perencanaan Dana Hari Tua]

 

#10 Mindset Sukses Bahagia & Sukses – Melihat Pasangan dengan Kacamata yang Berbeda

Poin ini ditujukan bagi mereka yang sudah berpasangan.

Jika Anda sudah bersama dengan pasangan Anda selama bertahun-tahun, Anda pasti tahu bahwa hubungan naik turun, dan hubungan itu tak selamanya mulus atau adem ayem, bukan?

Tak jarang mereka yang sudah berpasangan merasa bosan, jenuh atau bisa dikatakan bahwa rasa cinta mereka seakan luntur.

Sepertinya gereget cinta yang dirasakan pada saat awal pernikahan sudah mulai menghilang.

Berita baiknya adalah Anda punya kekuatan untuk membawa perubahan ke dalam hubungan Anda.

Berikut adalah beberapa ide untuk mengembalikan percikan cinta dengan pasangan Anda:

  • Coba lakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh Anda dan pasangan Anda. Ini bisa berupa olahraga baru, hobi, bentuk perjalanan traveling baru atau apa pun. Melewati pengalaman baru bersama akan membawa kegembiraan baru dan Anda akan dapat berbagi perasaan Anda saat melakukannya.
  • Cobalah lebih sering menyentuh satu sama lain. Ini mungkin terasa dipaksakan pada awalnya jika Anda bukan pasangan yang sensitif. Tetapi ada bukti bahwa memeluk dan memberikan sentuhan pada pasangan akan memainkan peran penting dalam memelihara hubungan dan membantu menghindari dan mengatasi konflik.
  • Berikan waktu istirahat satu sama lain seperti me time (poin nomor 5). Anda juga dapat mendorong minat pasangan Anda, bahkan saat mereka tidak bersemangat untuk melakukannya. Misalnya, dukung hobi atau pekerjaannya, dukung waktu me time bersama teman-temannya atau dengan kegiatan yang ia sukai.

 

Mulai dari Sekarang!

Beberapa poin di atas mungkin sudah pernah Anda lakukan. Kira-kira, manakah yang cukup sulit untuk Anda jalani dan lakukan?

Pastikan untuk memulai semuanya dari hal kecil terlebih dahulu. Jangan terburu-buru untuk langsung melakukan hal yang besar.

Ingat, semua butuh proses. Nikmati prosesnya dan rasakan hasilnya.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Anda bisa menjadi agen pembawa kebahagiaan dan kesuksesan bagi orang lain dengan membagikan artikel di atas kepada rekan atau kenalan yang ingin memiliki mindset bahagia dan sukses!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Ini 5 Alasan Kenapa ‘Me Time’ Penting Buat Kebahagiaanmu. Minutemaid.co.id – https://bit.ly/2neq7c1
  • Admin. 12 Februari 2017. Bingung Cara Mengembangkan Minat? Coba Cara-cara Ini. Kompasiana.com – https://bit.ly/2n4BAux
  • Ieva Baranova. 13 November 2018. How to Change Your Mindset for a Happy And Successful Life. Lifehack.org – https://bit.ly/2mLXwdT

 

Sumber Gambar:

  • Mindset Bahagia 1 – http://bit.ly/32MX278
  • Mindset Bahagia 2 – http://bit.ly/32L1x1X