Financial Freedom Roadmap merupakan salah satu hal yang diperlukan sebagai panduan untuk mencapai financial freedom.

Bagaimana cara membuatnya ya? Cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Financial Freedom Roadmap

Pengetahuan bukanlah kekuatan. Pengetahuan akan menjadi kekuatan ketika kita menerapkannya.

Financial Freedom Roadmap atau Peta Jalan menuju Kebebasan Finansial adalah model intelektual yang dikembangkan untuk memberikan ‘gambaran besar’ yang komprehensif, holistik, dan ditempuh seumur hidup bagi seorang individu untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan demi mencapai kebebasan finansialnya.

Untuk mengembangkan Financial Freedom Roadmap, biasanya ada 5 elemen yang harus diperhatikan, di antaranya: Arus pengeluaran, tingkat inflasi, tingkat keuntungan yang didapat dari investasi, waktu, dan juga jumlah tabungan.

Selain itu, sumber pendapatan, total aset yang dimiliki, kewajiban yang harus dibayar, pertimbangan jumlah anak (bagi mereka yang sudah berkeluarga) serta tingkat usia juga menjadi faktor penting indikator Financial Freedom itu sendiri.

Financial Freedom Roadmap 02 - Finansialku

[Baca Juga: TERBUKTI, 8 Cara Hidup Sukses di Usia Muda, Apakah Kamu Sudah Mulai Melakukannya?]

 

Beberapa asumsi juga bisa jadi pertimbangan untuk melengkapi gambaran posisi keuangan seseorang, misalnya rencana membeli barang atau liburan di usia tertentu mereka.

Intinya, tujuan dari Financial Freedom Roadmap adalah untuk memberikan informasi kepada kita tentang indikasi dimana kita berdiri dalam perjalanan untuk mencapai kebebasan finansial atau financial freedom.

Penting bagi kita masing-masing untuk memiliki Peta Jalan menuju Kebebasan Finansial untuk membantu kita menerjemahkan impian kebebasan finansial kita menjadi seperangkat ukuran kinerja keuangan yang koheren.

Dengan peta jalan, kita akan dapat mengukur kemajuan kita menuju tujuan kebebasan finansial kita.

 

Capai Mimpi & Tujuan Keuangan dengan Financial Freedom Roadmap

Seperti pembahasan dalam bagian sebelumnya, melalui Financial Freedom Roadmap ini, kita akan tahu di mana posisi kita sekarang dalam perjalanan menuju tujuan kebebasan finansial.

Tanpa tahu keberadaan dan di mana posisi kita sekarang, kita tidak akan dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk bergerak menuju tujuan kita, yaitu kebebasan finansial.

Tanpa Financial Freedom Roadmap, kita tidak akan tahu apakah kita memiliki sumber daya keuangan yang cukup untuk memenuhi semua tujuan keuangan yang kita impikan.

Tanpa pengetahuan ini, kita akan terus-menerus menghabiskan terlalu banyak uang untuk hak-hal yang tidak perlu dan mengesampingkan pentingnya menabung.

Tahukah Anda apa yang akan terjadi pada kondisi fisik kita ketika menginjak usia 45, 50, atau 55 tahun?

Faktor Pendukung Kebebasan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Cara Menghindari Stress akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents]

 

Ketika kita menyadari setiap masalah yang akan timbul pada usia-usia senja tersebut, maka kita akan lebih mempersiapkan diri untuk hal-hal yang akan terjadi dan berdampak pada kesejahteraan keuangan kita.

Banyak orang baru menyadari di usia senja bahwa mereka lupa atau tidak menyadari pentingnya perencanaan keuangan yang seharusnya mereka lakukan saat usia mereka masih dalam masa usia produktif (antara 20 hingga 40 tahun).

Tentu Anda tidak dapat kembali ke masa lalu dan memperbaiki kesalahan tersebut bukan?

Singkatnya, mengelola keuangan pribadi Anda tanpa Financial Freedom Roadmap adalah seperti menembak sasaran di tengah kegelapan.

Anda tidak tahu di mana letak targetnya dan Anda tidak tahu apakah Anda telah mencapai target atau sebaliknya tidak mengenainya sama sekali.

 

3 Tingkat Perencanaan Kebebasan Finansial dalam Financial Freedom Roadmap

Dalam perjalanan menuju kebebasan finansial, setidaknya ada 3 tingkatan perencanaan untuk mencapai kebebasan finansial melalui Financial Freedom Roadmap, antara lain:

  1. Dimulai dengan ketidaktahuan dimana kita berdiri dan bagaimana memulai perjalanan menuju financial freedom.
  2. Tingkat berikutnya, melalui keterbukaan pikiran dan pengetahuan yang diterima, kita tahu posisi kita dan kemana kita akan melangkah dalam perjalanan menuju financial freedom tapi belum bisa mengoptimalkan kekayaan dan masih beradaptasi untuk menuju tujuan mewujudkan rencana keuangan.
  3. Selanjutnya, dengan pengetahuan yang terus menerus Anda kembangkan, Anda mengetahui posisi di mana Anda berada dan mampu mengoptimalkan kekayaan Anda menuju kebebasan finansial.

 

Inilah 4 Rahasia Financial Freedom - Kebebasan Keuangan Finansialku

[Baca Juga: Beginilah Rencana Keuangan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Para Orangtua]

 

Jika Anda serius untuk mencapai kebebasan finansial, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui di mana tingkatan Anda saat ini sehingga Anda dapat memindahkan diri Anda ke tingkatan berikutnya menurut tingkat perencanaan kebebasan finansial di atas.

Anda hanya dapat mencapai kebebasan finansial jika Anda mengelola dan mengoptimalkan kekayaan Anda di tingkat ke-3.

Jika Anda tetap pada tingkat 1 atau 2, Anda nampaknya masih jauh dari kondisi kebebasan finansial.

 

Langkah Menciptakan Financial Freedom Roadmap

Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencapai Financial Freedom Roadmap, mulai dari:

 

#1 Pantau Posisi Keuangan Anda

Ini adalah langkah disiplin paling dasar yang perlu ditanamkan dalam kebiasaan sehari-hari.

Untuk memantau posisi keuangan, Anda perlu menyadari bahwa setiap uang yang keluar dari dompet Anda, termasuk uang yang keluar dari ATM dan akun bank yang lain harus tercatat.

Ini akan menolong Anda untuk mengetahui ke mana uang Anda pergi, apa saja yang Anda belanjakan dengan uang yang Anda miliki.

Mengetahui posisi keuangan Anda juga bisa dilakukan dengan cara menyusun anggaran dengan mencatat arus keuangan (total pendapatan dan pengeluaran) dan melacak setiap utang serta kewajiban yang harus Anda bayarkan.

6 Tahap Perjalanan Menuju Kebebasan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

#2 Kembangkan Rencana Jangka Panjang

Memulai perencanaan keuangan sangatlah penting. Kebutuhan dan prioritas tiap orang tentu berbeda-beda sesuai dengan usia dan kebutuhan masing-masing.

Oleh sebab itu, membuat rencana keuangan yang tepat akan sangat membantu dalam memenuhi setiap kebutuhan pengeluaran yang diperlukan tanpa harus mengalami kesulitan karena kurangnya ketersediaan dana yang mengharuskan Anda untuk meminjam uang.

Sudah tahu perencanaan keuangan sesuai usia Anda? Anda dapat mengunduh secara gratis Panduan Perencanaan Keuangan sesuai usia dari Finansialku berikut ini:

 

Membeli mobil, rumah, menyediakan dana pendidikan anak, merencanakan dana pernikahan Anda, dan persiapan dana pensiun adalah area umum dimana Anda membutuhkan dana yang memadai.

Tetapkan tenggat waktu yang diharapkan pada tujuan keuangan yang telah ditetapkan dan perkirakan biaya atau pengeluaran yang di setiap usia Anda serta pertimbangkan kenaikan harga karena inflasi.

Langkah ini akan sangat membantu Anda dalam membangun Financial Freedom Roadmap melalui rencana tabungan dan investasi.

 

#3 Bereskan Kewajiban Utang

Ada baiknya untuk mengurangi ketergantungan pada kartu kredit karena jika Anda tidak dapat mengatur penggunaannya, ada kemungkinan Anda akan terlilit bunga hutang yang akan menyusahkan Anda dalam pelunasannya.

Ketahui bahwa untuk mencapai kebebasan finansial, Anda harus terbebas dari hutang sehingga kondisi keuangan Anda dalam keadaan yang sehat.

Jika Anda menggunakan pinjaman dari bank atau lembaga lain, usahakan pinjaman itu diperuntukkan bagi pembukaan usaha alias pinjaman yang bersifat produktif dan manfaatkan bunga pinjaman yang rendah. Selain itu, jangan lupa untuk segera melunasinya.

Praktikkan Sekarang Juga! Cara Mencapai Kebebasan Keuangan ala Dave Ramsey 02 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

#4 Kurangi Pengeluaran

Jika Anda dengan konsisten membuat anggaran dan mencatat setiap pengeluaran Anda, suatu waktu Anda tentu akan menemukan pengeluaran-pengeluaran yang bisa dipangkas, termasuk menanggulangi pengeluaran yang tak terhindarkan pada bulan-bulan tertentu.

Prioritaskan pengeluaran untuk hal-hal yang bersifat kebutuhan. Pangkas pengeluaran yang tidak perlu dan ini akan sangat membantu Anda mencapai financial freedom.

 

#5 Tingkatkan Penghasilan Anda

Langkah ini sepertinya tidak semudah itu untuk dilakukan.

Coba tingkatkan kemampuan, keterampilan atau skill Anda pada taraf tertentu untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Ambil kerjaan paruh waktu dan gunakan keahlian Anda untuk mendapat penghasilan sampingan.

Quiz Pajak Penghasilan Perusahaan dan Badan yang WAJIB Dibayarkan 02 Pajak 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

 

#6 Tinjau Kebutuhan Asuransi Anda

Tanyakan pada diri sendiri, apakah asuransi Anda memadai? Jika suatu kejadian tak terduga mengganggu rencana Anda, bisakah Anda membayar tagihannya?

Kematian, kecacatan yang diperoleh karena kecelakaan, pencurian dan berbagai musibah alam mungkin merupakan peristiwa yang dapat menimbulkan situasi yang tidak lazim sehubungan dengan rencana tabungan dan investasi Anda.

Perlindungan asuransi yang tepat dapat memberikan manfaat yang baik dalam situasi darurat seperti itu.

Ada baiknya Anda mendiskusikan dengan penasihat keuangan pribadi Anda soal ini.

Belum punya penasihat keuangan pribadi? Dengan Rp350 Ribu, Anda dapat berkonsultasi dengan Konsultan Perencana Keuangan Pribadi dari Finansialku dan dengan leluasa memanfaatkan setiap fitur Aplikasi Finansialku untuk mencapai kebabasan finansial.

Gunakan kode promo: POTONG50RIBU untuk mendapatkan harga yang ekonomis.

Unduh terlebih dahulu Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas free trial-nya selama 30 hari. 

 

Saran Sukses Financial Freedom: Miliki Konsultan Keuangan Pribadi

Untuk membuat rencana keuangan Anda bisa sukses dan mencapai tujuan Anda menjadi seorang financial freedom, Anda perlu berkolaborasi dengan Konsultan Keuangan Pribadi yang akan memberikan berbagai saran dalam mengambil keputusan penting dalam perencanaan keuangan Anda.

Anda bisa memilih konsultan keuangan Finansialku untuk segera mencapai Financial Freedom.

Tunggu apalagi? Yuk segera konsultasikan keuanganmu dan segeralah capai kebebasan keuanganmu!

 

Sudahkah Anda membayangkan Financial Freedom Roadmap Anda sendiri? Pada usia berapa kira-kira Anda akan memiliki rumah? Beri tanggapan pada kolom bawah ini!

Bagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Defining Financial Freedom. Iwealth.com.my – https://bit.ly/31D66KR
  • Admin. 5 April 2011. The Roadmap To Financial Freedom – How To Get From Where You Are To Where You Want To Be. Kclau.com – https://bit.ly/31CYIzc
  • Candice Elliott. Your Roadmap to Financial Freedom. Listenmoneymatters.com – https://bit.ly/2IXNm27
  • Ramalingam K. A Step By Step Guide To Create Your Roadmap To Financial Freedom. Riyaz.net – https://bit.ly/2YQW1gm
  • Whitman. Reach For Financial Freedom. Whitman.com.my – https://bit.ly/2KKUnDn

 

Sumber Gambar:

  • Financial Freedom Roadmap 1 – http://bit.ly/34g6MrA
  • Financial Freedom Roadmap 2 – http://bit.ly/2zxA7jg