Dompet bagi pria mungkin sering kali dianggap sepele, tapi dompet pria bisa menjadi salah satu aksesoris dan juga kebutuhan yang tidak bisa dikesampingkan, apalagi jika ingin menunjang penampilanmu agar semakin keren.

Mari simak sejumlah tips memilih dompet pria yang sudah dirangkum oleh Finansialku dalam artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Dompet Pria Menunjang Penampilan

Penampilan pria dewasa ini perlu semakin diperhatikan apalagi dengan meningkatnya popularitas dari mode fashion pria.

Tak hanya penampilan luar dari apa yang kamu kenakan, bahkan hal kecil seperti dompet pun harus diperhatikan demi menunjang penampilanmu semakin meyakinkan dan menawan tentunya.

Bicara tentang dompet, sudahkah kamu mencatat setiap arus kas pribadimu setiap hari? Mungkin ada kebocoran di sana-sini akibat tidak dapat menahan diri untuk membeli barang yang diinginkan.

Catat setiap arus kas pribadimu dengan Aplikasi Finansialku yang membantumu mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap saat dengan mudah dan praktis melalui gadget pintar di genggamanmu.

Dompet Pria 02 - Finansialku

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Motivasi Dave Ramsey, Seorang Ahli Perencana Keuangan Pribadi]

 

Selain fitur pencatatan arus kas pribadi, kamu juga bisa merencanakan dana liburan dan membeli barang seperti membeli kendaraan pribadi dan membeli rumah melalui aplikasi cerdas ini.

Tak hanya itu, cek juga kesehatan finansial dengan Financial Health Check-up dari Aplikasi Finansialku, lengkap bukan?

Tunggu apalagi, segera manfaatkan free trial-nya dan nikmati setiap fitur pintar yang akan menemani langkah kakimu menuju kebebasan finansial dan kehidupan finansial yang lebih baik.

Jika kamu berminat untuk berlangganan, kamu disarankan untuk berlangganan selama 1 tahun, di mana kamu bisa menghemat biaya registrasi, dan juga mendapatkan keuntungan tambahan berupa kursus online gratis selama satu tahun bertajuk perencanaan keuangan pribadi, keluarga dan bisnis yang akan dipandu oleh Profesional Perencana Keuangan dari Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Tips Memilih Dompet Pria

Jangan sepelekan memilih dompet pria. Mau tahu apa saja yang perlu kamu perhatian saat akan membeli dompet yang sesuai dengan dirimu?

Simak beberapa tips berikut yang perlu kamu perhatikan dalam memilih dompet pria!

 

#1 Ukuran Sesuai Kebutuhan

Ukuran dari dompet adalah salah satu hal yang menjadi perhatianmu saat akan membeli dompet pria yang menunjang penampilan.

Sangat disarankan memilih ukuran yang tipis, kecil, dan nampak ringkas. Bayangkan jika dompetmu berukuran besar, tentu akan tidak nyaman apalagi ketika kamu selipkan di kantong celana belakang.

Selain itu tampak menggembung dan kurang enak untuk dipandang sehingga mengurangi kegantenganmu.

Tentu kamu enggak mau terlihat aneh karena dompet yang terlalu gemuk ukurannya bukan?

Masih mending kalau dompet gemuk karena isi duitnya yang banyak. Tapi zaman sekarang kan cashless bro.

Tak perlu bawa uang cash terlalu banyak, bukan? Ditambah lagi pembayaran dengan e-money yang semakin membuat lebih simple.

So, dompetmu juga perlu lebih minimalis dan simple juga ukurannya.

Dompet Pria 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Cerita Orang Sukses, Kaya dari Masalah Orang Lain dan Jadi Solusi untuk Orang Lain]

 

#2 Pakai Bahan Berkualitas

Jika kamu memiliki budget lebih, alangkah lebih baik jika kamu membeli dompet pria dengan kualitas bahan yang baik, seperti dari bahan kulit.

Memang agak lebih mahal, tapi dengan kualitas yang ditawarkan, tentu akan lebih awet usia pemakaian dari dompetmu, bukan?

Selain itu, dompet dengan bahan kualitas yang baik akan mencerminkan kepribadianmu juga lho.

Kamu akan menjadi lebih percaya diri dengan dompet pria berbahan kulit yang tampak elegan, klasik, membuatmu tambah keren dan gagah.

Ada banyak varian dompet kulit yang bisa kamu pilih, dari bahan kulit sapi, kambing, atau bahkan buaya.

Tapi tentu saja dengan adanya kualitas yang tinggi, harganya pun juga akan menyesuaikan ya!

 

#3 Warna Netral Lebih Pantas

Pemilihan warna lagi-lagi akan menjadi salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Untuk memilih warna, kamu perlu mempertimbangkan lingkungan sosialmu terlebih dahulu, apakah kamu lebih banyak bersentuhan dengan lingkungan non-formal seperti dengan teman-teman kuliah atau dengan teman-teman kantor yang cenderung lebih formal.

Meski demikian, pemilihan warna tidak menduduki peringkat yang cukup tinggi untuk menjadi bahan pertimbangan, tapi intinya adalah kamu perlu memilih warna-warna yang lebih netral dan nampak manly, di antaranya warna hitam, cokelat, abu atau biru gelap.

Warna-warna ini akan membuatmu tidak norak jika kamu sedang mengeluarkan dompetmu saat akan membayar sesuatu di depan teman-temanmu.

Dompet Pria 04 - Finansialku

[Baca Juga: 24% Penyebab Perceraian di Indonesia adalah Masalah Keuangan Keluarga, Bagaimana Solusinya?]

 

#4 Ikuti Seleramu

Mengenai model dari pada dompet pria yang akan kamu pilih, gunakan pertimbangan yang diselaraskan dengan seleramu secara pribadi. Pertimbangkan juga kebutuhan dari setiap isi dari dompet tersebut.

Misalnya jika kamu lebih banyak menggunakan kartu untuk pembayaran, kau perlu dompet dengan partisi kartu-kartu yang memudahkanmu dalam penyimpanan dan mencari kartu yang kamu perlukan dengan cepat.

Pilih jumlah slot kartu yang sesuai dengan kebutuhan jumlah kartu yang kamu bawa sehari-hari.

Selain itu, pertimbangkan juga adanya slot untuk kantong uang logam agar kamu tidak kerepotan saat mendapat kembalian uang logam dari kasir jika kamu sedang membayar sebuah barang secara cash.

 

#5 Perlukah Dompet Bergambar?

Jika kamu merasa sebagai pria dewasa, kamu perlu pikirkan apakah perlu dan pantas untuk menggunakan dompet dengan gambar-gambar, misalnya gambar tokoh super hero kesukaanmu seperti Spiderman atau Captain America.

Mungkin kamu memang penggemar berat mereka, tapi dompet-dompet bergambar seperti itu sepertinya akan lebih pantas bagi anak-anak pada umumnya.

Kamu bisa pertimbangkan hal ini sebelum memutuskan untuk menggunakan dompet bergambar.

Jangan sampai kamu dicap kekanak-kanakan ketika menggunakan dompet semacam itu. Meski demikian, itu adalah pilihanmu bro!

Dompet Pria 05 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan]

 

#6 Tidak Perlu Bermerek & Jangan KW

Menggunakan barang-barang branded atau bermerek berkelas tinggi memang akan meningkatkan rasa percaya diri bagi kebanyakan orang.

Namun, tak selamanya untuk menjadi keren itu harus menggunakan barang yang bermerek, kawan.

Apalagi jika barang-barang bermerek itu malah membuat isi rekening di ATM-mu malah menipis.

Kalau dompet tipis sih enggak apa-apa, ya, asalkan jumlah digit di rekening ATM-mu tidak kurang dari 8 digit minimal. Hehehe..

Berbicara soal dompet bermerek, kamu bisa menggunakan dompet-dompet keren dengan mereka dalam negeri yang malah jauh lebih terjangkau dan tetap berkualitas, bahkan bukan KW.

Bayangkan jika kamu menggunakan barang yang bermerek namun sebetulnya itu KW, tentu hal ini bikin kamu keki sendiri lho.

 

#7 Perhatikan Desain

Desain dari setiap dompet pria memiliki banyak varian. Terkadang ada ornamen-ornamen yang menyertainya dan membuat dompet semakin elegan.

Namun dompet pria yang terlalu banyak desain pun malah membuat penampilanmu kurang gaya dan oke.

Pertimbangkan untuk membeli dompet pria dengan desain yang tidak terlalu ruwet dan make it simple, bro!

Lebih minimalis, netral, tak perlu neko-neko dengan pernak-pernik ini itu, bahkan dengan manik-manik. Hahaha..

 

Dompet Pria Bikin Kamu Tambah Gaya

Pemilihan dompet pria memang seringkali disepelekan karena kebanyakan pria berpikir bahwa dompet hanya disimpan di kantong atau di dalam tas.

Namun pemilihan dompet yang sesuai dengan kepribadian akan menunjang penampilanmu semakin elegan, dan kamu tambah oke.

 

Dompet pria seperti apa yang jadi pilihanmu? Berikan tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Nur Rosita Dewi. 7 Februari 2016. Tips Memilih Dompet Pria Yang Tepat. Jurnal.maskoolin.com – https://bit.ly/2JaRKv0
  • Wahyu Sumirat. 23 November 2018. Hal Penting Dalam Memilih Dompet Pria yang Harus Diperhatikan. Dananwahyu.com – https://bit.ly/2XHzvFD

 

Sumber Gambar:

  • Dompet Pria 1 – http://bit.ly/2YK1BgB
  • Dompet Pria 2 – http://bit.ly/2XZ8DRo
  • Dompet Pria 3 – http://bit.ly/2SbHUvR
  • Dompet Pria 4 – http://bit.ly/2Jwx0xT
  • Dompet Pria 5 – http://bit.ly/2JD4xoP