Kondisi keuangan kurang stabil pasca lebaran? Ternyata, ada jurus jitu untuk memulihkan kondisi keuangan setelah lebaran lho!

Jika Anda punya masalah terkait keuangan pasca lebaran, simak yuk artikel Finansialku berikut ini tentang cara memulihkan kondisi keuangan pasca lebaran.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Pasca Lebaran, Bagaimana Kondisi Keuangan Anda?

Setiap orang sangat menantikan hari lebaran, karena hari tersebut merupakan hari kemenangan setelah kita melakukan ibadah selama satu bulan penuh saat Ramadan.

Tidak heran jika banyak yang perlu dipersiapkan untuk menyambut hari kemenangan tersebut, misalnya adalah dengan membeli baju baru untuk dikenakan saat hari lebaran.

Ya, membeli baju baru menjelang lebaran bisa dikatakan sebagai tradisi yang dilakukan setiap tahunnya.

Tidak heran jika menjelang lebaran department store atau place market dipenuhi dengan orang-orang yang berburu baju keluaran terbaru mulai dari harga diskonan hingga limited edition.

 

5 Jurus Jitu Memulihkan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran

Menjelang lebaran, berbagai merek produk fashion banyak yang memberikan diskon pada barang yang dijualnya.

Maka, jika Anda merupakan orang mudah tergoda dengan harga diskon, hal ini bisa membuat Anda kalap dalam mengatur pengeluaran Anda.

Alih-alih menjalani hari lebaran dengan senang, Anda malah dihantui dengan kondisi keuangan yang semakin menipis.

Maka dari itu, sebelum hal itu terjadi, berikut ini adalah jurus jitu memulihkan keuangan setelah lebaran yang bisa Anda lakukan:

 

Jurus 1: Evaluasi Pengeluaran Bulan Ramadan

Sebagai bulan yang hanya datang satu kali dalam setiap tahunnya, tentu Anda ingin mengisi hari-hari di bulan Ramadan dengan berbagai kegiatan yang berkesan.

Seperti memenuhi ajakan buka bersama, agaknya bukber sudah menjadi agenda wajib yang harus ada di bulan Ramadan.

Evaluasi Keuangan Inilah 7 Pengeluaran Terbesar Saat Lebaran 01 - Finansialku

[Baca Juga: Evaluasi Keuangan: Inilah 7 Pengeluaran Terbesar Saat Lebaran]

 

Menghadiri acara bukber memang tidak ada salahnya. Namun, jika Anda terlalu sering melakukan buka puasa di luar, tentu akan membuat pengeluaran lebih besar dibanding dengan berbuka puasa di rumah.

Ke depannya, Anda dapat memilih agenda bukber yang memang perlu untuk dihadiri, karena selain banyak menyita pengeluaran Anda, buka bersama di luar juga membuat waktu terasa sempit.

Sehingga,  banyak yang mengikuti agenda buka bersama, tetapi membuat ibadah tarawih terlewat.

 

Jurus 2: Menghitung Uang yang Tersedia

Setelah mengecek pengeluaran apa saja yang Anda keluarkan ketika lebaran, maka selanjutnya menghitung uang yang masih tersedia di kantong Anda.

Menghitung uang yang masih tersedia ini perlu dilakukan agar Anda dapat memperkirakan dalam jangka berapa hari atau minggu uang tersebut dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

Apakah Berutang Bikin Miskin Ketahui Jawabannya Disini! 03 Utang Konsumtif - Finansialku

[Baca Juga: Anti Bokek! 5 Usaha dan Cara Mendapatkan Uang Setelah Lebaran]

 

Selain uang yang terdapat dalam dompet, lakukan pengecekan uang yang terdapat di tabungan atau rekening.

Jika masih ada yang tersisa, maka Anda dapat memanfaatkannya sebagai dana tambahan agar tidak bokek pasca lebaran.

Apabila Anda memiliki dana darurat, tentu hal ini akan sangat membantu Anda dalam meng-cover berbagai kebutuhan. Untuk itu, Anda dapat mulai memisahkan sekian persen dari penghasilan  Anda untuk dijadikan dana darurat.

 

Jurus 3: Mengatur Prioritas Kebutuhan

Pasca lebaran, pengeluaran tidak lantas berhenti begitu saja. Berbagai ajakan mengunjungi tempat wisata dari teman maupun saudara mungkin saja Anda alami.

Cara Membuat Skala Prioritas Dalam Mengatur Keuangan Keluarga Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memprioritaskan Dana Darurat Agar Hidup Aman?]

 

Mengunjungi tempat wisata, membutuhkan dana yang cukup menguras kantong. Pasalnya, hari lebaran yang dijadikan sebagai hari libur panjang juga dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berlibur ke tempat wisata.

Karena ramainya pengunjung, hal ini tidak jarang menjadi alasan harga tiket masuk menjadi lebih tinggi.

Selain itu, jalanan yang ramai dan macet karena dipenuhi dengan arus mudik serta wisatawan dapat menguras waktu dan tenaga lebih banyak.

Maka dari itu, jika berwisata pasca lebaran tidak begitu perlu untuk dilakukan, maka Anda dapat mengisi dengan kegiatan lainnya.

Selain dapat memanfaatkan waktu dengan baik, tentu hal ini membuat Anda lebih mudah mengatur prioritas kebutuhan yang diperlukan.

 

Jurus 4: Menunda Waktu Belanja

Siapa bilang berbelanja hanya dilakukan saat menjelang lebaran? Setelah hari lebaran usai, godaan untuk melakukan belanja juga bisa saja datang menghampiri.

Apalagi adanya beberapa diskon dan Ramadan sale yang masih berlaku meski telah melewati hari lebaran.

Hemat Saat Belanja Online 04 Online Shopping 4 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tips Belanja Cepat dan Hemat Tanpa Menguras Kantong]

 

Jika Anda sedang menginginkan barang tertentu untuk dibeli, maka Anda dapat melakukannya setelah kondisi keuangan pulih atau lebih baik.

Karena menuruti keinginan untuk selalu berbelanja dapat memperburuk kondisi keuangan setelah melakukan pengeluaran yang cukup besar saat Ramadan.

Anda dapat menunggu kondisi keuangan pulih dengan mulai bekerja dan menunggu gajian, atau membuka usaha yang mudah dilakukan saat lebaran namun memberikan pendapatan yang lumayan.

Menahan diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang dengan berbelanja, selain bisa menghemat pengeluaran juga melatih Anda untuk bisa mengendalikan diri dan lebih sabar.

Hal ini tentu memberikan dampak positif bagi kepribadian Anda. Namun, bukan hanya belanja saja ya, aktivitas nongkrong dan makan di luar juga patut Anda hindari, agar kondisi keuangan cepat membaik

 

Jurus 5: Memangkas Berbagai Pengeluaran Harian

Agar kondisi keuangan Anda cepat pulih dari krisis, Anda dapat melakukannya dengan memangkas pengeluaran harian Anda, seperti dengan menghemat berbagai pengeluaran harian Anda.

Pengeluaran harian yang tidak begitu penting bisa Anda tinggalkan. Kebiasaan selalu membeli makanan dari luar juga dapat membuat pengeluaran membengkak.

Mengurangi-Pengeluaran-02-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Saat Belanja Sering Over budget? Ternyata Ini Lho Alasannya]

 

Anda dapat mulai mengolah masakan sendiri dengan bahan-bahan yang sudah Anda beli untuk stok beberapa hari.

Pasalnya, harga makanan di luar tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan membuatnya sendiri. Hal ini sangat membantu Anda untuk memulihkan isi kantong agar kembali penuh.

Hari lebaran yang dipenuhi dengan kudapan ringan juga bisa Anda manfaatkan sebagai camilan di rumah. Sehingga Anda tidak perlu membeli jajanan lainnya untuk beberapa waktu.

Anda juga bisa tonton video tips simpel mengatur pengeluaran ala ahli keuangan melalui channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Amankan Kantong Anda Pasca Lebaran Agar Hidup Lebih Tenang

Pasca lebaran, Anda harus lebih sederhana dalam memenuhi kebutuhan harian agar uang yang masih tersedia dapat memenuhi kebutuhan hingga Anda mendapatkan penghasilan lainnya. 

Maka dari itu, berhemat dan memangkas kebutuhan harian merupakan solusi yang paling bisa dilakukan tanpa perlu meminjam dana tambahan dari saudara atau bahkan kartu kredit.

Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Jadi, jurus apa yang akan segera Anda lakukan? Karena 5 informasi penting di atas sangat bermanfaat untuk banyak orang, maka jangan lupa bagikan pada teman-teman yang sering bingung tentang bagaimana mengatur keuangannya ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 Cara Selamatkan Keuangan Usai Lebaran. Cekaja.com – http://bit.ly/2wVdvI8

 

Sumber Gambar:

  • Kondisi Keuangan – http://bit.ly/2IemCdA