Bagaimana cara menghindari stress akibat masalah keuangan bagi single parents? Meningkatnya tuntutan dan kebutuhan hidup tentunya menyebabkan Anda merasa bingung, khawatir, cemas, takut dan itu bisa mengakibatkan stress.

Terutama bagi Anda yang single parent (orangtua tunggal), Anda harus berjuang sendiri. Jika masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik, maka Anda tidak akan merasa tertekan. Anda justru bisa memiliki motivasi atau semangat yang lebih baik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Menghindari Stress Akibat Masalah Keuangan

Dalam hidup, stress seringkali sulit dihindarkan. Anda harus terus menerus mengatasi stress dengan cara yang positif.

Beragam hal dapat menyebabkan stress, seperti masalah pekerjaan, kesulitan keuangan, masalah kesehatan atau bahkan kematian seseorang yang dekat dengan Anda.

Pada dasarnya, stress bisa terjadi karena otak memberikan tanda kepada tubuh untuk melepaskan hormon, setelah menghadapi suatu situasi. Tujuannya agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk bertindak atau menghadapinya.

Ketika tubuh mendapatkan energi untuk menghadapi suatu persoalan, sebenarnya keadaan tersebut sangat baik untuk meningkatkan kemampuan seseorang.

Namun pada zaman sekarang, tekanan hidup banyak berdatangan dari berbagai aspek yang sifatnya sangat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang.

12 Cara Menghindari Stress akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents 02 - Finansialku

[Baca Juga: Solusi Menghadapi Stres Dan Tekanan]

 

Stress secara terus menerus bisa saja terjadi dan membuat tubuh menjadi lelah. Akibatnya, seseorang akan sulit berpikir jernih, sulitnya mengalami interaksi sosial dan kualitas hidup serta kesehatan yang buruk.

Oleh karena itu, mengetahui cara menangani stress adalah hal penting, agar tubuh selalu memberikan respon yang baik pada banyak situasi yang datang.

Seperti yang Anda ketahui, seseorang dalam keadaan stress, tentunya tidak dapat menyelesaikan masalah keuangan. Jika masalah keuangan Anda tidak terselesaikan, maka stress akan bertambah.

Mana yang lebih dahulu yaitu menghindari stress atau menyelesaikan masalah?

Sebaiknya Anda mengurangi stress agar Anda dapat berpikir solusi untuk menyelesaikan masalah keuangan. Selesaikan masalah keuangan Anda khususnya cashflow dan utang

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Melakukan Hobi

Melakukan hobi merupakan suatu kegiatan yang dapat menenangkan pikiran seseorang. Tujuannya, untuk mendapatkan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa orang tersebut.

Bahkan, melakukan hobi mampu membuat seseorang menjadi bersemangat setelah melakukan aktivitas yang melelahkan.

 

#2 Curhat

Melakukan komunikasi dan berbagi cerita tentang permasalahan atau beban hidup kepada seseorang, sangat baik untuk mengurangi beban yang dialami dan dapat mengatasi stress.

Selain itu, bercerita kepada teman memungkinkan seseorang untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tertutup lebih rentan mengalami stress daripada orang yang membuka diri dan sering berkomunikasi mengenai permasalahannya dengan orang lain.

 

#3 Meditasi

Melakukan meditasi merupakan hal yang dapat mengatasi stress karena dapat membersihkan pikiran bahkan mampu membuat seseorang untuk berkonsentrasi.

Hal ini bisa terjadi karena meditasi mampu membuat pernapasan lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah menjadi normal, menurunkan kadar hormon stress yang sebelumnya dipompa oleh kelenjar adrenalin.

Selain itu, meditasi ampuh untuk membantu proses penyembuhan ketika sedang mengalami sakit.

5 Cara Mengendalikan Pikiran Kita agar Dapat Membantu Menghemat Uang 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mengendalikan Pikiran Kita agar Dapat Membantu Menghemat Uang]

 

#4 Mandi atau Berendam

Memanfaatkan air dengan mandi atau berendam memiliki efek yang baik untuk mengatasi stress.

Stimulus dari suasana ini, mampu mengingatkan tubuh dan pikiran seseorang pada suasana saat berada di rahim. Hal ini akan memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh.

Agar lebih efektif, mandi atau berendam dilakukan menggunakan air hangat di bathtub.

 

#5 Pemijatan

Pemijatan sangat baik dilakukan untuk relaksasi dan menormalkan tekanan darah. Selain itu, kualitas tidur seseorang akan lebih baik sehingga stress yang dirasakan akan semakin berkurang.

Manfaat pemijatan ini telah banyak diteliti oleh para ahli.

Bahaya! Waspadalah Apabila Anda Dikuasai Oleh Uang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan? Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga]

 

Menurut beberapa penelitian, pemijatan dapat mengusir stress. Hal ini terjadi karena adanya perubahan biokimia tubuh setelah mendapat sentuhan tangan.

Bahkan, penelitian menemukan bahwa hormon stress bisa berkurang hingga 53% setelah diuji dengan studi terhadap 500 pria, wanita dan anak-anak yang menderita stress.

 

#6 Berteriak

Berteriak dengan suara lantang merupakan cara yang baik dilakukan untuk mengatasi stress. Saat mengalami stress, seseorang pasti merasakan ada sesuatu yang mengganjal di hati.

Oleh karena itu, melepaskan perasaan tidak mengenakkan itu, bisa dilakukan dengan berteriak. Lakukan hal ini di tempat yang luas dan sepi agar tidak mengganggu orang lain, seperti di tepi pantai atau di atas tebing.

Berteriak dapat dilakukan beberapa kali agar seseorang menjadi lebih rileks.

 

#7 Olahraga

Olahraga dapat membebaskan tubuh Anda dari hormon stress dan secara bersamaan dapat meningkatkan kadar endorfin, yang bertanggung jawab atas rasa bahagia.

Sisipkan waktu untuk berolahraga di antara kesibukan Anda demi menjaga kesehatan tubuh dan sebagai cara mengatasi stress yang alami.

Bahkan, Mental Health Foundation yang merupakan organisasi kesehatan non profit di Inggris, sudah membuktikan bahwa olahraga sangat baik untuk mengobati depresi.

5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Dipersiapkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan]

 

Beberapa olahraga yang ampuh untuk meredakan stress itu diantaranya:

  • Berenang dan bersepeda diketahui juga dapat mengurangi stress. Keuntungan berenang dan bersepeda tidak menimbulkan terlalu banyak tekanan pada sendi, sehingga cocok dilakukan untuk orang yang mengalami masalah sendi atau Anda yang ingin menghindarinya.
  • Berjalan 20-30 menit setiap hari saja sudah cukup. Berjalan tidak hanya bagus untuk mengurangi stres Faktanya, orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun yang berjalan paling tidak 150 menit seminggu, mengalami peningkatan harapan hidup hingga 3,4 hingga 4,5 tahun.

 

#8 Musik

Penelitian pada tahun 2008 oleh University of Maryland School of Medicine mengungkapkan bahwa:

Mendengarkan musik favorit selama 30 menit mampu melepaskan zat endorfin untuk mengurangi stress dan menghilangkan rasa sakit.

 

Hal ini juga semakin baik, sebab tubuh menjadi selaras dengan suara musik yang didengarkan. Akibatnya, relaksasi menjadi meningkat, otot-otot tidak tegang, detak jantung melambat, dan energi pun meningkat sesuai dengan irama.

 

#9 Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan cara yang dapat mengurangi stress. Seseorang bisa menerima beban yang diberikan karena memiliki sudut pandang yang baik terhadap beban itu.

Sudut pandang yang dimaksud adalah pemikiran yang menyadari bahwa beban yang dialami merupakan ujian yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Dengan begitu, seseorang akan yakin bahwa dibalik kesulitan yang menimpa dirinya, tersimpan hikmah yang luar biasa jika berhasil melewati tantangan hidup.

14 Cara Berpikir Positif di Tempat Kerja yang Perlu Kita Praktikkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 14 Cara Berpikir Positif di Tempat Kerja yang Perlu Kita Praktikkan]

 

#10 Rekreasi/Berlibur

Melakukan rekreasi merupakan cara yang baik untuk menghindari lingkungan negatif. Rekreasi juga merupakan kegiatan yang efektif untuk mengatasi stress. Rekreasi bisa dilakukan bersama keluarga agar lebih menyenangkan.

Selain itu, jalan-jalan juga ampuh untuk menghilangkan stress, sebab seseorang akan merasa memiliki suasana hati yang rileks.

 

#11 Tertawa

Tertawa ternyata membawa efek yang sangat baik untuk menghilangkan stress.

Menurut beberapa penelitian, tertawa 5-10 menit dapat merangsang endorfin, serotonin dan metanonin untuk keluar. Ketiga zat ini memberikan manfaat yang baik untuk otak sehingga tubuh menjadi lebih tenang.

Bahkan, tertawa ini dapat menyembuhkan seseorang yang mengalami gangguan mental stress berat.

Selain menghilangkan stress, tertawa juga dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi dan mampu mencegah penyakit jantung.

 

#12 Makanan Sehat

Cara menghilangkan stress yang super ampuh adalah konsumsi makanan sehat. Selain itu, makanan yang mengandung antioksidan juga baik untuk dikonsumsi karena mampu memperlancar fungsi memori.

Adapun beberapa makanan dan minuman sehat yang mampu meredakan stress adalah:

  • Makanan yang mengandung vitamin B: buah alpukat, buah pisang, ikan salmon, ikan tuna, ikan sardin, yoghurt dan susu.
  • Makanan yang mengandung asam folat: oatmeal, jeruk dan asparagus.
  • Makanan yang mengandung magnesium: kacang almond, tofu dan sayur bayam
  • Makanan yang mengandung vitamin C: jeruk, kiwi, stroberi atau jambu biji.
  • Air putih yang dikonsumsi 2 liter per hari
  • Minuman teh herbal atau teh rasa buah

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Menyelesaikan Masalah Keuangan

Maka ketika stress berkurang, saatnya Anda memperbaiki kondisi kesehatan keuangan.

Berikut ini beberapa cara untuk membantu Anda menyelesaikan masalah keuangan Anda, yaitu:

 

#1 Membuat Anggaran dan Catatan Keuangan

Anggaran keuangan dapat didefinisikan sebagai rencana penggunaan uang seseorang pada periode tertentu. Biasanya anggaran dibuat dalam satuan waktu bulanan. Anggaran idealnya dibuat pada awal bulan berjalan.

Membuat anggaran keuangan sangat penting bagi Anda supaya bisa mengatur pengeluaran harian Anda, mengelola uang dan memastikan keuangan Anda selalu diperiksa. Anda harus tahu kemana uang itu digunakan dan menyisihkan sebagian untuk membayar tagihan bulanan.

 

Untuk membantu Anda dalam membuat anggaran, maka Aplikasi Finansialku membantu Anda dalam membuatkan anggaran dan mengontrol anggaran Anda.

Anda dapat membuat anggaran secara mudah dan sederhana. Begitu juga dengan memasukkan setiap pemasukan dan pengeluaran Anda. Anda juga dapat mengontrol mengenai keuangan Anda dengan Aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Setelah Anda membuat anggaran, penting sekali untuk selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda.

Mengetahui setiap dana masuk dan keluar beserta tujuannya akan membuat Anda mengetahui jumlah harta yang Anda miliki. Anda bisa berpikir panjang sebelum berbelanja.

Terkadang, tanpa Anda sadari, Anda bisa menghabiskan uang Anda untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan (tidak sesuai dengan anggaran Anda).

Dengan membuat catatan pengeluaran, Anda bisa menganalisis kebiasaan belanja dan menentukan pos pengeluaran apa saja yang masih bisa ditingkatkan efisiensinya.

 

Aplikasi Finansialku membantu Anda untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran Anda. Anda bisa lebih mudah dalam menentukan atau membuat anggaran di bulan yang berikutnya.

12 Cara Menghindari Stress akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

#2 Selesaikan Utang

Memiliki utang adalah masalah keuangan. Jika Anda seorang single parents dan memiliki masalah keuangan, maka Anda perlu mencari solusi dan memperbaikinya.

  • Anda perlu membuat daftar utang. Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk membuat daftar utang.
  • Berhenti menambah utang baru. Gali lubang tutup lubang tidak akan menyelesaikan masalah Anda. Anda juga dapat mencoba konsolidasi utang yaitu mengambil utang baru untuk melunai utang lama yang bersifat pinjaman konsumtif. Tujuan dari konsolidasi utang adalah menurunkan bunga dan cicilan bulanan.
  • Tambah penghasilan. Anda dapat mencoba membuka toko online atau juga mencoba pekerjaan freelance.
  • Lunasi satu per satu utang dan lanjutkan lunasi utang lainnya. Dan setelah lunas Anda dapat belajar untuk meningkatkan aset Anda.

 

#3 Buat Rencana Keuangan untuk Mempercepat Langkah Anda

Setelah Anda memiliki tujuan keuangan, Anda perlu membuat prioritas masing-masing tujuan keuangan pribadi Anda sesuai urutan kepentingan. Lalu, tentukan berapa lama Anda harus menabung untuk masing-masing.

Misalnya, untuk pensiun bisa urutan terakhir. Tetapi liburan merupakan tujuan jangka pendek, dimana bisa dalam satu atau dua tahun.

Selanjutnya, perkirakan berapa besar keuntungan bunga atau modal yang akan Anda harapkan dalam akun dimana Anda menyimpan uang Anda. Anda perlu tahu berapa banyak yang harus Anda simpan per bulan untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Aplikasi Finansialku

Disinilah, aplikasi Finansialku membantu Anda untuk menentukan rencana keuangan Anda.

Anda dapat langsung memasukkan rencana keuangan Anda, dan aplikasi akan menghitung berapa banyak yang perlu Anda simpan dan berapa banyak yang perlu Anda investasikan.

Anda cukup menginput saja pada kolom-kolom yang ada mengenai rencana keuangan Anda.

 

Bagaimana dengan pendapat Anda? Silakan tulis pendapat Anda pada kolom komentar. Yuk kita diskusikan jawaban Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 18 Agustus 2017. 15 Cara Mengatasi Stress Super Ampuh. Halosehat.com – https://goo.gl/r2Zezh

 

Sumber Gambar:

  • Menghindari Stress – https://goo.gl/6fdGX3
  • Cara Menghindari Stress – https://goo.gl/QAvGqe

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang