Apakah rekan Finansialku sedang menghadapi masalah dan tekanan yang seringkali membuat stres dan berbeban berat? Tidak perlu stres karena setiap masalah diperlukan agar kita dapat mencapai kesuksesan. Berikut ini beberapa tips untuk menghadapi stres dan tekanan yang kita hadapi. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kondisi Stres Tidak Memandang Kasta

Krisis ekonomi global yang membelit dan mematikan dirasakan oleh setiap insan di dunia, termasuk orang-orang yang memiliki ketenaran dan kekayaan. Dikabarkan beberapa tahun silam, seorang yang terkenal sebagai orang terkaya di Jerman dan termasuk ke dalam orang terkaya ke-94 di dunia versi Majalah Forbes di tahun 2008 bernama Adolf Merckle memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Ia ditemukan sudah remuk dan nyaris terpisah di dekat rel kereta api di Blaubeuren, Jerman karena menabrakan diri ke kereta api yang sedang melaju kencang. Hal ini ia lakukan karena keruntuhan perusahaannya, ketidakpastian ekonomi dan ketidakmampuan mencari solusi sehingga membuatnya nekad dan tidak berpikir panjang sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis. 

Setiap insan pasti pernah mengalami jalan buntu, kesalahan bahkan kegagalan hingga jatuh dan rasanya tidak dapat berbuat apa-apa. Banyak diantara mereka yang memutuskan untuk menyerah dengan cara lari dari masalah bahkan tak jarang banyak dari mereka yang memilih untuk mengakhiri hidup mereka karena tidak sanggup lagi mencari solusi dalam mengatasi masalah dan beban berat yang dihadapi.

Solusi Menghadapi Stres Dan Tekanan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Faktor Pemicu Stres

Beberapa faktor yang menimbulkan stres, yaitu:

 

#1 Masalah Pribadi

Tak jarang permasalahan pada rumah tangga dapat menimbulkan pertengkaran dan terkadang terjadi “perang dingin” antar pasangan. Kondisi ini juga seringkali menjadi beban pikiran dan terbawa ke kantor sehingga mempengaruhi kinerja dan performa kerja.

 

#2 Masalah Keuangan

Permasalahan finansial juga tidak dapat disepelekan karena dapat membuat pikiran”nyut-nyutan” disamping keadaan ekonomi global yang tak menentu serta persaingan kerja yang semakin kompetitif. Tak jarang juga yang berutang karena kurang bijaknya dalam mengatur keuangan atau beban pembiayaan kartu kredit yang tidak dapat dilunasi tepat waktu sehingga harus membayar bunga tagihan bulanan.

 

#3 Keadaan Lingkungan

Orang yang bekerja namun bidang pekerjaannya itu tidak sesuai dengan passion dan keinginannya, ditambah lagi dengan suasana lingkungan yang tidak menunjang pun dapat menjadi pemicu stres tersendiri. Tak jarang mereka yang keluar dari pekerjaan mereka walaupun pekerjaannya itu menghasilkan gaji yang besar.

 

#4 Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan juga dapat menjadi salah satu faktor pemicu stres karena pekerjaan yang seharusnya dikerjakan tidak dilaksanakan dengan maksimal bahkan melebihi jadwal yang sudah ditentukan.

10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan!]

 

Solusi Bebas Stres

Ada beberapa cara dan tips yang dapat Anda dilakukan untuk keluar dari stres:

 

#1 Olahraga

Olahraga yang rutin dipercaya dapat menurunkan tingkat ketegangan dan stres dengan mudah apalagi kalau olahraga itu adalah jenis permainan seperti sepak bola atau basket yang menjadi hobi Anda. Pilihlah olahraga yang memang menjadi kesukaan Anda seperti renang atau jogging. Anda dapat melakukannya bersama dengan teman, sahabat atau anggota keluarga Anda. Selain itu, dengan olahraga dapat mengurangi berbagai risiko terhadap penyakit-penyakit karena mampu melancarkan peredaran darah.

 

#2 Lakukan Yoga

Ketika melakukan yoga, Anda akan dapat melatih pikiran, teknik pernafasan dan juga gerakan tubuh yang dapat menyehatkan tubuh Anda disamping membuat pikiran menjadi lebih tenang dan dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi.

 

#3 Pijat

Ketika menghadapi stres, Anda dapat mengambil waktu untuk mendapatkan jasa pijat yang dipercaya dapat menurunkan kadar stres yang dihadapi. Tempat pijat yang dilengkapi dengan fasilitas aromatherapy dan alunan instrument yang menyejukkan hati ditambah pijatan yang menetralisir kelelahan tubuh dapat membuat Anda menjadi segar kembali.

 

#4 Mendengarkan Musik

Banyak orang yang melakukan aktivitas pekerjaannya sambil mendengarkan musik, salah satunya instrument musik atau jenis musik yang mereka suka seperti pop. Dengan mendengarkan musik kesukaan dipercaya dapat menurunkan tingkat stres.

 

#5 Bermain Game

Apabila beberapa kalangan mendengarkan musik saat mengalami stres, ada banyak orang juga yang asyik bermain game kesukaan mereka untuk melepaskan kepenatan yang dialami.

 

#6 Miliki Komunitas yang Positif

Berkumpul dan bercerita serta bersenda gurau dengan teman, sahabat dan bahkan anggota keluarga dapat membuat kita melupakan sejenak mengenai kondisi permasalahan yang dihadapi. Milikilah komunitas yang positif yang mampu membuat Anda memiliki semangat hidup yang positif dan meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam menghadapi permasalahan. Terkadang, ketika kita bercerita dengan sahabat yang kita percayai tanpa adanya feedback solusi yang diberikan, setidaknya mampu me-release beban hidup yang kita rasakan. 

 

#7 Jangan Menunda Pekerjaan

Pekerjaan yang selalu ditunda mengakibatkan menumpuknya pekerjaan yang harus diselesaikan dan tak jarang membuat kita mengharuskan diri untuk menambah jam atau melakukan lembur dan tak jarang harus begadang untuk menyelesaikan tanggung jawab kita. Miliki pengaturan jam kerja yang efektif dan selesaikan pekerjaan tepat waktu bahkan usahakan untuk membereskannya sebelum waktu yang ditentukan karena kita tidak tahu akan tambahan kerjaan yang akan diberikan oleh atasan kita di esok hari atau permasalahan lain diluar pekerjaan kita yang harus dihadapi.

Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah: Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

 

Cari Solusi dari Permasalahan

Tidak dapat disangkal bahwa bangkit dari keterpurukan bukanlah perkara mudah dimana kita harus melawan diri kita sendiri. Disaat mengalami kegagalan dan kejatuhan, kita seringkali menyalahkan keadaan, menyalahkan diri sendiri atau kerapkali menyalahkan orang lain dan tidak mampu berbuat banyak selain meratapi kesalahan yang telah diperbuat. Diperlukan pikiran yang jernih untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukan karena apabila kita berkutat dengan penyesalan maka penyesalan tidak akan membuat kita menjadi lebih baik. Justru seharusnya kita  berpikir mengenai solusi dan bagaimana caranya untuk menyelesaikan masalah yang sedang menimpa.

 

Bagaimana cara Anda mengatasi tekanan hidup sehingga Anda terbebas dari stres? Bagikan pengalaman Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Cara Mengatasi Stres Dengan Mudah. Caramengatasisres.com – https://goo.gl/i5WmgK
  • Erlangga Asvi. 25 Agustus 2015. Bangkit Dari Keterpurukan, Tanpa Putus Asa. Solusisupersukses.com – https://goo.gl/KCvAKH
  • Anthony Robbins. 2015. Money Master The Game. USA: Phoenix

 

Sumber Gambar:

  • Beban hidup – https://goo.gl/F3sIeu
  • Stres – https://goo.gl/PRqNMj

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana