Apa saja biaya yang diperlukan dan dipersiapkan demi menunjang kesehatan melalui olahraga? Hidup sehat merupakan pilihan. Berikut beberapa pemaparan yang dapat menambah wawasan Anda seputar biaya kesehatan!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Hidup Sehat

Kesibukan dan rutinitas kerja setiap hari di samping tuntutan perkembangan perekonomian dan persaingan dunia kerja membuat kita sesibuk dengan berbagai deadline pekerjaan sehingga menguras waktu dan bahkan mengabaikan kondisi kesehatan tubuh. Coba pikirkan, apa yang akan terjadi ketika tubuh kita tidak dijaga dan pada akhirnya fisik kita menjadi lemah, bukankah pekerjaan yang harus kita selesaikan malahan terbengkalai dan tidak dapat terselesaikan pada waktunya? Kesehatan merupakan salah satu aset utama yang harus dijaga dalam memenuhi setiap pekerjaan dan rutinitas. Dalam menjaga kesehatan, tentu saja ada waktu, tenaga dan biaya yang harus dibayar demi mendapatkan tubuh yang sehat, bugar dan dapat menjalani aktivitas keseharian dengan rasa optimis.

Kesehatan merupakan anugerah yang mahal. Memiliki gaya hidup yang sehat bagi kebanyakan orang tidaklah mudah dan juga tidak murah. Ada anggaran yang harus dialokasikan terkait dengan menjaga kesehatan kita agar kondisi tubuh tetap optimal.  

Bagi banyak orang, ternyata gaya hidup sehat bukanlah hal yang mudah dan murah. Ada beberapa pengeluaran-pengeluaran yang harus kita anggarkan terkait dengan biaya kesehatan dan olahraga. Apa saja biaya-biaya kesehatan dan olahraga yang harus disiapkan?

Ketahui 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mempermudah Klaim Asuransi Kesehatan]

 

Berikut ini adalah beberapa biaya yang perlu dipersiapkan demi mendapatkan tubuh yang sehat untuk menjalani aktivitas keseharian kita.  

 

#1 Biaya Dana Darurat Kesehatan

Dana yang pertama dan termasuk yang utama harus diprioritaskan adalah emergency fund (dana darurat). Dana ini sangat diperlukan untuk situasi atau keadaan yang genting dan harus dikeluarkan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan mengingat kita sebagai manusia tidak dapat mengetahui secara pasti masa depan atau apa yang akan terjadi kepada kita disamping kita dapat memprediksi suatu situasi.

Kondisi darurat bisa terjadi kapan saja tanpa dapat kita ketahui secara pasti. Kondisi darurat itu bisa jadi anak sakit, genteng roboh karena gempa skala kecil atau salah satu anggota keluarga mengalami kecelakaan lalu lintas.

Dana darurat dapat dianggarkan 10-12 kali pendapatan kita. Sebagai contoh, Denny memiliki pemasukan sebesar Rp10 juta, sehingga dana darurat yang harus dipersiapkan sebesar Rp120 juta. Dana darurat tersebut dapat disimpan dalam deposito atau tabungan.

Dari dana darurat tersebut, kita dapat mengambil 30% untuk kebutuhan kesehatan diantaranya untuk rawat jalan, pembelian obat atau kebutuhan kesehatan lainnya yang diperlukan dan harus dikeluarkan.

Ini Cara yang Tepat untuk Pindah Faskes BPJS - Finansialku

[Baca Juga: Para Suami, Inilah Cara Pindah BPJS Kesehatan dari Perusahaan Istri ke Perusahaan Suami]

 

#2 Premi Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa

Biaya berikutnya yang harus dipersiapkan adalah premi asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Apakah Anda tahu perbedaan dari asuransi kesehatan dan asuransi jiwa? Kedua-duanya berbeda dilihat dari manfaat yang diterima.

Tidak ada seorangpun yang ingin sakit atau mendapat kecelakaan yang merugikan. Namun terkadang hal tersebut tidak dapat kita hindarkan dan dapat terjadi kapan saja dan kepada siapapun. Apabila terjadi sesuatu dengan kesehatan kita, maka kita dapat menggunakan manfaat dari asuransi kesehatan. Mengingat kesehatan ini penting, utamakan terlebih dahulu biaya kesehatan ini, minimal kita menjadi anggota dari BPJS Kesehatan yang merupakan fasilitas kesehatan dari pemerintah untuk menunjang kesehatan masyarakat.  

 

#3 Biaya Olahraga

Setelah dana darurat dan biaya kesehatan dapat terpenuhi, langkah berikutnya tidak hanya sampai disitu saja. Kita perlu untuk menjaga dan mengusahakan agar kondisi tubuh jasmani kita tetap sehat dengan cara menjaganya melalui aktivitas olahraga yang teratur dengan komitmen dan konsistensi. Tidak ada sesuatu yang instan. Tubuh yang bugar dan sehat tidak bisa didapat hanya dengan intensitas olahraga yang singkat. Selain olahraga dapat meningkatkan kesehatan, menghasilkan waktu tidur yang berkualitas, menjaga kestabilan hormon, olahraga dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dari pori-pori yang dibawa oleh keringat yang keluar dari tubuh kita.

Apabila Anda memiliki biaya lebih, Anda dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan yang berbayar seperti menjadi member atau anggota di sebuah gym center, berenang, bermain golf, basket atau badminton sesuai dengan olahraga yang Anda minati.  Sebagai tambahan, tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang namun perlu pengorbanan untuk mendapatkannya, salah satunya dengan berolahraga secara teratur. Jadikan ini sebagai salah satu dorongan atau motivasi bagi Anda selain untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar namun juga dapat membentuk tubuh yang ideal.

pentingnya-asuransi-jiwa-untuk-freelancer-1-finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan untuk Freelancer]

 

Namun apabila tidak memungkinkan untuk mengeluarkan biaya lebih, Anda tidak perlu khawatir karena olahraga jalan santai atau berlari kecil di sebuah lapangan atau taman bermain, atau sekedar di halaman komplek rumah Anda, itu sudah sangat membantu Anda menjaga kesehatan dan kebugaran. Minimal 30 – 60 menit sehari yang Anda luangkan untuk berolahraga, dapat membantu Anda mendapatkan tubuh yang bugar.

 

#4 Biaya Makanan Sehat dan Multivitamin

Asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari ternyata menjadi salah satu faktor penting penunjang kesehatan tubuh jasmani kita. Menjaga asupan dan pola makan menjadi pokok penting dalam bagian ini. Makan sehat tidak selalu mahal dan memiliki rasa yang tidak enak, tergantung dari cara pengolahannya. Dengan majunya teknologi informasi saat ini, Anda dapat mencari informasi mengenai makanan sehat, bergizi dan seimbang serta cara pengolahan atau pembuatannya yang cukup mudah melalui internet. Selain itu mengkonsumsi multivitamin diajurkan oleh para pakar kesehatan untuk menjaga kesehatan disamping minum air putih 8 gelas setiap hari untuk menjaga cairan tubuh.  

 

#5 Biaya Cek Darah Rutin

Apa itu darah tinggi, kolesterol, HDL, LDL, asam urat? Beberapa istilah tersebut mungkin sudah tidak asing bagi Anda yang sudah menginjak usia 25 tahun ke atas. Pasalnya beberapa tersebut mulai timbul pada usia-usia tersebut apabila tidak menjaga pola asupan yang bergizi, sehat dan seimbang. Pengecekan darah secara rutin sekali dalam setahun dapat menjadi langkah preventif agar kita dapat mengontrol kondisi kesehatan kita melalui hasil laboratorium. Ingat, hasil cek darah yang Anda terima bukan untuk memberikan shock terapi bagi Anda walaupun terkadang hal itu dibutuhkan agar kita dapat menyadari pentingnya hidup sehat dan menjaga kualitas pola makan. 

5-faktor-penyebab-premi-asuransi-jiwa-dan-kesehatan-jadi-mahal-finansialku

[Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Premi Asuransi Jiwa dan Kesehatan Jadi Mahal]

 

Kesehatan Itu Urgent, Tidak Dapat Ditunda

Memiliki tubuh yang sehat sebetulnya sangat mudah, namun dibutuhkan suatu motivasi dan komitmen untuk mendapatkannya. Terkadang, mindset kita yang terlalu “sibuk” sehingga terasa tidak memiliki waktu untuk mengusahakannya. Kesehatan merupakan prioritas utama yang menunjang seluruh aktivitas kehidupan Anda. Sadari bahwa kesehatan adalah penting, tidak dapat ditunda dan harus dilakukan sekarang!

 

Tantangan apa saja menurut Anda yang dihadapi ketika berusaha untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar? Berikan komentar dan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Apabila Anda memiliki kesulitan dalam hal penganggaran akan alokasi dana dan penataan arus keuangan Anda, kami konsultan Finansialku.com bersedia menolong Anda dalam mengatasi kesulitan tersebut. Bagikan setiap informasi dan pengetahuan baru yang Anda dapatkan melalui Finansialku.com. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Duitpintar. 25 Mei 2016. Kamu Harus Tahu 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan. Duitpintar.com – https://goo.gl/avoOJZ

 

Sumber Gambar:

  • Elder People Health – https://goo.gl/VGxx7v
  • Drinking Milk – https://goo.gl/0Hwj6F

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang