Bagaimana cara berpikir positif di tempat kerja? Apakah Anda pusing dengan rutinitas dan permasalahan yang seringkali timbul di tempat kerja? Bagaimana caranya agar tetap semangat dalam menghadapi tantangan yang timbul, baik dari rekan kerja atau bahkan atasan sekalipun?

Berikut ini Tim Finansialku akan memberikan 14 cara berpikir positif di tempat kerja yang perlu kita praktikkan agar menghasilkan produktivitas kerja yang lebih baik. Selamat membaca dan tetap bersemangat!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Seberapa Kondusif Suasana Kantor Anda?

Suasana hati yang sedang bersemangat ketika akan berangkat ke kantor acapkali menjadi pudar dan bahkan luntur. Tak jarang hal ini dikarenakan suasana kerja yang tidak terlalu kondusif di kantor atau terjadi gesekan kecil dengan rekan kerja atau atasan di kantor.

Kondisi ini tentu saja akan mempengaruhi suasana kerja Anda dan tentu saja mood Anda saat menyelesaikan setiap tugas Anda. Lantas, bagaimanakah caranya agar suasana hati kita tetap terjaga?

Tentu saja kita tidak dapat mengatur apa yang terjadi di luar diri kita.

 

Kontrol Pola Pikir

Salah satu hal yang dapat kita atur dan tetap dalam kontrol kita adalah pola pikir dan suasana hati kita.

Dengan mengontrolnya, maka kita tetap memiliki motivasi tinggi dan semangat yang tidak surut saat menghadapi berbagai tantangan yang terjadi, terutama di kantor — “rumah kedua” kita karena setidaknya 8 jam sehari, kita ada di tempat tersebut.

14 Cara Berpikir Positif di Tempat Kerja yang Perlu Kita Praktikkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mengendalikan Pikiran Kita agar Dapat Membantu Menghemat Uang]

 

14 Cara Berpikir Positif di Tempat Kerja

Berikut ini 14 cara berpikir positif yang efektif untuk dapat mengatur pola pikir kita agar tetap bersemangat dalam bekerja di kantor.

 

#1 Miliki Sikap Konstruktif

Pernahkah Anda mengkritik diri sendiri dengan berbagai kritikan yang bahkan tidak sepantasnya oleh karena kesalahan Anda yang cukup fatal?

Kritikan tersebut tentunya tidak akan memperbaiki kesalahan Anda dan malahan akan membuat mood Anda semakin menurun. Bersikaplah konstruktif dalam mengkritik diri Anda sendiri sehingga Anda dapat tumbuh dan belajar.

 

#2 Visualisasi Kesuksesan Anda

Dengan membayangkan kesuksesan Anda. Seperti mendapat pujian dari atasan atau mendapatkan promosi kenaikan jabatan oleh karena prestasi yang Anda lakukan.

Hal ini akan sangat menolong dan mendorong diri Anda untuk memiliki sikap yang semakin positif dan bersemangat untuk menyelesaikan berbagai tantangan pekerjaan.

 

#3 Duduk dengan Tegak

Saat hal buruk mendatangi pikiran Anda dan membuat Anda merasa berat untuk memikirkannya, berusahalah untuk duduk dengan tegak di kursi Anda sambil sedikit membusungkan dada.

Katakan kepada diri sendiri dan yakinkan akan kemampuan Anda dalam menghadapi permasalahan itu. Anda akan merasa lebih baik dan lebih positif.

Tahukah Anda Bahwa Pikiran adalah Kekuatan untuk Menuju Kesuksesan - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda Bahwa Pikiran adalah Kekuatan untuk Menuju Kesuksesan?]

 

#4 Kelilingi Diri Anda dengan Gambaran yang Positif

Dalam meningkatkan semangat dan pikiran positif, Anda dapat membuat suasana meja Anda lebih menyenangkan dengan berbagai gambar serta corat-coret yang indah, terutama bagi Anda yang cukup kreatif dalam istilah “corat-coret indah”.

Tempelkan foto keluarga atau bahkan pacar Anda yang menjadi motivasi Anda dalam bekerja. Kelilingi diri Anda dengan gambar-gambar yang indah dan positif.

 

#5 Tetap Tenang dan Biarkan Segalanya Terjadi

Ada kalanya sebuah masalah datang dan kita tidak dapat menghindarinya bahkan menanggulanginya.

Inilah saatnya Anda untuk tetap tenang dan berdiam diri sejenak untuk merelaksasikan diri Anda serta membiarkan setiap masalah itu terjadi dan terselesaikan dengan sendirinya.

Terkadang setiap masalah terlihat lebih besar daripada kenyataannya.

 

#6 Lihat dari Sudut Pandang yang Lain

Suasana di luar diri kita memang tidak ada dalam kendali kita. Namun pikiran kitalah yang sesungguhnya dapat kita atur. Ubah pola pemikiran kita saat melihat berbagai masalah yang timbul dengan cara pandang yang berbeda dan lebih positif.

Hanya dengan cara ini maka Anda dapat melihat titik kesalahan yang telah Anda lakukan dan cobalah untuk memperbaiknya.

Para HRD 7 Alasan Pentingnya Dana Darurat untuk Karyawan di Perusahaan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Catat! Daftar 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia]

 

#7 Selidiki Pikiran Anda

Ketika Anda mendapatkan diri sedang berpikiran negatif, cobalah menyelidiki sumber dari setiap pemikiran itu.

Anda juga dapat mencatatnya sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan akar permasalahan dalam diri Anda sendiri sebagai suatu usaha untuk membalikkan situasi ketika hal tersebut terjadi lagi di kemudian hari.

 

#8 Jangan Berkutat dalam Masalah

Setiap orang pasti melakukan kesalahan, tidak hanya sekali, dua kali bahkan bisa berkali-kali. Namun, jangan berkutat dengan masalah yang Anda hadapi. Maafkan diri Anda atas setiap kesalahan yang Anda sendiri perbuat dan terus lanjutkan karya Anda.

 

#9 Hentikan Kritikan Tajam pada Diri Sendiri

Ketika Anda sedang terpuruk dengan problematika Anda serta rutinitas kantor, pikirkan hal-hal positif yang dapat Anda lakukan ketimbang mengkritik diri Anda dengan setiap pemikiran negatif yang cenderung merusak gambar diri Anda.

Uang Tidak Dapat Dilihat dengan Menggunakan Mata, Latihlah Pikiran Anda dari Sekarang agar Dapat Melihat Uang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Uang Tidak Dapat Dilihat dengan Menggunakan Mata, Latihlah Pikiran Anda dari Sekarang agar Dapat Melihat Uang]

 

#10 Lihat Diri Anda secara Rasional

Sangatlah mudah untuk menyalahkan diri dan tenggelam dalam setiap kesalahan yang semakin membuat Anda mengacaukan segalanya.

Cobalah untuk diam sejenak dan melihat kembali setiap duduk perkara yang terjadi. Saat itulah Anda dapat melihat bahwa setiap masalah yang terjadi tidak sebesar yang Anda bayangkan.

 

#11 Percaya pada Diri Sendiri

Anda menginginkan kenaikan gaji? Anda ingin dipromosikan untuk mendapat jabatan yang lebih tinggi? Anda ingin semakin mahir dalam setiap pekerjaan Anda?

Percayalah bahwa Anda mampu untuk mewujudkan semuanya itu menjadi sebuah kenyataan.

 

#12 Hindari Pengaruh Negatif dari Rekan Kerja

Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. Pernahkah Anda mendengar nasihat semacam ini?

Setiap karyawan dan pekerja di tempat kerja Anda memiliki berbagai karakter dan kepribadian yang berbeda-beda dengan berbagai latar belakang serta kebiasaan hidup masing-masing. Pola pikir, tindakan dan kebiasaan mereka bisa menjadi pengaruh yang positif maupun negatif bagi diri Anda.

6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

 

Pilihan ada di tangan Anda, apakah Anda mau bergaul dengan mereka yang dapat membangun karakter Anda semakin baik atau bahkan sebaliknya?

Namun saran ini bukan berarti Anda tidak memiliki simpati atau bahkan kepedulian terhadap mereka yang memiliki pengaruh negatif di lingkungan Anda.

 

#13 Percaya dan Yakinlah Bahwa Anda Melakukan Pekerjaan dengan Sangat Baik

Sikap negatif dan mencari setiap kegagalan yang Anda lakukan dalam bekerja justru membuat Anda tidak bersemangat dalam bekerja.

Yakinkan diri Anda bahwa Anda dapat melakukan yang terbaik dengan pekerjaan Anda. Anda memiliki kecakapan dan kemampuan tersendiri untuk menyelesaikan setiap tugas Anda melalui setiap kreativitas dan daya usaha Anda.

 

#14 Cari dan Lihatlah Setiap Kesempatan

Bahkan dalam setiap kegagalan, akan ada kesempatan untuk berkembang apabila Anda dapat melihatnya. Luangkan waktu untuk merenungkan setiap kegagalan Anda dan melihat setiap kesempatan untuk maju.

6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Pekerjaan Hobi Travelling Ini Pas Banget Buat Kalian!]

 

Positif atau Negatif, Tentukan Pilihan Anda?

Dengan berpikir positif, Anda mampu untuk semakin berkembang dan berkarya menghasilkan berbagai ide kreatif dan hasil pekerjaan yang memuaskan. Setiap tindakan bermula dari pilihan atas pola pikir Anda, apakah positif atau sebaliknya, yang negatif?

Semuanya ada dalam pikiran Anda yang terintegrasi dengan pola tindakan yang akan Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan semoga sukses selalu untuk Anda!

 

Bagaimanakah pengalaman Anda dalam mengatur pola pikir yang positif di tempat kerja? Apakah Anda pernah memiliki pengalaman yang sangat membuat Anda stress atau bahkan depresi oleh karena tuntutan pekerjaan?

Bagikan pengalaman Anda saat melalui setiap masalah tersebut melalui kolom di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • RN Central. 12 Oktober 2009. 100 Positive-Thinking Exercises That Will Make Any Patient Healthier & Happier. Rncentral.com – https://goo.gl/trttVc

 

Sumber Gambar:

  • Berpikir Positif di Tempat Kerja – https://goo.gl/LM6aqf dan https://goo.gl/priYzY

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up