Asuransi jiwa merupakan hal yang penting untuk menghindari risiko dari hal yang tidak diinginkan. Lalu apakah manfaat tambahan asuransi jiwa diperlukan?

Mempersiapkan jaminan bagi keluarga sebelum hal yang tak diinginkan terjadi adalah sebuah prioritas, dan dengan terdaftar sebagai anggota asuransi jiwa maka dapat menjadi penolong saat hal tersebut terjadi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Manfaat Asuransi Jiwa Bagi Nasabah

Kata asuransi tentu sudah sangat  familiar di telinga kita dan hampir semua orang sudah tahu apa itu asuransi meskipun tidak semua orang paham peraturan, cara kerja dan manfaatnya secara rinci.

Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya menyediakan payung sebelum hujan.  Semakin banyak orang yang mengerti pentingnya memiliki asuransi, apalagi asuransi jiwa.

Asuransi jiwa adalah perlindungan jaminan dan finansial secara matang untuk keluarga tercinta sebagai persiapan apabila terjadi sesuatu yang tak diinginkan terhadap orang tersebut atau bahkan hingga meninggal dunia.

Jika bertanya kapan waktu yang tepat untuk memiliki asuransi jiwa, jawabannya adalah relatif tergantung dari keadaan finansial dan prioritas orang tersebut.

Manfaat Tambahan Asuransi Jiwa 02 Asuransi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perusahaan Asuransi Menyediakan Jaminan Kecelakaan Kerja?]

 

Ada yang sudah membeli asuransi sejak masih lajang karena sudah memikirkan masa depan secara matang ada juga yang belum karena berpikir belum merasa butuh.

Namun jika Anda sudah memiliki tanggungan maka sebaiknya Anda mendaftarkan diri Anda dan keluarga di salah satu perusahaan asuransi.

Dengan begitu Anda dapat memberikan perlindungan dan jaminan kepada keluarga Anda jika sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan menimpa Anda.

Asuransi jiwa dapat meringankan dampak negatif dari kemalangan dan musibah yang terjadi. Berikut ini adalah manfaat yang akan didapat dari asuransi jiwa:

  1. Perlindungan terhadap kehilangan penghasilan keluarga.
  2. Perlindungan atas risiko meninggal dunia.
  3. Sebagai tabungan dan persiapan pensiun.
  4. Jaminan pendidikan anak.
  5. Menentramkan pikiran.

 

Perusahaan asuransi membagi asuransi jiwa menjadi beberapa jenis, dan diantaranya adalah sebagai berikut:

 

#1 Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi ini berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap tertanggung dalam kurun waktu tertentu, sesuai kontrak seperti misalnya 5, 10 atau 20 tahun dengan premi yang murah dan tetap sesuai dengan kesepakatan penyedia jasa dan nasabah pada saat pendaftaran.

Jika penanggung meninggal dunia sebelum kontrak habis maka keluarga akan mendapatkan uang jaminan dalam jumlah besar namun jika tidak terjadi apa-apa sampai masa kontrak habis maka uang premi akan hangus.

Manfaat Tambahan Asuransi Jiwa 03 Asuransi 3 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

#2 Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi ini memberikan perlindungan seumur hidup namun biasanya dibatasi sampai umur 100 tahun. Manfaat dari asuransi ini lebih dari sekedar santunan kematian karena bisa dijadikan tabungan jangka panjang.

Meskipun premi yang dibayarkan mahal dan bunganya hanya sekitar 4% per tahun,  tapi premi dari asuransi ini tidak akan hangus meski tidak ada klaim. Saat kontrak berakhir maka uang pertanggungan akan diberikan seluruhnya.

 

#3 Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi ini memiliki dua manfaat yaitu tunjangan jiwa berjangka dan tabungan. Anda bisa menarik polis asuransi sebelum masa kontrak berakhir dan bila tertanggung meninggal dunia.

Namun premi yang dibayarkan per tahunnya cukup besar.

Manfaat Tambahan Asuransi Jiwa 04 Asuransi 4 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Pengendara Motor Perlu Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri?]

 

#4 Asuransi Jiwa Unitlink

Selain jaminan perlindungan, asuransi ini juga bisa bermanfaat sebagai investasi yang imbalnya bisa Anda dapatkan dengan bunga yang cukup tinggi setiap tahunnya.

Namun pertanggungan yang akan diperoleh termasuk rendah terutama jika investasi yang dihasilkan sedikit.

Manfaat Tambahan Asuransi Jiwa 05 Asuransi 5 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Membeli Asuransi, Ada Baiknya Anda Membaca 8 Keuntungan Asuransi Syariah!]

 

Perlukah Manfaat Tambahan Asuransi Jiwa?

Ada kalanya asuransi yang dipilih tidak menyediakan fasilitas lengkap seperti yang diharapkan dari nasabahnya dan hanya mencakup tanggungan tertentu saja.

Oleh karena itu tambahan asuransi jiwa juga sebenarnya diperlukan untuk memperlengkap jaminan keluarga Anda.

Beberapa pihak asuransi menawarkan tambahan asuransi jiwa sebagai tambahan pertanggungan yang biasanya disebut dengan riders, seperti contohnya Automatic Premium Loan (APL), Waiver of Premium, Return of Premium dan Accidental Death (AD).

Dengan tambahan asuransi jiwa atau riders ini manfaat dari asuransi jiwa Anda juga akan semakin bertambah. Apa saja manfaat dari riders atau asuransi tambahan ini? Simak ulasannya dibawah ini.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

#1 Cakupan Jaminan Perlindungan

Tambahan asuransi jiwa atau riders ini dapat memperluas cakupan jaminan perlindungan untuk pihak pemegang polis atau nasabah. Artinya, manfaat dari asuransi akan lebih banyak dirasakan.

Anda tidak perlu khawatir lagi akan adanya pengeluaran biaya tak terduga yang disebabkan oleh kemalangan yang terjadi mendadak, karena dana simpanan Anda akan tetap aman.

 

Dengan mempertimbangkan manfaat dari asuransi tambahan ini Anda bisa menuai dua hasil investasi sekaligus bahkan lebih.

Misalnya asuransi pensiun yang akan Anda tuai saat sudah pensiun dan tetap mendapatkan jaminan kesehatan dari asuransi tambahan yaitu asuransi kesehatan, sehingga hidup Anda akan terasa lebih aman dan nyaman.

Manfaat Tambahan Asuransi Jiwa 06 Asuransi 6 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Premi Asuransi Syariah Lebih Murah dan Lebih Aman daripada Asuransi Konvensional?]

 

#2 Premi

Dengan menggunakan rider atau tambahan asuransi jiwa, maka uang yang dibayarkan sebagai premi pun akan bertambah pula.

Meskipun premi yang dibayarkan kepada pihak asuransi bertambah, manfaat yang akan Anda dapatkan dari asuransi tambahan juga sangat besar.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan tambahan asuransi secara gratis tanpa membayar premi sebagai imbalan atau sebagai bonus yang diberikan jika Anda membeli produk asuransi dalam jangka waktu yang panjang.

 

Perpaduan asuransi yang bisa Anda beli tergantung pada apa yang Anda butuhkan dan prioritaskan.

Misalnya asuransi jiwa dan kecelakaan atau asuransi pensiun dan kesehatan.  Premi yang ditetapkan biasanya bergantung pada usia, riwayat medis, hobi dan juga kebiasaan.

Manfaat Tambahan Asuransi Jiwa 07a Asuransi 7 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan?]

 

Bijaklah Dalam Memilih Asuransi

Terdaftar sebagai nasabah asuransi jiwa sangatlah menguntungkan untuk jaminan kehidupan keluarga terutama jika memiliki rider atau tambahan asuransi yang dapat menambah pula manfaat yang akan didapatkan.

Anda harus selalu mongontrol dan mengatur keuangan Anda agar pembayaran premi tidak terlalu menumpuk dan menjadi beban.

Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan prioritas lalu pelajarilah manfaat dan risiko dari asuransi yang Anda ambil.

Pilihlah perusahaan asuransi dengan bijak dan jangan sampai asuransi yang Anda beli malah menjebak dan merugikan Anda.

 

Apakah Anda sudah memiliki asuransi jiwa? Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 6 Mei 2017. Manfaat Asuransi Tambahan atau Riders, Perlukah? Asuransikaryawan.co.id – https://goo.gl/hpMiwU

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://goo.gl/XQ7n3X
  • Asuransi 2 – https://goo.gl/8RR892
  • Asuransi 3 – https://goo.gl/LhrRiy
  • Asuransi 4 – https://goo.gl/mm7SNX
  • Asuransi 5 – https://goo.gl/PsximK