Mantan Presiden Mesir, Muhammad Mursi tutup usia di pengadilan, namun siapa sangka ternyata Mursi merupakan anak seorang Petani. Seperti apa kisah hidup Mursi?

Agar lebih jelas, Mari simak penjelasannya berikut ini. selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Wafatnya Presiden Kelima Mesir

Presiden kelima Mesir, Muhammad Mursi menutup usianya di rumah sakit pada 17 Juni 2019. Mursi tutup usia setelah pingsan di ruang persidangan saat memberikan keterangan dalam kasus hukum yang dialaminya.

Muhammad Mursi meninggal pada usia 67 tahun, sebelumnya ia ditahan sejak pemecatan setelah adanya protes massal.

Perjalanan Hidup Mantan Presiden Mesir yang Tutup Usia di Pengadilan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kata Kata Mutiara Pak Soekarno, Presiden Pertama RI]

 

Para aktivis dan keluarganya telah lama menyebut bahwa Mursi tidak menerima perawatan medis untuk masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Seperti dikutip dari Al-jazeera, Senin (17/6/2019), salah satu sumber pengadilan mengatakan:

“Dia berbicara di depan hakim selama 20 menit, kemudian menjadi sangat bersemangat dan pingsan. Dia segera dilarikan ke rumah sakit tempat dia kemudian meninggal.”

 

Berdasarkan dilansir dari Reuters, Mursi meninggal akibat serangan jantung mendadak saat melakukan sidang, stak hanya itu, Mursi pun menderita tumor jinak yang sebelumnya terus mendapatkan penanganan medis.

 

Kisah Hidup Mantan Presiden Mesir

Berikut ini kisah hidup Muhammad Mursi, Presiden kelima Mesir:

 

#1 Anak Seorang Petani

Pria yang memiliki nama lengkap Muhammad Mursi Isa Al-Ayyat dilahirkan di El Idhwa, Mesir Utara pada 20 Agustus 1951.

Mursi dikenal sebagai anak Petani miskin di Mesir, selama hidupnya pun dirinya mengalami fase naik-turun dalam kehidupan.

Mursi merupakan anak tertua dari lima bersaudara. Ayahnya merupakan seorang petani yang perekonomiannya dapat dikatakan serba kekurangan.

Perjalanan Hidup Mantan Presiden Mesir yang Tutup Usia di Pengadilan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Memimpin Bangsa Dengan Jumlah Penduduk Terbesar Di Dunia! Inilah Kepemimpinan Presiden Republik Rakyat China, Xi Jinping]

 

Bahkan dia pernah mengenang masa kecilnya ketika berangkat sekolah dengan naik keledai.

Meski berasal dari keluarga yang serba kekurangan, hal itu tidak mematikan semangatnya dalam mengenyam pendidikan di Universitas Kairo.

Mursi tinggal di Amerika Serikat selama beberapa tahun ketika dia melanjutkan studi doktoralnya di California State University, Northridge.

Di Universitas tersebut Musri dipercaya untuk menjadi asisten profesor teknik dari tahun 1982 hingga kembali ke Mesir pada 1985. Setelah itu dirinya menjadi kepala departemen teknik bahan di Universitas Zagazig.

 

#2 Pernah Tergabung di NASA

Selain menjadi dosen, selama tiga tahun di Amerika Serikat, Mursi juga sempat bekerja di lembaga antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Dirinya ditempatkan di bagian pengembangan mesin untuk program pesawat ulang-alik. Hal ini dikarenakan Mursi merupakan sarjana teknik dari Cairo University, Mesir.

Tak berhenti sampai disitu, dia melanjutkan pendidikan masternya dengan mengambil jurusan Teknik Metalurgi di kampus yang sama.

 

#3 Tokoh Ikhwanul Muslimin

Mursi terjun di dunia politik yang menjabat sebagai anggota parlemen Mesir dari tahun 2000 hingga 2005 sebagai anggota independen, karena para kandidat dilarang mencalonkan diri di bawah bendera organisasi Ikhwanul Muslimin.

Selanjutnya Mursi ditunjuk sebagai badan eksekutif tertinggi organisasi, Biro Bimbingan Ikhwanul Muslimin.

Setahun setelahnya, ia justru dipenjara selama tujuh bulan karena dianggap terlibat dalam protes pembentukan pengadilan independen di Mesir.

 

#4 Menjadi Presiden Mesir

Pada 2012 Ikhwanul Muslimin memilih Mursi sebagai capres Pemilu Mesir melalui Partai Keadilan dan Kebebasan (FJB). Pada akhirnya Mursi menjadi presiden Mesir dengan mengalahkan mantan perdana menteri Mesir.

Mursi merupakan Presiden Mesir pertama yang dipilih secara langsung lewat pemilu yang demokratis. Sebelumnya, sejak 1981 Mesir telah dipimpin oleh Husni Mubarok yang telah dilengserkan pada tahun 2011.

Ia resmi dilantik menjadi Presiden Mesir pada 30 Juni 2012. Namun karena banyaknya tekanan dari masyarakat yang memintanya untuk mundur dari jabatannya, Mursi digulingkan pada 3 Juli 2013.

Pada November 2013 Mursi diadili, didakwa dengan hasutan untuk melakukan pembunuhan dengan hukuman penjara seumur hidup.

Pada November 2016, Pengadilan Tinggi membatalkan hukuman penjara seumur hidup untuk Mursi dan 21 terdakwa lainnya. Hakim Pengadilan Tinggi memerintahkan pengadilan ulang. 

Berbicara mengenai presiden, Anda bisa tonton video kata mutiara penyemangat hidup dari BJ Habibie, Presiden ke-3 RI melalui channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar tujuan keuangan Anda dapat tercapai sesuai rencana.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Rakhmad Hidayatulloh. 18 Juni 2019. Roller Coaster Mursi: Anak Petani, Presiden Mesir Meninggal saat Pesakitan. News.detik.com – http://bit.ly/2XqER82
  • Putu Elmira. 18 Juni 2019. Sosok Sederhana Mohammed Morsi, Mantan Presiden Mesir yang Meninggal di Tengah Peradilan. Liputan6.com – http://bit.ly/2x72vaW

 

Sumber Gambar:

  • Muhammad Mursi 1 – http://bit.ly/2N0OqX9
  • Muhammad Mursi 2 – http://bit.ly/2L4ZiAH
  • Muhammad Mursi 3 – http://bit.ly/2ZuY4Ta