Apakah Anda sedang menghadapi bagaimana caranya memiliki masa persiapan pensiun berkualitas?

Mempersiapkan masa pensiun yang berkualitas memang susah-susah gampang, apalagi jika Anda memiliki keterbatasan keuangan. Yuk simak caranya memiliki masa persiapan pensiun berkualitas disini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Masa Pensiun

Banyak sekali masyarakat yang beranggapan bahwa masa pensiun baru mulai dipikirkan ketika Anda mulai memasuki usia mendekati pensiun. Salah satu kenalan saya sudah mendekati usia pensiun.

Saat mendekati usia pensiun, ia pun merasa uang pensiun dari kantornya tidak akan menyanggupi kebutuhan dia dan keluarga saat masa pensiun datang.

Dia pun bertanya kepada saya bagaimana caranya mempersiapkan masa pensiun. Saya pun bertanya, berapa lama lagi Anda akan pensiun?

Jika masih lama waktunya maka akan semakin mudah untuk mempersiapkannya. Tetapi jika waktu pensiunnya sudah dekat, maka akan menjadi PR yang besar.

Mau Punya Masa Persiapan Pensiun Berkualitas Gini Caranya! 02 Waktu Pensiun - Finansialku

[Baca Juga: Tujuan Dana Pensiun Mengapa Penting Untuk Dimiliki]

 

Kenalan saya pun berkata bahwa ia akan pensiun dalam waktu 5 tahun dan dia pun memerlukan dana pensiun sebesar Rp2 miliar supaya gaya hidup dan kebutuhannya tidak akan jauh berbeda dengan masa saat ia bekerja.

Lalu saya bertanya, apakah kantor Anda memberikan dana pensiun? Kenalan saya pun menjawab iya, tetapi ternyata kantornya ini memberikan dana pensiun sebesar Rp1 miliar.

Sehingga, kenalan saya membutuhkan persiapan mengumpulkan dana pensiun sisanya dalam waktu 5 tahun. Dengan waktu yang ada, memang menjadi PR yang besar.

Satu, dari investasi pun bagi orang-orang yang sudah mendekati masa pensiun tentu lebih memilih investasi yang tidak agresif. Efek dari investasi yang tidak agresif ini menyebabkan imbal hasil investasi pun tidak besar.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Kedua, belum tentu dana pensiun dari kantor akan langsung cair sebesar Rp1 miliar. Setiap kantor memiliki sistem pembagian dana pensiun yang berbeda-beda. Selain itu, jika Anda belum memiliki tabungan yang cukup akan menjadi PR besar kedua.

Karena Anda pun tidak punya modal yang besar untuk berinvestasi dan Anda pun pasti berpikiran apakah mungkin jika Anda membuka bisnis saat Anda pensiun.

Sebenarnya membuka bisnis saat pensiun tidak ada salahnya, tetapi mengingat stamina Anda pun berbeda dengan saat Anda masih kerja. Selain itu, apakah Anda yakin bisnis Anda pasti akan langsung sukses.

Jika Anda memang tidak masalah dengan risiko yang dihadapi maka membuka bisnis bisa menjadi solusi Anda. Tetapi jika Anda yang sudah tidak ingin bekerja dan Anda ingin menikmati masa pensiun yang berkualitas, mari kita simak caranya disini.

 

Cara Mempersiapkan Masa Pensiun Berkualitas

Menyimak dari cerita di atas, jika Anda memang memiliki waktu hingga pensiun sebesar 5 tahun, maka Anda memiliki PR yang sangat besar.

Jika Anda yang membaca artikel ini masih dalam usia masa pensiun yang jauh, maka akan mudah untuk Anda mempersiapkan masa pensiun yang berkualitas.

 

Cara #1 Perhatikan Timeline Anda

Jika Anda membaca artikel ini, Anda bisa mengetahui bagaimana timeline kehidupan Anda, supaya Anda dapat merencanakan masa pensiun Anda secara berkualitas.

Mau Punya Masa Persiapan Pensiun Berkualitas Gini Caranya! 03 Siklus Keuangan - Finansialku

Keuangan dalam Siklus Hidup Manusia

 

Bayangkan jika Anda sekarang bekerja pada umur 23 tahun, Anda memiliki waktu yang banyak dan Anda pun masih bisa menabung dan menghabiskan uang Anda untuk konsumsi mengingat Anda belum memiliki tanggungan.

Saat Anda menginjak umur 30 tahun, Anda mulai memiliki tanggungan dan Anda pun mulai mengenal yang namanya utang karena Anda mulai membeli rumah dan kendaraan pribadi yang pertama.

Saat Anda menginjak umur 40 tahun, karier Anda pun mulai berkembang dan Anda pun mulai memikirkan untuk berinvestasi dan utang Anda pun mulai berkurang.

Saat Anda menginjak umur 50 tahun, Anda pun sudah mapan secara keuangan, Anda pun menambah investasi Anda mengingat Anda akan pensiun dan asuransi Anda pun mulai Anda gunakan.

Pada umur 60 tahun, Anda sudah masuk masa pensiun, seharusnya pada masa ini Anda hanya tinggal menikmati hasil Anda bekerja.

Tetapi apakah Anda bisa menikmati hasil dari Anda bekerja? Berapa yang sudah Anda miliki hingga sekarang?

Dari timeline ini, sebaiknya umur berapakah Anda mulai mempersiapkan dana pensiun? Ya betul, seharusnya Anda mempersiapkan dana pensiun dari umur Anda mulai kerja, yaitu 23 tahun.

Mengapa? Supaya Anda tidak merasa kewalahan. Beban Anda untuk menabung dana pensiun pun akan semakin kecil jika Anda memulai dari dini. Sebelum terlambat, rencanakan pensiun Anda sekarang dengan menggunakan Aplikasi Finansialku!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Cara #2 Mulai Berinvestasi

Sekarang Anda sudah mulai merencanakan dana pensiun dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Anda sudah mengetahui berapa besaran uang yang dapat Anda investasikan per bulannya.

Jika waktu Anda masih banyak, Anda bisa memilih untuk berinvestasi pada investasi yang memberikan return yang besar, mengingat Anda masih memiliki waktu yang panjang.

Anda bisa memulai berinvestasi pada investasi saham dan reksa dana saham. Pada instrumen investasi ini, Anda akan memetik hasilnya pada waktu yang cukup lama.

Penerbitan SBN Obligasi Ritel di Tahun 2019! Bersiap Untuk Investasi 01 Koin - Finansialku

[Baca Juga: Kini Saatnya Anda Menyiapkan Dana Pensiun Jika Ingin Berhasil Pensiun Dini]

 

Jika Anda tidak menyukai investasi yang agresif, Anda bisa memulai berinvestasi reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap dan peer to peer lending. Ketiga instrumen investasi ini dapat memberikan return yang besar daripada deposito.

Jika Anda ingin investasi yang memiliki risiko yang rendah dan jauh lebih besar daripada menabung di bank, Anda bisa berinvestasi ke reksa dana pasar uang, deposito dan logam mulia.

 

Cara #3 Mulai Memikirkan Untuk Memiliki Pendapatan Pasif

Ada cara lain jika Anda masih ingin memiliki pemasukan saat Anda menghadapi masa pensiun. Anda bisa mulai memikirkan untuk memiliki pendapatan pasif.

Pendapatan pasif yang bisa Anda mulai pikirkan adalah bisnis kos-kosan, kontrakan, penyewaan mobil dan bisnis franchise.

Memang Anda membutuhkan dana yang besar di awal, tetapi Anda akan mendapatkan pendapatan tambahan saat Anda menghadapi masa pensiun.

 

Cara #4 Mulai Memiliki Asuransi Yang Lengkap

Sudah saatnya Anda memiliki asuransi yang cukup, Anda sudah mulai memikirkan untuk memiliki asuransi penyakit kritis dan asuransi kesehatan yang akan memberikan Anda perlindungan saat Anda menghadapi masa pensiun.

Jangan lupa juga Anda sudah harus memiliki asuransi jiwa yang merupakan proteksi yang wajib terhadap keuangan Anda supaya arus kas Anda tidak terganggu saat menghadapi hal yang tidak terduga terjadi.

 

Sudah Saatnya Persiapkan Masa Pensiun yang Berkualitas

Jika Anda masih menunda untuk mempersiapkan masa pensiun maka Anda akan menghadapi kesusahan untuk mempersiapkan dana pensiun. Anda pun akan merasa berat dalam menabung dan merencanakannya.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jika Anda ingin mempersiapkannya dari sekarang supaya Anda memiliki masa pensiun yang berkualitas. Kami akan membantu Anda dengan memberikan Anda ebook investasi.

Salah satu investasi yang dapat Anda lakukan adalah dengan berinvestasi reksa dana yang bisa Anda mulai dari Rp100.000. Anda bisa download ebook investasi reksa dana untuk pemula di bawah ini.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana cara memiliki masa persiapan pensiun berkualitas.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bagaimana cara memiliki masa persiapan pensiun berkualitas. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun – https://goo.gl/eQZnXz
  • Waktu Pensiun – https://goo.gl/8WCUzs