Sobat Finansialku, apakah mindset kamu soal kartu kredit sudah benar? Apakah kamu masih berpikir kalau kartu kredit itu sebagai utang? Nah, sepertinya kamu harus mengubah mindset kamu itu dengan beberapa penjelasan berikut ini.

 

Summary

  • Kartu kredit digunakan untuk mendapatkan manfaat seperti poin, atau miles bukan sebagai alat mengambil utang dan membayar minimum saja.
  • Terdapat beberapa manfaat kartu kredit yang bisa dirasakan oleh nasabah, di antaranya promo dan rewards, cicilan 0%, keamanan transaksi, dan lainnya.

 

Tahun Baru Tujuan Finansial Baru

Sobat Finansialku, sudah menginjak tahun yang baru pastinya kita semua memiliki tujuan finansial. Kalau saya tentunya berharap tidak memiliki utang-utang yang sifatnya konsumtif.

Saya ingin keuangan saya sehat dan memiliki utang yang sifatnya produktif, kalau Sobat Finansialku bagaimana? Adakah tujuan finansial yang sedang fokus dilakukan?

Tahun yang baru akan menjadi sia-sia juga jika kita tidak belajar ilmu yang baru, masih saja kita memiliki pemikiran-pemikiran yang kuno dan cenderung salah persepsi.

Seperti halnya penggunaan kartu kredit, banyak yang mengira kartu kredit adalah alat untuk berutang, atau mengambil utang. Tentunya pandangan seperti inilah yang merasa kartu kredit adalah hal yang perlu dihindari dan tidak disarankan untuk menggunakannya.

Padahal jika mengetahui konsep dan manfaatnya, kartu kredit memberikan manfaat dan keuntungan buat sebagai nasabahnya. Namun, yang perlu diketahui adalah cara kerja, dan ubahlah mindset terhadap kartu kredit.

[Baca Juga: Kartu Kredit: Mempermudah atau Mempersulit Hidup?]

Kartu kredit digunakan untuk mendapatkan manfaat seperti poin, atau miles bukan sebagai alat mengambil utang dan membayar minimum saja, karena di dalam kartu kredit ada bunga yang dikenakan 2,25% per-bulan dan ini bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis kartu kredit yang diberikan.

Lalu bagaimana kita harus mengubah mindset kita terhadap kartu kredit? Tentunya dengan mengetahui bagaimana cara kerja dari kartu kredit itu sendiri.

Simak penjelasannya dari artikel berikut ini.

 

Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja Kartu Kredit

Biasanya orang menghindari menggunakan sesuatu yang dianggap baru, karena belum memahami cara kerjanya. Untuk itu di sini kita bahas cara kerja kartu kredit, ya.

Saya akan berikan contoh perhitungan bunga kartu kredit sebagai berikut:

Contohnya, kamu melakukan transaksi kartu kredit pada tanggal 1 Februari dengan nilai Rp 3 juta. Sementara periode cetak tagihan di lakukan setiap tanggal 25 februari dengan bunga 2,25% per bulan. Maka, perhitungan bunga kartu kreditnya adalah

Bunga kartu kredit = 2,25% x 12 bulan/ 365 hari

      = 0,00073 per hari

 

Setelah itu, hitung selisih tanggal transaksi dengan tanggal cetak tagihan. Jika transaksi dilakukan tanggal 1 Februari, maka selisihnya adalah 24 hari.

Jika hal itu sudah dilakukan, kamu bisa menghitung bunga kartu kredit dengan menjumlahkan

Rp 3 juta x 0,00073 x 24 = Rp 52.560

 

Besaran bunga kartu kredit ini tidak berlaku rata, masing-masing bank memiliki kebijakan masing-masing. Semakin besar jumlah transaksi kartu kredit yang dilakukan, maka semakin besar juga bunga kartu kredit yang dikenakan.

Jika kamu masih kebingungan soal perhitungan kartu kredit ataupun keuanganmu, yuk konsultasikan bersama saya untuk mencari jalan keluarnya.

Caranya gampang banget, hubungi saya di menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku. Kamu juga bisa langsung booking jadwal konsultasi di website konsultasi.finansialku.com atau via WhatsApp di sini.

Whatsapp Konsultasi Keuangan

 

Apa Saja Manfaatnya?

Nah Sobat Finansialku, setelah mengetahui perhitungan bunga di atas, jangan sampai kamu menggunakan kartu kredit hanya membayar bunganya saja tanpa mengetahui manfaatnya. Maka dari itu, pahami manfaatnya sebelum menggunakan kartu kredit ya.

Saya akan coba jelaskan manfaat kartu kredit, sebagai berikut:

 

Promo dan Rewards yang Diberikan

Penting untuk kamu tahu manfaat dari kartu kredit adalah banyaknya promo dan rewards yang diberikan pada kartu kredit, dari mulai makan, travel, penginapan, belanja bulanan. Hal inilah yang seharusnya dimanfaatkan saat berbelanja menggunakan kartu kredit.

Jadi, tidak hanya sekadar membayar bunga saja namun ada promo yang kamu dapatkan setiap belanja. Diskon yang diberikan oleh kartu kredit biasanya tidak kecil, ada diskon 10%; 15%; 20%; bahkan hingga 50% yang diberikan dalam satu kali transaksi.

Selain promo tersebut, poin yang kamu kumpulkan adalah bentuk rewards yang nantinya bisa ditukarkan.

 

Cicilan dengan Bunga 0%

Nah, ini yang juga menjadi daya tarik, adanya bunga 0% yang diberikan oleh kartu kredit. Paling sering promo 0% diberikan untuk barang-barang elektronik, apalagi ternyata kamu bisa menggabungkan promo, lho. Wah manfaat yang dirasakan dua kali lipat, deh.

Kamu bisa mencicil hingga 24 bulan atau 36 bulan. Hal ini menguntungkan jika kamu membeli gadget karena nilai gadget identik dengan depresiasi yang besar, jadi daripada sekaligus mengeluarkan uang tunai ada baiknya uang tersebut kamu investasikan.

Tapi sebagai catatan, kamu mengambil cicilan ini jika benar-benar karena kebutuhan, bukan hanya keinginan semata.

 

Mudah Digunakan untuk Transaksi Online dan Di Luar Negeri

Orang yang memiliki kartu kredit adalah orang terpilih dan telah lulus penilaian dan pengecekan di lembaga keuangan. Sehingga orang yang memiliki kartu kredit dipercaya bisa membayar.

Jika kamu memiliki kebutuhan di luar negeri, atau sering ke luar negeri karena keperluan, sangat disarankan untuk melakukan transaksi online kemudahan transaksi.

 

Keamanan Bertransaksi

Enaknya lagi, bertransaksi menggunakan kartu kredit adalah kamu harus tetap menggunakan PIN. Lalu apabila ada transaksi yang tidak kamu lakukan atau “dicuri”, kamu bisa melaporkannya kepada Lembaga bank penerbit.

Bank akan melacak siapa yang menggunakan dan melakukan transaksi tersebut. Nantinya, transaksi tersebut akan otomatis dibatalkan dan tidak akan ke tagihan kamu jika kamu bisa membuktikan secara benar.

[Baca Juga: Langkah Atur Kartu Kredit Lebih dari Satu Biar Nggak Boncos]

 

Sarana Membangun Track Record

Poin manfaat penting dari kartu kredit lainnya adalah sarana kamu untuk melacak pengeluaran. Karena, kartu kredit memberikan keterangan jelas yang bisa dilihat. Selain itu jika kamu adalah pasangan suami istri, notifikasi bisa diberikan kepada lawan pasangan kita juga.

Jadi, jika ada transaksi di luar planning kalian berdua bisa saling mengingatkan karena notifikasi akan ada di setiap transaksi.

Kamu bisa mengetahui manfaat lain hingga penggunaan kartu kredit yang tepat lewat audiobook berikut ini!

banner -milenial membuat kartu kredit mudah

 

Bermanfaat atau Tidaknya Kartu Kredit

Sobat Finansialku, begitulah kira-kira manfaat dari kartu kredit. Jika kamu sudah memahami cara kerja dan manfaatnya, silakan pertimbangkan sebagai alat pembayaran.

Kartu kredit bisa menjadi manfaat jika digunakan dengan tepat. Jadi semua kembali kepada mindset kamu terhadap kartu kredit, ya, apakah sebagai alat pembayaran atau alat berutang.

Jika terus mengiranya tempat untuk berutang, maka kamu tidak merasakan manfaat dari kartu kredit itu sendiri.

 

Sobat Finansialku, sudah ubah mindset kamu soal kartu kredit? Apakah kamu punya opini lain? Yuk, tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa bagikan juga artikel ini pada rekan-rekan lainnya. Semoga bermanfaat.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 15 September 2021. Manfaat Kartu Kredit Ternyata Krusial pada 10 Poin Ini. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3rJcXRG
  • Redaksi. 24 Februari 2021. Ini Perhitungan Bunga Kartu Kredit dan Biayanya Setiap Bulan. Finpedia.id – https://bit.ly/3GWThQT
  • Geofanni Nerissa Arviana. 21 Januari 2022. 7 Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit sebelum Menggunakannya. Glints.com – https://bit.ly/3H9rn3S