Seiring dengan imbauan WHO, pemerintah wajibkan penggunaan masker kain bagi masyarakat yang keluar rumah. Hmm.. bagaimana perawatannya?

Informasi selengkapnya dapat dibaca dalam artikel Finansialku berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Merawat Masker Kain yang Tepat

Seiring dengan virus corona merebak di Indonesia ketersediaan masker bedah menjadi langka dan mahal.

Faktor ini diakibatkan oleh oknum yang menimbun masker bedah untuk memperdagangkannya lagi.

Padahal, Sobat Finansialku, masker bedah merupakan alat yang dapat melindungi diri dari penularan virus corona dan sangat diperlukan oleh dokter serta tim medis.

Diwajibkan Pemerintah, Ini Lho Cara Merawat Masker Kain Kamu 02

[Baca Juga: Menggunakan Masker Itu Penting, Tapi Harus Nggak Sih?]

 

Belakangan masker bedah masih sulit ditemukan di toko-toko, selaras dengan rekomendasi WHO pemerintah mengimbau pada masyarakat yang terpaksa keluar rumah untuk wajib memakai masker kain tiga lipat.

Perintah wajib masker ini disebut Presiden Jokowi saat rapat terbatas dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (06/04).

Presiden menyatakan, sebagaimana dilansir dari cnbcindonesia.com (06/04):

“Saya membaca WHO menganjurkan agar semuanya menggunakan masker. Saya minta penyiapan masker ini sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat karena kita ingin agar setiap warga yang harus keluar rumah wajib memakai masker karena di awal WHO menyampaikan yang pakai masker dulu hanya yang sakit, yang sehat enggak, tapi sekarang enggak semua yang keluar rumah harus pakai masker.”

 

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, juga mengungkapkan bahwa sesuai rekomendasi WHO, pemerintah menjalankan kebijakan masker untuk semua.

“Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan N95 hanya untuk tenaga medis. Gunakan masker kain.”

 

Untuk diketahui, masker kain tiga lipat itu terdiri dari dua lapis kain dengan bagian tengah yang bisa diselipkan tisu sebagai filternya. Tisu ini bisa diganti setiap saat.

Meskipun masker kain tak seefektif masker bedah yang mampu menahan percikan yang keluar dari mulut atau droplet, dalam keadaan terdesak masker kain bisa menjadi alternatif dibanding tak memakai apa-apa.

WHO menyampaikan bagi orang yang sehat bisa menggunakan masker yang berasal dari kain, atau masker buatan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada.

Dengan demikian, stok masker medis tidak akan semakin sulit untuk didapatkan, dan semua pihak tetap bisa mendapatkan perlindungan diri sesuai dengan kebutuhannya.

Hari ini masker kain dapat dengan mudah ditemukan, banyak pedagang kaki lima atau toko kelontongan yang menjualnya, harganya pun relatif murah.

Untuk persediaan (bukan menimbun, ya) usahakan beli masker kain sebanyak tiga buah saja agar bisa digunakan secara bergantian.


Nah, Sobat Finansialku, kami akan beri tips bagaimana cara merawat masker kain yang tepat agar bisa secara periodik, berikut penjelasannya;

 

#1 Cuci Secara Rutin

Masker kain memang butuh perawatan yang teliti, salah satu cara agar masker bisa digunakan terus-terusan adalah dengan rutin mencucinya. Cuci dengan air panas, ya, supaya kuman yang menempel bisa mati.

Mencuci sesuatu menggunakan air panas sangat efektif membunuh kuman. Mengutip tirto.id berdasarkan penjelasan WHO, air panas yang bersuhu 133 derajat Fahrenheit (F) atau 56, 11 derajat Celcius (C) efektif membunuh virus corona.

Selain itu, WHO juga menjelaskan bahwa air bersuhu 140 hingga 150 derajat F berfungsi untuk membunuh beberapa jenis virus besar lainnya.

 

#2 Cuci Masker Dengan Deterjen

Pencucian masker kain juga bisa dilakukan dengan menggunakan detergen sebagai bahan perontok virus atau kotoran dan tetap menggunakan air panas untuk tahap sterilisasi.

Oh iya, saat sedang memakai masker tetap peringatkan diri sendiri agar tak menyentuh area muka, ya.

 

#3 Keringkan Sepenuhnya Saat Panas

Proses pengeringan masker bisa menggunakan panas alami yang berasal dari sinar matahari.

Sobat Finansialku hanya perlu menjemurnya pada tempat yang memungkinkan terkena pancaran sinar matahari.

Mengutip dari berbagai laman sinar matahari diyakini dapat efektif membunuh sebagian besar mikroorganisme atau berbahaya.

 

Tetap Perhatikan Kebersihan

Itulah tiga cara merawat masker kain. Mulai sekarang pakailah masker kain jika ada keperluan keluar rumah, seperti berbelanja. Bagi Anda yang sehat, masker kain ini sudah cukup untuk melindungi diri.

Selain itu, sebelum mengenakan masker, cuci tangan terlebih dulu, lalu segera cuci masker kain dengan air bersih atau panas dan deterjen sesudah digunakan.

 

Sobat Finansialku, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup selama pandemi ini? Benar! Mereka membutuhkan uluran tangan Anda…

Anda bisa memberikan sedikit harta Anda kepada mereka dengan menekan tombol di bawah ini. Donasi bersama Finansialku!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Percayalah, donasi yang Anda berikan bisa menyelamatkan hidup masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Terima kasih untuk Sobat Finansialku!

 

Bagaimana Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa lho berbagi pandangan lewat kolom komentar di bawah ini.

Oh iya, sebar luaskan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara lewat platform yang tersedia, ya. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 06 April 2020. Seperti Ini MaskerKain 3 Lapis yang Disebut Gugus Tugas Efektif Tangkal Virus. Kompas.com – https://bit.ly/39HdrN3
  • Cornelia Agata Wiji Setianingrum. 03 April 2020. Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan MaskerKain. Tirto.id – https://bit.ly/3aYk27a
  • Admin. 05 April 2020. Cara Menggunakan MaskerKain untuk Mencegah Infeksi Virus Corona. Alodokter.com – https://bit.ly/2XjybYZ
  • Rahajeng Kusuma Astuti, Chandra Gian Asmara. 6 April 2020. Catat! Ini Alasan RI Wajibkan Pakai Masker Saat Keluar Rumah. CNBCIndonesia.com – https://bit.ly/2RiAeIW

 

Sumber Gambar:

  • Masker 01 – https://bit.ly/3e0JWJp
  • Masker 02 – https://bit.ly/2V6XKJL