Sebagai bentuk pencegahan virus yang akhir-akhir ini mewabah, menggunakan masker memang penting, tapi tidak berarti harus. Maksudnya?

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Menggunakan Masker Juga Perlu Rasional

Ada banyak upaya untuk mencegah tertular virus corona (Covid-19), termasuk rutin dengan mencuci tangan, menjaga pola makan, atau menggunakan masker jika kamu pergi ke tempat ramai.

Sebetulnya sejauh mana penggunaan masker ini efisien bagi kesehatan di tengah kekhawatiran wabah ini?

Profesor Obat dan Epidemiologi di University of Iowa’s College of Medicine, Eli Perencevich, menuturkan bahwa pemakaian masker tidak perlu dipakai oleh orang sehat.

Sebab tidak ada bukti bahwa memakai masker pada orang sehat dapat melindunginya dari virus.

“Meskipun ada kasus-kasus virus di luar sana, jawabannya adalah tidak. Anda tidak perlu menggunakan jenis masker apa pun, baik masker operasi, masker N95, masker pernapasan, atau masker lainnya, untuk melindungi diri dari virus corona,” kata Dr. Perencevich, seperti melansir dari Kompas.com dari Forbes.

Cara Bedakan Masker Palsu yang Sedang Beredar di Pasaran 01

[Baca Juga: Harga Masker Mahal? Ini Cara Cegah Virus Corona Tanpa Masker!]

 

Sementara itu, menurut WHO, penggunaan masker saja tidak menjamin menghentikan infeksi,

Menggunakan masker tentu harus dikombinasikan dengan langkah-langkah pencegahan lain, termasuk kebersihan tangan, pernapasan, dan menghindari kontak dekat, setidaknya jarak satu meter dengan orang lain.

Perlu diingat bahwa virus corona dapat menular lewat tetesan bukan melalui udara.

Sejauh ini seluruh penularan kasus Covid-19 yang tercatat berawal dari tetesan droplet–cairan saat bersin ataupun batuk yang mengandung mikroorganisme penyebab penyakit, kontak langsung, dan tangan yang sudah terpapar droplet orang yang terinfeksi.

Tangan yang terpapar virus dapat juga menjadi media penyebaran virus ketika digunakan menyentuh mulut, hidung, atau mata.

Waduh! Masker Wajah Bisa Tangkal Virus Corona 01

[Baca Juga: Gara-Gara Corona, Hand Sanitizer Jadi Benda Langka]

 

Meski begitu, penggunaan masker ini tergantung juga pada kesehatan tubuh. Jika merasa sedang demam atau menunjukkan gejala sakit lainnya, maka penggunaan masker itu perlu.

Menurut Dr Perencevich, penggunaan masker bersifat rumit karena dapat menciptakan rasa aman yang salah.

“Jika anda tidak mencuci tangan sebelum melepas dan setelah melepas masker, peningkatan risiko terkena virus juga dapat terjadi,” Ungkapnya melansir dari lama yang sama.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

Sementara, WHO menyarankan penggunaan masker medis hanya dilakukan secara rasional.

“Artinya, gunakan masker hanya jika memiliki gejala pernapasan seperti batuk, bersin atau mencurigai infeksi 2019-nCoV dengan gejala ringan atau merawat seseorang yang diduga terinfeksi 2019-nCoV,” tulis WHO dalam laman resminya.

Sementara itu, apabila memerlukan penggunaan masker, terutama jika sakit, ada sejumlah langkah yang harus diperhatikan sebagai berikut:

  • Sebelum mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun atau air berbasis alkohol.
  • Tutupi mulut dan hidung dengan masker dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker.
  • Hindari menyentuh masker saat menggunakannya. Jika melakukannya, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air.
  • Ganti masker dengan yang baru segera setelah lembab dan jangan gunakan kembali masker sekali pakai.
  • Untuk membuang masker, lepaskan dari belakang (jangan menyentuh bagian depan masker.
  • Segera buang di tempat sampah tertutup. Lalu, cuci tangan dengan alkohol atau sabun dan air.

 

Sobat Finansialku, masa pandemi belum terlihat akan segera berakhir, tapi makin banyak saudara-saudara kita yang terseok-seok memenuhi kebutuhan sehari-hari karena PHK dampak COVID-19. Tidak ada yang bisa membantu mereka, selain kita.

Jika kita tidak mau membantu mereka, apa jadinya dengan keluarga yang harus diberi makan? Bagaimana dengan nasib anak-anak mereka yang kelaparan?

Belum terlambat untuk membantu mereka! Segera klik tombol di bawah ini sekarang untuk memberi Donasi bersama Finansialku, terima kasih…

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Daripada pusing memikirkan harga masker lebih baik Sobat Finansialku alihkan pikiran pada pola hidup sehat, seperti menjaga asupan makanan dan mencuci tangan secara rutin.

Sebarkan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Retia Kartika Dewi. 03 Maret 2020. Berikut Cara Penggunaan Masker yang Benar Untuk Mencegah Penularan Virus Corona. Kontan.com – https://bit.ly/2VLQu82
  • Vina Fadhrotul Mukaromah. 03 Maret 2020. Positif Corona di Indonesia, Perlukah Penggunaan Masker. Kompas.com – https://bit.ly/3ao6ilw
  • Admin. 03 Maret 2020. Orang Sehat Pakai Masker Justru Tingkatkan Infeksi Virus. CNN Indonesia – https://bit.ly/2TghHyg