Bagaimana sih asal usul nama mata uang dunia yang populer? Kenapa mata uang Indonesia namanya Rupiah? Kenapa mata uang Amerika Serikat namanya Dolar?

Penasaran kan? Nah, kali ini, Finansialku akan membeberkan sejarah dan asal muasal nama mata uang dunia yang perlu kamu ketahui.

So, pastikan kamu baca sampai habis ya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mata Uang Tiap Negara Berbeda-Beda

Mata uang adalah alat pembayaran yang digunakan untuk bertransaksi jual-beli sekarang ini. Setiap negara punya mata uang masing-masing. Rupiah untuk Indonesia, Ringgit untuk Malaysia, Dolar untuk Amerika Serikat, dan lain-lain.

Bukan hanya nama mata uang, nilai dari mata uang masing-masing negara juga berbeda. Hal ini karena setiap negara memiliki kekayaan sumber daya yang berbeda pula.

Itulah kenapa US$1 bisa bernilai Rp14.000, contohnya.

Jauh sebelum mata uang ada, masyarakat zaman dulu bertransaksi dengan cara barter alias bertukar barang. Misalnya, saya kasih 1 ekor sapi dan kamu kasih saya sekian ekor ayam.

Namun, lama-kelamaan, mereka merasa transaksi dengan cara tukar-menukar itu ribet. Hal ini karena barang yang ingin ditukar itu tidak mudah dibawa, terutama barang yang berukuran besar.

Oleh karena itu, mereka pun membuat alat tukar sendiri yang mudah dibawa ke mana-mana. Alat tukar itu mulanya terbuat dari emas dan perak, yang kemudian menjadi mata uang hingga sekarang, dalam bentuk uang kertas dan koin.

Itulah cerita singkat tentang mata uang sebagai alat pembayaran di dunia ini.

Oh ya, kalau kamu ingin mengetahui berapa harga mata uang dunia, kamu bisa lihat di link ini. Untuk mengetahui literasi keuangan lainnya, kamu bisa melihat informasi lengkapnya di buku Finansialku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

 

Dalam buku itu dijelaskan banyak hal supaya kamu bisa merencanakan, mengatur dan mengelola keuangan. Inilah modal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kebebasan keuangan.

 

Asal Usul Nama Mata Uang Dunia Populer

Nah, sekarang, bagaimana sih asal usul nama-nama mata uang dunia yang terkenal? Yuk, simak di bawah ini ya.

 

#1 Dolar

Dolar adalah salah satu mata uang yang terkenal banget di dunia. Bukan hanya digunakan oleh Amerika Serikat, tetapi juga Kanada, Singapura, Australia, dan negara-negara lain-lain.

Istilah “dolar” sebenarnya bermula dari sebuah lokasi pertambangan perak yang ada di Kerajaan Bohemia, yang sekarang menjadi bagian dari Republik Ceko. Lokasi tersebut bernama Joachimsthal, yang merupakan bahasa Flemish (bahasa Belanda Belgia).

Ini Sejarah dan Asal Muasal Nama 8 Mata Uang Dunia Populer 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bitcoin – Mata Uang atau Komoditas? Cek Jawabannya di Sini!]

 

Perak yang ditambang dari Joachimsthal dan diolah menjadi koin disebut dengan joachimsthaler.

Istilah “joachimsthaler” kemudian disingkat menjadi “thaler”. Orang Nordik menyebutnya sebagai “daler” dan orang Inggris menyebutnya sebagai “dolar”. Dari situ-lah, nama “Dolar” itu berasal.

Amerika Serikat sendiri mengadopsi Dolar sebagai mata uang dari “dolar spanyol” yang banyak digunakan oleh koloni Spanyol zaman dulu. Koin mata uang Peso Spanyol kala itu disebut juga dengan Dolar Spanyol.

Pertama kali, mata uang dolar dicetak pada tahun 1792. Simbolnya adalah $ yang merupakan potongan dari angka “8” atau jenis lain dari mata uang peso (₱).

 

#2 Euro

Mata uang Euro sudah dipakai di 19 negara Uni Eropa, di antaranya adalah Perancis, Jerman, Italia, Finlandia, Belgia, Belanda, Portugal, dan masih banyak lagi.

Istilah “Euro” tidak memiliki asal usul yang mendalam, karena memang dipakai untuk merujuk pada Eropa atau Europe.

Mata uang Euro dipakai secara resmi pada 01 Januari 1999. Namun, secara fisik baru dipakai pada 01 Januari 2002.

 

#3 Pound Sterling

Inilah mata uang yang dipakai oleh Inggris. Meskipun Inggris termasuk dalam Uni Eropa (Brexit belum resmi), mereka memakai mata uangnya sendiri, yaitu Pound Sterling.

Kata “pound” berasal dari bahasa Latin “poundus” yang memiliki arti “berat”. Kata “sterling” berasal dari kata “steorra” yang dalam bahasa Inggris Lama berarti “bintang”, lalu ditambah dengan akhiran “-ling” yang artinya menjadi “bintang kecil”.

Ini Sejarah dan Asal Muasal Nama 8 Mata Uang Dunia Populer 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sadari Perubahan Harga Trend Mata Uang dengan Konsep Kejenuhan Pasar dengan Cepat dan Akurat]

 

Pound Sterling biasanya hanya disebut dengan “Pound”. Kata “sterling” hanya sebagai pembeda dengan negara-negara lain yang juga memakai mata uang Pound. Misalnya, Guernsey memakai mata uang Guernsey Pound, Isle of Man memakai mata uang Manx Pound.

Kata “sterling” juga digunakan mungkin supaya orang tidak bingung membedakan pound sebagai satuan berat dan pound sebagai mata uang.

Selain itu, menurut Ensiklopedia Britannica, sterling juga disebut sebagai koin perak yang dibuat oleh kerajaan-kerajaan Saxon pada zaman dulu.

Simbol Pound Sterling adalah £ yang menyerupai huruf “L”. Huruf “L” ini sebenarnya berasal dari kata “Libra” karena pound sebagai satuan berat disamakan dengan satuan berat Romawi Kuno, yaitu Libra.

 

#4 Rupee

Negara-negara Asia seperti India, Nepal, dan Pakistan menggunakan mata uang Rupee. Rupee berasal dari bahasa Sansekerta “rupya” atau “rupaya” atau “rupyakam” yang memiliki arti “koin perak”.

Dulunya, mata uang Rupee yang digunakan oleh India ini memang berbentuk koin perak.

 

#5 Rupiah

Nah, inilah mata uang kebanggaan kita yaitu Rupiah. Hampir sama dengan mata uang Rupee, istilah “Rupiah” berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “rupya” yang berarti perak.

Hal ini karena dulunya Indonesia berada pada masa kerajaan Hindu-Buddha yang pengaruhnya berasal dari India.

Ini Sejarah dan Asal Muasal Nama 8 Mata Uang Dunia Populer 04 - Finansialku

[Baca Juga: Akankah Brexit Membuat Trader Forex Pusing? Apa Pengaruh Brexit Terhadap Mata Uang?]

 

Tapi, kenapa pelafalan nama mata uang Indonesia dan India itu berbeda? Dikutip dari Ruangguru.com, karena orang Jawa lebih mudah melafalkannya dengan huruf “h”.

Jadi, kata “rupya” ditambahkan huruf “h” di paling belakang sehingga menjadi “rupiah”.

 

#6 Yen

Dari Indonesia, mari berpindah ke Jepang. Inilah Yen, mata uang yang digunakan oleh masyarakat Jepang.

Kata “yen” diambil dari bahasa China “yuan” yang berarti sesuatu yang berbentuk bundar (bulat) atau koin.

 

#7 Ringgit

Ringgit adalah mata uang yang digunakan oleh negara sebelah kita, Malaysia. Ringgit merujuk pada sisi bergerigi koin perak Spanyol yang digunakan pada zaman dulu. Singkatnya, ringgit artinya bergerigi.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa pada zaman dulu, pencuri akan memotong koin dari logam mulia untuk dibuat menjadi koin yang lebih kecil. Untuk mengatasi hal itu, Malaysia pun membuat koin bergerigi yang kini disebut dengan Ringgit.

Ini Sejarah dan Asal Muasal Nama 8 Mata Uang Dunia Populer 05 - Finansialku

[Baca Juga: Pertama Kali ke Eropa? Cek Dulu Fakta Menarik Mata Uang Euro!]

 

#8 Riyal

Riyal merupakan mata uang yang digunakan oleh Iran dan Oman. Riyal berasal dari kata “regalis” yang memiliki arti “royal”.

Selain itu, Arab Saudi, Qatar, dan Yaman menggunakan mata uang Riyal yang berasal dari kata “real” atau “nyata”.

Real sendiri merupakan mata uang yang dulu dipakai oleh Spanyol, sebelum menggantinya dengan Euro. Di Indonesia, mata uang real juga pernah dipakai oleh Kesultanan Mataram pada abad ke-17.

Itulah asal usul 8 nama mata uang dunia yang terkenal banget.

 

Mata Uang adalah Kekuatan Setiap Negara

Mata uang adalah salah satu kekuatan setiap bangsa dalam menjalankan roda perekonomian-nya.

Di Indonesia, Rupiah adalah tanda kedaulatan bangsa yang membedakannya dengan bangsa lain. Rupiah merupakan ciri khas yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang mandiri.

Jadi, sebagai warga negara yang baik, alangkah baiknya jika kita menggunakan Rupiah dengan bijak. Artinya, usahakan untuk membeli barang-barang lokal dan kurangi berbelanja produk-produk asing.

Dengan begitu, kita pun turut berpartisipasi dalam menguatkan nilai Rupiah.

 

Nah, kamu sudah tahu kan sejarah dan asal usul nama-nama mata uang yang terkenal di dunia?

Supaya teman-teman kamu juga tau asal usul mata uang tersebut, yuk bagikan artikel ini kepada mereka ya. Karena berbagi itu indah.

 

Sumber Referensi:

  • Dewi Puri. 26 Februari 2019. Dolar Hingga Rupiah, Jadi Begini Asal Usul Nama & Mata Uang di Dunia. Moneysmart.id – https://intip.in/R1u9
  • Zulfi Suhendra. 21 Juni 2016. Ini Asal-Usul Nama 10 Mata Uang di Dunia. Liputan6.com – https://intip.in/KXj6
  • Tommy Kurnia. 19 Juli 2018. 7 Arti Nama Mata Uang Terkenal di Dunia. Liputan6.com – https://intip.in/Tb8q
  • Kresnoadi. 24 Juli 2018. Ekonomi Kelas 11 | Alasan Mengapa Setiap Negara Punya Mata Uang yang Berbeda-beda. Ruanguru.com – https://intip.in/2p97

 

Sumber Gambar:

  • Gambar Utama – https://intip.in/ubsU
  • Rupiah – https://intip.in/r2n4
  • Dollar Amerika Serikat – https://intip.in/WrF6
  • Pound Sterling – https://intip.in/SMXO
  • Ringgit – https://intip.in/RA90