Bingung cara melunasi hutang riba Anda? Hutang merupakan masalah finansial yang harus diselesaikan sesegera mungkin.

Menunda pembayaran hutang hanya akan menambah kewajiban-kewajiban baru, terlebih jika Anda meminjamnya dengan penetapan bunga harian yang mencekik.

Simak cara dan tips melunasi hutang riba paling efektif di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Punya Hutang yang Menumpuk?

Tidak sedikit juga orang yang menjadikan hutang sebagai sebuah kebiasaan. Selesai dari satu hutang lalu membuka hutang yang lain.

Sementara hutang tersebut tidak diimbangi dengan investasi maupun bisnis yang menghasilkan keuntungan. Bahkan, hutang seringkali diambil demi memenuhi kebutuhan domestik sehari-hari.

Utang Pemerintah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Guys! Gue Bebas Utang Pinjol 50 Juta Dalam 3 Bulan Pake Ini]

 

Dalam islam pun istilah hutang sudah dianggap perkara yang lumrah. Bahkan dalam Al-Qur’an telah disebutkan dalam beberapa dalil tentang hukum hutang-piutang.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Al-Baqarah: 245, yang artinya:

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya dijalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan.”

 

Hutang dalam islam dianggap bisa meringankan beban orang lain sehingga seorang muslim dibolehkan untuk berhutang apabila ia berada dalam situasi yang mendesak.

Itulah mengapa hukum hutang piutang dalam islam ini tergolong fleksibel. Kebolehan melakukan hutang akan disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang dihadapi oleh seseorang.

Dengan kata lain, terdapat sebuah keadaan di mana berhutang itu tidak diperbolehkan, salah satunya adalah berhutang dengan mencampurkan unsur riba di dalamnya.

Pengertian riba ini sendiri merupakan penambahan-penambahan yang dibebankan kepada orang yang meminjam harta seseorang akibat dari pengunduran janji pembayaran daripada batas waktu yang telah ditetapkan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

7 Cara dan Tips Melunasi Hutang Riba Paling Efektif

Namun, bagaimana jika hutang riba terlanjur melilit seorang muslim atau muslimah? Berikut adalah 7 cara dan tips melunasi hutang riba paling efektif.

 

#1 Bertaubat Kepada Allah SWT

Bagi Anda yang terlanjur memakan uang riba atau memiliki hutang riba maka sangat dianjurkan kepadanya untuk segera bertaubat kepada Allah SWT. Memohon ampun atas segala dosa-dosa yang Anda lakukan serta menyesali perbuatannya.

Selain itu, Anda juga harus berjanji untuk tidak melakukan perbuatan yang sama untuk kedua kalinya. Sesungguhnya Allah SWT Maha Pengampun atas segala dosa bagi setiap hamba yang ingin bertaubat dengan sungguh-sungguh.

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).” (QS. At Tahrim: 8)

 

#2 Lunasi Hutang yang Ada dengan Segera

Seorang muslim atau muslimah yang sudah terlilit hutang riba diharapkan untuk segera melunasi hutang-hutangnya.

Tidak peduli seberapa besar hutang yang dimiliki, Anda harus tetap berusaha untuk melunasinya. InsyaAllah akan ada jalan. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis berikut ini.

 

“Jika seorang muslim memiliki hutang dan Allah mengetahui bahwa dia berniat ingin melunasi hutang tersebut, maka Allah akan memudahkannya untuk melunasi hutang tersebut di dunia”. (HR. Ibnu Majah no. 2399 dan An Nasai no. 4686. )

 

Meskipun riba merupakan sesuatu yang diharamkan, namun bagi Anda yang melakukan pinjaman riba tetap memiliki kewajiban untuk melunasinya.

 

#3 Menjalani Hidup Dengan Sederhana

Tidak bisa dipungkiri bahwa keinginan untuk hidup mewah tentunya akan membuat seseorang tak tanggung-tanggung untuk melakukan transaksi hutang besar-besaran sehingga cenderung untuk terbelit hutang riba.

Maka dari itu hiduplah sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan yang Anda miliki. Buat apa hidup mewah kalau hidup harus menanggung banyak hutang.

Allah SWT berfirman:

 

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

Dan jikalau Allah melapangkan rizki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Mahamengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Mahamelihat.” (QS Asy-Syura 42:27)

 

Selain itu, Anda juga harus mulai mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan konsumtif. Anda bisa memulai dengan cara sederhana yaitu mencatat pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan setiap harinya dan mulai kurangi pengeluaran tersebut.

Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk mencatat transaksi harian Anda dengan mudah, hanya dalam satu genggaman.

Dapatkan aplikasinya di sini!

playstore icon
appstore icon

 

#4 Selalu Merasa Cukup

Dari ’Abdullah bin ’Amr bin Al ’Ash, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

 

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ هُدِىَ إِلَى الإِسْلاَمِ وَرُزِقَ الْكَفَافَ وَقَنِعَ بِهِ

“Sungguh beruntung orang yang diberi petunjuk dalam Islam, diberi rizki yang cukup, dan qana’ah (merasa cukup) dengan rizki tersebut.” (HR. Ibnu Majah no. 4138, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

 

#5 Perbanyak Sedekah dan Berdoa

Memiliki hutang bukan berarti membatasi Anda untuk bersedekah. Justru dengan bersedekah serta membantu orang membutuhkan maka Anda akan mendapatkan keberkahan serta kemudahan.

InsyaAllah akan dimudahkan dalam segala urusan termasuk juga melunasi hutang riba.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memanjatkan doa agar Anda terhindar dari lilitan hutang. Doa nya adalah sebagai berikut ini.

 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan sulitnya hutang (HR. HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 589).

 

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara mengatur keuangan? Cek video dari Finansialku ini!

 

#6 Menjual Aset yang Dimiliki

Saat terlilit hutang Anda harus kreatif mencari jalan keluar, salah satu yang bisa dipilih adalah menjual aset yang Anda miliki.

Dengan demikian maka tentunya akan mendapatkan hasil yang kemudian dapat digunakan untuk melunasi hutang.

Apakah semua aset yang harus dijual? Tergantung hutang yang Anda tanggung. Anda dapat menyusun skala prioritas aset yang dimiliki beserta kisaran harganya.

Ini akan membantu Anda mendapat gambaran barang yang masih tersisa setelah hutang sudah lunas.

Daripada berutang, Anda bisa belajar untuk merencanakan keuangan. Finansialku punya e-Book hanya untuk Anda. Klik tautan ini!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

#7 Bekerja Lebih Giat dan Mencari Tambahan Penghasilan

Jika Anda tidak memiliki aset yang bisa dijual untuk menutup hutang maka mau tidak mau harus bekerja lebih giat dengan memiliki penghasilan tambahan dari bisnis maupun kerja sampingan.

Anda bisa memilih pekerjaan sampingan seperti, menjadi guru les, guru tari, penulis, desain grafis atau bahkan menjadi ojek/taksi online. Jika punya sedikit modal bisa menjadi reseller/dropshipper untuk produk online.

Untuk menambah penghasilan bulanan, Anda tidak bisa hanya diam. Apapun perlu diupayakan meskipun hanya membuka bisnis kecil-kecilan di depan rumah.

Namun jangan lupa untuk niatkan juga bahwa penghasilan Anda ini yang kemudian akan digunakan untuk membayar hutang riba. Maka Insya Allah niatan serta kerja keras Anda akan dapat membuat lekas lepas dari jeratan hutang riba.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan untuk melunasi hutang riba dengan cepat. Upayakan untuk tidak mengajukan hutang demi kebutuhan konsumtif. Lebih baik menabung atau berinvestasi yang menguntungkan.

Semoga Allah SWT mengampuni segala dosa riba yang telah kita lakukan.

 

Sebar kebaikan dengan cara membagikan artikel ini bagi teman atau keluarga Anda yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Cara Melunasi Hutang Riba Dalam Islam. Dalamislam.com – https://bit.ly/3hWpkUK

 

Sumber Gambar:

  • Melunasi Hutang 01 – https://bit.ly/3i2iNrz
  • Melunasi Hutang 02 – https://bit.ly/2CCGzKx