Membuat kebun sayur di pekarangan rumah ternyata mudah dan bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Sobat Finansialku yang hobi berkebun, yuk simak artikel tentang cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah berikut ini. 

 

Summary:

  • Membuat kebun sayur di rumah merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk menyalurkan hobi sekaligus mengisi waktu luang.
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya hindari penggunaan pupuk berbahan kimia dan lakukan perawatan secara berkala.

 

Cara Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah

Berkebun merupakan salah satu aktivitas ataupun hobi yang bisa kamu lakukan di mana saja. Aktivitas ini juga tergolong mudah dan tidak memerlukan banyak biaya.

Selain itu, berkebun juga bisa menjadi alternatif untuk menghemat anggaran belanja, serta membantu asupan makanan jadi lebih sehat.

Pasalnya, dengan menanam sayuran secara pribadi, kamu bisa mengontrol zat-zat kimia yang akan kamu gunakan saat proses penanaman.

Jika kamu tidak memiliki lahan yang luas, jangan khawatir! Sebab, kamu bisa membuat kebun sayur sendiri meski di pekarangan rumah yang sempit. Yuk, cari tahu cara berkebun sayur di rumah berikut ini.

 

#1 Pilih Sudut Lahan yang Tepat

Cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah yang pertama adalah dengan memilih sudut lahan yang tepat agar pertumbuhan sayur lebih efektif.

Karena itu, pilihlah sudut-sudut pekarangan yang cukup lega dan mendapat pancaran sinar matahari. Pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari setidaknya 6 hingga 10 jam per harinya.

Hindari area pekarangan rumah yang ditutupi oleh kanopi, pepohonan besar, serta area lainnya yang tidak tersinari sinar matahari.

Selanjutnya, pilih lokasi yang jauh dari jalur keluar-masuk orang atau kendaraan, agar tanaman sayur kamu tidak mati terinjak.

 

#2 Siapkan Tanah dengan Kandungan Organik

Setiap tanaman tentu akan memberikan hasil produksi yang maksimal apabila tanahnya telah memenuhi kriteria yang dibutuhkan jenis tanaman tersebut.

Maka dari itu, persiapkan tanah dengan kandungan bahan organik seperti kompos, nitrogen, dan bahan lainnya yang akan menunjang pertumbuhan.

 

#3 Tentukan Sayuran yang Ingin Kamu Tanam

Karena lahannya yang terbatas, tidak semua jenis sayuran dapat kamu tanam di pekarangan rumah. Pilihlah jenis sayuran yang ukurannya cukup kecil, sehingga tidak memakan terlalu banyak tempat.

Sobat Finansialku bisa memilih jenis-jenis sayuran yang perawatan cukup mudah seperti selada, bayam, hingga daun bawang.

[Baca Juga: Ketahui Sayuran Termahal di Dunia! No.1 Mengejutkan!]

 

#4 Tentukan Teknik Penanaman

Ada beberapa teknik yang bisa kamu aplikasikan pada kebun sayur di pekarangan rumah. Di antaranya teknik, square foot gardening, dinding vertikal, menggunakan media pot, atau langsung menanam di tanah.

Berikut penjelasannya:

  • Square Foot Gardening, adalah metode berkebun dengan desain raised bed garden. Desain ini dibuat berbentuk kotak persegi dengan memanfaatkan lahan terbatas pada pekarangan.
  • Dinding Vertikal, merupakan teknik yang cukup unik dengan memanfaatkan lanskap vertikal untuk berkebun. Teknik ini adalah media tanam berupa anyaman kawat yang bisa kamu tempelkan pada bingkai kayu.
  • Media Pot, merupakan metode paling umum dalam cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah. Untuk Sobat Finansialku yang memiliki ketersediaan lahan yang terbatas, metode yang satu ini sangat cocok kamu aplikasikan.
  • Menanam Langsung di Tanah, merupakan teknik penanaman yang membutuhkan tenaga ekstra karena kamu harus menggali tanahnya terlebih dahulu sebelum disemaikan pupuk kendang.

 

#5 Tanamlah Beberapa Bunga

Cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah yang berikutnya adalah dengan menanam beberapa tanaman bunga.

Penyerbukan tanaman pada lingkungan perumahan tentu sangat sulit karena jarang ditemui serangga yang membantu penyerbukan seperti di alam.

Dengan begitu, cara ini akan mengundang perhatian lebah atau serangga lain sehingga proses penyerbukan dapat terjadi dan tanaman dapat tumbuh sehat.

 

#6 Pilih Bibit yang Berkualitas

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dari cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah adalah bibit. Pasalnya, bibit yang unggul dan berkualitas tentu akan memberikan hasil panen yang bagus pula.

Sedangkan bibit yang kamu pilih secara asal akan memberikan hasil yang kurang memuaskan.

Oleh sebab itu, usahakan untuk memilih bibit unggulan di toko pertanian agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

#7 Buatlah Kompos Secara Mandiri

Selain bibit yang unggul, pupuk organik seperti kompos juga akan mendukung tanaman dapat tumbuh dengan sehat.

Kompos akan membantu tanah untuk mempertahankan kelembaban, menyuplai nutrisi tanaman, serta memancing datangnya cacing serta mikroba yang penting untuk penggemburan tanah.

Sobat Finansialku bisa membuat kompos sendiri dengan mencampurkan tumpukan daun, potongan rumput, dan juga sampah rumah tangga.

Kemudian, simpan bahan-bahan tadi pada tempat tertutup hingga membusuk lalu taburkan pada tanah.

[Baca Juga: 10+ Tanaman Hias Andalan Untuk Membuat Rumah Menjadi Indah dan Sehat]

 

#8 Gunakan Sistem Tumpang Sari

Tumpang sari adalah bentuk penanaman campuran (polyculture) yang melibatkan dua jenis atau lebih tanaman pada satu area lahan tanam dalam waktu bersamaan.

Sistem ini dapat memaksimalkan lahan yang kecil menjadi lebih berpotensi dan mendorong hasil produksi.

Sistem tumpang sari juga dapat menjauhkan serangga tertentu hingga meminimalkan penyakit pada tanaman.

Oleh karena itu, sistem tumpang sari sangat efektif untuk kamu gunakan dalam cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah.

 

#9 Bangun Bedengan

Keberadaan bedengan saat membuat kebun sayur di pekarangan rumah sangat penting untuk mengalirkan air hujan.

Bedengan juga akan membuat penyerapan nutrisi dari tanah semakin efektif karena bedengan dapat memperbaiki sirkulasi udara dalam tanah.

Tanpa bedengan, tanaman akan tumbuh lebih lama daripada tumbuhan sejenis dengan bedengan.

Spesifikasi bedengan yang paling umum adalah setinggi 10 hingga 20 cm dengan panjang yang bisa kamu sesuaikan dengan lokasi kebun di pekarangan rumah.

 

#10 Rutin Melakukan Rotasi Tanaman

Terakhir, cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah adalah dengan melakukan rotasi terhadap letak tanaman secara rutin setahun sekali.

Hal ini banyak diterapkan pada lahan perkebunan untuk menghindarkan tanaman dari serangan hama, serta menipisnya nutrisi pada tanah.

Pertimbangkan untuk melakukan rotasi pada kebun sayur kamu secara rutin agar lingkungan tetap sehat dan kondusif.

 

Rencanakan Anggaran untuk Modal Berkebun

Nah, itu tadi 10 cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa untuk mengatur jadwal penyiraman dan pemberian pupuk sesuai dengan jenis sayuran yang kamu tanam.

Selain itu, hindari penggunaan pupuk berbahan kimia, karena hal ini dapat membahayakan orang-orang yang mengonsumsi sayuran yang ditanam.

Semoga informasi di atas dapat menginspirasi Sobat Finansialku untuk segera menyalurkan hobi berkebun dengan membuat kebun sayur sendiri di pekarangan rumah.

Untuk mengawalinya, mungkin kita perlu membeli sejumlah kebutuhan seperti bibit tanaman, media tanam, dan sebagainya. Nah, kamu bisa merencanakan anggaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Agar tidak mengganggu cash flow keuangan untuk kebutuhan lainnya, yuk, susun kembali anggaran keuangan secara mudah dan praktis di Aplikasi Finansialku

Tapi, jika kamu masih punya kendala dalam mengatur keuangan. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu bersama ahlinya, Perencana Keuangan Finansialku. Booking via WhatsApp di nomor 0851 5866 2940 untuk buat janji!

 

Cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah cukup mudah bukan? Jika ada pertanyaan yang masih membuatmu bingung, jangan segan untuk tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat!

 

Editor: Omri Cristian

Sumber Referensi:

  • Admin. Kreatif! Begini Cara Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah. Cekpremi.com – https://bit.ly/3V8lY57
  • Monroe. 11 Cara Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah. Dijelas.in – https://bit.ly/44kKS5V