Ingin memperindah rumah sekaligus membuat kondisi rumah menjadi lebih sehat? Inilah jawabannya!

Setelah melakukan aktivitas seharian, pulang ke rumah tentu saja menjadi kelegaan tersendiri. Apalagi kalau rumah Anda memiliki dekorasi yang cantik dan menenangkan mata. Simak pembahasan berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Perindah Rumah dengan Tanaman Hias

Pernah merasa lelah setelah seharian melakukan kegiatan di luar rumah? Entah bekerja, belajar, atau kegiatan lainnya.

Rumah sering kali jadi tempat yang dirindukan untuk melepas lelah. Apalagi kalau rumah Anda didekorasi dengan indah. Segala lelah yang dirasakan seperti berkurang jauh, dan istirahat juga akan terasa lebih nyaman.

10+ Tanaman Hias Andalan Untuk Membuat Rumah Menjadi Indah dan Sehat 02 Tanaman Hias 2 - Finansialku

[Baca Juga: Begini 5 Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan Agar Tetap Sehat!]

 

Ada banyak cara memberikan sentuhan keindahan di rumah. Dari mulai menata barang dengan rapi, menggunakan hiasan dinding, ataupun menaruh tanaman hias di beberapa sudut rumah.

Selain indah, tanaman hias juga akan membuat suasana rumah lebih alami dan juga lebih sehat.

Ada banyak tanaman hias yang bisa Anda pilih untuk memeriahkan dekorasi dalam rumah Anda.

Namun, sebelum memutuskan apa saja tanaman hias yang ingin Anda gunakan, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu apa saja jenis tanaman hias yang cocok untuk disimpan di dalam ruangan.

 

#1 Pokok Duit – Duit (Epipremnum Aureum)

Tanaman hias bernama Pokok Duit – Duit ini adalah tanaman hias dengan ukuran daun yang mungil serta memberikan kesan simpel.

Anda bisa menggunakan Pokok Duit – Duit untuk menghiasi bagian dalam rumah Anda. Caranya cukup dengan menyimpannya di dalam vas atau pot kecil, lalu simpan di tempat yang menurut Anda cocok.

Enaknya lagi, tanaman hias satu ini tidak memerlukan perawatan yang terlalu rumit.

Pokok Duit – Duit termasuk tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari langsung. Jadi sangat mudah ditempatkan di bagian rumah mana saja. Tapi tentu saja jangan lupa untuk menyiram tanaman ini dengan air secara rutin.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Bunga Krisan (Chrysanthemum)

Anda yang menyukai bunga bisa meletakkan bunga krisan di dalam rumah sebagai tanaman hias. Nama krisan kadang kala tidak terlalu familiar di Indonesia, biasanya bunga ini disebut sebagai bunga Seruni.

Warna bunga yang menarik membuat bagian dalam rumah Anda terasa hidup dan berwarna. Menariknya, Anda juga bisa menyesuaikan warna krisan dengan warna tema ruangan yang Anda punya.

Saat ini, ada beberapa warna bunga krisan yang biasanya tersedia, yaitu merah muda, ungu, dan kuning.

Keunggulan lain menggunakan bunga krisan sebagai dekorasi adalah kemampuannya untuk menetralkan udara dari unsur yang merugikan tubuh.

Selain indah, memiliki bunga krisan di dalam rumah juga akan membuat rumah Anda jadi lebih sehat.

 

#3 Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman lidah mertua juga termasuk tanaman hias favorit yang banyak digunakan orang. Tanaman lidah mertua memiliki corak unik yang memberikan kesan dinamis di ruang tamu atau kamar tidur Anda.

Selain itu, perawatan untuk tanaman lidah mertua juga cukup mudah. Tanaman ini tidak membutuhkan terlalu banyak air dan sinar matahari.

Namun manfaatnya bagi ruangan juga cukup banyak. Apalagi tanaman ini memiliki kemampuan untuk mengurai racun yang ada di udara dan menangkal polusi juga radikal bebas.

 

#4 Kaktus

Jika Anda berpikir kaktus bukanlah tanaman yang tepat untuk menghiasi ruangan Anda. Rasanya Anda sangat salah dan rugi. Saat ini ada banyak jenis kaktus yang bisa digunakan untuk menghias ruangan.

Kaktus ini memiliki ukuran kecil dan dapat Anda temukan di mana saja, bahkan di pusat perbelanjaan tertentu.

Apalagi kaktus juga termasuk tanaman yang cukup mudah dirawat. Anda hanya perlu menyiramnya satu pekan sekali dan memberikan sinar matahari yang cukup.

 

#5 Siklok (Agave Attenuate)

Tanaman Siklok ini cocok Anda simpan sebagai penghias taman belakang atau teras rumah.

Bentuk tanaman yang menyerupai pedang dengan warna kekuningan di bagian tepi serta hijau di bagian tengah ini akan membuat teras atau taman belakang rumah Anda jadi makin hidup dan asri.

Siklok dijual dengan harga yang cukup murah. Selain itu, merawat siklok juga terbilang mudah.

Tanaman ini tahan terhadap sinar matahari seharian dan Anda juga hanya perlu menyiramnya setiap pagi saja serta memberi pupuk sekali dalam beberapa minggu.

 

#6 Palem Kuning (Ypsis Lutescens)

Palem kuning adalah tanaman yang cocok untuk Anda tanam di bagian pekarangan rumah.

Dengan bentuk daun ramping berwarna hijau dan batang kuning cerah, keberadaan palem kuning akan membuat pekarangan Anda terlihat lebih ceria.

Selain bagus dipandang, palem kuning ternyata juga bisa membersihkan udara sehingga lingkungan rumah Anda juga menjadi lebih sehat.

Pastikan Anda menanam palem kuning di tempat yang kaya sinar matahari supaya warna dari daun palem kuning tidak memudar ya.

 

#7 Kalatea (Calathea)

Bosan dengan tanaman hias berwarna hijau saja? Sebagai variasi Anda bisa menggunakan Kalatea. Perpaduan warna hijau, putih, dan merah hati pada daun Kalatea akan membuat suasana rumah jadi lebih hidup dan berwarna.

Anda bisa menyimpan Kalatea di dekat jendela agar ia mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Pastikan media tanam Kalatea milik Anda tidak terlalu kering atau basah dan jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari.

 

#8 Kuping Gajah (Anthurium Christalinum)

Kuping Gajah adalah tanaman yang sangat umum dijumpai dan digunakan sebagai penghias teras rumah sejak jaman dulu. Jika Anda suka sesuatu yang tak pernah mati dimakan tren, maka tanaman Kuping Gajah adalah jawabannya.

Kadang kala, ada juga tren tanaman hias apa yang sedang digandrungi. Sehingga popularitas suatu tanaman hias bisa naik dan turun. Tapi Kuping Gajah bisa dibilang salah satu tanaman hias yang tidak pernah hilang dari tren.

Daun yang tebal dan besar menjadikan Kuping Gajah memberikan kesan teduh dan sejuk di ruangan Anda.

Jangan lupa untuk meletakkan tanaman hias ini di area yang teduh dan mendapatkan cukup sinar matahari. Salah merawat Kuping Gajah dapat membuat tanaman hias satu ini menjadi layu.

 

#9 Chinese Evergreens

Ingin menyimpan sesuatu di kamar mandi? Tanaman hias Chinese Evergreens ini menjadi jawabannya. Chinese Evergreens memiliki paduan warna merah dan hijau yang membuat kamar mandi Anda terasa lebih hidup.

Selain itu, Chinese Evergreens juga memiliki kemampuan menetralkan formaldehyde di udara, yaitu zat kimia pemicu kanker. Anda bisa menyimpan tanaman hias ini di dekat shower atau pancuran mandi Anda.

 

#10 European Ivy

Satu lagi tanaman hias yang bisa Anda simpan di kamar mandi adalah European Ivy. Selain menjadi hiasan, European Ivy juga dapat menyerap karbon dioksida di udara, metal, dan formaldehyde sehingga udara menjadi lebih bersih dan aman.

 

Rumah Indah Rumah Sehat

Itulah 10 tanaman hias yang bisa Anda gunakan untuk membuat rumah Anda menjadi lebih indah, selain indah tentunya tanaman yang sesuai akan membuat kondisi rumah menjadi lebih sehat.

Tentunya kini Anda bisa memilih tanaman hias yang sesuai dengan kondisi rumah Anda bukan? Selamat memperindah rumah!

Jangan lupa, jangan sampai Anda tidak merencanakan keuangan Anda dan terlalu membeli banyak barang sehingga mengakibatkan keuangan Anda boros dan minus, tidak mau kan?

Anda bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Anda sudah menggunakan tanaman sebagai dekorasi rumah? Jika ya, Anda bisa membagikan pengalaman Anda menggunakan tanaman hias dengan menuliskannya di kolom komentar.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hestianingsih. 28 Februari 2018. 10 Tanaman Hias yang Bisa Membuat Rumah Kamu Lebih Sehat. Wolipop.detik.com – https://goo.gl/SfKdeS
  • Kania Dekoruma. 3 Oktober 2017. 8 Jenis Tanaman Hias Daun untuk Suasana Rumah Lebih Hidup!. Dekoruma.com – https://goo.gl/LKJzjB

 

Sumber Gambar:

  • Tanaman Hias 1 – https://goo.gl/BGzMHZ
  • Tanaman Hias 2 – https://goo.gl/t4wHqd