Musim hujan belum juga usai. Sudahkah Anda tahu cara mudah merawat rumah selama musim hujan agar tetap sehat?

Artikel Finansialku kali ini akan membahas tuntas mengenai bagaimana cara merawat rumah selama musim hujan dengan langkah yang mudah. Penasaran? Mari simak bersama, selamat membaca!

 

Rubrin Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Musim Hujan, Ragam Penyakit Datang

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki dua musim utama. Kini, Indonesia masih saja dilanda musim hujan yang kabarnya baru akan berganti menjadi musim panas di awal bulan April mendatang.

Sayangnya, di musim hujan ini cuaca sering kali tidak mendukung aktivitas yang dilakukan di luar ruangan. Selain itu, suhu udara pun selalu dingin dan kelembapan pun meningkat.

Dinginnya suhu udara bisa menyebabkan timbulnya penyakit dalam diri. Maka tak heran jika musim hujan seperti sekarang identik dengan musim sakit. Demam dan flu dapat dengan mudah menyerang Anda, bila kondisi tubuh tidak fit.

Selain itu, kondisi lingkungan sekitar seperti lingkungan kerja yang dipadati dengan rekan yang sakit dapat juga berpotensi melemahkan daya tahan tubuh Anda.

 

Berbagai Penyakit di Musim Hujan

Beragam penyakit bisa timbul di musim hujan. Penyakit tersebut bisa berasal dari virus ataupun bakteri yang berada di sekitar kita.

Beragam penyakit bisa timbul kapan saja dan dari mana saja. Tidak akan pernah ada yang tahu kapan tepatnya virus atau bakteri tersebut akan menyerang tubuh Anda.

Mengingat hal tersebut, Anda sangat disarankan untuk selalu siap siaga, salah satunya dalam hal finansial dengan memiliki dana darurat.

Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Hemat yang Suka Dilupakan Oleh Banyak Pasangan Muda]

 

Dana darurat merupakan dana simpanan yang sangat diperlukan ketika kita menghadapi keadaan yang darurat alias genting dan harus mengeluarkan biaya.

Dana darurat memiliki besaran yang berbeda, disesuaikan dengan status Anda.

Jika ingin lebih mudah untuk mengetahui berapa besar dana darurat yang harus Anda persiapkan, gunakanlah aplikasi Finansialku!

Caranya sangat mudah! Eits tapi, jangan lupa download terlebih dahulu melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC.

 

Nah, berikut ini langkah-langkah yang sangat mudah untuk mengetahui besaran dana darurat, yaitu:

  1. Buka aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik simbol “+” pada bagian kanan bawah untuk menambahkan Rencana Keuangan dan pilih opsi “Dana Darurat”.
  3. Masukkan sejumlah data yang diperlukan, yaitu:
  • Pengeluaran bulanan, misalnya Rp10.000.000.
  • Status pernikahan, misalnya: Menikah dan memiliki anak.
  1. Setelah itu klik “Hitung”, maka kesimpulan berupa dana darurat yang diperlukan pun akan muncul. Jumlah tersebut merupakan hal perhitungan dari data yang telah dimasukkan.

 

Dengan cara ini, kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih jelas sehingga tidak mustahil untuk mempersiapkan dana darurat sambil meraih tujuan finansial lainnya.

 

 

Jika ingin lebih jelas dalam memahami perencanaan dana darurat, gunakan ebook Finansialku yang bisa Anda dapatkan secara GRATIS:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Tunggu apalagi? Yuk lakukan sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

Setelah mengetahui persiapan dana darurat, kini saatnya Anda mengetahui apa saja penyakit yang biasanya timbul di musim penyakit, yaitu:

 

#1 Influenza atau Flu

Penyakit musim hujan yang paling sering terjadi adalah flu. Penyakit ini disebabkan virus influenza tipe A, B, atau C.

Virus influenza bisa menyebar melalui batuk, bersin, atau dari menyentuh benda yang sudah terkontaminasi. Meski flu bersifat umum dan bisa sembuh dengan sendirinya, Anda harus tetap mewaspadai penyakit ini.

Pasalnya, beberapa orang dapat menderita komplikasi dari penyakit influenza seperti pneumonia.

Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Nonton Konser John Mayer & Konser Ed Sheeran? Baca 5+ Tips ini!]

 

#2 Diare

Diare adalah penyakit yang ditandai dengan encernya feses yang dikeluarkan dan frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya.

Bakteri penyebab diare yang paling umum contohnya Rotavirus, Shigella, E. Coli, Cryptosporidium, dan lain sebagainya. Penyakit ini dapat berkisar dari kondisi yang ringan dan sementara, hingga membahayakan nyawa.

 

#3 Demam Tifoid (Tipes)

Demam tifoid, atau lebih dikenal dengan penyakit tipes adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Bakteri tersebut menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Jika tidak segera ditangani, pengidapnya dapat mengalami komplikasi seperti pneumonia, pleuritis, miokarditis (peradangan otot jantung), gagal jantung akut, bahkan kematian.

 

#4 Demam Berdarah Dengue (DBD)

DBD atau Demam Berdarah Dengue adalah salah satu jenis penyakit menular musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus.

Demam berdarah disebut sebagai penyakit “break-bone” karena terkadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang serasa retak. 

Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai Dengue Hemorrhagic Fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), bahkan kematian.

 

#5 Malaria

Malaria adalah penyakit berbahaya akibat infeksi parasit plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk anopheles.

Penularan penyakit ini biasanya meningkat pada saat musim hujan dan berlanjut setelahnya.

Bila tidak ditangani segera, malaria dapat berkembang dan berisiko mengancam nyawa seseorang yang mengalami.

Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Nyicil Dana Liburan? Apakah Bijak dan Dianjurkan Guys?]

 

#6 Leptospirosis

Leptospirosis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri berbentuk spiral yang disebut Leptospira interrogans.

Penyakit musim hujan ini “cukup populer” terjadi di Indonesia, biasanya dikenal sebagai penyakit kencing tikus.

Anda bisa terkena penyakit penyakit ini karena menyentuh tanah atau air, tanah basah, atau tanaman yang terkontaminasi oleh urin binatang yang terinfeksi.

Selain tikus, hewan yang paling sering menularkan leptospirosis adalah sapi, babi, anjing, reptil dan hewan amfibi, serta hewan pengerat lainnya. 

Demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, mata merah, menggigil, otot betis sakit, dan sakit perut adalah gejala yang menandai penyakit ini.

Pada kasus tertentu, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan hati, gagal ginjal, meningitis, hingga kegagalan pernapasan.

 

Cara Merawat Rumah di Musim Hujan

Sebelum kondisi tubuh Anda jadi jauh lebih drop, ada baiknya Anda melakukan beberapa antisipasi. Antisipasi tersebut dapat dimulai dari lingkungan terdekat, yaitu rumah.

Rumah sebagai tempat istirahat haruslah dijaga agar tidak menjadi sarang penyakit. Anda bisa melakukan beberapa perubahan kecil.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

 

#1 Mencuci Tangan

Langkah paling awal dan paling mudah ialah dengan membiasakan mencuci tangan.

Kebiasaan mudah ini barang kali sering disepelekan. Padahal, mencuci tangan merupakan salah satu cara efektif untuk menekan penyebaran kuman penyakit.

Agar kegiatan mencuci tangan lebih menyenangkan, Anda bisa melakukan beberapa cara. Misalnya, meletakkan sambut lembut dan wangi, lilin beraroma, hingga pelembap. Tidak lupa untuk menyiapkan tissue atau lap cantik untuk mengeringkan tangan.

Dekorasi tempat cuci tangan agar mencuci tangan menjadi menyenangkan. Selain itu, para tamu yang mengunjungi rumah Anda pun akan berpikir untuk tidak melewatkannya.

Selain itu, jangan lupa untuk terapkan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Agar kuman-kuman dan bakteri yang menempel di tangan segera hilang.

 

#2 Rajin Bersih-bersih

Ingat! Jangan malas untuk bersih-bersih! Justru musim hujan ini adalah waktu yang tepat untuk membuat perabotan di rumah Anda tetap bersih. Mulailah dengan membersihkan meja, kursi, lampu, hingga laci penyimpanan.

Selain itu, rajin-rajinlah untuk mencuci pakaian Anda. Jangan biarkan mesin cuci Anda berleha-leha karena Anda malas untuk menjemur lantaran khawatir hujan.

Membersihkan beberapa perkakas rumah secara rutin akan membuat barang-barang tersebut terjaga kebersihannya.

Bersihkan juga lantai dengan senantiasa menyapu dan mengepel agar rumah tetap nyaman dan menyehatkan.

10 Rahasia Membersihkan Rumah dan Rapi Tanpa Ribet 06 Jasa Bersih - Finansialku

[Baca Juga: Simak! 10 Biaya Liburan yang Perlu Disiapkan Saat Kamu Travelling]

 

#3 Bersihkan Tempat Tidur

Tidur adalah salah satu senjata paling ampuh untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Karena, dengan istirahat yang cukup Anda akan memiliki cukup energi untuk menjalani setiap aktivitas.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, sebaiknya Anda didukung dengan hal-hal sekitar. Mulailah dengan rajin merapikan tempat tidur Anda. Sehingga, Anda dapat tidur dengan pulas tanpa gangguan pada malam hari.

Ganti sprei dan sarung bantal secara rutin. Selain karena bersih, aroma sprei dan sarung bantal yang wangi pun dapat membuat Anda tidur pulas.

 

#4 Kubur Barang

Mungkin saja di rumah Anda masih tersimpan sejumlah barang yang sebenarnya sudah tidak Anda perlukan.

Biasanya Anda akan menyimpannya di dalam gudang dengan pikiran bahwa barang tersebut akan berguna di lain waktu.

Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun alangkah baiknya jika Anda segera memilih barang apa saja yang sekiranya masih digunakan dan mana yang tidak.

Jika tidak digunakan, sebaiknya buang atau kubur di halaman rumah Anda. Jangan dibiasakan menumpuk karena bisa saja menjadi sarang penyakit.

Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan 05 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Memperoleh Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Akhir Tahun]

 

#5 Stok Makanan Sehat

Mengingat hujan yang sering datang, tentu membuat Anda malas berpergian.

Itulah mengapa pastikan stok makanan sehat selalu terpenuhi dan selalu tersedia di dalam kulkas dan dapur.

Makanan sehat pun tentunya harus bergizi agar kesehatan Anda tetap terjaga. Akan lebih baik bila Anda cukup rajin dalam memastikan ketersediaan buah-buahan. Makanan yang kaya antioksidan sangat penting dikonsumsi pada musim flu dan demam seperti sekarang.

Anda juga bisa menambahkan stok infuse water ke dalam kulkas untuk mempercepat proses detoksifikasi racun di dalam tubuh.

 

Jaga Kesehatan dari Sekarang

Musim hujan memang seringkali mengundang penyakit. Itulah mengapa sikap antisipasi sangat diperlukan agar penyakit tersebut tidak berkembang.

Beberapa cara di atas semoga bisa memberikan gambaran bagaimana cara merawat rumah dengan baik selama musim hujan.

Yuk praktikkan sekarang juga dan rasakan manfaatnya. Semoga berhasil!

 

Bagaimana cara Anda merawat rumah selama musim hujan? Sila tinggalkan pendapat dan pengalaman Anda untuk dibagikan kepada pembaca lainnya melalui kolom di bawah ini.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Dani Prabowo. 25 Desember 2018. Cara Menjaga Rumah Anda Tetap Sehat Selama Musim Hujan. Kompas.com – https://goo.gl/5s6V91
  • Risky Candra Swari. 27 Februari 2018. 6 Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Hujan. Hellosehat.com – https://goo.gl/NEZLMf

 

Sumber Gambar:

  • Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan 1 – https://goo.gl/QTNdjj
  • Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan 2 – https://goo.gl/oeHokE
  • Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan 3 – https://goo.gl/Dwx6fM
  • Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan 4 – https://goo.gl/TwmRW8
  • Cara Mudah Merawat Rumah Selama Musim Hujan 5 – https://goo.gl/KuPVxW