Tertekan dengan rutinitas dan pekerjaan yang kamu lakukan tiap hari? Jangan biarkan kebahagiaanmu terenggut karena rutinitas harianmu dan dapatkan bahagiamu yang tidak tergantung pada situasi dan kondisi.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Sederhananya Cara Memperoleh Kebahagiaan

Seringkali orang-orang membayangkan seperti:

  • Memiliki mobil sport termahal
  • Makan di restoran ternama dengan sajian menu yang menggoda selera
  • Tinggal di rumah bak istana dengan kolam renang dan segala perabot mahal

 

Dan dengan memiliki semuanya, bahagia akan selalu dirasakan sepanjang hari. Tapi, tahukah Anda bahwa bahagia itu sebetulnya sangat sederhana.

Bahagia Itu Sederhana Gimana Caramu Memperoleh Kebahagiaan 02 Bahagia 2 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Mindset untuk Sukses Ini Perlu Anda Miliki Sebagai Modal Utama Berhasil]

 

Menurut pakar atau ahli psikologi, bahagia yang sejati itu timbul dari dalam diri seseorang, bukan dari apa yang mempengaruhi dari luar.

Ayo segera dapatkan rasa kebahagiaanmu di tengah rutinitas sehari-hari dengan melakukan beberapa hal berikut ini!

 

#1 Usahakan Untuk Mengendalikan Rasa Stres

Setiap orang memiliki tingkat stres yang berbeda. Meskipun rasa stres itu juga kita perlukan dalam hidup, tetapi jika rasa stres terlalu berlebihan dan membuat kita depresi, itu bisa menjadi bibit penyakit yang akan merugikan kesehatan kita.

Miliki kendali atas rasa stres dengan mengelola waktumu setiap hari. Ini adalah cara yang efektif untuk mengelola stres.

Gunakan skala prioritas dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaanmu sehari-hari. Fokus dengan tujuan yang sedang akan kamu capai.

Hindari rasa cemas yang berlebihan dan coba atur waktumu untuk berinvestasi pada kesehatan jasmani dengan berolahraga. Ciptakan perasaan yang lebih rileks di saat kamu sedang mengalami tantangan atau tekanan.

Kamu bisa ambil waktu sejenak untuk menarik napas dan mengambil waktu tenang atau melakukan meditasi di waktu-waktu tertentu untuk mengatur pernapasan dan menurunkan adrenalin dan tingkat stres.

 

#2 Tuliskan Pikiran Negatif & Positif

Ketika sedang khawatir atau menimbang-nimbang tentang langkah yang akan kamu ambil, mungkin kamu bisa berada pada posisi yang bimbang, galau, ragu-ragu dan perasaan khawatir lainnya.

Mungkin kamu takut gagal, atau ada perasaan tidak tenang karena sesuatu di luar prediksi dan harapan yang bisa saja muncul.

Memang, segalanya bisa saja terjadi, tapi, jangan biarkan itu mengganggu pikiran dan merenggut kebahagiaanmu. Kamu pantas untuk bahagia, bukan?

Membuat sebuah jurnal berupa daftar pikiran negatif yang di afirmasi dengan pikiran positif bisa menjadi sebuah strategi ampuh untuk memberi stimulus positif dalam pikiranmu sehingga kamu tetap semangat dan tidak ragu untuk melangkah.

Lakukan seperti contoh di bawah ini:

Sepertinya saya akan gagal dalam ujian kali ini. Saya sudah belajar dengan baik. Apapun hasilnya, saya sudah melakukan yang terbaik dan akan selalu ada kesempatan bagi saya.

Tuliskan apa yang menjadi kekhawatiranmu, sebuah pikiran negatif yang terbersit dalam benakmu dan kemudian tuliskan pikiran positif serta peluang cemerlang yang bisa timbul dan membuat kamu tetap maju.

 

#3 Rileks dengan Tersenyum & Tertawa

Semua ada waktunya. Ada waktu untuk tertawa, ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk memberi, ada waktu untuk mengambil.

Tidak selamanya hidup kita harus dijalani dengan serius. Intinya jangan terlalu kaku terhadap hidupmu. Jadilah fleksibel dan jangan lupakan tersenyum dan tertawa dengan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Dengan tertawa dan tersenyum, kamu akan lebih rileks dan menurunkan tingkat stres. Kebahagiaan akan mengalir dalam hidupmu ketika kamu bisa melihatnya dari sudut pandang lain, dengan melihat sisi humornya.

Bahagia Itu Sederhana Gimana Caramu Memperoleh Kebahagiaan 03 Bahagia 3 - Finansialku

[Baca Juga: 2 Mindset Manusia: Dunia yang Berlimpah vs Kelangkaan. Mana Milik Anda?]

 

Lakukan hal-hal yang membuatmu senang tapi bukan berarti merugikan orang lain atau sebuah kesenangan semu seperti kecanduan rokok atau minuman beralkohol. Mungkin itu bisa memberimu ketenangan atau kebahagiaan, tapi tidak seterusnya bukan?

Malah kamu akan kecanduan dan berakibat negatif pada tubuh jasmanimu.

Hidup adalah pilihan, dan kamu perlu memilih untuk bahagia dengan cara yang benar, bukan dengan cara yang malah merusak masa depanmu.

Kenapa tidak raih kebahagiaanmu dengan menyusun rencana masa depan finansial agar lebih baik?

Ciptakan kebahagiaanmu sendiri dengan mengunduh Perencanaan Keuangan Sesuai Usia di bawah ini dari Finansialku.

 

#4 Bangkitkan Rasa Percaya Diri

Apa yang kamu lakukan setiap pagi sebelum mengawali hari akan sangat berpengaruh pada hidupmu setiap hari dalam menjalani rutinitas dan kegiatan.

Katakan pada dirimu semua hal positif tentang dirimu. Sebelum mencintai orang lain, cintai dirimu sendiri terlebih dahulu. Beri rasa penghargaan pada dirimu.

JIka terjadi sesuatu diluar ekspektasi atau harapanmu, lihat selalu sisi baik dan positif dan setiap hal yang terjadi. Selalu ada alasan untuk mencari hal positif untuk mengembangkan pikiranmu dan menciptakan kebahagiaan yang tidak dapat diambil darimu.

 

#5 Miliki Pola Asupan yang Sehat & Seimbang

Setiap orang memiliki kadar berbeda untuk asupan gizi seimbang dengan pola makanan sehat setiap harinya.

Makanan yang masuk ke dalam tubuhmu akan mempengaruhi kesehatanmu dan tentu saja kebahagiaanmu.

Jangan biarkan kebahagiaanmu terenggut karena kenikmatan sesaat untuk makan makanan yang malahan membuat kondisi kesehatan tubuhmu menurun.

 

#6 Atur Pola Tidur & Hindari Begadang

Kerja lembur dan harus begadang tentu akan melelahkan badan. Tubuh yang seharusnya beristirahat tapi tetap kamu paksa untuk bekerja. Itulah kenapa ada malam hari dimana setiap orang butuh untuk beristirahat.

Dengan istirahat, tubuhmu akan memulihkan diri dari dalam. Tak heran jika mereka yang sakit selalu disarankan dokter untuk beristirahat dengan cukup atau ada obat yang memiliki kandungan yang membuat sang pasien bisa mengantuk dan tidur.

Istirahat yang cukup akan meningkatkan semangatmu di pagi hari.

Jika pekerjaan memang tak kunjung selesai dan mengharuskan untuk begadang, mungkin ada yang salah dengan pengaturan pekerjaanmu.

Walau terkadang situasi tidak bersahabat dan membuatmu harus bekerja lembur, tapi usahakan untuk tidak begadang setiap hari dan cintai dirimu dengan istirahatkan tubuhmu melalui istirahat yang cukup setiap harinya.

 

#7 Merespon dengan Positif

Kita tidak dapat mengontrol situasi atau orang lain karena itu diluar kendali dan kontrol kita sebagai manusia. Sesuatu yang bisa kita kontrol adalah diri kita sendiri. Penguasaan diri akan menciptakan kebahagiaanmu dari dalam diri.

Berhati-hatilah dalam merespon sebuah situasi yang datang kepadamu. Setiap responmu bisa menjadi sebuah batu loncatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik atau malahan bisa menjadi boomerang yang akan menghancurkanmu.

Jangan biarkan stres karena utang membuat hidupmu tidak bahagia. Segera hubungi Perencana Keuangan Finansialku dan konsultasikan masalah keuanganmu kepada ahlinya dan tetaplah bahagia dengan kondisi keuangan yang sehat.

Kamu bisa menggunakan fitur Tanya jawab yang terdapat pada Aplikasi Finansialku untuk bisa berkonsultasi dengan para Perencana Keuangan (CFP) Finansialku.

Kamu bisa upgrade Aplikasi Finansialku menggunakan kode referral POTONG50RIBU sehingga kamu hanya perlu membayar Rp300.000 untuk satu tahun penuh versi premium Aplikasi Finansialku. Silahkan download Aplikasi Finasialku melalui link di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#8 Bersyukur Atas Hidupmu

Selalu ada saja alasan untuk bersyukur dan berterima kasih, bahkan ketika kita mendapati diri kita dalam sebuah lembah permasalahan dan bahkan orang-orang bilang kita sedang terpuruk.

Syukuri apa yang kamu terima hari ini, bahkan setiap kekurangan yang kamu miliki. Rasa syukur melebihi segalanya. Melebihi dari rasa memiliki harta karun yang tak terkira harganya.

Mereka yang terlalu tamak dengan harta tidak akan pernah merasa puas dan ingin mendapatkan lebih dan lebih dari orang lain. Harta tidak dapat membeli kebahagiaan sejati yang timbul dari dalam dirimu.

Ciptakan kebahagiaan sejatimu dengan bersyukur atas hidupmu.  Hidupmu adalah anugerah terindah bukan? Jadi bahagiakan hidupmu dengan rasa syukur yang timbul dalam hatimu.

 

Ternyata, bahagia itu sederhana bukan? Apa yang akan kamu lakukan untuk menciptakan bahagiamu sendiri? Berikan komentar dan tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalanmu yang memerlukannya!

 

Sumber Referensi:

  • Cashter Furqan. 7 Agustus 2018. 7 Cara Receh Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia, Yuk Terapkan Sekarang!¬†Idntimes.com – http://bit.ly/2KuuHOj
  • Nelsi. 2 Februari 2018. 10 Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan Agar Hidup Lebih Bahagia. Idntimes.com – http://bit.ly/2GhliFU
  • Rizki Pratiwi. 6 September 2017. 8 Cara Sederhana untuk Merasa Lebih Bahagia. Hellosehat.com – http://bit.ly/2VFHLS8

 

Sumber Gambar:

  • Bahagia 1 – http://bit.ly/2GhpKEC
  • Bahagia 2 – http://bit.ly/2P5CDnH
  • Bahagia 3 – http://bit.ly/2KtVaf5