Apakah Anda pria single sudah menabung untuk dana pernikahan Anda? Jangan sampai telat menabung, ya. Karena biaya menikah itu tidaklah murah.

Yuk, simak pembahasan berikut cara ampuh menabung untuk biaya pernikahan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Sudahkah Anda Menabung Biaya Pernikahan, Wahai Pria Single?

Buat Anda pria single sudahkah Anda memikirkan mengenai dana pernikahan?

Saat Anda single, satu-satunya orang yang mungkin perlu Anda khawatirkan adalah diri Anda sendiri.

Jadi, dalam hal menghasilkan, membelanjakan, dan menyimpan uang, Anda dapat memilih bagaimana Anda melakukan semuanya. Bagaimana dengan biaya pernikahan?

Jika mendengar kata menabung untuk biaya pernikahan, mungkin Anda akan pesimis karena melihat biaya hidup zaman sekarang yang selalu meningkat.

Tapi, jangan khawatir. Jika Anda membuat budget untuk biaya pernikahan, kemungkinan Anda dapat menabung dengan cepat untuk biaya pernikahan.

Cara Ampuh Menabung Dana Pernikahan Untuk Pria Single 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pusing Mikirin Dana Pernikahan? Yuk, Menabung Bareng Pasangan]

 

Cara Ampuh Menabung Untuk Pernikahan

Mungkin Anda masih kebingungan gimana sih cara nabung yang cepat untuk pernikahan?

Walau masih single, Anda sangat perlu memikirkan tabungan pernikahan agar ketika Anda sudah menemukan belahan jiwa, Anda tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menabung biaya pernikahan Anda.

Berikut adalah beberapa cara pria single menabung untuk pernikahan yang bisa Anda ikuti.

 

#1 Rencanakan Budget Pernikahan

Pernikahan sebenarnya Anda yang menentukan, mau pernikahan yang simpel, mewah atau yang glamor.

Misalkan, Anda memberikan budget pernikahan sebesar Rp 30 juta pun bisa, setelah menentukan budget Anda bisa mulai memilih list persiapan pernikahan Anda sesuai dengan budget yang telah ditentukan.

Jangan sampai terbalik, Anda memilih list pernikahan dulu, seperti venue, undangan, pakaian dan hal lainnya.

Tapi, sesuaikan list pernikahan Anda dengan budget yang Anda targetkan.

Jika Anda bingung apa saja yang harus disiapkan dan berapa estimasi biayanya, Anda bisa mendengarkan audiobook berikut ini sebagai panduannya.

banner -mengapa perlu merencanakan dana pernikahan (1)

 

#2 Lakukan Pencatatan Keuangan

Pencatatan keuangan sangatlah penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, catatlah seluruh pemasukan Anda tiap bulannya.

Untuk mempermudah pencatatan Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi Finansialku merupakan sebuah aplikasi yang akan membantu memberikan gambaran lengkap kondisi keuangan Anda.

Anda dapat mengelola keuangan dan merencanakan keuangan dengan cara yang mudah. Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda dalam beberapa hal berikut:

  • Membuat anggaran
  • Mencatat keuangan
  • Merencanakan keuangan
  • Memantau kinerja investasi
  • Mengecek kesehatan keuangan
  • Mengikuti kursus online keuangan
  • Live chat dengan perencana keuangan, dan masih banyak lagi

 

Anda bisa langsung download aplikasi Finansialku di Appstore atau Playstore, gratis!

 

#3 Pisahkan Tagihan Anda Sebelum Menabung

Setelah melakukan pencatatan keuangan, maka pisahkan jumlah tagihan Anda sebelum Anda menabung. Pastikan jangan sampai ada tagihan yang terlewat.

Jika sudah memisahkan kebutuhan untuk membayar tagihan, maka Anda langsung bisa mengetahui berapa jumlah uang yang bisa Anda tabung.

 

#4 Alokasikan Dana yang Tersisa Untuk Tabungan Biaya Pernikahan

Setelah Anda memotong gaji Anda untuk seluruh tagihan, sekarang Anda punya dana bersih yang bisa digunakan sepuasnya untuk keperluan apa pun.

Keperluan seperti belanja bulanan, berbelanja pakaian, dan uang makan termasuk dalam kategori ini. Pada tahap inilah, Anda bisa memilih untuk membelanjakannya atau ditabung untuk biaya pernikahan.

Menurut penulis finansial Anika Sekar, di sinilah Anda bisa mulai mengalokasikan dana untuk ditabung. Sebaiknya, untuk sisihkan paling tidak 12-16% dari dana sebagai biaya pernikahan atau biaya pensiun yang sesuai target Anda.

 

#5 Periksa dan Cermati Lagi Jumlah Saldo Anda yang Tersisa

Sekarang saatnya untuk mencermati jumlah saldo Anda. Laura Shin, seorang penulis finansial, merekomendasikan aturan 50/20/30.

Untuk Anda yang kesulitan dalam mengatur berapa persen sebaiknya yang harus disisihkan untuk tabungan dan berapa persen untuk kebutuhan sehari-hari, berikut ini beberapa metode budgeting yang populer dilakukan.

 

Metode 50:30:20

Metode ini membagi penghasilan selama sebulan menjadi 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk keperluan hiburan, dan 20 persen tabungan dan investasi.

 

Metode 60:20:20

Metode mengatur penghasilan dengan budgeting 60:20:20 membagi pengeluaran menjadi 60 persen biaya sehari-hari, 20 persen tabungan atau investasi, dan 20 persen untuk hiburan.

Sementara itu, untuk kebutuhan sehari-hari yang 60 persen dapat dipecah lagi sesuai kebutuhan Anda.

Cara Ampuh Menabung Dana Pernikahan Untuk Pria Single 02 - Finansialku

[Baca Juga: PENTING! Simak 5 ‘Bekal’ Pernikahan Supaya Gak Cerai Di Tengah Jalan!]

 

Metode 30:25:20:15:10

Metode ini memang beda dari yang lain. Rincian dari metode ini adalah:

30% penghasilan Anda digunakan untuk kebutuhan hidup bulanan, seperti belanja rumah tangga, makan, listrik, air, telepon dan transportasi.

25% penghasilan Anda untuk investasi dan tujuan keuangan masa depan seperti melunasi pinjaman, menyiapkan dana darurat, modal usaha dan persiapan hari tua (pensiun).

20% penghasilan Anda untuk mengembangkan network atau kenalan, contoh ikut klub para pebisnis, mentraktir rekan bisnis, ikut gym dan lain sebagainya.

15% penghasilan Anda untuk mempelajari hal-hal baru, misal membaca buku, ikut seminar atau workshop.

10% penghasilan Anda untuk liburan dan hadiah atas kerja keras terhadap diri sendiri.

 

Metode 40:30:20:10

Metode ini menganggarkan 40 persen untuk kebutuhan hidup sehari-hari, 30 persen untuk cicilan dan tagihan, 20 persen untuk tabungan atau investasi, 10 persen untuk melakukan kebaikan.

Untuk lebih jelas mengenai metode anggaran Anda dapat menyimak artikel Idealnya, Gimana Sih Cara Mengatur Anggaran Keuangan Gaji Bulanan?

 

#6 Jangan Lupa Atur Budget Personal

Pada saat mengatur budget personal, jangan sampai Anda kalap akan keinginan Anda. Prioritaskan terhadap kebutuhan utama Anda.

 

#7 Beli Beberapa Produk Investasi

Jika Anda memiliki penghasilan yang lumayan, pakailah untuk membeli satu atau dua instrumen investasi, seperti reksadana, emas, atau melakukan pendanaan di fintech P2P Lending.

Investasi yang tersebut tentunya bisa dijual menjelang tanggal pesta pernikahan, tentunya dengan tingkat keuntungan yang lumayan.

Tetapi sebelum Anda berinvestasi pastikan beberapa hal berikut.

  • Jumlah pemasukan lebih besar daripada pengeluaran
  • Tidak punya hutang
  • Punya dana darurat
  • Punya proteksi
  • Punya wawasan yang cukup

 

Berikut ini adalah tips untuk investasi bagi para pemula yang bisa kamu ikuti.

SABARR! Kamu Perlu Tahu Tips Investasi Pemula Berikut Ini!

 

#8 Lakukan Penghematan Semaksimal Mungkin, Kurangi Kencan Mewah

Mungkin biasanya Anda membeli kopi di kafe, sekarang saatnya membawa kopi dari rumah. Biasanya Anda belanja di mall, mungkin sekarang Anda bisa belanja online yang menyediakan banyak diskon.

Atau mungkin Anda mulai mengurangi jatah nonton di bioskop dari yang sebelumnya setiap minggu menjadi beberapa kali saja dalam sebulan.

Penghematan dapat berdampak besar, apalagi jika Anda memiliki tujuan untuk menabung.

 

#9 Mencicil Segala Keperluan untuk Menikah

Keperluan untuk menikah sangatlah banyak, maka dari itu agar tidak memberatkan di hari-H pernikahan, sebaiknya cicil keperluan pernikahan setiap bulan.

Misalnya, bulan ini membeli sepatu dan aksesori pernikahan, bulan depan membeli kosmetik, dan seterusnya. Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki dan jangan berlebihan.

 

Don’t Worry About Your Wedding, Wahai Pria Single.

Penting sekali memikirkan masa depan. Apalagi pria single yang sudah memikirkan masa depan, sudah pasti akan digemari banyak wanita.

Pikirkanlah jangan hari ini, tapi hari yang akan datang. Jangan sampai Anda menyesal mengapa tidak menabung dana pernikahan dari dulu. Tidak ada kata terlambat untuk menabung.

 

Itulah beberapa cara pria single menabung untuk pernikahan. Yuk, mulai menabung dari sekarang agar dana pernikahan Anda tidak menjadi beban berat saat menjelang pernikahan impian Anda nantinya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini pada pria single lainnya yang membutuhkan, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2021. 8 Rahasia Jitu Berhemat dan Menabung Untuk Biaya Pernikahan. Kelascinta.com – http://bit.ly/3bf3avz
  • Aufi Ramadhania Pasha. 23 April 2019. Tabungan Nikah Terkumpul dalam 1 Tahun, Begini Caranya! Cermati.com – https://bit.ly/3sNn8n7

 

Sumber Gambar:

  • Pernikahan 1 – http://bit.ly/3rxlea1
  • Pernikahan 2 – https://bit.ly/3v0B3bo