Memiliki kartu kredit tentu dapat sangat memudahkan proses belanja, namun bagaimana cara untuk mendapatkan kartu kredit terbaik bagi Anda?

Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan cara dan informasi untuk mendapatkan kartu kredit terbaik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara untuk Mendapatkan Kartu Kredit Terbaik

Kartu kredit merupakan sebuah produk perbankan yang dapat mendatangkan berbagai manfaat apabila digunakan dengan bijak.

Mulai dari promosi di pertokoan hingga reward setiap kali Anda belanja, segalanya dapat dimanfaatkan untuk pengalaman belanja yang lebih memuaskan.

Bahkan dengan perhitungan yang tepat pun, kartu kredit dapat Anda manfaatkan untuk keperluan bisnis. Dengan banyaknya pilihan kartu kredit yang beredar di Indonesia, tentu bukanlah hal yang mudah untuk memilih kartu kredit yang sesuai.

Di bawah ini adalah 3+ cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kartu kredit terbaik yang dapat memberikan Anda manfaat maksimal.

 

Mengapa Anda Membutuhkan Kartu Kredit?

Hal pertama yang dibutuhkan untuk mendapatkan kartu kredit terbaik adalah dengan mengetahui tujuan Anda menggunakan kartu kredit. Tujuan ini akan beragam bagi setiap orang.

Ada yang membutuhkan kartu kredit sebagai modal usaha, ada pula yang membutuhkan kartu kredit sebagai cara belanja yang lebih efektif.

Apapun tujuan Anda, pastikan bahwa Anda telah memasukkan alokasi dana kartu kredit di anggaran keuangan Anda.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Tipe Kartu Kredit Apa yang Sesuai dengan Anda?

Terdapat banyak tipe kartu kredit yang dipasarkan di Indonesia, mulai dari kartu kredit yang dikhususkan untuk pelajar atau mahasiswa, hingga kartu kredit untuk jetsetter.

Setiap kartu kredit ini memiliki manfaat tambahan yang berbeda yang mana, untuk mendapatkan kartu kredit terbaik, harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keseharian Anda.

Salah satu contoh kartu kredit untuk travel. Biasanya kartu kredit yang dikhususkan untuk para traveler memiliki persentase bonus/reward yang lebih tinggi jika Anda menggunakannya untuk berbelanja di luar negeri.

3+ Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Kartu Kredit Terbaik! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit untuk Investasi? Jangan Salah! Ini Kebenarannya!]

 

Selain itu, setiap Anda berbelanja, reward akan kemudian dikonversikan kepada miles yang disesuaikan dengan perusahaan penerbangan kerja sama. Tentu kartu kredit ini tidak cocok untuk Anda yang jarang bepergian.

Di lain sisi, kartu kredit yang dikhususkan untuk pelajar, biasanya memiliki bunga yang rendah dan limit yang rendah. Hal ini untuk mengantisipasi keterlambatan pembayaran atau ketidakmampuan pelunasan tagihan.

 

Sudahkah Anda Mengetahui Informasi Kartu Kredit secara Detail?

Setelah Anda mengetahui tipe kartu kredit yang Anda inginkan, selanjutnya Anda harus mencari informasi lebih lanjut. Banyaknya jumlah perbankan di Indonesia, membuat pilihan kartu kredit semakin beragam.

Misalnya, kartu kredit travel yang dapat Anda pilih dapat beragam, mulai dari BCA Singapore Airline KrisFlyer Visa Signature yang mana merupakan kerja sama Bank BCA dengan Singapore Airlines hingga UOB Privi Miles yang mana Anda dapat menukarkan poin reward untuk miles penerbangan.

Setiap detail informasi, mulai dari bunga kartu kredit, limit, nilai konversi dan promosi apa saja yang dapat Anda gunakan merupakan hal yang penting dalam menentukan kartu kredit mana yang sesuai untuk Anda.

 

Bonus Manakah yang Paling Menguntungkan?

Setelah Anda mencari kartu kredit dan mengetahui informasi mengenai kartu kredit tersebut, hal paling terakhir yang perlu Anda lakukan menentukan kartu kredit mana yang memberikan keuntungan maksimal.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan dan pilih dalam memilih kartu kredit adalah:

  • Jumlah pembelanjaan per reward. Setiap bank memerlukan jumlah yang berbeda untuk setiap 1 reward. Tentunya, jumlah belanja yang paling sedikit akan lebih menguntungkan.
  • Jumlah pembelanjaan per miles. Sama halnya dengan reward, semakin sedikit jumlah belanja yang dibutuhkan untuk per miles, semakin baik.

3+ Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Kartu Kredit Terbaik! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit Overlimit, Apa yang Harus Dilakukan Pertama Kali?]

 

  • Iuran tahunan. Kartu kredit yang tidak mengenakan iuran tahunan kepada nasabahnya akan lebih menguntungkan.
  • Tanggal kedaluarsa reward. Jika reward tidak memiliki tanggal kedaluarsa, tentu Anda tidak perlu buru-buru menghabiskannya.
  • Denda dan bunga. Jika Anda tidak mampu membayar sesuai tagihan, tentu kartu kredit yang mengenakan denda dan bunga pinjaman yang lebih kecil akan lebih baik.
  • Fasilitas yang ditawarkan. Semakin banyak fasilitas yang diberikan oleh sebuah kartu kredit akan semakin baik.

 

Setelah Mendapatkan Kartu Kredit Terbaik

Jika Anda telah mendapatkan kartu kredit terbaik, ini berarti Anda telah mencari cara terbaik untuk berbelanja dan memaksimalkan potensi kartu kredit. Namun Anda tidak boleh berhenti dan lengah dari tahap ini.

Untuk terus mendapatkan nilai kredit yang baik, Anda harus selalu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu dan sesuai jumlahnya. Selain itu, pastikan Anda tidak berbelanja melebihi limit.

Yang paling penting, Anda harus dengan bijak menggunakan kartu kredit. Tetap pada anggaran yang telah Anda susun.

Ingatlah bahwa kartu kredit sama dengan utang, jika Anda mengeluarkan lebih dari pendapatan Anda, maka Anda akan kesulitan membayar utang tersebut nantinya.

3+ Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Kartu Kredit Terbaik! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Alasan Kenapa Kartu Kredit Decline dan Solusinya!]

 

Kartu kredit yang Anda pilih harus dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda dengan cara yang efisien. Jangan sampai kartu kredit malah menjadi boomerang untuk keuangan Anda.

Oleh karena itu, Anda harus tetap merencanakan dan mencatat keuangan Anda agar tujuan keuangan Anda tercapai. Gunakan aplikasi Finansialku untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda.

Aplikasi ini dapat membantu Anda merencanakan keuangan dengan berbagai fitur yang menunjang tujuan keuangan Anda. Download aplikasinya sekarang.

playstore icon
appstore icon

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda lebih mengerti cara untuk mendapatkan kartu kredit terbaik. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

 

Sumber Referensi:

  • Claire Tsosie. 26 Agustus 2020. How to Pick the Best Credit Card for You: 4 Easy Steps. Nerdwallet.com – https://bit.ly/2FpH7W9

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit 1 – https://bit.ly/305Ef7Y
  • Kartu Kredit 2 – https://bit.ly/2S5tQot
  • Kartu Kredit 3 – https://bit.ly/3008YTC