Mengenal Lebih Dekat e-Billing Pajak dan Cara Membuat e-Billing Pajak

Tahukah Anda tentang e-Billing pajak? Bagaimana cara membuat e-Billing pajak? Berikut ini Tim Finansialku akan memaparkannya untuk Anda melalui artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

e-Billing Pajak

Pemerintah per tanggal 1 Januari 2016 telah mengganti sistem pembayaran pajak dari yang sebelumnya dibuat secara manual dengan menggunakan SSP (Surat Setoran pajak) sekarang diubah sistem pembayarannya menjadi menggunakan e-Billing.

Apa itu e-Billing? Menurut Direktorat Jenderal Pajak, e-Billing adalah sistem pembayaran pajak elektronik dengan cara pembuatan ID Billing atau kode Billing terlebih dahulu. Adapun beberapa manfaat dari pembuatan ID Billing, yaitu:

  1. Buat ID Billing dan bayar pajak kapan saja dan dimana saja, e-Billing mempermudah dalam melakukan pembayaran dimana saja dan kapan saja.
  2. Menghindari kesalahan pencatatan transaksi, e-Billing dapat meminimalisasi kesalahan pencatatan transaksi yang dilakukan secara manual.
  3. Transaksi real time. Data transaksi yang dibuat wajib pajak langsung terekam di DJP (Direktorat Jenderal Pajak).

Mengenal Lebih Dekat e-Billing Pajak dan Cara Membuat e-Billing Pajak 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pajak Pensiunan: Apakah perlu Melaporkan SPT Tahunan dan Membayar Pajak?]

 

Untuk dapat menggunakan layanan ini, wajib pajak diwajibkan untuk meregistrasikan terlebih dahulu. Cara pendaftarannya pula cukup mudah, tidak perlu meminta ke KPP (kantor pelayanan pajak), cukup mendaftarkannya sendiri di sse.pajak.go.id.

Mengenal Lebih Dekat e-Billing Pajak dan Cara Membuat e-Billing Pajak 04 - Finansialku

 

Tahap pertama yang harus dilakukan setelah masuk kepada sse.pajak.go.id adalah dengan memilih “Daftar Baru”, lalu wajib pajak akan menemui daftar-daftar yang harus diisi seperti gambar dibawah ini:

Mengenal Lebih Dekat e-Billing Pajak dan Cara Membuat e-Billing Pajak 05 - Finansialku

 

Isi lengkap sesuai data lengkap masing-masing wajib pajak yaitu Nama, NPWP serta email terdaftar, lalu setelah wajib pajak masuk pada tahap register, maka silakan buka dan cek email dan lakukanlah aktivasi melalui email yang telah diterima.

Setelah mendaftarkannya barulah kita masuk kepada halaman pertama lagi dengan memasukkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan password yang telah dibuat sebelumnya. Tata cara  pendaftaran yang dilakukan dengan tahapan diatas adalah dengan menggunakan SSE (surat setoran pajak) versi 1, namun pada versi 2 maupun versi 3 tidak jauh berbeda.

Mengenal Lebih Dekat e-Billing Pajak dan Cara Membuat e-Billing Pajak 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Mobil Progresif, Bagaimana Cara Perhitungannya?]

 

Cara bayar pajak online adalah suatu metode pembuatan ID Billing dan bayar pajak secara online dalam satu aplikasi terpadu yang saat ini hanya disediakan oleh penyedia jasa aplikasi resmi DJP. Keuntungan bagi wajib pajak adalah tak perlu antri berjam-jam lagi di bank dan KPP karena buat ID Billing, bayar pajak dan lapor pajak online dilakukan dalam satu aplikasi terpadu dan gratis. Tahapannya adalah

  1. Daftarkan e-Billing terlebih dahulu.
  2. Buat ID Billing.
  3. Gunakan ID Billing untuk membayar pajak di bank dan pastikan dapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) untuk bukti pembayarannya.

 

Tahapan Yang Harus Dilakukan Dalam Bayar Pajak Online Melalui E-Billing Pajak

  1. Pembuatan kode billing atau ID Billing. Untuk pembuatan ID Billing, wajib pajak dapat memperolehnya dengan 7 cara:
    1. Melalui Penyedia Jasa Aplikasi (ASP) yang sudah disahkan DJP yakni online
    2. Melalui SSE (Surat Setoran Pajak) versi 2 yaitu pada djponline
    3. Melalui teller bank bank tertentu (BNI, Mandiri, BRI, BCA, Citibank) dan Kantor Pos Indonesia
    4. Melalui SMS ID Billing *141*500# (untuk pelanggan Telkomsel)
    5. Melalui layanan ID Billing di KPP/KP3KP secara mandiri.
    6. Melalui internet banking (hanya untuk nasabah bank tertentu)
    7. Melalui kring pajak 1 500 200 (hanya untuk wajib pajak pribadi).

 

Perppu No 12017 Ditjen Pajak Bisa Akses Rahasia Bank, Rekening Data Nasabah di Atas US$250.000 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perppu No 1/2017: Ditjen Pajak Bisa Akses Rahasia Bank, Rekening Data Nasabah di Atas US$250.000]

 

  1. Bayar Pajak Online. Setelah membuat ID Billing, kode billing tersebut dibayarkan melalui:
    1. Fitur bayar pajak online di Online Pajak (bagi nasabah BNI & CIMB NIAGA), selain menyediakan sistem pembuatan ID Billing, wajib pajak juga bisa membayar pajak online dalam satu aplikasi terpadu.
    2. Teller bank persepsi atau Kantor Pos Indonesia.
    3. ATM
    4. Mini ATM (yang terdapat di seluruh KPP atau KP2KP untuk nasabah BNI, BRI dan Mandiri)
    5. Internet Banking
    6. Mobile Banking
    7. Agen branchless banking

 

Tahapan Yang Harus Dilakukan Dalam Pembuatan ID Billing Atau Kode Billing

Setelah masuk pada bagian pengisian, maka wajib pajak barulah mengisikan jenis pajak dan jenis setoran itu mencakup pada pajak apa yang akan dibayarkan. Contoh wajib pajak mau membayar PPh 21 angsuran bulanan, maka jenis pajak yang dipilih adalah 41121 dan jenis setoran adalah 100 (411121-100) pastikan wajib pajak mengecek dahulu kode jenis pajak masing-masing PPh jangan sampai salah memasukan kode jenis pajak dan setoran.

Setelah itu memilih masa pajak dan tahun pajak yang akan dibayarkan, setelah selesai semua diisi, maka pilihlah “Simpan”. Pastikan kode billing pembayaran sudah ada dan barulah mencetaknya. Setelah itu bawa bukti cetak tersebut ke bank untuk membayar pajak, perhatikan juga masa berlaku dari SSE (surat setoran pajak yang sudah dibuat) di situ akan tertera masa berlaku SSE tersebut.

Biasanya masa berlaku SSE itu sendiri 7 hari, terhitung tanggal pembuatannya, jika sampai batas waktu yang ditentukan wajib pajak belum juga membayar pajak itu sendiri, maka wajib pajak diharuskan untuk membuat SSE kembali dari awal dengan kode billing yang baru pula.

Hati-hati Terhadap Kasus Penipuan Pajak yang Sering Terjadi di Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati Terhadap Kasus Penipuan Pajak yang Sering Terjadi di Indonesia]

 

Bagian dari pembuatan SSE (surat setoran pajak) di atas itu menerangkannya dengan versi 1, wajib pajak (baik wajib pajak badan usaha maupun wajib pajak orang pribadi) dapat melakukannya pada versi 2 maupun versi 3. Cara mendaftar dan membuatnya banyak samanya dengan yang versi 1, namun hanya dari segi tampilannya saja yang membedakan. Baik wajib pajak perorangan maupun wajib pajak badan usaha, pembuatan ID Billing-nya tidak dibedakan sehingga sama saja tampilan dan cara pendaftarannya.

 

Bayar Pajak Lebih Efektif dan Efisien

Membayar pajak kini dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis. Tidak perlu meluangkan waktu untuk mengantre dan berdesak-desakan di kantor pajak sambil membawa berkas atau dokumen, kini dapat dilakukan di belakang meja kantor Anda. Gunakan fasilitas ini agar Anda dapat mengefektifkan waktu Anda untuk melakukan pekerjaan lainnya.

 

Bagikan pengalaman Anda dalam membuat e-Billing melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Gambar:

  • Asian Man with Laptop – https://goo.gl/119uOV dan https://goo.gl/dAkU3Q

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-11-11T00:12:55+00:00 May 29th, 2017|Categories: Pajak|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download