Apakah Anda pernah mengisi SPAJ – Surat Permintaan Asuransi Jiwa? Kali ini Finansialku.com akan menjelaskan mengenai SPAJ – Surat Permintaan Asuransi Jiwa.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

SPAJ – Surat Permintaan Asuransi Jiwa

Ketika seseorang ingin bergabung dengan program asuransi jiwa, kita pasti diminta untuk mengisi SPAJ – Surat Permintaan Asuransi JIwa. Kali ini Finansialku.com akan menjelaskan apa saja yang ada di dalam SPAJ – Surat Permintaan Asuransi Jiwa.

Mengenal SPAJ - Surat Permintaan Asuransi Jiwa - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Kerja Unit Link]

 

Sebagai contoh,  SPAJ – Surat Permintaan Asuransi Jiwa Megalife terdiri dari 8 bagian. Penjelasan ini bukan sebagai sarana iklan. Penjelasan di bawah ini hanya sebagai materi pembelajaran.

 

Bagian 1 Data pribadi calon pemegang polis dan tertanggung utama, terdiri dari nama lengkap, nama ibu kandung, bukti identitias (KTP, SIM, Paspor) dan no bukti identitas, warga negara, tempat tanggal lahir, usia, jenis kelamin, status, hubungan keluarga, data pekerjaan, agama dan pendidikan.

[Baca Juga: Untung Ruginya Asuransi Unitlink]

 

Bagian 2 Data alamat calon pemegang polis dan tertanggung utama, terdiri dari alamat lengkap rumah, alamat tempat usaha (atau kantor) dan alamat korespondensi.

 

Bagian 3 Data sumber pembayaran premi, terdiri dari tujuan membeli asuransi, perkiraan penghasilan kotor tahunan, sumber pendanaan pembelian asuransi dan sumber penghasilan.

 

Bagian 4 Data pekerjaan, teridiri dari klasifiikasi pekerjaan, jabatan, penjelasan uraian pekerjaan, klasifikasi bidang industry, hubungan calon pemegang polis dengan calon tertanggung utama.

 

Bagian 5 Data pertanggungan dan premi asuransi, terdiri dari data pertanggungan, perhitungan premi, jenis dana investasi (kalau produk unit link), cara pembayaran premi pertama, kedua dan rekening tabungan.

 

Bagian 6 Data yang ditunjuk untuk menerima manfaat asuransi, terdiri dari nama – nama orang yang ditunjuk menjadi ahli waris. Bagian ini akan kami jelaskan bagian di bawah ini.

 

Bagian 7 Data dan pertanyaan mengenai kesehatan, terdiri dari penjelasan mengenai rekam jejak kesehatan Anda, misal nama dokter, tinggi dan berat badan, apakah pernah kondisi hamil dan lainnya.

 

Bagian 8 Pernyataan dan Kuasa, terdiri dari penjelasan mengenai kontrak dan pemberian kuasa terkait investasi dan asuransi.

[Baca Juga: Kenali 4 Jenis Investasi di Asuransi Unit Link]

 

Kesalahan Dalam Pengisian SPAJ – Surat Permintaan Asuransi Jiwa

Kesalahan yang sering dilakukan dalam mengisi SPAJ – Surat Permintaan Asuransi jiwa, adalah menentukan nama ahli waris.  Kebanyakan orang menuliskan ‘anak’ sebagai ahli waris. Kalau anaknya belum berusia 21 tahun atau sudah menikah, maka anak belum bisa menerima waris.

 

Kesimpulan

Penjelasan di atas adalah contoh SPAJ – Surat Permintaan Asuransi Jiwa. Pastikan Anda memahami kolom-kolom dalam SPAJ sebelum mengisinya. Jangan sampai melakukan kesalahan-kesalahan yang fatal, seperti salah memasukan ahli waris, salam tertanggung dan lainnya.

 

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam mengisi SPAJ – Surat Permintaan Asuransi Jiwa?

 

Sumber Berita:

  • SPAJ – Surat Permintaan Asuransi Jiwa Megalife – http://goo.gl/judWRK

 

Sumber Gambar:

  • Insurance Policy – https://goo.gl/b5WxmF

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang