Tahukah kamu cara menghitung pajak penghasilan youtuber yang katanya banyak itu? Bener ga sih penghasilan dari youtube sangat besar?

Di era yang serba digital ini, mendapatkan penghasilan tidak hanya dengan bekerja di sebuah perusahaan saja. Tetapi penghasilan bisa didapatkan dengan menjadi seorang influencer atau seorang youtuber.

Siapa youtuber Indonesia yang paling populer? Pasti rata-rata menjawab Atta Halilintar dan Ria Ricis.

Berapa sih penghasilan atau uang yang bisa didapatkan melalui YouTube? Ada yang bilang pasti besar penghasilan dari seorang youtuber. Benarkah begitu? Lalu, jika sedang menggeluti profesi ini bagaimana dengan perhitungan pajaknya?

Mari simak penjelasannya melalui artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Berapa Penghasilan Seorang Youtuber?

Penghasilan dari YouTube diperoleh dari iklan AdSense. AdSense adalah program kerja sama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google.

Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

3+ Aplikasi Download Youtube Untuk Android Secara Gratis!! 00 - Finansialku

[Baca Juga: Tertarik Jadi Youtuber? Lakukan 9 Langkah Ini (Part 1)]

 

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka.

Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan.

Ternyata, faktor penentu pendapatan dari Youtube bukan hanya melalui iklan AdSense yang tampil atau jumlah klik pada video Youtube atau jumlah subscriber (pelanggan) saja.

Menurut Socialblade (situs penyedia data statistik pengguna media sosial populer) menyebut bahwa kualitas traffic, negara asal pemilik akun, kategori video, harga iklan yang tayang, adblock, jumlah klik nyata dan sebagainya merupakan beberapa faktor penentu pendapatan tersebut.

Di Indonesia, biasanya para YouTuber jarang mendapat 1 dollar AS per 1000 views.

Biasanya pendapatan per 1000 views bagi YouTuber di Indonesia berada di antara 0,3 hingga 0,8 dollar AS. Atau dengan kata lain, rata-rata uang yang dihasilkan dari setiap 1000 views pada sebuah video YouTube di Indonesia hanya mendapatkan 0.55 dollar AS.

For Fun Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube 06 Youtube Viewers - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Tanpa Bersusah-susah]

 

Dengan demikian, jika video kita mendapatkan satu juta views, maka pendapatan yang bisa diperoleh setidaknya adalah 550 dollar AS atau sekitar Rp7 juta.

Sekali lagi, angka itu merupakan rata-rata, tetapi lebih realistis dibanding 1 dollar AS per 1000 views.

 

Bagaimana Cara Menghitung Pajaknya?

Secara umum tidak ada perbedaan perlakuan pajak antara youtuber dengan wajib pajak lainnya. Karena pajak adalah kewajiban bagi semua pihak yang berstatus wajib pajak termasuk juga youtuber.

Hal itu diungkapkan oleh Darussalam, Managing Partner Institusi Konsultan Pajak DDTC.

 

Cara menghitung pajak dari youtuber kira-kira begini:

Misalnya seorang youtuber yang memiliki akun bernama Twinny Official dengan jumlah subscriber sebesar 7 juta pengikut.

Berdasarkan data yang diperoleh dari YouTube, pada tahun 2018, pendapatan Twinny Official mencapai Rp700 juta per bulan. Sedangkan untuk penghasilan selama setahun, Twinny Official bisa mendapatkan total Rp700 juta x 12 bulan = Rp8,4 miliar.

 

Dengan demikian, penghitungan kewajiban pajaknya adalah sebagai berikut:

 

Formula: (Penghasilan Bruto x Tarif Norma) x Tarif Pajak Penghasilan Pasal 17

= (Rp8,4 miliar x 50%) x Tarif PPh Pasal 17

= (Rp4,2 miliar) x tarif PPh Pasal 17

 

Perhitungan Pajak = Rp50 juta x 5% = Rp2,5 juta

= Rp200 juta x 15% = Rp30 juta

= Rp250 juta x 25% = Rp62,5 juta

= Rp3,7 miliar x 30% = Rp1,11 miliar

 

Total pajak terutang = Rp1,205 miliar. Jadi total pajak terutang dari penghasilan yang diperoleh Twinny Official di tahun 2018 adalah sebesar itu.

Kaya dengan Menjadi Artis YouTube (YouTubers) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jadi Financial Freedom Youtuber dengan Penghasilan Miliaran Rupiah???]

 

Youtuber tidak perlu melakukan pembukuan yang rumit atas transaksi bisnisnya. Karena kemungkinan besaran utang pajak juga bisa lebih kecil.

Kita lihat contoh lain dari dua akun YouTube yang memiliki predikat A dalam situs Socialblade seperti MiawAug dan Calon Sarjana, memiliki pendapatan per tahun sebesar US$218,1 ribu – US$3,5 juta dan Calon Sarjana sebesar US$291,2 ribu – US$4,7 juta.

Jika diperkirakan mungkin pada tahun 2018 mereka bisa membayar pajak dalam hitungan rata-rata sebesar Rp400 juta hingga Rp7 miliar.

 

Jangan Lupa Untuk Tetap Bayar Pajak

Jangan terpaku pada presepsi bahwa youtuber selalu memiliki penghasilan yang besar. Pendapatan per bulan bisa jadi berbeda-beda bisa turun atau naik, apalagi tahunan. Begitulah kira-kira perhitungan penghasilan pajak seorang youtuber.

Apapun profesinya, tetap jadi warga negara yang baik dengan taat bayar pajak dan lapor pajak. Selain taat pajak, mengatur keuangan yang baik juga penting loh.

Rencanakan keuanganmu dengan aplikasi Finansialku sekarang juga. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

Setelah membaca artikel ini kamu jadi tahu perhitungan pajak untuk youtuber.

Bagikan artikel ini kepada teman-temanmu yang sedang mencoba berkarir di youtube supaya mereka tahu.

 

Sumber Referensi:

  • Linda Sari Hasibuan. 13 Januari 2019. Hei Youtuber, Begini Loh Caranya Hitung Setoran Pajak Kalian. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2QkZGgc
  • Admin. 3 September 2019. Berapa, sih, Pajak YouTuber dan Selebgram? Majalahpajak.net – https://bit.ly/38RzS1S