Mengurus rumah tangga memang susah-susah gampang. Apalagi kalau harus mengurus semuanya sendirian tanpa bantuan asisten rumah tangga.

Berbagai urusan yang harus dikerjakan tak jarang membuat ibu menjadi stres. Tapi sebenarnya, bisakah mengurus rumah tanpa bantuan asisten rumah tangga?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Trik Ampuh Mengurus Rumah Tangga Tanpa Bantuan ART

Kalau bicara tentang urusan perempuan di rumah, rasanya banyak sekali. Mulai dari menyiapkan makanan untuk keluarga, membereskan rumah, belum lagi memastikan anak sehat dan suami bahagia.

Tapi di sisi lain, sang ibu juga tetap harus menjaga kesehatan dirinya lahir batin, memiliki me time dan tetap bisa melakukan hobinya. Tapi, bagaimana caranya?

Apalagi jika di rumah tidak ada asisten rumah tangga yang dapat membantu.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar pekerjaan rumah bisa selesai, dan Anda juga tetap dapat menikmati waktu yang Anda miliki.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Bangun Lebih Pagi

Bangun pagi adalah kunci yang bisa membuat hari-hari Anda jadi lebih maksimal.

Dengan bangun lebih pagi, artinya Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk hari itu. Misalnya Anda terbiasa bangun pukul 8 pagi, cobalah Anda bangun sedikit lebih pagi, seperti jam 7.

Jika Anda melakukan ini, artinya Anda punya tambahan waktu satu jam untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Seperti menyiapkan pakaian kerja, pakaian seragam anak, dan urusan kamar mandi mereka.

 

#2 Pahami Rutinitas Anda

Pada dasarnya, setiap rumah dan setiap keluarga pasti memiliki rutinitasnya masing-masing.

Seringkali, rutinitas ini bisa jadi berbeda antara satu rumah dan rumah lainnya. Anda bisa mempelajari bagaimana rutinitas yang ada di rumah Anda.

Jika Anda sudah menemukan pola rutinitasnya, maka hal ini akan membantu Anda agar lebih mudah menjalankan pekerjaan-pekerjaan rumah.

Misalnya memasak sambil mencuci pakaian di mesin cuci, menjemur pakaian pada saat anak Anda sedang terlelap, atau menyiapkan pakaian kerja sejak malam hari, sehingga pada pagi hari Anda bisa sedikit lebih santai.

 

#3 Tangkas dan Cekatan

Perempuan memiliki kemampuan untuk bisa mengerjakan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan. Contohnya, Anda bisa memasak sambil mencuci pakaian dan keduanya bisa selesai dengan baik.

Tapi, untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah, kemampuan multitasking saja seringkali tidak cukup. Anda juga harus bisa menjadi ibu yang cekatan dan cepat tanggap.

Apalagi jika Anda memiliki anak yang masih kecil, menjadi ibu yang cekatan bahkan bisa dikatakan sebagai sebuah keharusan.

Trik-Ampuh-Mengurus-Rumah-Tangga-Tanpa-ART-1-Finansialku

[Baca Juga: Sekaranglah Waktunya Ibu Rumah Tangga Berinvestasi, Moms Setuju?]

 

Selain cekatan, jangan lupa juga untuk mengerjakan segala sesuatu tanpa ditunda-tunda.

Misalnya, seperti menumpuk pakaian kotor, cucian piring kotor, atau baju yang belum disetrika. Karena semakin banyak Anda menumpuknya, semakin lama pula waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikannya.

 

#4 Tentukan Waktu Anda Mencuci

Menentukan waktu mencuci ini memang menjadi tantangan tersendiri. Tapi, semalas apapun Anda, jangan lupa untuk mengerjakannya dan tidak menumpuknya terlalu banyak. Karena hal tersebut justru akan semakin merepotkan Anda.

Jika perlu, Anda juga bisa menentukan metode mencuci seperti apa yang cocok bagi Anda. Misalnya dengan membuat keranjang terpisah antara pakaian anak, pakaian berwarna, dan pakaian putih juga hitam.

Dengan cara ini, proses mencuci juga akan menjadi lebih cepat dan mudah.

 

#5 Siapkan Bahan Masakan Sejak Malam

Bagian paling lama dalam proses memasak adalah menyiapkan bahan makanan, padahal makanan adalah salah satu kebutuhan pokok yang cukup krusial.

Bayangkan bagaimana suami, anak Anda, dan juga diri Anda sendiri jika tidak ada makanan yang tersedia.

Untuk mempercepat proses masak memasak ini, Anda bisa memulainya dengan membuat jadwal menu selama satu pekan.

Jadwal ini akan membantu Anda membuat masakan dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, untuk bahan-bahan yang bisa disiapkan lebih dulu, Anda bisa menyiapkannya sejak malam. Dengan cara ini, pagi hari Anda juga akan terasa lebih ringkas.

Jika Anda mau, Anda bisa membuat menu makanan dengan berbagai macam variasi dari bahan utama yang hampir mirip. Selain membantu Anda mempercepat proses memasak, cara ini juga bisa membantu menghemat pengeluaran belanja Anda.

 

#6 Kemudahan Teknologi

Mengatur rumah tangga tanpa bantuan asisten rumah tangga sebenarnya tetap mungkin dilakukan. Anda pun tetap bisa menikmati waktu-waktu bersantai Anda.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Misalnya dengan memiliki mesin cuci satu tabung, oven listrik, kulkas, microwave, dan alat-alat elektronik lainnya.

Alat-alat semacam ini memang memiliki harga yang cukup mahal. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan manfaat yang akan Anda dapatkan, harga tersebut sebenarnya cukup sepadan. Bayangkan berapa banyak waktu dan energi yang bisa Anda hemat dengan memiliki barang-barang elektronik tersebut?

Meskipun memiliki harga yang cukup mahal, Anda tetap bisa membeli barang-barang tersebut menabung sedikit demi sedikit.

 

#7 Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Berbagai macam cara memang bisa Anda lakukan untuk mengurus berbagai hal di rumah tanpa bantuan asisten rumah tangga. Namun, Anda tetap tidak boleh memaksakan diri Anda terlalu keras.

Anda bisa saja memiliki ekspektasi terhadap kondisi rumah Anda. Akan tetapi, ada kalanya Anda juga harus berdamai dengan hal tersebut. Apalagi jika Anda sudah memiliki anak kecil.

Trik-Ampuh-Mengurus-Rumah-Tangga-Tanpa-ART-2-Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Cobain 8 Cara Menghemat Uang Gaji Suami, Lihat Tantangannya!]

 

Jangan memaksakan diri Anda terlalu keras. Sesekali Anda perlu berdamai dengan kondisi rumah yang tidak terlalu rapi atau hal-hal lain di bawah ekspektasi Anda, sekadar untuk menjaga diri Anda dari rasa stres.

Kadang kala, menurunkan ekspektasi dapat membantu Anda agar tidak kecewa pada diri sendiri. Dan yang terpenting adalah membantu Anda agar tetap bahagia.

Jika Anda merasa terlalu lelah untuk memasak, Anda boleh meminta suami Anda untuk membeli makanan jadi. Atau sesekali menggunakan jasa laundry saat cucian numpuk dan Anda tidak sanggup untuk mencuci semuanya.

Tenang, meminta bantuan pasangan atau menggunakan jasa orang lain tidak akan membuat Anda menjadi ibu yang gagal.

Jangan lupa juga untuk membuat me time untuk diri sendiri. Sesekali pergilah ke salon untuk memanjakan diri.

Selama waktu me time tersebut, Anda juga bisa memberi kesempatan anak – anak untuk lebih dekat dengan ayah mereka. Menyenangkan bukan?

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Jadilah Ibu Rumah Tangga yang Sehat Lahir Batin

Itulah beberapa trik ampuh mengurus rumah tangga tanpa asisten.

Yang terpenting, jangan memforsir diri. Anda harus sehat lahir batin supaya bisa selalu mengurus keluarga Anda.

Apakah Anda memiliki seorang asisten rumah tangga untuk membantu Anda? Jika tidak, bagaimana cara Anda mengatur rumah tangga? Ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar untuk berbagi dengan ibu rumah tangga tanpa asisten lainnya.

Kalau Anda bisa mengurus rumah tanpa bantuan asisten rumah tangga, lalu kenapa tidak?

 

Apakah menurut Anda artikel ini bermanfaat? Jika iya, Anda bisa memberi tahu kenalan atau kerabat Anda yang juga mengurus rumah tangga tanpa asisten.

 

Sumber Referensi:

  • Annisast. April 2018. Tips Mengurus Rumah Tangga Tanpa Jadi Ibu Sempurna. Mommiesdaily.com – https://goo.gl/TRDA46
  • Admin. Mengurus Rumah Tangga Tanpa Stres. Sunlight.co.id – https://goo.gl/QD4xPH
  • Admin. 26 Februari 2015. Tips Mengurus Rumah Tanpa Asisten Rumah Tangga. Hijapedia.com – https://goo.gl/o3gPzp

 

Sumber Gambar:

  • IRT – https://goo.gl/LFWA2z
  • Multitasking – https://goo.gl/MjeaeL
  • Stres – https://goo.gl/8jm6tT