Di era modern ini, ibu rumah tangga berinvestasi bukanlah hal yang tabu. Seperti yang Anda ketahui, sudah menjadi hal yang umum bahwa ibu rumah tangga berperan penting dalam mengatur keuangan keluarga.

Pada umumnya, para ibu akan melakukan penghematan anggaran belanja dan juga membuat alokasi-alokasi khusus untuk beberapa kebutuhan. Namun, selain cara itu, Anda bisa mendapat hasil yang lebih besar jika mengalokasikan sebagian anggaran untuk diinvestasikan lho.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Bagaimana Kemampuan Mengatur Keuangan Wanita?

Sebagian besar ibu rumah tangga di Indonesia memiliki tugas sebagai pengatur keuangan keluarga.

Prita Hapsari Ghozi, seorang perencana keuangan dari ZAP Finance, menuturkan bahwa sebuah survei menunjukkan kalau 84 persen uang keluarga dipegang oleh kaum perempuan. Sayangnya, hanya sekitar 50 persen perempuan yang memiliki kemampuan manajerial keuangan yang baik.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Mulai dari hidup yang sudah terasa nyaman, ketergantungan terhadap pekerjaan, merasa punya banyak tabungan, hingga tidak memiliki atau terlambat merencanakan dan mengelola tabungan yang dimiliki.

Alasan-alasan tersebut membuat perempuan, sebagai pengatur keuangan keluarga, menjadi tidak siap saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau di luar dugaan.

Banyak juga perempuan yang mengandalkan tabungan sebagai dana simpanan. Padahal, setiap orang tahu bahwa nilai rupiah akan terus menurun seiring waktu.

Maka dari itu, salah satu cara untuk bisa tetap menjaga nilai rupiah yang Anda miliki adalah dengan melakukan investasi.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Mengapa Ibu Rumah Tangga Harus Berinvestasi

Meskipun identik dengan berbagai pekerjaan rumah, bukan berarti ibu rumah tangga tidak bisa melakukan investasi!

Ada banyak alasan mengapa seorang ibu rumah tangga perlu memulai investasi. Yuk ketahui apa saja alasannya!

 

#1 Penanggung Jawab Anggaran

Sebagai penanggung jawab anggaran, Anda bukan hanya harus berpikir bagaimana uang yang Anda miliki akan Anda keluarkan. Tapi juga bagaimana Anda bisa mempersiapkan masa depan keuangan keluarga Anda. Salah satunya adalah dengan menyisihkan sebagian dana untuk tabungan dan juga investasi. Tentu saja dengan nominal yang Anda sanggupi.

 

#2 Pendidikan Anak itu Penting

Siapapun tahu bahwa pendidikan anak adalah hal penting yang menjadi tanggung jawab orang tua.

Namun, biaya pendidikan yang semakin mahal menjadi satu beban tersendiri jika tidak dipersiapkan sejak dini.

Guru-Bertanggung-Jawab-Mengajarkan-Pendidikan-Keuangan-1-Finansialku

[Baca Juga: Pilihan Investasi Pendidikan Anak Terbaik yang Aman]

 

#3 Fleksibilitas Waktu

Aktivitas seorang ibu rumah tangga memang bisa dikatakan cukup padat. Namun, berbeda dengan orang yang bekerja, ibu rumah tangga bisa mengatur sendiri bagaimana ia mau menghabiskan waktunya.

Karena itu, ia bisa memanfaatkan sela-sela waktu luangnya untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan investasi. 

Apalagi saat ini akses informasi sangat terbuka luas. Anda bisa dengan mudah mengetahui apapun yang ingin Anda ketahui hanya dengan menyentuh layar smartphone Anda.

 

#4 Investasi Selembar Sehari

Untuk bisa terbiasa melakukan investasi, Anda tidak harus melakukannya dengan nominal yang langsung besar. Cobalah berinvestasi secara rutin dengan jumlah kecil setiap hari.

Misalkan saja, Anda mengumpulkan 50 ribu rupiah yang setiap hari Anda simpan untuk investasi, maka dalam beberapa waktu nominal ini akan semakin tumbuh dan menjadi besar.

Karena itu, penting bagi ibu rumah tangga dan juga perempuan manapun untuk memahami dan mulai memiliki investasi. Anda bisa memilih investasi dalam bentuk apapun sesuai dengan keadaan finansial dan kondisi keluarga Anda.

 

Pilihan Investasi Ibu Rumah Tangga

Ada banyak pilihan produk investasi yang bisa Anda pilih, bahkan yang dimulai dengan dana terbatas sekalipun. Berikut ini adalah beberapa jenis investasi yang bisa Anda pilih:

 

#1 Investasi Emas

Sudah sejak lama emas dijadikan barang untuk berinvestasi. Akan tetapi, emas yang dimaksud di sini adalah emas dalam bentuk logam mulia atau batangan. Bukan emas dalam bentuk perhiasan.

Perhiasan emas tidak dianggap sebagai investasi karena nilainya cenderung lebih mudah turun dan rentan mengalami kerusakan.

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi dalam bentuk emas logam mulia, Anda bisa membelinya di penyedia jasa penjualan emas. Salah satu yang umum adalah PT Antam.

Secara umum, emas bisa mengalami kenaikan hingga 18 persen setiap tahunnya. Menggiurkan bukan?

Ketahui serba-serbi emas lewat ebook panduan investasi emas dari Finansialku!

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#2 Reksa Dana

Di antara berbagai produk investasi, saat ini reksa dana bisa dikatakan menjadi produk investasi yang sedang naik daun.

Investasi reksa dana bisa dilakukan oleh siapapun, bukan hanya orang dari kelas atas saja.

Pasalnya, untuk memiliki investasi dalam bentuk reksa dana ini, Anda bisa memulainya hanya dengan dana sekitar 100 ribu hingga 200 ribu rupiah, tergantung di mana Anda menyimpan dana Anda.

Prinsipnya, uang yang Anda investasikan di reksa dana ini akan dikelola oleh manajer investasi.

Tentu saja orang tersebut adalah orang yang memang sudah ahli dalam mengelola investasi. Pertumbuhan rata-rata investasi dengan reksa dana ini bisa mencapai 25 persen setiap tahunnya.

Ketahui saran-saran berinvestasi reksa dana dari perencana keuangan kami lewat ebook reksa dana dari Finansialku:

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#3 Properti

Properti juga bisa menjadi pilihan investasi para ibu. Namun, untuk memiliki investasi jenis ini, modal awal yang Anda butuhkan juga cukup besar. Tapi hasil yang diberikan oleh properti juga cukup sepadan.

Untuk satu rumah tipe 90 di pinggiran kota Jakarta, Anda bisa mendapatkan kenaikan hingga 16 persen setiap tahunnya.

 

Jangka Waktu Investasi

Selain jenis investasi, Anda juga perlu tahu berapa lama jangka waktu investasi yang Anda inginkan. Jangka waktu investasi ini membantu Anda untuk menentukan jenis investasi seperti apa yang cocok bagi Anda.

Jika Anda berencana untuk melakukan investasi jangka pendek yang hanya sekitar 1-2 tahun, Anda bisa memilih deposito dan tabungan sebagai cara Anda berinvestasi.

Untuk investasi 2-5 tahun, investasi seperti sukuk ritel dengan bunga 10 persen per tahun bisa menjadi pilihan investasi.

Sekarang-Waktunya-Ibu-Rumah-Tangga-Berinvestasi-2-Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Cobain 8 Cara Menghemat Uang Gaji Suami, Lihat Tantangannya!]

 

Jika Anda berencana untuk menginvestasikannya dalam waktu yang sedikit lebih panjang, yaitu 5-8 tahun, cobalah berinvestasi di emas logam mulia atau reksa dana campuran moderat dengan suku bunga rata-rata 15 persen per tahun.

Sementara untuk investasi di jangka waktu lebih panjang, reksa dana campuran agresif dan saham bisa menjadi pilihan.

Investasi apapun yang Anda pilih, pada dasarnya yang terpenting adalah bagaimana Anda konsisten untuk menyisihkan uang Anda untuk investasi ini. Anda bisa memulainya dengan nominal yang sedikit dan perlahan-lahan menjadi nominal yang lebih besar.

 

Manfaatkan Kemudahan Investasi untuk Masa Depan Anda

Manfaat investasi mungkin baru akan Anda rasakan beberapa tahun lagi dari sejak Anda pertama kali memulai investasi. Karena itu, investasi menjadi salah satu cara yang tepat untuk mempersiapkan masa tua Anda kelak.

Nah, itulah beberapa hal terkait investasi yang perlu diketahui oleh ibu rumah tangga. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat Anda bisa membagikannya pada kenalan dan kerabat Anda agar mereka bisa mulai berinvestasi sekarang!

 

Apakah Anda telah melakukan investasi? Bagikan pengalaman Anda dan apa investasi yang Anda pilih di kolom komentar agar pembaca lain bisa saling berbagi pengalaman dengan Anda. Selamat berinvestasi!

 

Sumber Referensi:

  • Stanley Christian. 22 Oktober 2017. Ketika Ibu Rumah Tangga Berinvestasi. Wartaekonomi.co.id – https://goo.gl/URGCg5
  • Angelina Donna. 17 November 2016. Sudah Saatnya Ibu Rumah Tangga Jago Investasi. Suara.com – https://goo.gl/RNS96Y

 

Sumber Gambar:

  • Ibu Rumah Tangga Investasi – https://goo.gl/5Y84dD
  • Ibu Rumah Tangga Investasi 2 – https://goo.gl/douw1j

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang