Ingin belajar investasi emas? Pilih investasi di perhiasan emas putih atau emas batangan biasa? Cari tau informasinya di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengapa Memilih Berinvestasi Emas?

Menginvestasikan harta yang dimiliki pada emas sudah menjadi pilihan banyak orang.

Emas dipercaya merupakan salah satu investasi yang aman, karena harga emas cenderung stabil dalam jangka pendek, dan untuk jangka panjang harganya akan terus naik.

Tentu, emas lebih terasa keuntungannya jika dijadikan investasi jangka panjang.

Emas juga setara dengan aset lancar yang sangat mudah dicairkan menjadi uang tunai.

Sehingga saat memerlukan uang tunai, Anda bisa langsung mendatangi toko emas atau pegadaian yang melayani jual beli emas.

Jika ingin memilih berinvestasi emas, Anda bisa memilih jenis emas yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada emas yang berupa perhiasan atau emas batangan. Emas berupa perhiasan terbagi lagi menjadi emas kuning dan emas putih.

Nah, manakah yang lebih menguntungkan? Berinvestasi pada perhiasan emas putih, atau emas batangan?

Simaklah artikel berikut sebelum menentukan pilihan investasi Anda!

 

Kenapa Bisa Ada Emas Putih?

Emas yang dikenal di masyarakat dahulu adalah emas yang berwarna kekuningan. Namun saat ini beredar perhiasan yang disebut-sebut adalah emas putih. Jadi apakah emas putih itu juga emas?

Ternyata emas putih adalah logam mulia emas kekuningan yang sudah dicampur dengan logam lainnya yang memiliki warna putih, sehingga yang keluar dari campuran tersebut adalah warna putih.

Warna kekuningan dari emas menghilang terganti dengan warna putih berkilauan setelah dicampur dengan logam lain. Logam lain yang dapat digunakan sebagai campuran membuat emas putih di antaranya adalah nikel dan palladium.

Kilau dari emas putih muncul karena logam campuran emas dengan nikel dan palladium dilapisi lagi dengan rhodium.

Lapisan rhodium dapat memudar seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan perhiasan. Sehingga untuk memunculkan kembali kilau perhiasan, diperlukan pelapisan ulang dengan logam rhodium secara berkala.

Investasi-Emas-Putih-01-Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Berinvestasi Emas, Ayo Kenali Dulu Karat Emas dan Alasan Investasi Emas]

 

Emas putih sekarang ini banyak digunakan sebagai bahan pembuat perhiasan seperti kalung dan cincin kawin.

Perhiasan yang menggunakan emas putih memiliki kesan lebih mewah dan modern dibandingkan dengan emas kuning.

Pada perhiasan, tidak digunakan emas murni 24 karat, karena sifat emas murni yang lembek. Kalung atau cincin emas putih biasanya memilili kandungan emas 14 sampai 18 karat.

Jika sebuah cincin diberi label 18 karat, itu artinya 18 bagian (75%) adalah emas, dan 6 bagian lagi (25%) terdiri dari campuran logam lainnya.

Logam lainnya (perak, nikel, palladium, dan yang lainnya) lah yang membuat emas putih yang dijadikan perhiasan lebih kuat dan tidak berubah bentuk saat digunakan.

 

Mengenai Emas Batangan

Emas batangan adalah logam mulia yang diperjualbelikan dalam bentuk batang-batang emas, dengan berat yang berbeda-beda. Dimulai dari yang beratnya 1 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram.

Perusahaan yang memproduksi logam mulia emas batangan di Indonesia adalah PT. Aneka Tambang (ANTAM).

Kadar emas batangan nyaris 24 karat atau mencapai 99,99% kandungan emas, dan 0,01% terdiri dari campuran logam lainnya.

Logam emas murni bersifat lembek dan mudah dibentuk. Jika emas batangan dengan kadar 24 karat ini jatuh, emas tersebut tidak hancur, tetapi hanya berubah bentuk akibat benturan yang terjadi.

Emas batangan dipilih sebagai investasi yang aman dari jaman ke jaman karena nilainya yang stabil. Walaupun tidak memiliki imbal hasil setinggi investasi lain seperti investasi pada saham, namun menyimpan emas harganya akan selalu naik dalam jangka panjang.

 

Mana yang Lebih Menguntungkan

Dari kedua jenis emas di atas, yaitu emas putih dan emas batangan, manakah yang lebih menguntungkan sebagai investasi?

Hal itu dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini:

 

#1 Harga Jual dan Harga Beli

Harga beli emas putih dan emas batangan tidak berbeda jauh. Harga beli emas putih per gram bergantung dari kandungan logam, model, dan jumlah berlian. Tetapi untuk harga jual kembali emas putih akan lebih rendah.

Mengapa harga jual kembali emas putih menjadi rendah? Karena saat pembuatannya penilaian harga perhiasan emas putih tidak hanya didasarkan dari kandungan emas dan campuran logam lainnya, tetapi ada biaya desain yang tentunya tidak murah.

Pemakaian perhiasan emas putih sehari-hari mengakibatkan goresan pada emas dan memudarnya lapisan rhodium pada emas, sehingga perhiasan tidak sebaik waktu pembelian awal.

Naik-Turun-Harga-Emas-2-Finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Ketahui Cara Memulai Investasi Emas Agar Tidak Salah!]

 

Berbeda dengan emas putih, emas batangan merupakan emas murni, tidak ada biaya desain saat pembelian emas. Hal ini mengakibatkan harga jual kembali emas batangan akan lebih tinggi dari emas putih.

Sebagai informasi tambahan, sebelum membeli emas batangan, Anda perlu kembali melakukan perhitungan, karena per 2 Oktober 2017 pemerintah menerapkan pajak atas pembelian emas batangan.

Pajak ini tentunya menjadi penambah biaya pembelian emas. Setiap transaksi pembelian logam mulia di PT Aneka Tambang, akan dikenakan PPh 22.

Bagi Anda yang telah memiliki NPWP, pajak yang dikenakan adalah 0,45%, sedangkan jika Anda belum memiliki NPWP, pajak yang harus Anda bayarkan lebih mahal yaitu 0,9%.

 

#2 Pemakaian dan Penyimpanan Emas

Investasi pada emas putih, selain harganya stabil, keuntungan lainnya adalah emas putih yang umumnya berbentuk perhiasan dapat juga digunakan untuk aksesoris sehari-hari bergantung dari modelnya.

Untuk model yang lebih mewah dengan mata berlian yang banyak dan berkilau, bisa digunakan sebagai perhiasan saat menghadiri pesta atau acara penting lainnya.

Karena warnanya putih, emas putih tidak terlalu mencolok. Ada banyak perhiasan dengan bahan dasar logam lainnya yang memiliki warna hampir mirip dengan emas putih namun harganya tidak setinggi emas putih.

Berbeda dengan emas putih, emas batangan hanya dapat disimpan di tempat khusus, tidak untuk dibawa-bawa. Kelebihannya emas batangan tidak memerlukan perawatan khusus seperti pelapisan ulang pada emas putih.

 

Memilih Investasi

Pada akhirnya, pilihan investasi yang akan Anda ambil, apakah emas putih atau emas batangan bergantung dari berbagai pertimbangan masing-masing.

Banyaknya peminat dalam investasi emas, juga membuka celah bagi mereka yang ingin untung besar dengan melakukan penipuan atas nama investasi emas.

Semakin aman suatu jenis investasi, maka imbal hasil yang diterima akan kecil. Tetapi semakin besar risiko investasi, biasanya keuntungan yang didapat lebih besar.

Berhati-hati dan teliti dengan penawaran investasi emas yang menawarkan pengembalian yang tidak wajar atau terlalu tinggi. Bisa jadi malah Anda masuk pada investasi bodong yang  menguras aset Anda.

 

Apakah setelah membaca artikel ini Anda mendapatkan informasi tambahan mengenai investasi emas? Bagikan kepada semua rekan Anda supaya mendapatkan manfaatnya.

 

Sumber Referensi :

  • Admin. 7 April 2016. Perhiasan – Emas Putih vs Platinum. Orori.com – https://goo.gl/8adKtH
  • Admin. 30 Agustus 2016. Mengenal Emas Putih dan Kelebihan serta Kekurangannya. Thegold.asia – https://goo.gl/SY3E93
  • Fajar Sidik. 4 Oktober 2017. Investasi Emas Batangan : Hitung Dulu Pajak Pembeliannya. Market.bisnis.com – https://goo.gl/GJuktP

 

Sumber Gambar:

  • Investasi emas putih – https://goo.gl/iXiMG8
  • Investasi emas – https://goo.gl/XH1J77, https://goo.gl/u9r5L2

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang