Apakah Anda sering mendengar bahwa menikah harus sudah mapan? Bagaimana jika Anda mau menikah tapi belum mapan?

Tidak jarang mempersiapkan pernikahan impian memang menguras uang kita. Tetapi jika Anda menunggu mapan, kapan Anda akan mulai menikah. Jika Anda ingin menikah tetapi belum mapan dari segi finansial, ketahui tipsnya disini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Menikah

Tidak jarang kita melihat saudara, teman, selebgram bahkan artis yang menikah dengan megah dan cantik-cantik dengan embel-embel sebagai pernikahan impian.

Mari kita lihat pernikahan mewah dari Sandra dewi, yang melangsungkan pernikahannya hingga dua kali. Di Indonesia dan juga di Disneyland Tokyo.

Mau Menikah Tapi Belum Mapan Begini Caranya! 02 Sandra Dewi Wedding - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menikah? Pasangan Biasanya Melakukan Perencanaan Dana Pernikahan Dulu]

 

Pernikahan yang mewah dan megah memang dijadikan alasan sebagian orang untuk menghabiskan uangnya karena menikah ini adalah momen sekali seumur hidup.

Memang tidak ada salahnya untuk menggelar pernikahan yang mewah dan megah, apalagi jika Anda ingin menggelar pernikahan impian versi Anda. Tetapi jangan lupa juga dengan kondisi keuangan yang Anda miliki.

Jika memang Anda sudah bersusah payah dalam menyisihkan uang yang ingin Anda tabung dan target menikah Anda masih semakin dekat. Berapa lama lagi pasangan Anda mau menunggu Anda?

Tidak ada salahnya jika Anda menikah sebelum Anda mapan, karena tujuan Anda menikah adalah ibadah dan memang Anda pun tidak dapat memungkiri bahwa finansial saat menikah pun menjadi isu utama dalam pernikahan.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Singkat cerita, saya mendengar teman saya ingin melangsungkan pernikahan pada umurnya yang terbilang muda. Teman saya dan pasangannya tidak mau menunda-nunda tahap selanjutnya dalam kehidupan yang baik ini.

Teman saya pun bercerita bahwa sebelum mapan memang sulit untuk melangsungkan pernikahan. Tetapi jika memang niatnya baik, segala masalah pun ada solusinya.

Saya pun bertanya, hal apa yang sering menjadi masalah. Teman saya pun menjawab, masalah keuangan mengenai bagaimana acara pernikahan tersebut akan berlangsung.

Tidak dapat dipungkiri juga kalau masyarakat Indonesia terbiasa dimanjakan dengan pesta pernikahan yang mewah. Meski tidak dilangsungkan di gedung, tetap saja ada biaya-biaya yang memakan biaya yang besar.

Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan bila kita ingin menikah dengan keadaan keuangan yang belum mapan ini? Yuk kita simak tips berikut ini.

 

Tips Menikah Belum Mapan

Anda dan pasangan sudah sama-sama ingin ke jenjang yang lebih serius, dengan kondisi keuangan yang dirasakan belum mapan, Anda perlu menyiapkan hal-hal berikut supaya Anda dapat melangsungkan pernikahan Anda dengan khidmat.

 

Tips #1 Komunikasikan Budget

Ketika Anda beserta keluarga bertemu dengan keluarga pasangan Anda, Anda pun harus mengkomunikasikan bagaimana dengan budget pernikahan.

Apakah akan diserahkan ke Anda atau ke pasangan atau dengan porsi yang telah ditentukan.

Ketika Anda sudah mengalokasikan budget untuk menikah, maka langkah selanjutnya pun akan semakin mudah.

Jika belum menemukan titik terang dari budget pernikahan Anda, Anda pun harus tetap mengkomunikasikan bagaimana budget pernikahan ini.

Mau Menikah Tapi Belum Mapan Begini Caranya! 03 Budget Pernikahan - Finansialku

[Baca Juga: Ide Resepsi Pernikahan Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Terapkan]

 

Jangan putus asa, jika Anda memang memiliki niat yang baik dan tulus namun Anda merasa belum mapan, Anda pun tidak akan diribetkan dengan urusan uang yang tidak sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Saat Anda mengkomunikasikan berapa budget yang Anda miliki, lalu pasangan Anda pun akan menyesuaikan. Apakah akan dibagi porsi budget-nya atau mengikuti alokasi budget yang telah Anda siapkan.

 

Tips #2 Memilih Tempat

Setelah Anda dan pasangan mengalokasikan budget untuk pernikahan, selanjutnya adalah menentukan tempat untuk melangsungkan pernikahan Anda.

Jangan memaksakan untuk menikah di gedung apalagi hingga Anda berutang demi menikah di gedung. Jika Anda dan pasangan hanya mampu menikah di rumah, maka tidak ada salahnya untuk melangsungkan pernikahan di rumah.

Budget-nya pun akan lebih murah daripada menikah di gedung. Selain itu, keuntungan menikah di rumah adalah Anda tidak perlu menunggu waktu yang kosong untuk menggunakan rumah Anda.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jika Anda melangsungkan pernikahan di gedung, Anda harus sudah mulai mencarinya minimal dari satu tahun sebelumnya. Karena ketersediaan tanggal di gedung terbatas dimana gedung tersebut tidak digunakan oleh orang lain.

Jika Anda dan keluarga ingin melangsungkan pernikahan di gedung, Anda pun bisa mencari venue-venue yang sekiranya murah dengan memakai jaringan pertemanan Anda.

Anda juga bisa memesan gedung dari jauh-jauh hari, minimal dari satu tahun sebelum Anda melangsungkan pernikahan.

 

Tips #3 Memilih Katering

Katering menjadi hal yang sangat penting dalam melangsungkan pernikahan, karena Anda pasti tidak ingin kan kalau tamu-tamu undangan Anda kelaparan dan pulang dengan wajah yang tidak puas karena makanannya kehabisan.

Ada baiknya Anda mencari katering yang bisa menyediakan makan berlebih, sehingga Anda pun  tidak akan mendengar tamu-tamu yang kehabisan makanan.

Katering ini memang memakan biaya yang besar, jika Anda ingin mengakali biaya katering ini. Anda pun bisa mengerahkan tetangga atau saudara-saudara Anda untuk memasak di pernikahan Anda.

Tentunya dengan melakukan ini, biaya katering Anda pun menjadi jauh lebih murah dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Yang terpenting Anda harus menyediakan prasmanan, bagian makanan cemilan tidak urgent.

Jika memang keluarga Anda bersikeras untuk menggunakan katering dari luar, Anda sekali lagi bisa menggunakan jaringan pertemanan Anda. Anda pun bisa meminimalkan biaya katering dengan tidak menyediakan stall yang banyak.

Anda lebih baik memfokuskan pada makanan prasmanan yang masih bisa tetap dimakan dan dinikmati oleh tamu Anda daripada Anda memikirkan tentang stall-stall makanan yang bisa membuat biaya katering semakin bengkak.

 

Tips #4 Jangan Melupakan Hal yang Wajib

Anda pun jangan melupakan hal yang wajib, seperti cincin pernikahan dan mas kawin yang menjadi syarat wajib pernikahan. Jangan lupa juga hantaran yang harus dipersiapkan.

Sekali lagi, sesuaikan semua kewajiban ini dengan budget Anda. Jangan sampai Anda hanya membesarkan gengsi daripada fungsi dari kewajiban pernikahan itu sendiri.

Mau Menikah Tapi Belum Mapan Begini Caranya! 04 Mahar - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Saya Bisa Mewujudkan Resepsi Pernikahan Impian? Tentu BISA!]

 

Hal-hal yang lainnya seperti undangan, souvenir, seragam, dan yang lainnya. Sesuaikan dengan budget Anda, jika Anda tidak mampu untuk membelikan seragam, mengapa harus memaksa?

Anda hanya perlu menunaikan kewajiban untuk melangsungkan pernikahan. Jika tidak termasuk dalam kewajiban, Anda pun bisa menekan harganya seminimal mungkin.

 

Menikahlah Sesuai Dengan Kemampuan Anda

Jika Anda ingin melangsungkan pernikahan, pastikan Anda melangsungkannya sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan sampai pernikahan ini malah menjadi asal muasal Anda terlilit utang.

Di dalam pikiran kehidupan sesudah menikah akan menyenangkan, kenyataannya Anda sendiri kebingungan untuk melunasi utang pesta pernikahan.

Ada baiknya uang yang Anda habiskan bukan untuk kewajiban pernikahan digunakan untuk meraih impian Anda ke depannya.

Anda bingung bagaimana caranya menyiapkan dana pernikahan Anda ? Tenang saja, Finansialku bisa membantu Anda untuk merencanakan dana pernikahan Anda dengan mudah semudah mengklik link download aplikasi finansialku di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda bingung apa yang harus Anda lakukan terlebih dahulu untuk mengatur keuangan Anda agar Anda siap menikah? Anda bisa men-download ebook perencanaan keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana tips mempersiapkan menikah tetapi belum mapan.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bagaimana tips mempersiapkan menikah tetapi belum mapan. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Menikah – https://goo.gl/toRGco
  • Sandra Dewi Wedding – https://goo.gl/C4gMnq
  • Budget Pernikahan – https://goo.gl/Y3zt7M
  • Mahar – https://goo.gl/T6XzZi