Mencapai kebebasan finansial dengan reksa dana di usia muda bukanlah suatu kemustahilan. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapainya. Let’s check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Siap Menuju Kebebasan Finansial

Apakah kamu sudah menerapkan kedisiplinan dalam mengelola keuangan? Jika belum, yuk ubah kebiasaan ini sekarang juga.

Kenapa harus sekarang?

Gak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri, termasuk dalam hal mengelola keuangan. Terlebih jika kamu berkeinginan menjadi financial freedom, salah satu langkah untuk meraihnya yaitu mengantongi dana darurat.

Apa sih dana darurat? Simplenya, dana darurat akan membantumu di saat membutuhkan pengeluaran mendadak. Sehingga tidak akan mengganggu cashflow keuangan yang lainnya.

Bagaimana Cara Meraih Kebebasan Finansial Dengan Reksa Dana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Karyawan Milenial! 5+ Kiat Mencapai Kebebasan Finansial yang Perlu Kamu Tiru]

 

Apalagi saat ini kita dihadapkan pada kondisi new normal di tengah pandemi Corona, yang mana hampir semua sektor kehidupan pun lumpuh. Artinya, dana darurat ini amat diperlukan setiap orang. 

Besaran dana darurat yang harus dimiliki berbeda-beda, disesuaikan dengan kondisi masing-masing, apakah kamu masih single, sudah menikah, atau sudah punya anak.

Setidaknya dana darurat yang kamu miliki bisa meng-cover 3-6 bulan kebutuhan hidup.

Bagaimana Cara Meraih Kebebasan Finansial Dengan Reksa Dana 02 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Menuju Kebebasan Finansial, Di Posisi Manakah Anda?]

 

Nah, dana darurat ini bisa disimpan di mana saja, misalnya tabungan atau ATM, dalam bentuk logam mulia, dan sebagainya.

Tapi pengalaman saya saat menghadiri beberapa seminar keuangan, dana darurat ternyata bisa disimpan atau dikelola dalam bentuk investasi, lho.

Kira-kira instrumen investasi apa yang cocok mengelola dana darurat ini sehingga langkah menuju kebebasan finansial bisa terealisasi? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

 

Langkah Bebas Finansial dengan Reksa Dana

Pernah dengar investasi reksa dana? Pasti familiar dong apalagi saat ini reksa dana sudah terdigitalisasi. Cukup via smartphone kamu bisa membuat akun dan menyetorkan dana investasi.

Melansir laman Bareksa.com, berinvestasi di reksa dana sangatlah mudah. Sebagai pemula kamu bisa mengawali dengan modal kecil atau disarankan 20 persen dari penghasilan.

Cocok kan buat jadi instrumen yang membantu mengelola dana daruratmu.

 

Manfaat Berinvestasi di Reksa Dana

Mengawali langkah ini kamu bisa berinvestasi melalui bank penyedia reksadana atau ditransaksikan dengan perantara agen penjual reksadana (APERD) yang mengantongi izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, berbagai e-commerce di Indonesia juga menjual reksa dana lho.

Gak perlu khawatir, sebagai salah satu produk investasi pasar modal, reksa dana diatur ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi risiko penyalahgunaan dana nasabah akan semakin kecil terjadi.

Bagaimana Cara Meraih Kebebasan Finansial Dengan Reksa Dana 03 - Finansialku

[Baca Juga: Semakin Lebih Dekat, 4 Rahasia Menuju Kebebasan Finansial]

 

Keuntungan lainnya, hasil investasi reksa dana bukan merupakan obyek pajak dan likuiditasnya pun terbilang tinggi. Artinya, kamu bisa mencairkan reksa dana dengan mudah dan cepat, setiap saat.

Cocok banget kan jadi tempat mengelola dana darurat yang notabene akan kamu gunakan ketika ada kebutuhan mendesak.

Last but not least, berbicara tentang investasi gak terlepas dari imbal hasil yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu mengelola dana darurat dalam bentuk investasi di reksa dana, potensi imbal hasil cukup menarik dalam jangka panjang.

Potensi tersebut berkaitan erat dengan jenis reksa dana dan jangka waktu investasi yang dipilih, sehingga dapat menjadi alternatif dalam mengelola dana darurat atau berbagai rencana keuangan lainnya.

 

Tips Sederhana Mengelola Investasi

Sebagian besar orang mungkin beranggapan cukup sulit menyisihkan penghasilan dan mengelolanya sebagai dana darurat, tapi melihat fungsi serta kebermanfaatan dana darurat ini seharusnya menjadi motivasi kamu untuk mewujudkannya.

Ingat, ini menjadi langkah mencapai kebebasan finansial. Berikut beberapa tips sederhana dalam mengelola investasimu:

 

#1 Buat Cashflow Pengeluaran dan Investasi

 Ini adalah hal yang penting untuk dilakukan sehingga penghasilan yang kamu dapatkan memiliki pos-pos pengeluaran yang jelas.

Jangan berharap untuk mencapai kebebasan finansial jika kamu tidak disiplin dalam mengikuti cashflow ini.

 

#2 Rutin Berinvestasi

Membuat agenda rutin untuk investasimu dan disiplin terhadap hal tersebut. Sebisa mungkin jangan melewatkan agenda yang sudah kamu tetapkan.

 

#3 Jaga Biaya Investasimu

Dalam berinvestasi kamu tetap harus memperhatikan biaya investasinya. Jangan sampai biaya tersebut lebih tinggi dari imbal hasil yang kamu dapatkan.

Kira-kira sudah tergambarkan langkah-langkah menuju kebebasan finansial? Sudah siapkah untuk mengelola dana daruratmu dengan berinvestasi?

Kalau masih bingung, kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang investasi di reksa dana melalui Komunitas Belajar Reksa Dana Finansialku.

 

Gabung Sekarang Di Komunitas BELAJAR REKSA DANA Finansialku!

komunitas reksa dana

SAYA MAU JOIN

 

Kejar Impian Menjadi Financial Freedom

Melangkah perlahan tapi pasti jauh lebih baik daripada diam di tempat. So, impian mencapai kebebasan finansial pun harus diwujudkan dengan langkah nyata. Disiplin mengatur keuangan dan kelola investasimu sebaik mungkin.

Nah, untuk membantu kamu mengelola keuangan, kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku, lho. Aplikasi ini merupakan aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang sudah tercatat dan diawasi oleh OJK.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur dan merencanakan keuangan, konsultasi keuangan, serta mengecek kesehatan finansial kamu. Yuk, download aplikasinya dan selamat mencoba…

playstore icon
appstore icon

 

Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai investasi ataupun kebebasan finansial, jangan ragu untuk tulis di kolom komentar, ya. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 1 Maret 2019. Ingin Raih Kebebasan Finansial? Investasi Secara Disiplin di Reksadana. Bareksa.com- https://bit.ly/2D3REEO

 

Sumber Gambar:

  • Bebas Finansial 1 – https://bit.ly/3ijLaku
  • Bebas Finansial 2 – https://bit.ly/3a6drIg
  • Bebas Finansial 3 – https://bit.ly/31LDfpF