Anda masih belum menemukan cara yang tepat untuk mencapai merdeka keuangan? Jangan khawatir, ikuti langkah merdeka keuangan berikut ini.

Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Langkah Meraih Merdeka Keuangan

Ada banyak orang yang memiliki keinginan untuk meraih merdeka keuangan, namun belum tentu semuanya sudah mengetahui apa saja langkah yang perlu ditempuh untuk mencapainya.

Faktor terbesar yang membuat seseorang tidak dapat mencapai merdeka keuangan dan tidak tau apa yang harus ia lakukan adalah cara berpikirnya sendiri.

Terkadang seseorang sudah membangun sebuah mindset bahwa ia tidak mampu atau mungkin memiliki ketakutan dan ragu akan kehidupannya sendiri.

Hal ini akhirnya bagaikan sebuah tembok penghalang bagi seseorang untuk mencapai apa yang ia inginkan.

Untuk itu, hal pertama yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu untuk meraih merdeka keuangan ialah menghancurkan tembok yang selama ini menghalangi Anda, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.

 

#1 Bercermin dari Masa Lalu Anda

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membentuk masa depan yang lebih baik ialah dengan bercermin dari apa yang sudah Anda alami hingga saat ini dan menjadikannya sebuah pelajaran.

Anda memiliki kesempatan besar untuk berubah apabila terdapat hal yang kurang baik terjadi di masa lampau, serta mengembangkan hal-hal baik yang pernah Anda alami, terlebih lagi jika Anda merasa bahwa hal baik tersebut dapat membawa Anda kepada kesuksesan.

Mudah dan Simpel, Gini 9 Langkah Meraih Merdeka Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Mengatur Keuangan Meski Gaji Minim, Bisa Banget Lho!]

 

#2 Lawan Ketakutan Anda

Rasa pesimis dan takut merupakan salah satu awal dari kegagalan yang sering dihadapi oleh banyak orang.

Ada banyak yang gagal karena merasa tidak mampu melakukan apa-apa, sedangkan dirinya belum pernah mencoba untuk melakukan hal tersebut.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang yang merdeka keuangan maka Anda perlu percaya terlebih dahulu bahwa Anda dapat menggapainya.

Anda perlu melawan keraguan yang ada dan mulai menciptakan cara berfikir atau mindset yang benar.

 

#3 Jujur dengan Diri Sendiri

Jujur dengan diri sendiri bertujuan agar Anda sepenuhnya terbuka dengan keberadaan Anda sebagaimana adanya, dan menerima semua kenyataan tersebut, meskipun menurut Anda kenyataan itu bukanlah hal dapat dibanggakan.

 

#4 Bertanggung Jawab kepada Orang yang Dicintai

Memiliki sebuah rasa tanggung jawab terhadap orang yang Anda cintai bisa menjadi sebuah pemacu bagi Anda untuk semakin berusaha agar bisa mencapai merdeka keuangan.

Membuat mereka bahagia tentu merupakan sebuah wujud tanggung jawab yang bisa Anda perlihatkan secara nyata bukan?

Mudah dan Simpel, Gini 9 Langkah Meraih Merdeka Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips Keuangan Tetap Aman Sebelum, Setelah, dan Saat Melahirkan]

 

#5 Menghormati Diri Sendiri dan Uang Anda

Terkadang ada orang yang tidak percaya dengan kemampuan dirinya sendiri, dan sudah membangun mindset bahwa ia tidak mampu untuk melakukan hal yang besar.

Nah, hal seperti inilah yang perlu Anda hindari jika ingin meraih merdeka keuangan! Anda harus percaya dengan potensi yang Anda miliki dan percaya bahwa Anda bisa mencapai kemerdekaan itu.

Lalu Anda juga perlu mulai menghormati uang Anda, artinya Anda harus dapat mengelolanya dengan benar dan tidak menghambur-hamburkannya untuk sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Untuk bisa mengelola keuangan dengan benar, Anda bisa mempelajari taktiknya di e-book Finansialku yang bisa diunduh dan dibaca dengan GRATIS di bawah ini!

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#6 Percayai Diri Anda Lebih dari Anda Mempercayai Orang Lain

Mempercayai diri sendiri bisa dalam berbagai hal yang sering dilakukan sehari-hari, termasuk dalam meraih merdeka keuangan.

Mungkin Anda saat ini percaya bahwa atasan ataupun teman Anda pasti mampu mencapai hal tersebut, namun Anda juga perlu lebih percaya lagi lagi bahwa diri Anda juga mampu meraihnya apabila Anda berusaha mulai dari sekarang.

 

#7 Terbuka untuk Menerima yang Seharusnya Anda Miliki

Tahap ini berbicara mengenai kesiapan Anda untuk menerima sesuatu yang lebih besar, dan mungkin bahkan lebih dari yang selama ini Anda miliki.

Mengapa hal ini penting? Sebab apabila seseorang belum siap, maka sebanyak apapun uang yang dipercayakan kepadanya maka itu tidak akan bisa menjadi apa-apa.

Karena apabila uang kita ibaratkan sebagai air dan dirinya sebagai wadah penampung, maka dia belum memiliki ukuran yang cukup untuk menerima air yang banyak itu.

Maka Anda perlu upgrade diri Anda agar memiliki kesiapan yang matang.

Mudah dan Simpel, Gini 9 Langkah Meraih Merdeka Keuangan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ikuti Cara Rasulullah Mengelola Keuangan Rumah Tangga]

 

#8 Memahami Pasang Surut dari Siklus Keuangan

Siklus keuangan tentu bukan satu hal yang bisa kita tebak dengan 100% benar, untuk itu Anda perlu siap untuk menghadapi setiap pasang surut yang terjadi. Selain memahami, Anda juga perlu memanfaatkan setiap peluang yang ada.

 

#9 Mengakui Kekayaan Sejati

Kekayaan sejati ialah apa yang Anda miliki dalam diri Anda sendiri, dan bukan selalu berbicara tentang materi, tetapi dapat pula berupa kemampuan yang Anda miliki.

Jika Anda mengakui hal ini, maka peluang Anda untuk memaksimalkannya akan menjadi lebih besar.

 

Berawal Dari Diri Sendiri

Setelah menyimak pembahasan di atas, tentu kita menjadi sadar bahwa langkah meraih merdeka keuangan sebenarnya tidaklah begitu sulit, sebab semuanya berawal dari diri sendiri.

Untuk itu jangan pernah membatasi diri Anda, dan mulailah membangun hal-hal yang positif mulai dari sekarang.

 

Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda, dan jangan lupa untuk memberi pendapat di kolom komentar serta membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat agar mereka juga bisa mengikuti langkah-langkah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Trent Hamm. 17 November 2006. The 9 Steps To Financial Freedom: Overview. Thesimpledollar.com – https://bit.ly/3ciZDuB

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan 1 – https://bit.ly/2LLJKkC
  • Keuangan 2 – https://bit.ly/36tnt4E
  • Keuangan 3 – https://bit.ly/3geYSon