Sebuah keluarga yang super sibuk tetap harus memiliki perencanaan dan pengaturan keuangan. Inilah cara untuk merencanakan dan mengatur keuangan keluarga yang super sibuk demi tujuan keuangan yang lebih baik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Merencanakan dan Mengatur Keuangan untuk Keluarga Super Sibuk

Sudahkah Anda merencanakan keuangan? Keluarga super sibuk biasanya tidak punya banyak waktu luang. Terkadang saking sibuknya, tidak ada waktu untuk merencanakan keuangan keluarga. Apakah keluarga Anda adalah salah satunya? Sebuah keluarga yang super sibuk biasanya terdiri dari suami dan istri yang keduanya bekerja. Tentunya memiliki 2 sumber penghasilan berarti memiliki lebih banyak pemasukan. Tetapi tanpa perencanaan keuangan yang jelas, pemasukan yang banyak itu tidak akan berguna. Pada akhirnya Anda tidak akan mencapai kebebasan keuangan jika tidak mengetahui cara yang tepat untuk merencanakan keuangan.

 02-mengelola-keuangan-keluarga-indonesian-dreams-2017-finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan Keluarga Indonesia]

 

Karena itu pelajarilah beberapa cara untuk merencanakan dan mengatur keuangan untuk keluarga super sibuk berikut ini:

 

#1 Mengorganisir Keuangan

Semakin sibuk keluarga Anda, maka segala hal harus semakin terorganisir. Cobalah membuat setiap pengaturan keuangan menjadi lebih efektif. Dengan begitu waktu yang sedikit dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan segala urusan. Ajak pasangan Anda membantu mengumpulkan tagihan bulanan, bon, bukti pembayaran, buku tabungan dll. Mulailah berkomitmen dengan pasangan untuk meluangkan waktu paling tidak satu jam untuk meninjau berapa pemasukan dan pengeluaran bulanan Anda.

Agar waktu yang diluangkan dapat digunakan secara efektif, sebaiknya pilih waktu dimana anak-anak sudah tertidur. Dengan begitu Anda bisa berfokus penuh pada perencanaan dan pengaturan keuangan. Gunakan waktu ini untuk menganalisis arus keuangan keluarga setiap bulannya. Selain itu bicarakan dengan pasangan apa saja tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam beberapa tahun ke depan.

 

#2 Pilih Aplikasi untuk Membuat Anggaran

Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat membantu membuat anggaran bulanan. Ini adalah solusi yang efektif bagi Anda yang tidak punya banyak waktu karena aplikasi dapat diakses melalui ponsel atau gadget Anda. Untuk membuka aplikasi tersebut Anda hanya perlu meluangkan waktu beberapa menit. Dengan begitu kesibukan Anda tidak akan terganggu seperti jika membuat anggaran secara fisik.

Aplikasi tersebut akan memudahkan Anda mengontrol pengeluaran karena dapat terus diakses. Gunakan aplikasi tersebut untuk mengontrol keuangan Anda dan memastikan setiap pengeluaran sesuai dengan anggaran yang sudah ditentukan.

 Keluarga Bahagia karena Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Anggaran Aplikasi Finansialku]

 

#3 Otomatisasi Pembayaran

Mengurus pembayaran tagihan bulanan adalah hal yang memakan waktu. Bagi keluarga yang tidak terlalu sibuk mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Tetapi bagi keluarga super sibuk, meluangkan satu jam untuk mengurus tagihan akan sangat menyita waktu. Lebih baik gunakan sistem otomatisasi pembayaran. Hanya saja Anda tidak disarankan untuk membuat otomasi seluruh pembayaran. Sebaiknya otomatisasi pembayaran tagihan rutin seperti listrik, air, telpon, internet, termasuk pembayaran asuransi. Sementara untuk pembayaran yang bersifat variabel seperti kartu kredit sebaiknya tidak diotomatisasi. Jika pembayaran tagihan kartu kredit dilakukan secara otomatis maka Anda cenderung tidak mengetahui berapa penggunaannya. Akhirnya Anda tidak menyadari ketika sudah terjadi pemborosan.

 

#4 Investasi Auto Debet

Menggunakan sistem auto-debet untuk berinvestasi juga dapat menghemat waktu Anda. Ada beberapa perusahaan penyedia produk investasi yang menyediakan jasa auto-debet untuk investasi. Kebanyakan keluarga sibuk cenderung lupa berinvestasi karena tidak memiliki waktu yang cukup. Karena itu penggunaan sistem investasi auto-debet dapat sangat membantu memudahkan proses investasi Anda.

Capai Kebebasan Keuangan dengan Kerja Sama Anggota Keluarga 2 - Finansialku

[Baca Juga: Autodebet Reksadana Online, Panduan Step by Step]

 

#5 Gunakan Jasa Perencana Keuangan Pribadi Profesional

Bagi keluarga yang memiliki waktu yang sangat terbatas, sebaiknya Anda menggunakan jasa perencana keuangan pribadi yang profesional. Dengan bantuan tenaga ahli, Anda tidak perlu repot membuat perencanaan sendiri yang memakan waktu cukup lama. Di samping itu perencanaan yang dibuat akan lebih efektif karena dilakukan oleh ahli. Anda dapat bertanya hal-hal yang tidak dimengerti mengenai perencanaan tersebut kepada perencana keuangan Anda.

Keuntungan lain yang didapatkan adalah fasilitas monitoring. Perencana keuangan akan terus memantau kinerja keuangan Anda, apakah sudah berjalan sesuai rencana atau belum. Jika tidak sesuai dengan rencana maka perencana keuangan akan mengingatkan Anda untuk memenuhi target yang telah ditentukan. Jika target terus tidak tercapai karena ada perubahan dalam hidup Anda maka perencana keuangan dapat membantu untuk merevisi rencana yang sudah dibuat. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan perencanaan keuangan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapat dipenuhi.


6 Kesalahan Saat Merencanakan Dana Pendidikan Anak - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Jasa Konsultasi Perencana Keuangan? Dimana Carinya? Dan Apakah Menguntungkan?]

 

Pada tahun pertama perencanaan, biaya yang akan dikeluarkan memang cukup besar, tetapi biaya ini akan sepadan dengan waktu yang tidak dapat Anda beli. Di tahun-tahun berikutnya biaya akan lebih murah karena perencana keuangan tidak perlu membuat rencana baru. Jika memang ada, biasanya hanya revisi yang tidak serumit perencanaan awal.

 

Mencapai Financial Freedom dengan Waktu Terbatas

Setiap orang tentu mendambakan financial freedom atau kebebasan keuangan. Sebagai sebuah keluarga yang sibuk bekerja atau berusaha, tentu Anda memiliki pendapatan yang lebih besar daripada keluarga pada umumnya. Hanya saja merencanakan dan mengatur keuangan harus tetap dilaksanakan dengan baik. Tanpa perencanaan keuangan yang baik, pendapatan sebesar apapun tidak akan bisa membuat Anda mencapai kebebasan keuangan. Dengan perencanaan dan pengelolaan yang baik, Anda dapat mencapai kebebasan keuangan walaupun dengan waktu yang terbatas.

 

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Sudahkan Anda merencanakan dan mengatur keuangan untuk keluarga Anda? Silakan share pendapat dan komentar Anda!

 

Sumber Referensi :

  • Intuit Mint. Personal Finance Management for Busy Families. https://goo.gl/UFUTTT

 

Sumber gambar :

  • Keluarga Senyum – https://goo.gl/K9Vt8y

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang