Tahun ini 17 Agustus, hari peringatan kemerdekaan Indonesia jatuh pada hari Sabtu. Namun bagaimana cara milenial mengisi kemerdekaan tahun ini?

Artikel ini akan memberikan ide-ide menarik untuk mengisi kemerdekaan tahun ini yang dijamin tidak akan membuat bosan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Milenial Mengisi Kemerdekaan

Tidak terasa, sebentar lagi Indonesia akan merdeka selama 74 tahun. Di balik kemerdekaan tersebut, setiap generasi bangsa pasti memiliki makna dan caranya masing-masing dalam mengartikan dan mengisi kemerdekaan tersebut.

Salah satu generasi yang mendapat perhatian banyak orang adalah generasi milenial. Generasi yang super kreatif ini memiliki cara sendiri untuk mengisi kemerdekaan tahun ini. Berikut adalah caranya:

 

#1 Berprestasi

Prestasi adalah sebuah kebanggaan bagi Anda pribadi dan seluruh orang di sekitar Anda. Prestasi juga merupakan sebuah semangat untuk terus maju dan merdeka dari ketidaktahuan.

Dari prestasi, Anda dapat membanggakan Indonesia. Mengapa tidak? Generasi milenial terkenal dengan keaktifan di bidangnya masing-masing. Namun, untuk dapat berprestasi, Anda harus sungguh-sungguh pada bidang tersebut.

Prestasi dapat membanggakan keluarga. Prestasi juga dapat mengharumkan nama bangsa. Yang paling penting adalah melalui prestasi, Anda selalu berusaha untuk membangun diri menjadi lebih baik dari hari kemarin.

 

#2 Mengabdi

Pernahkah Anda mendengar nama Silvia Halim? Perempuan ini sering dijuluki sebagai wanita tangguh di balik MRT Jakarta. Tak tanggung-tanggung, dirinya pun sering disebut sebagai Kartini masa kini.

Silvia Halim adalah Direktur Konstruksi MRT Jakarta. Ya, di balik mega konstruksi MRT Jakarta, terdapat seorang wanita yang beredukasi tinggi dan memiliki daya juang tinggi demi kota Jakarta.

Bagaimana Cara Milenial Mengisi Kemerdekaan Tahun Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Bebas dan Merdeka Secara Finansial di Hari Kemerdekaan RI? Wujudkan 10 Cara Ini!]

 

Apa hubungannya dengan mengabdi? Generasi milenial sepatutnya belajar dari seorang Silvia Halim.

Ia telah bekerja 12 tahun di Singapura, namun tetap memilih untuk kembali ke Indonesia dan mengambil tanggung jawab untuk membangun MRT.

Tidak hanya kenyamanan yang ditinggalkannya, ia pun memilih untuk bekerja di Indonesia dengan gaji yang lebih rendah.

Pengabdian tersebut juga terlihat dari keinginannya untuk membangun dan melayani Indonesia.

 

#3 Mendukung Perkembangan Produk dalam Negeri

Milenial identik dengan kreativitas yang segudang banyaknya dan milenial juga terkenal memiliki sifat percaya diri yang tinggi.

Walaupun terdengar buruk, sebenarnya hal ini merupakan hal positif yang dapat memberikan arti kemerdekaan.

Banyak milenial zaman sekarang yang berlomba menciptakan produk dalam negeri dengan kualitas yang tidak kalah dan bahkan melebihi produk impor.

Tidak hanya itu, perkembangan teknologi juga dimanfaatkan oleh para generasi milenial.

Apakah Tepat Investasi Forex Bagi Milenial 02 Milenial - Finansialku

[Baca Juga: Hari Kemerdekaan RI 2019: Kumpulan Ucapan Selamat HUT RI Ke-74]

 

Terbukti banyaknya platform jual beli online, platform pemesanan makanan online, hingga platform kendaraan umum yang asli dibangun oleh generasi muda Indonesia.

Tentu dengan generasi milenial yang berusaha mengembangkan produk dalam negeri, Indonesia akan semakin maju dan merdeka dari bayang-bayang persaingan luar negeri.

 

#4 Berbagi Pendidikan

Berbagi adalah sebuah sifat yang diajarkan budaya Indonesia. Sedari kecil, kita telah mengetahui pentingnya berbagi demi kepentingan bersama.

Hal ini juga dilihat dari generasi milenial yang senantiasa meluangkan waktunya untuk berbagi.

Salah satu hal yang paling sering dilakukan adalah berbagi ilmu. Pembagian ilmu ini ditujukan untuk membangun Indonesia yang benar-benar merdeka. Milenial memiliki segudang cara untuk berbagi ilmu ini.

Ada yang memanfaatkan teknologi dengan membangun komunitas belajar melalui platform online sebagai teknik marketingnya.

Mahasiswa Wajib Investasi Demi Masa Depan Gemilang 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fakta Kemerdekaan Indonesia yang HARUS Kamu Ketahui]

 

Ada pula yang membangun organisasi non-profit yang bertujuan untuk membantu pendidikan di daerah yang sulit terjangkau.

Fasilitas pendidikan haruslah menjadi prioritas utama negeri ini. Pendidikan adalah kunci untuk memerdekakan bangsa dari keterbatasan, kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Untuk itu, dengan adanya generasi milenial yang terjun langsung dalam pengembangan pendidikan Indonesia, hal ini sudah seharusnya menjadi motivasi dan cerminan bagi para pemuda lainnya untuk terus memajukan pendidikan, bagaimanapun caranya.

 

#5 Mengenalkan Budaya Indonesia Kepada Dunia

Budaya merupakan cerminan sebuah bangsa dan juga budaya menunjukkan jati diri serta harga diri sebuah bangsa. Itu mengapa, budaya sangat erat kaitannya dengan kemerdekaan Indonesia.

Generasi milenial termasuk salah satu generasi yang melalui kreativitasnya memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia. Pernahkah Anda tahu chef Renatta Moeloek yang baru ini menjadi juri di ajang Masterchef Indonesia?

Ia termasuk salah satu anak muda yang selalu berusaha mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia melalui masakannya.

Chef Renatta pernah mempromosikan kuliner khas Nusantara pada saat melakukan tur di sejumlah negara Eropa.

Bagaimana Cara Milenial Mengisi Kemerdekaan Tahun Ini 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Merdeka Finansial Atau Bokek Finansial? Begini Cara Meraih Kemerdekaan Finansial]

 

Bahkan, bersama dengan rekannya Chef Maxie Millan, ia berhasil mengenalkan kuliner Indonesia ke dunia internasional melalui acara “Rites of Our Anchestors”.

Hal ini tentu sangat membanggakan dan akan membuat semakin banyak orng mengenal Indonesia.

Tidak hanya chef Renatta, banyak milenial yang juga membuat Indonesia menjadi bangga dan terkenal di kancah internasional.

Desainer Indonesia yang berhasil menghiasi artis Hollywood, aktor Indonesia yang mendunia, penyanyi Indonesia yang go international dan masih banyak lagi.

Namun perlu diingat, Indonesia harus dikenal dengan kehebatannya. Kekhasan budaya serta seluruh kualitas positif yang dimiliki, bukan karena hal viral yang tidak berarti.

Oleh karena itu, generasi milenial memiliki tugas untuk terus mengembangkan hal yang dapat membuat nama Indonesia terkenal di kancah internasional, melalui kualitas yang ditawarkan.

 

#6 Saling Menghormati

Sering dilupakan namun tidak boleh terlupakan. Saling menghormati adalah cerminan dari kemerdekaan Indonesia. Pancasila dirancang oleh Bapak Proklamator agar menjadi landasan bangsa ini.

Dalam Pancasila, telah disebutkan pentingnya rasa saling menghormati untuk bangsa ini. Saling menghormati harus dilakukan antar sesama umat beragama, sesama etnis penduduk dan saling menghormati atas segala perbedaan.

Jika perbedaan ada tetapi tidak disikapi oleh rasa saling menghormati maka tidak akan terjadi kemerdekaan sesungguhnya.

Sebagai milenial, dengan menanamkan sifat ini, Anda akan membuat Indonesia sadar akan arti kemerdekaan yang sesungguhnya.

 

Merdeka Setiap Saat

Isi dari kemerdekaan bukanlah hanya merdeka dari para penjajah, tetapi merdeka dalam segala hal. Pembuktian harus selalu dilakukan dan tidak boleh berhenti. Ingatlah pesan Presiden Joko Widodo:

Dengan kerja nyata, bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa maju, menjadi bangsa yang berdaulat, mandiri, dan berbudaya.”

 

Mau jadi kaya dan capai Financial Freedom dengan Gaji Kecil? Yuk tonton video dari channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Setelah membaca artikel ini, tentu Anda menjadi lebih mengerti akan makna kemerdekaan bukan?

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan jangan lupa, tanamkan terus semangat juang Indonesia pada kehidupan sehari-hari.

 

Sumber Referensi:

  • Antares P. 26 Maret 2019. Lima Fakta Silvia Halim, Perempuan Tangguh di Balik MRT Jakarta. Tagar.id – https://bit.ly/2OM049b
  • Aditya. 18 Agustus 2018. Mengisi dan Memaknai Kemerdekaan dalam Perspektif Milenial. Kompasiana.com – https://bit.ly/2MRIuyb
  • Admin. 16 Agustus 2014. Seperti Inilah Cara Generasi Muda Mengisi dan Memaknai Kemerdekaan. Tokopedia.com – https://bit.ly/2KPyAdR

 

Sumber Gambar:

  • Kemerdekaan – http://bit.ly/2H9wep0
  • Silvia Halim – http://bit.ly/2YRdoO9
  • Chef Renatta – http://bit.ly/2MkR4Wq