Mitos unik di Indonesia banyak jumlahnya. Ada yang telah memudar, namun ada yang masih dipercaya hingga kini. Kamu percaya atau tidak?

Berikut ulasannya untuk Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Hidup Berdampingan dengan Mitos

Masyarakat Indonesia akrab dengan mitos. Bahkan, sejak bayi, tiap orang dihadapkan dengan peraturan-peraturan tidak tertulis berikut ancamannya jika dilanggar.

Tak jarang, mitos-mitos itu membuat orang-orang pada zamannya memiliki tindak-tanduk yang lebih hati-hati. Seiring berjalannya waktu, beberapa mitos itu terlihat menggelitik pikiran. Namun uniknya, ternyata tidak sedikit yang mempercayainya.

 

10 Mitos Unik yang Masih Dipercaya Orang Indonesia

Beberapa mitos unik yang masih dipercaya Orang Indonesia sampai sekarang antara lain:

 

#1 Menyapu Harus Bersih

Ungkapan ini masih sering ditemui. Di mana, jika seorang gadis menyapu asal-asalan, dia akan memperoleh suami yang brewokan.

Eh, tapi kalau brewok seperti Ben Affleck rasanya tidak apa-apa, ya.

 

#2 Bersiul di Kamar Mandi

Mitosnya, bersiul di kamar mandi akan mengundang setan. Padahal sebetulnya tidak ada hubungan apapun antara siulan dan kedatangan setan.

Justru yang sangat mungkin datang adalah tetangga kos yang terganggu dengan siulan kamu.

 

#3 Duduk di Depan Pintu

Di banyak daerah, jika seseorang duduk di depan pintu, mitosnya dia akan susah mendapat jodoh. Padahal, faktanya duduk di depan pintu hanya akan menghalangi orang yang lewat.

Lagipula, daripada bengong di pintu, bukankah lebih baik memanfaatkan waktu untuk hal yang lebih produktif?

Mitos Unik 2

[Baca Juga: Menyelidiki Berbagai Mitos Trading Komoditas yang Bikin Trader Ragu]

 

#4 Bangun Kesiangan

Mitos ini sedikit banyak bisa dikatakan benar. Namun, kalimat jika bangun siang, maka rezeki dipatok ayam tentu hanya kiasan. Di zamannya, kalimat ini berguna sebagai motivasi agar anak muda tidak terlena dengan kehidupan atau hanya berpangku tangan.

 

#5 Jangan Menyisakan Makanan di Piring

Mitos unik di Indonesia, Lagi-lagi berhubungan dengan ayam. Menurut mitos ini, jika seseorang tidak menghabiskan makanan yang sudah diambil, maka ayam miliknya bisa mati. Padahal, faktanya ini adalah semacam peringatan agar tidak membuang-buang makanan.

Sebab, di luar sana ada orang yang tidak seberuntung kita. Lantas, kenapa harus ayam? Sebab, pada zaman dahulu ayam adalah komoditas yang mahal, dan anak-anak di masa itu umumnya memiliki ayam kesayangan. Tapi, mitos ini sepertinya tidak relevan untuk anak zaman sekarang.

Sebab, mereka lebih senang main games di gadget dibanding memelihara ayam.

 

#6 Duduk di Atas Bantal

Menurut mitos ini, jika seseorang duduk di atas bantal, maka dia akan bisulan. Larangan ini sebetulnya dibuat agar anak-anak lebih sopan. Bantal adalah alas tidur yang digunakan di kepala.

Mitos Unik 3a

[Baca Juga: 7 Situs Jual Beli Barang Bekas Terbaik di Indonesia]

 

Logikanya, bukan hal yang pantas jika benda untuk kepala dijadikan alas duduk. Kalaupun ingin duduk di atas bantal, sebaiknya sediakan bantal khusus seperti yang digunakan warga Jepang.

 

#7 Anak Kecil Tidak Boleh Bermain di Luar Ketika Maghrib Tiba

Mitos ini terdengar menakutkan. Terlebih sosok wewe gombel yang berwujud perempuan menyeramkan memang senang menculik balita. Sebenarnya, mitos ini mengajarkan agar anak-anak lebih disiplin.

Maghrib atau senja adalah transisi waktu dari siang ke malam. Alangkah lebih baik jika waktu itu digunakan untuk beristirahat, mengerjakan tugas sekolah, dan beribadah sesuai kepercayaan.

 

#8 Jangan Berdiri di Bawah Pohon Pada Malam Hari

Mitos ini mengatakan, jika kamu berdiri di bawah pohon saat malam hari, kamu akan dibius setan. Padahal, faktanya saat malam hari tumbuhan aktif mengeluarkan karbon dioksida.

Mitos Unik 1

[Baca Juga: TERBARU! Daftar Film Rilis 2020 yang Siap Mencuri Perhatian]

 

Jika berada di bawahnya dalam waktu yang cukup lama, seseorang bisa menghirup gas tersebut dan pingsan karena kehabisan oksigen, bukan dibius setan.

 

#9 Jangan Mandi Malam-malam

Mitosnya, mandi malam akan menyebabkan sakit reumatik. Padahal, yang sebenarnya terjadi adalah, mandi di malam hari akan menghambat suplai oksigen ke tulang.

Sehingga menyebabkan penyempitan dan akan mengalami nyeri. Sementara itu, reumatik disebabkan oleh peradangan sendi. Peradangan ini disebabkan oleh kekurangan hormon, faktor gen, dan kadar asam.

 

#10 Jangan Memakai Baju Hijau Saat ke Pantai Selatan

Menurut mitos ini, jika seseorang pergi ke Pantai Selatan dengan baju hijau, dia akan ditarik oleh Nyi Roro Kidul. Padahal, yang terjadi, warna air pantai selatan dari kejauhan adalah hijau.

Sehingga jika ada seseorang yang mengalami kecelakaan air akan sulit ditemukan. Jadi, jika ada seseorang berbaju hijau yang hilang dan jasadnya baru ditemukan beberapa hari kemudian, jangan salahkan Nyi Roro Kidul lagi, ya.

 

Percayai Hal yang Bisa Dipercaya

Zaman telah berganti, cara hidup masyarakat telah lama berubah. Kendati begitu masih ada mitos yang tumbuh subur di masyarakat. Sebagai bagian dari komunitas itu, sebaiknya kamu tetap menghormati kepercayaan orang.

Jika kamu merasa hal itu tidak relevan untukmu, jangan pernah paksa orang lain untuk sependapat.

 

Ebook Perencanaan Keuangan Untuk MAHASISWA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Apa pendapat kamu tentang hal ini? Apakah kamu setuju? Beri pendapatmu pada kolom yang tersedia berikut ini!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Mitos Paling Aneh yang Hanya Ada di Indonesia. Boombastis.com – https://bit.ly/2SAzmA9

 

Sumber Gambar:

  • Mitos Unik 1 – http://bit.ly/2PfFj3I
  • Mitos Unik 2 – http://bit.ly/32bBG42
  • Mitos Unik 3 – https://bit.ly/32CucHk